www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 8 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 73
  1. #1
    Bus Bumel Plat Nomor : 27546
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    BANDUNG | TEGAL | PEKALONGAN
    Posts
    98

    Talking [Aneh + Gokil] Bus PAHALA KENCANA Tersesat di Kota Tegal

    Sebelumnya untuk Om Momod saja numpang ijin buka thread baru, untuk Operator Bus juga ijin.
    Ini asli terjadi lho, bukan hoax (walaupun saat kejadian saya tidak membawa kamera untuk mengabadikan)


    Yaps, kali ini saya akan bahas bus PAHALA KENCANA (warna Oranye) yang tersesat di Kota Tegal. Kejadian ini bermula ketika saya sedang mencari makanan malam di jalan (bukan warung remang2). Sekitar pukul 01:00 WIB saya sedang mengantri membeli makanan di Pertigaan Jalan Tirus (Perlintasan KA), biasanya memang jalur ini dilalui oleh kendaraan-kendaraan besar yang menuju ke Slawi atau Purwokerto.
    Nah, yang bikin saya tercengang adalah sebuah bus dengan dominan warna orange bertuliskan ‘PAHALA KENCANA’ melintas, yang bikin saya heran adalah saat bus tersebut berada di pertigaan jalan di perlintasan KA Tirus Kota Tegal, bus tampak sedikit menghentikan lajunya (padahal sedang tidak ada KA yang melintas, palang pintunya pun terbuka).
    Dan ternyata ‘keanehan’ pun mulai terjadi saat bus tersebut tiba-tiba berbelok ke kanan (Hah, kok PAHALA KENCANA lewat sini). Saya berusaha membuntutinya dengan menggunakan motor seadanya yang digunakan saat itu. Dengan menggunakan sepeda motor jadul keluaran tahun 1988, kecepatan paling hanya 60 Km/Jam. Saya berhasil membuntutinya.



    Keanehan makin terjadi saatbus tersebut melintasi lampu merah pertigaan Grogol (dekat gapura batas Kota & Kabupaten Tegal). Saya piker bus lurus mungkin menuju ke Slawi. Eh, ternyata bus tersebut berbelok kearah barat (Wah, makin aneh aja nih bus). Setiap melewati persimpangan jalan awak bus tampak bingung dengan cirri menghentikan laju kendaraannya sejenak (padahal lampu lalulintas sudah menyala hijau).

    Aku buntuti terus bus yang rute jalannya Nampak aneh tersebut. Aku sempat berpikir apakah bus ini lagi dipakai untuk Pariwisata atau ngeline umum seperti biasanya, soalnya pada badan bus tidak terdapat keterangan yang menerangkan bahwa itu bus Pariwisata atau sedang dicarter.

    Di suatu pertigaan jalan. Bus tampak berbelok kea rah utara (dalam hatiku bertanya, ini bus mau kemana sih kok muter-muter ke jalanan yang begini). Walaupun memang jika diteruskan jalan tersebut akan bermuara di Jalan Pantura.



    Nah, ini dia puncak klimaknya. Saat itu bus tampak berhenti, awak bus mulai ada yang keluar. Hahahahahaha ternyata bus tidak dapat melanjutkan lajunya karena terhalang oleh jembatan jalur KA yang berada diatas jalan (underpass).


    Saat itu aku samperin awak busnya.
    Aku : Ada apa Pak, mau kemana ?
    Sopir : Anu, ini kira-kira cukup gak yah (tingginya) ?
    Aku : lha memangnya bus ini mau kemana ?
    Sopir : Jakarta
    Aku : Lho……….. (bingung)……. (dalam hati aku bertanya “kok bus lewat sisni, nggak lewat Pantura)
    Sopir : Jalan ke Larangan (lintas Ketanggungan) ke mana ya ?
    Aku : ……..(bingung) …. (dalam hati “ini bus ke Jakarta atau ke Larangan sih ???)
    Sopir : Ini bus mau lewat Larangan untuk menghindari macet panjang di jalur Pantura
    Aku : Oh…. Tak kira, soalnya saya rada janggal, kenapa bus bisa-bisanya mblusuk masuk ke sini. Wah ini mesti putar balik
    Sopir : Lalu kalau jalan terus lurus kedepan masuk ke kolong rel ini tembusnya kemana ya ?
    Aku : Ke Sumurpanggang (Jalur Pantura) dekat Terminal Bus Tegal
    Sopir : Ini saya mau lewat Larangan untuk menghindari macet di Pantura, katanya Sopir bus PAHALA KENCANA lain ada kemacetan parah di Pantura.



    Aku heran campur bingung karena sopir mengatakan ada kemacetan parah di Jalan Pantura kemacetan ekornya sampai panjangnya berkilo-kilometer, macet parah. Lha wong barusan sekitar sejam yang lalu saya lewat Jalan Pantura tidak terjadi kemacetan parah, malahan bus-bus malam jalannya panyak yang ngeblong kok. Apanya yang macet.

    Kemudian aku menjelaskan kepada supir
    Aku : Oh ya, kalau kesana itu menuju Pantura, bukan menuju Larangan
    Sopir : ……..(Bingung)
    Aku : (sambil menunjuk dengan jari) ke sana itu utara, bukan selatan
    Sopir : Wah berarti saya harus putar balik ?
    Aku : Ya, tapi kalu berniat ‘kembali’ masuk Jalur Pantura memang kesini (lurus) tapi harus melewati jembatan underpass rel ini.

    Tapi melihat ketinggian bus , sepertinya baja jembatan rel KA akan membentur atap bus dan AC
    Sopir : Putar balik ? (bingung)
    Aku : kalau mau ke Larangan itu kesana (selatan), bukan ke sana (utara)
    Sopir : …. (bingung) bediskusi dengan kernet bus dan rekan-rekan sesame sopir PAHALA KENCANA lainnya lewat HP



    Aku heran kebingungan. Ini bus sebenarnya mau kemana, dan kalau mau putar balik bagaimana caranya (kondisi jalan tidak memungkinkan).
    Akhirnya bus berjalan mundur sejauh sekitar 400 meteran ke belakang untuk mencari tempat lapang untuk bermanuver putar balik. Di depan sebuah masjid bus kemudian putar balik arah. Akhirnya setelah bus putar balik sopir kembali berdiskusi dengan saya. Disaat itu penumpang bus banyak yang bangun dari tidurnya dan sepertinya mereka baru menyadari kalau bus yang ditumpanginya berjalan tersesat.


    Agar tidak membuang waktu saya mempunyai ide inisiatif untuk mendampingi bus tersebut agar ‘kembali’ ke jalan yang benar.

    Dengan motor bebek jadul keluaran tahun 1988 saya memandu jalannya bus tersebut dengan kecepatan 40-50 Km/Jam dan bus mengikuti dibelakang saya. Setelah melewati berbagai persimpangan jalan termasuk sudah mulai keluar dari wilayah Kota Tegal. Aku mengarahkan bus tersebut ke Jalan Raya Banjaran menuju lintas selatan (Slawi-Purwokerto) soalnya bus berniat ke Larangan.



    Setelah sampai jalan Raya Tegal-Slawi saya memutuskan untuk berhenti mengawal bus tersebut karena kondisi sepeda motor saya kurang memungkinkan untuk melanjutkan. Di persimpangan (pertigaan) jalan Tegal-Slawi sebelum berpisah, sopir bus mengucapkan terima kasih kepada saya. Sopir melambaikan tangan kepada saya.

    SEKIAN

    NB : Saat pulang dari mendampingi bus tersebut, saya lewat jalan Pantura tidak terjadi kemacetan

  2. #2
    VIP Plat Nomor : 414 imammy's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    jakarta
    Posts
    863

    Default

    ini karna nggak biasa kali ya mas.........masuk jalan alternatif........... emang binggung............... saya pernah naek bis bantuan Sinar Jaya Star Bus juga kesasar di kota purbalingga........... padahal kotanya sak upret........... jadi lucu...emang

  3. #3
    Executive Plat Nomor : 28438 nandatama's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Bekasi - Ambarawa
    Posts
    1,705

    Default

    wihh ... ngawal bis yang kotak besar elegan ...... om ......
    keren .....

  4. #4
    Bus Bumel Plat Nomor : 27546
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    BANDUNG | TEGAL | PEKALONGAN
    Posts
    98

    Default

    Juga karena jalan di Kota Tegal ini sangat kompleks jadi bikin sopir bingung.
    Mungkin menurut sopir asalkan jalannya beraspal mulus dan bisa dilalui bus besar maka sopir memutuskan melalui jalan tersebut, karena banyak persimpangan dan sopir masih tabu dengan daerah tersebut menjadikan ia tersesat muter-muter tidak karuan.

    Sayang aku lupa plat nomor busnya (berplat B)

  5. #5
    Bus Chassis Plat Nomor : 29515
    Join Date
    Oct 2012
    Location
    Depok, Jawa Barat
    Posts
    19

    Default

    terima kasih ya mas atas inisiatif dan bantuannya sebagai penunjuk jalan... jangan sungkan-sungkan untuk menyapa crew yang sedang salah jalan...

    seandainya saya menjadi penumpang dalam bis tersebut... saya pun juga mengucapkan terima kasih banyak atas bantuannya...

    good job mas..

  6. #6
    Bus Bumel Plat Nomor : 29339
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    91

    Default

    Quote Originally Posted by Pantura Raya View Post
    Juga karena jalan di Kota Tegal ini sangat kompleks jadi bikin sopir bingung.
    Mungkin menurut sopir asalkan jalannya beraspal mulus dan bisa dilalui bus besar maka sopir memutuskan melalui jalan tersebut, karena banyak persimpangan dan sopir masih tabu dengan daerah tersebut menjadikan ia tersesat muter-muter tidak karuan.

    Sayang aku lupa plat nomor busnya (berplat B)
    ini (mungkin) terjadi karena pada persimpangan tidak ada penunjuk arah yang jelas untuk ke jalur alternatif jadi sopirnya bingung, ditambah pengalaman sopir yang masih kurang (tentang jalan daerah tegal) dan kondisi malam hari.
    akan tetapi kalo dari keterangan TS bahwajalur pantura tidak macet tapi kata sopir macet (mungkin hasil komunikasi dg sopir yg lain) bikin ane bingung juga :D, jangan-jangan yang ngasih tau kondisi jalan sopir bus tsb .............

    btw, salut buat TS. ane kasih 5 jempol dah. hehe...
    klo tidak ada TS kemungkinan besar kejadian bulan juni kemarin bisa terulang kembali.

  7. #7
    Bus Bumel Plat Nomor : 27546
    Join Date
    Jul 2012
    Location
    BANDUNG | TEGAL | PEKALONGAN
    Posts
    98

    Default

    Kalau rambu penunjuk jalan sih di beberapa persimpangan ada, cuma mungkin sopir bingung kemana arah yang di tuju.
    Tak heran pada saat memasuki persimpangan bus tidak jarang berhenti sejenak (ini mungkin sopir sedang bingung menentukan jalan mana yang akan dilalui)
    Banyaknya (persimpangan) ruas jalan juga mungkin bisa membingungkan sopir yang awam. Pada rambu penunjuk jalan memang disediakan berbagai pilihan jalur untuk menuju ke suatu daerah (tidak hanya satu jalur)

  8. #8
    Bus Bumel Plat Nomor : 28343
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Kalianda, Lampung Selatan, LAMPUNG- Sumatera -INDONESIA
    Posts
    78

    Cool

    Usul ni,,,, bsok2.... Bus di Indonesia memiliki GPS,,,,

    byar gak ke sesat,,,, tapi GPS nya yg bonafit,, jgn GPS2an...

    msa Tiap Bus di tambah 2Juta (max) untuk masang GPS g bsa..

    heheheheh ... ide ane ci ni,,,
    mungkin ad kritiknn saran,,

  9. #9
    Patas AC Plat Nomor : 99 UDINES-BENZ's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Palembang
    Posts
    392

    Default

    Buat om Pantura Raya, anda layak dapat bintang www.bismania.com..

  10. #10
    VIP Plat Nomor : 20274
    Join Date
    Dec 2011
    Location
    Jakarta
    Posts
    656

    Default

    kalau yang belum terbiasa masuk jalur tegal slawi dalam kota apalagi lewat ring road di malam hari memang bisa kesasar, saya sendiri hampir kesasar disitu

Page 1 of 8 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •