www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Results 1 to 3 of 3
  1. #1
    AC Ekonomi Plat Nomor : 96 EKAPACSY's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Serpong - Tangerang Selatan Banten
    Posts
    209

    Default 17 orang terkaya versi Forbes Tahun 2012..

    1. Robert Budi Hartono (71 Tahun) - $6,5 Milyar USD (#146 Dunia)
    Robert Budi Hartono atau sering disingkat R. Budi Hartono sebenarnya memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong. Robert adalah keturunan Tionghoa yang lahir di Kudus, Jawa Tengah pada tahun 1941 sebagai anak kedua dari Pendiri Djarum, Oei Wie Gwan. Michael Bambang Hartono adalah kakaknya yang memiliki nama asli Oei Hwie Siang.
    R. Budi Hartono menikahi seorang wanita bernama Widowati Hartono atau lebih akrab dengan nama Giok Hartono. Bersamanya, Pemilik PT Djarum ini memiliki tiga orang putra yang kesemuanya telah menyelesaikan pendidikan. Mereka adalah Victor Hartono, Martin Hartono, dan Armand Hartono.
    Sebagai salah satu orang terkaya Indonesia, tentunya Anda bertanya-tanya darimana kekayaan yang dimiliki Robert Budi Hartono. Mari kita mulai dari titik awal Bos Djarum ini merintis karir.

    2. Michael Hartono (72 Tahun) - $6,3 Milyar USD (#157)
    Ternyata, banyak sekali orang Indonesia yang sukses dalam karir sehingga banyak orang dari seluruh dunia berdecak kagum terhadapnya. Salah seorang yang masuk ke dalam daftar orang terkaya didunia versi majalah Forbes adalah orang Indonesia. Beliau dikenal dengan nama Michael Hartono. Saat ini beliau berumur 72 tahun. Pria yang jago berbisnis ini berasal dari sebuh kota kecil di Jawa Tengah yang bernama Kudus. Beliau sudah berkecimpung dalam bisnis rokok dan perbankan selama puluhan tahun. Walaupun rokok masih menjadi hal yang diperdebatkan di Indonesia, tapi ternyata hal ini dapat memberikan kekayaan yang berlimpah kepada beliau. Michael Hartono adalah orang yang mampu membuat rokok menjadi sumber kekuatan ekonominya selain perbankan. Pria dengan 4 orang anak ini pemilik perusahaan rokok kretek yang terkenal di Indonesia. Nama rokok kretek yang terkenal itu adalah Djarum.
    Karir beliau sebagai seorang pebisnis memang tidak selalu mulus. Kejadian buruk pun pernah dialaminya secara berturut-turur. Satu kejadian yang hampir membuatnya gulung tikar. Pada sekitar tahung 1960an, pabrik rokoknya terbakar habis. Lalu ayahnya yang telah mendirikan pabrik tersebut meninggal dunia. Bersama dengan adiknya, Robert Budi Hartono, beliau berusaha mempromosikan produk dari perusahaannya ke luar negeri. Sekarang, Djarum menjadi produk rokok yang diminati di Amerika Serikat. Hal ini menyebabkan dirinya menjadi orang paling kaya di Indonesia dengan menghasilkan harta berlimpah yang berjumlah kurang lebih 14 miliar Dollar AS. Selain berbisnis rokok, beliau adalah seorang yang sangat berperan dalam bisnis perbankan. Beliau memiliki saham yang besar di Bank Central Asia. Beliau memiliki 51 persen saham disana. Perkembangan sektor perbankan tentu saja memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan saham mereka. Ada banyak lagi bisnis penting yang dipegang oleh beliau. Perkebunan sawit di daerah Kalimantan Barat adalah salah satu ladang investasinya. Dengan luas kebun sekitar 65.000 hektar, beliau pasti mampu meraup keuntungan yang sangat besar. Grand Indonesia pun adalah salah satu properti milik beliau.
    Nama lengkap beliau adalah Michael Bambang Hartono. Bersama adiknya, Budi Hartono, beliau mampu mengumpulkan kekayaan yang berlebih dari bisnis rokok, perbankan dan properti. Pengelolaan yang baik oleh beliau menghasilkan keuntungan yang sangat besar sekali. Walaupun rokok adalah barang yang masih menjadi kontroversi di Indonesia, beliau masih bisa mencari celah lain untuk menghasilkan uang yang berlimpah. Ditambah lagi, Djarum bukanlah satu-satunya pemain di industri rokok Indonesia. Masih banyak sekali merek-merek ternama yang bersaing memperebutkan konsumen. Namun, hal ini tetap tidak menggoyahkan Djarum. Kekayaan yang beliau kumpulkan memang bukan saja berasal dari rokok. Ada beberapa bisnis lagi yang beliau lakukan agar beliau masih bisa menikmati kerja kerasnya sepanjang hidupnya.

    3. Low Tuck Kwong (63 Tahun) - $3,6 Milyar USD (#304)
    Ada banyak sekali pengusaha di Indonesia yang memiliki kesuksesan yang sangat besar. Low Tuck Wong adalah salah satunya. Majalah Forbes yang terkenal diseluruh dunia, melakukan beberapa riset untuk menentukan siapa yang paling berhak untuk duduk diperingkat teratas daftar orang terkaya diseluruh dunia. Dan beliau lah yang menduduki daftar tersebut. Beliau memang bukan orang asli Indonesia. Beliau berasal dari negara tetangga Singapura. Kepindahan beliau ke Indonesia pada tahun 1972 memang telah memberikan peluang yang besar baginya untuk memulai berbisinis. Beberapa bisnis konstruksi telah berhasil beliau bangun di Indonesia. Bisnis yang dirintisnya sejak kepindahannya tersebut memberikan keuntungan yang besar sehingga beliau mampu bertahan dari banyak saingan yang memiliki usaha yang sama dengannya. Pengalamannya mengelola bisnis konstruksi bersama dengan ayahnya di negara asalnya, Singapura, ternyata sangat bermanfaat dalam upayanya untuk memajukan bisnis konstruksi pribadinya di Indonesia.
    Low Tuck Wong adalah orang yang sangat ulet yang telah belajar banyak tentang bisnis konstruksi kepada orangtuanya pada usia 20an tahun. Ketika beliau pindah ke Jakarta, semua pengetahuan tentang bisnis konstruksi sangat bermanfaat. Berbagai macam pekerjaan konstruksi yang beliau dapatkan di Indonesia mampu mengangkat kesuksesan beliau. Ada banyak sekali pekerjaan konstruksi yang berhubungan dengan bawah tanah dan laut berhasil beliau kerjakan dengan baik. Lelaki dengan dua anak ini mampu menghasilkan banyak sekali uang dengan menjual jasa konstruksinya. Selain itu, beliau juga dikenal sebagai raja batu bara di Indonesia. Selain bisnis konstruksi, beliau juga memiliki bisnis di pertambangan, terutama di pertambangan batu bara. Perusahaan yang dibentuknya untuk mengoperasikan bisnis batu baranya menghasilkan banyak sekali keuntungan. Beliau memiliki terminal batu bara di Balikpapan. Kedua bisnis tersebut beliau bangun sejak tahun 1998 setelah beliau berpindah kewarganegaraan menjadi Warga Negara Indonesia. Kesuksesan PT Bayan Resources yang beliau bentuk, mendorong perusahaan tersebut untuk terus menambah konsesi ke dalam portofolio perusahaan. Perkembangan bisnis batu bara yang bagus membuat beliau mengadakan penilaian terhadap peluang yang bagus untuk menambah konsesi jumlah batu bara di negara Indonesia.
    Profil Low Tuck Wong yang sangat bagus tersebut telah memberikan tempat yang baik pada urutan orang terkaya dalam majalah Forbes. Kejeliannya untuk melihat peluang bisnis yang sangat baik di Kalimantan membantunya meraup banyak keuntungan. Beliau telah berusaha untuk mengeksplorasi tanah Kalimantan yang memang banyak mengandung batu bara. Ada lima kontrak yang berhubungan dengan pertambangan dan ada pula tiga kuasa yang masih berhubungan juga dengan pertambangan yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada beliau. Kegigihan yang telah beliau usahakan sepanjang hidup beliau ternyata mampu dan menghasilkan harta yang berlimpah dan memberikan lapangan pekerjaan yang bagus untuk rakyat Indonesia.

    4. Martua Sitorus (52 Tahun) - $3,0 Milyar USD (#377)
    Medan adalah salah satu daerah yang memiliki pengusaha terkenal yang sudah menghasilkan bermilyar-milyar uang. Ada salah satu pebisnis dari Medan yang memiliki bisnis yang bagus dan terkenal di dunia. Beliau adalah Martua Sitorus. Orang medan keturunan Tionghoa ini memiliki bisnis yang sangat maju. Bisnis yang ditekuninya dalam bidang palm oil ternyata mampu membawanya menjadi orang yang terkenal dan sukses. Palm oil terkenal di Indonesia sebagai minyak sawit. Perusahaannya mampu menghasilkan produk yang sangat bagus sehingga banyak orang yang memakainya. Produk-produk dari kelapa sawit memang beragam bentuknya. Dan hampir semuanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari banyak orang. Oleh sebab itu, bisnis ini dapat berjalan dengan baik dan berkembang seiring dengan waktu. Selain itu, beberapa bisnisnya yang dilakukan bersama dengan berbagai kolega dari luar negeri juga mampu memberikan nilai yang lebih baginya dan bagi perusahaannya.
    Beliau adalah seorang lelaki Medan yang sukses. Dalam usianya yang berumur 52 tahun, beliau sudah mampu menghasilkan sumber kekayaan yang sangat baik. Palm oil dan self-made adalah beberapa contoh bisnis yang dijalankan oleh para orangtua. Beliau mendirikan Wilmar International sebagai salah satu perusahaan palm oil yang sangat terkenal di Indonesia. Beliau memiliki 4 orang anak dan sekarang tinggal di Singapura. Ternyata, perubahan tempat tinggal mampu merubah jalan bisnis yang dilalui oleh beliau. Walaupun beliau saat ini tinggal di negara tetangga, namun lelaki yang lahir di daerah Pematang Siantar, mampu mengembangkan bisnisnya menjadi sangat besar. Upaya menjadi sangat besar sekarang ini dimulai dengan memulai bisnis sebagai seorang pedagang. Beliau berusaha mendagangkan minyak sawitnya dan juga kelapa sawitnya di Indonesia dan Singapura. Kegiatan tersebut beliau kerjakan dengan baik hingga beliau mampu membeli kebun kelapa sawit yang sangat luas di daerah Sumetara Utara. Bersamaan dengan pembelian kebun tesebut, beliau juga membangun perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan minyak yang dikhususkan da;am pengolahan minyak kelapa sawitnya. Dengan ini, karir bisnis beliau sangat berkembang pesat.
    Martua Sitorus Wilmar adalah pemilik Wilmar International Limited dan menduduki kursi direktur eksekutif di perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Singapura karena merupakan perusahaan yang sangat besar di Asia yang bergerak dalam bidang agrobisnis. Beliau memiliki berbgai macam perusahaan yang terkenal. Minyak goreng Sania sebagai salah satu produk minyak goreng yang terkenal adalah hasil produk yang dibuat disalah satu perusahaan tersebut. Dengan jumlah 48 perusahaan yang dimilikinya, beliau mampu meraup keuntungan yang sangat besar sekali. Total aset yang dimiliki oleh beliau sungguh sangat luar biasa sehingga bisa mencapai miliaran Dollar Amerika. Pada tahun 2007 saja aset dari perusahaan beliau mampu menembus US$ 15,5 miliar.

    5. Sukanto Tanoto (62 Tahun) - $2,8 Milyar USD (#418)
    Forbes memiliki daftar orang terkaya di seluruh dunia. Dan beberapa orang dari Indonesia mampu masuk ke dalam daftar tersebut termasuk seorang pengusaha yang bernama Sukanto Tanoto. Kesuksesan beliau pun dinilai dari jumlah Dollar Amerika yang sudah beliau hasilkan. Sangat menakjubkan sekali bahwa ada orang Indonesia yang bisa menghasilkan pendapatan yang sangat besar. Hal ini pasti didukung oleh sumber daya manusia yang sangat baik dari pribadi orang tersebut. Beliau memasuki urutan ke 284 pada tahun 2008 karena memiliki kekayaan sebesar US$ 3.8 trilyun. Hal ini sungguh pencapaian yang sangat bagus sekali. Usaha yang telah dan masih akan dijalankan oleh Tanoto sanggup membawanya ke kesuksesan yang lebih tinggi lagi.
    Sukanto Tanoto adalah orang yang telah menghasilkan trilyunan rupiah dalam menjalankan bisnisnya. Pada awalnya, bisnis yang dilakukan oleh beliau adalah menjadi pemasok dari alat-alat dan barang-barang untuk perusahaan negara Pertamina. Pada awalnya mungkin pekerjaan ini bisa dianggap pekerjaan yang kecil. Namun karena kerja kerasnya telah membuat pekerjaan ini dapat diselesaikannya dengan baik.
    Sukanto dilahirkan di kota Medan pada tanggal 25 Desember 1949 dan sudah memiliki banyak sekali pengalaman dalam bidang bisnis. Setelah menjadi pemasok untuk perusahaan sebesar Pertamina, beliau merambah ke industry perusahaan. Beliau berhasil membawa perusahaannya menjadi salah satu perusahaan pulp dan kertas di Asia yang masuk ke dalam Bursa Efek New York. Hal tersebut adalah satu pencapaian yang sangat luar biasa sekali. Tidak banyak pengusaha yang mampu menembuskan bisnis mereka ke bursa saham di Amerika Serikat tersebut. Perusahaannya menjadi sangat besar dan mulai merentangkan sayapnya untuk merengkuh bisnis-bisnis lainnya yang masih berhubungan dengan bisnis perusahaannya yang sekrang. Kertas, minyak sawit, konstruksi dan energi adalah beberapa hal yang menjadi bisnis dari beliau pada saat sekarang ini.
    Pengalaman masa kecil Sukanto Tanoto yang sangat keras ternyata telah memberikan pelajaran yang sungguh luar biasa dan berpengaruh sangat serius kepada keberhasilannya memimpin beberapa perusahaan miliknya. Kehidupan masa kecil yang diskriminatif terhadap ras yang mengalir ditubuhnya membuatnya bertahan untuk mendapatkan haknya. Perjalanannya sebagai seorang pebisnis pun tidak langsung berada di garis yang paling atas. Beliau memulai semuanya dari karir yang rendah. Namun secara dramatis, beliau mampu bertahan dan bahkan mengambil keuntungan dari krisis yang terjadi di Indonesia. Profil Sukanto Tanoto sangat baik sekali untuk di baca karena akan memberikan inspirasi yang sangat baik untuk perkembangan diri pribadi. Kerja keras yang dilakukan oleh beliau pun mampu membuatnya menjadi salah seorang yang terkaya di dunia. Semua keringat yang dikeluarkan pasti mampu membuat kerja keras beliau menjadi keuntungan yang sangat besar yang terlihat disekitar beliau.

    6. Peter Sondakh (60 Tahun) - $2,6 Milyar USD (#464)
    Peter Sondakh adalah salah satu dari beberapa pengusaha yang dapat anda temui. Pengusaha ini telah meraih suksesnya di berbagai jenis perusahaan. Ada beberapa jenis bidang usaha yang dikerjakan oleh Peter. Sebagai seorang pengusaha, tentunya Peter juga merintis suatu bisnis dari nol kemudian menjadikannya lebih berkembang. Untuk mengetahui kesuksesan dari seorang Peter, lebih baik kita mengetahui profil dari pengusaha ini terlebih dahulu. Dengan mengetahui profil Peter secara lengkap, maka kita akan lebih mengenal perjuangan Peter secara lebih rinci.
    Sebagai seorang pengusaha yang sukses, banyak sekali orang yang tertarik untuk mengetahui profil Peter Sondakh secara jelas. Peter merupakan seorang pengusaha sukses yang berasal dari kota Malang. Sepak terjangnya di dunia bisnis telah mengalami berbagai peningkatan yang fantastis. Pengusaha ini memiliki banyak sekali kemampuan dan pengalaman di bidang bisnis. Jika anda tertarik untuk mempelajari usaha di bidang bisnis anda dapat belajar dari Peter. Peter merupakan pemilik dari perusahaan Bentoel dan juga Rajawali Grup. Pada tahun 2008, Peter terpilih menjadi orang terkaya nomer enam di Indonesia. Hal ini dikarenakan perusahaan kelapa sawit yang berada di bawah naungan dari Rajawali Grup mengalami peningkatan saham yang cukup fantastis. Selain itu, Peter juga salah satu penggemar dari permainan sepak bola. Karena kecintaannya pada sepak bola, maka melalui grup Bentoel, Peter juga mendanai seluruh kegiatan yang dikerjakan oleh AREMA. Selain itu melalui Perusahaan Semen Bosowa juga mensponsori beberapa klub sepak bola seperti Persipura dan PSM. Selain memiliki banyak perusahaan di dalam negri, Peter juga memiliki beberapa perusahaan property di luar negri. Perusahaan yang dimiliki Peter mencakup dalam dan luar negeri sangatlah banyak. Walau sempat tinggal di negara Amerika Serikat dalam jangka waktu yang cukup lama, Peter tetap mengurusi semua jenis bisnisnya di Indonesia. Dengan tekad dan kemauan yang keras dan didukung oleh keahlian di bidang bisnis maka bisnis yang dirintis oleh Peter selalu mengalami kemajuan.
    Tidak sedikit orang yang dapat meraih kesuksesan di bidang bisnis. Dengan memulai bisnis dari nol, anda pun akan berkesempatan untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Langkah awal dari seorang pengusaha bisnis yang sukses adalah ketekunan dan kerja keras. Peter melihat segala macam bisnis sebagai jenis peluang yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu beliau tidak henti-hentinya untuk menyusun strategi demi mendapatkan peluang bisnis dengan prospek masa depan yang cerah. Saat ini Peter berdomisili di Jakarta dan berkonsentrasi dalam menjalankan segala jenis bisnis yang ia jalankan. Dengan modal ketekunan dan kerja keras, pengusaha ini dapat meraih gelar orang terkaya ke enam di Indonesia dengan total kekayaan sebesar 1,05 miliar dolar AS.

    7. Achmad Hamami (81 Tahun) - $2,2 Milyar USD (#578)
    Nama Achmad Hamami merupakan nama baru dalam daftar orang terkaya Indonesia yang dirilis oleh Forbes. Pria yang memiliki empat orang anak tersebut berhasil menempati posisi nomor tujuh orang terkaya di Indonesia dengan total harta mencapai US$ 2,2 Miliar. Memang keluarga ada di balik kisah suksesnya bahkan kini anak-anaknya; Mivida, Muki, Ana dan Bari lah yang menjalankan bisnisnya. Menjadi pengusaha pada awalnya bukanlah merupakan cita-cita Achmad Hamami. Ketertarikannya ke dunia militer membawa pria yang kini berusia 81 tahun tersebut menjadi anggota jajaran penerbang TNI Angkatan Laut.
    Di saat muda, Hamami sempat menempuh pendidikan militer sebagai di Angkatan Udara Belanda dan bahkan berhasil lulus sebagai kolonel termuda pada akhir tahun 1960. Kondisi tempat kerjanya yang marak dengan korupsi membuatnya memutuskan untuk keluar sebagai anggota militer dan memulai bisnis kecil-kecilan di rumahnya dengan membuka kursus matematika bagi anak-anak. Sebagaimana dilansir dari Forbes.com mengenai Profil Achmad Hamami, kesuksesan bisnis Hamami berawal pada tahun 1970 ketika mendirikan PT Trakindo Utama. Reputasi Hamami yang bersih ketika berkarier di dunia militer membuat perusahaan alat berat asal Amerika Serikat, Caterpillar melirik perusahaannya sebagai distributor resmi Caterpillar di Indonesia. Pada 13 April 1971, Trakindo Utama milik Achmad Hamami akhirnya resmi menjadi agen Caterpillar.
    Untuk mendukung usahanya, Achmad Hamami yang berlatar belakang militer mulai belajar mengenai dunia bisnis. Seiring dengan peningkatan pembangunan infrastruktur di Indonesia pada tahun 1970-an, maka keuntungan PT Trakindo Utama sebagai salah satu pendukunya pun ikut meningkat. Bahkan Achmad Hamami mendirikan beberapa anak perusahaan yang ditujukan untuk mendukung bisnis Trakindo Utama nantinya seperti PT Sanggar Sarana Baja di tahun 1977 dan PT Chandra Sakti Utama Leasing pada 1995.
    Ketika krisis moneter mengguncang Indonesia, PT Trakindo Utama turut merasakan dampaknya. Ketika itu Achmad Hamami harus berada pada kondisi sulit karena perusahaannya memiliki hutang besar hingga mencapai US$ 118 juta ditambah dengan tidak adanya bank yang bisa memberikan pinjaman untuk menggerakkan bisnis Trakindo Utama. Ditambah lagi, kesehatan Achmad Hamami yang ikut menurun seiring dengan menurunnya bisnis Trakindo Utama. Achmad Hamami menderita glaukoma dan mengalami kebutaan. Kondisi ini menjadikannya memilih untuk menyerahkan perusahaan kepada Rachmat Mulyana atau Muki, putra ketiganya. Meskipun demikian, Hamami masih merupakan nahkoda di balik kebangkitan Trakindo Utama pasca krisis.


    8. Sri Prakash Lohia (59 Tahun) - $2,0 Milyar USD (#634)
    Sri Prakash Lohia merupakan pengusaha asal India yang memiliki usaha di bidang tekstil. Ia merupakan salah satu dari pengusaha kaya yang dapat anda panuti ialah pengusaha kaya asal India yang mengubah kewarganegaraannya menjadi Indonesia. Ada banyak sekali pengusaha tekstil dari India yang mencoba untuk mengadu nasib mereka di bidang tekstil di Indonesia. Tidak sulit bagi anda jika anda tertarik untuk mengetahui perkembangan dan bagaimana cara seorang pengusaha dalam meraih kesuksesan mereka.
    Berdasarkan versi majalah Forbes yang telah diluncurkan baru-baru ini, Sri Prakash Lohia merupakan salah satu nama dari orang terkaya yang ada di dunia. Hal ini merupakan suatu kejutan diluar dugaan karena sebelumnya nama ini tidak pernah masuk kedalam daftar orang terkaya di dunia. Prakash merupakan salah satu dari tujuh nama baru yang muncul di daftar orang terkaya. Pria keturunan India ini memilih untuk menjadi warga negara Indonesia dan berhasil meraih kekayaan sebesar US$2,65 dengan perusahaan Indorama. Kekayaan yang diperoleh ialah kekayaan yang semata-mata berasal dari Indorama Corporation. Ini merupakan perusahaan polyester yang pertama kali didirikan bersama dengan ayahnya yaitu, ML Lohia. Pada mulanya, Indorama mendirikan pabrik benang sekitar tahun 1976 di Indonesia dan meraih kesuksesannya. Saat ini, Prakash telah meraih kesuksesannya melalui perusahaan Indorama. Ada beberapa produk yang ditawarkan di perusahaan ini seperti polypropylene, polyethylene, PET resin, poliested sampai sarung tangan medis. Saat ini pabrik dari perusahaan Indorama dapat dengan mudah ditemui di berbagai kota terutama di Jakarta. Dengan mengetahui sejarah singkat mengenai profil Sri Prakash Lohia maka anda dapat dengan mudah mengetahui bagaimana cara pengusaha untuk meraih kesuksesan mereka. Ada beberapa jenis perusahaan yang dinaungi oleh grup dari Indorama. Salah satu perusahaan yang menaungi ialah perusahaan pembuat tekstil yang bekerja di bawah PT Indorama Synthetics dan juga berasal dari perusahaan petrokimia.
    Ada beberapa jenis bisnis yang dikerjakan oleh perusahaan Indorama. Disini mereka juga membuka usaha pembuatan benang pintal yang digawangi oleh Indorama IPLIK, Indorama Shebin, dan ISIN Lanka. Perusahaan di bidang sarung tangan yang dikelola oleh perusahaan Medisa Technologies ini melakukan beberapa jenis pengembangan bisnis. Saat ini, Indorama juga mengawangi beberapa jenis bisnis yaitu pengembangan usaha Real Estate yang bergerak di bawah naungan Indorama Real Estate.
    Beberapa jenis bisnis di bidang Real Estate bermula sejak tahun 1995 dan telah meraih kejayaan mereka. Oleh karena itu setelah sukses di berbagai bidang membuat perusahaan ini semakin memiliki nama di dunia. Pada tahun 2008, perusahaan yang bernama Indorama Corp juga telah melakukan investasi ke negara lain melalui Indorama Ventura PCL yaitu salah satu polyester terintegrasi yang cukup besar di dunia dan juga telah terdaftar di Bursa Efek Thailand.

    9. Chairul Tanjung (49 Tahun) - $2,0 Milyar USD (#634)
    Untuk membangun suatu perusahaan bisnis bukanlah suatu langkah yang mudah. Chairul Tanjung adalah salah satu pengusaha sukses yang telah mengembangkan beberapa jenis bisnis. Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses seperti Chairul, sebaiknya anda mencoba untuk mengetahui perjalanan bisnisnya secara lebih lengkap dan terperinci. Dari perjalanan bisnis Chairul, kita akan mengetahui bagaimana suka duka dari menjadi seorang pengusaha yang sukses.
    Saat ini ada sederet nama pengusaha sukses yang menduduki level atau jajaran yang cukup tinggi di peringkat dunia. Salah satu nama pengusaha sukses yang dapat anda kenal ialah Chairul Tanjung. Anda akan mendapatkan banyak manfaat terutama di bidang perkembangan bisnis dengan membaca profil Chairul Tanjung. Chairul dilahirkan di zaman orde lama di Jakarta. Ia merupakan anak dari A.G Tanjung yang berprofesi sebagai wartawan dan telah menerbitkan lima surat kabar. Pada zaman ini sang ayah terpaksa untuk menutup perusahaan persnya karena tidak sejalan dengan penguasa politik di zaman itu.
    Pada tahun 1981, Chairul masuk di Universitas Indonesia dengan jurusan Kedokteran Gigi. Karena tingginya biaya kuliah, disini Chairul mencoba untuk berjualan berbagai macam barang demi membiayai kuliahnya. Ia mulai berjualan kaos, buku kuliah, dan berbagai alat kedokteran. Setelah ia lulus, ia mencoba untuk membuka sebuah toko yaitu toko peralatan medis dan juga peralatan laboratorium namun mengalami kebangkrutan. Setalah itu, Chairul juga mencoba untuk membuka suatu bidang usaha di bidang kontraktor dan telah mengerjakan berbagai proyek industry terutama barang yang berbahan dasar dari rotan. Saat itulah Chairul mencoba untuk membangun suatu perusahaan yaitu perusahaan Pariarti Shindutama bersama beberapa orang temannya. Pada awalnya, perusahaan ini juga telah menangani beberapa jenis ekspor. Ekspor mereka pada saat itu ialah ekspor sepatu. Saat itu bisnis Chairul mengalami kenaikan namun Chairul memiliki jalan pikiran yang berbeda dari rekan binsinya, oleh karena itu Chairul mencoba untuk menjalankan bisnisnya sendiri.
    Saat ini, salah satu factor penting yang mendukung bisnis dari Chairul ialah memperhatikan beberapa inti dari berbisnis yaitu multi media, property dan keuangan. Di beberapa bidang ini, anda dapat dengan mudah mengetahui tingkatan dari suatu perusahaan. Selain itu, perusahaan ini juga merambah ke bisnis asuransi jiwa yang nantinya juga sangat menguntungkan.
    Selain di beberapa media cetak, Chairul juga terkenal di beberapa multi media. Persaingan di bidang bisnis multimedia semakin besar setiap waktu. Oleh karena itu anda perlu belajar atau mempelajari cara bekerja sesuai dengan kebutuhan anda. Saat ini, kekayaan yang telah dicapai oleh Chairul didapatkan dari beberapa jenis perusahaan yang sukses.

    10. Kiki Barki (72 Tahun) - $1,7 Milyar USD (#764)
    Tidak mudah bagi para pengusaha untuk meraih kesuksesannya. Meraih ranking untuk menjadi orang terkaya di dunia bukanlah suatu perkara yang mudah. Keluarga Barki merupakan salah satu keluarga kaya yang berhasil meraih kesuksesan mereka. Selain memiliki suatu perusahaan bisnis dengan hasil yang fantastis, Barki juga perlu mendapatkan suatu prestasi yang membanggakan di bidang usaha bisnis. Kebanyakan pengusaha ini melakukan beberapa macam bisnis baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Persaingan di bursa saham Indonesia maupun luar negri berjalan semakin ketat. Oleh karena itu, keluarga Barki memanfaatkan kesempatan mereka untuk bersaing di ajang bursa saham demi mendapatkan keuntungan di bursa saham dunia.
    Salah satu pengusaha bisnis yang memperoleh kesuksesan di dunia ialah Kiki Barki. Berdasarkan majalah Forbes, Barki masuk kedalam daftar 40 orang terkaya yang ada di Indonesia. Kekayaan yang didapatkan oleh beliau ialah sekitar 72 triliun. Jumlah kekayaan Barki telah meningkat pesat. Di antara beberapa daftar orang terkaya di dunia, ada tujuh pendatang baru lainnya yang juga memiliki kekayaan berlebih salah satunya ialah Barki dengan perusahaan tambang batu bara dari PT Harum Energy TBK. Saat ini Kiki berusia 71 tahun dan telah mencapai puncak kejayaannya. Di awal bisnisnya, Kiki merambah pangsa pasar batu bara sedikit demi sedikit. Setelah itu, ia mulai mencatatkan saham perusahaannya sehingga dapat masuk ke dalam Bursa Efek Indonesia mulai Oktober 2010. Di penawaran perdananya, perusahaan ini berhasil melepas 500 juta saham dengan harga saham yaitu Rp 5.200,- per unit. Dengan pelepasan saham ini maka perseroan ini mampu meraup omset sebesar 1,04 triliun. Dengan ini maka Harum Energy menjadi salah satu perusahaan produsen batu bara yang terbesar di Indonesia. Sampai detik ini, target produksi yang terjual ialah sebesar 7,4 juta ton batu bara. Peningkatan penjualan batu bara saat ini ialah sebesar 75% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Dengan hasil penjualan yang cukup fantastis ini maka perusahaan ini juga telah mengalami peningkatan yaitu sebesar lima kali lipat. Posisi sebagai perusahaan pertambangan terbesar di Indonesia pun masih terus diraih oleh perusahaan ini. Dengan usaha dari Barki, maka perusahaan ini terus mengalami kemajuan dalam penjualannya.
    Saat ini, Barki masih terus mencoba untuk mempertahankan kepemilikan mayoritas dari perusahaan yang saat ini telah dijalankan oleh putranya sendiri yaitu Lawrence Barki yang menjadi seorang presiden komisaris di perusahaan Harum Energy. Mempertahankan kepemilikan suatu perusahaan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara karena salah satunya ialah dengan menjadikan mayoritas saham perusahaan menjadi milik sendiri. Selain di wilayah Indonesia, Barki juga telah sukses mencatatkan perusahaannya di bursa saham negera lain. Selain itu, beberapa saham yang juga dimiliki oleh Barki ialah saham di Cockatoo Coal yang berasal dari Australia.

    11. Murdaya Poo (71 Tahun) - $1,5 Milyar USD (#854)
    Nama : Murdaya Poo
    Kekayaan : 1.5 Milyar Dollar Amerika atau 13.5 Triliun rupiah
    Umur : 71 tahun
    Sumber Kekayaan : Banyak Sumber
    Kewarganegaraan : Indonesia
    Status Perkawinan : Menikah
    Jumlah Anak : 4 orang
    Terkaya Dunia : #854 terkaya dunia versi Forbes (Maret 2012)

    12. Edwin Soeryadjaya (63 Tahun) - $1,4 Milyar USD (#913)
    Seorang bernama Edwin Soeryadjaya merupakan salah satu orang Indonesia yang cukup terkenal sebagai pengusaha sukses bahkan bisa dikatakan super sukses. Bagaimana tidak? Dia mampu mengantongi sebuah penghargaan sebagain Indonesian Entrepeneur of the Year pada tahun 2010. Bahkan pengumuman anugrah penghargaan tersebut diumumkan oleh Chief Executive Officer Ernst and Young Giuseppe Nicolosi. Peranan Edwin sebagai chairman di Saratoga Group sangatlah besar. Sebagai pendiri Saratoga Investama Sedaya, beliau mampu menghasilkan jutaan bahkan ratusan juta dalam waktu singkat. Perusahaan Sarotaga Investama Sedaya sendiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang investasi yang cukup mempunyai nama di Indonesia.
    Sebagai anak dari pengusaha terkenal, William Soeryadjaya, Edwin mulai tumbuh dengan bakat berbisnis seperti ayahnya. Dia bahkan mendirikan sebuah perusahaan bernama Saratoga Capital pada tahun 1998 bersama dengan Sandiaga Uno. Sebagai anak ke dua dari William rupanya Edwin cukup terampil dalam mengembangkan kemampuannya sebagai pebisnis tepat seperti ayahnya. Pada tahun 2004 dia memiliki jabatan sebagai Presiden Komisaris untuk PT Adaro Energy TBK yang disebut dengan PT Padang Kurnia yang sekarang ini menjadi perusahaan yang memproduksi batu bara dengan rating terbesar ke dua di Indonesia yang dianggap berperan penting untuk stok batu bara untuk pasar di Indonesia.
    Kemampuan Edwin dalam mengelola perusahaan tidak lepas dari usaha kerasnya yang telah dia lakukan selama bertahun-tahun. Meskipun ayahnya adalah pengusaha terkenal namun dia tidak segan untuk belajar keras untuk memiliki kemampuan yang sama dan bahkan lebih baik dari ayahnya. Berbekal dari keinginan kuat itulah akhirnya dia menunjukkan hasil yang sangat signifikan dari waktu ke waktu tentang kemampuannya dalam mengelola bisnis nya. Hal itu pula yang menjadikannya sebagai penguasaha yang cukup memiliki nama di Indonesia. Penghargaan Ernst and Young Entrepreneur of the Year juga merupakan penghargaan di bidang bisnis yang sangat bergengsi di Indonesia yang sudah berstandar internasional. Jadi, para finalis yang dapat masuk ke nominasi penghargaan ini adalah mereka-mereka yang sudah memiliki kualifikasi tingggi sebagai pengusaha yang ditunjukkan dengan eksistensi mereka serta peranan mereka yang menonjol dalam dunia bisnis.
    Dengan munculnya Edwin sebagai juara utama menjadi bukti keberhasilan Edwin yang sudah diakui di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini membuktikan kemampuan Edwin yang sangat cemerlang di bidang bisnis yang membuat namanya semakin melambung diantara pebisnis-pebisnis di Indonesia. Dalam berbisnis Edwin mampu memegang erat etika dalam bisnis yang menjadikannya sebagai pebisnis yang tangguh dan mampu membaca segala situasi dengan sangat baik. Dengan kemampuannya dalam mengelola bisnis dia mampu menghasilkan penghasilan yang sangat tinggi tiap bulan sehingga menjadikannya sebagai pengusaha yang kaya raya dan banyak dikenal oleh masyarakat.

    13. Tahir (60 Tahun) - $1,3 Milyar USD (#960)
    Tahir adalah salah satu orang yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Sebagai laki-laki yang berusia enam puluh tahun dia sudah mampu menghasilkan kekayaan sebesar 1.3 milyar dollar Amerika atau sebesar 11.7 trilliun rupiah. Dia dikenal sebagai pengusaha ulet dan memiliki bisnis yang cukup beraneka ragam dan kesemuanya sukses di tangan pengusaha ini. Dengan berbekal latar pendidikan sebagai sarja sains di Universitas Nan Yang dan master of Business Administration yang diperoleh dari Universitas Golden Gate, dia mampu unjuk gigi di hadapan para pebisnis lain dengan kesuksesannya dalam segala bidang bisnis yang dia kelola dengan tangannya sendiri. Dia memang seorang pengusaha yang dikenal sangat cerdas dalam membaca situasi bisnis dan situasi pasar bisnis. Hal inilah yang menjadi kunci kesuksesannya dalam berbisnis. Awal dari karirnya dimulai pada tahun 1980 ketika dia mulai merintis usaha dealer mobil. Namun tak lama bisnis itu dia geluti dia harus menerima kegagalan yang cukup pahit. Tapi nampaknya kegagalan tersebut tidak menjadikannya berhenti untuk berbisnis. Dia mulai bangun dari keterpurukannya akibat kegagalan yang dia alami dan mulai merintis usaha baru di bidang garmen. Lambat laun dia mulai memasuki bidang keuangan dengan membuka Bank Mayapada. Pembukaan Bank ini dilakukan pada tahun 1990, tepat sepuluh tahun setelah dia gagal dengan bisnis dealer mobilnya.
    Tahir tidak berhenti di satu atau dua bisnis saja. Setelah mendapatkan kesuksesan di bisnis garmen dan perbankan yang dia geluti akhirnya dia mulai melirik ke sektor rumah sakit yang dilanjutkan dengan toko bebas bea serta perusahaan media. Perusahaan media yang dia lakoni sudah memiliki lisensi Forbes Indonesia. Setelah mendapatkan kesuksesan dari bisnis-bisnis itu, dia mulai lagi menunjukkan kekuatan bisnisnya dengan menciptakan perusahan properti sebanyak sebelas perusahaan yang bertempat di Bali, Indonesia dan Singapura.
    Tahir kemudian menjadi pengusaha yang cukup terkenal dan sukses menjalankan Grup Mayapada. Banyak orang melirik ke arahnya dan menjadikannya salah satu pengusaha yang patut untuk di contoh. Gerak geriknya lumayan mengundang perhatian orang karena dia selalu menunjukkan kesuksesan di setiap langkah bisnis yang dia lakukan. Dia selalu memperlihatkan semangat yang besar dalam melakoni setiap bisnis nya dan tidak pernah merasa takut untuk memulai usaha baru. Nampaknya itu lah yang menjadikannya sebagai pengusaha sukses. Dia tidak ragu dalam memilih usaha baru dan kemudian menjalankannya. Dengan banyaknya perusahaan yang dia miliki, dia mampu mempekerjakan ribuan pekerja dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat Indonesia. Dia juga tidak pernah berhenti untuk beraksi dengan ide-ide bisnis nya yang cemerlang. Dari upaya bisnis nya itu lah saat ini dia menjadi orang yang kaya raya dan layak di perhitungkan di jajaran pebisnis di Indonesia.

    14. Hary Tanoesoedibjo (46 Tahun) - $1,3 Milyar USD (#960)
    Siapa yang tak kenal dengan Hary Tanoesoedibjo? Semua pengusaha di Indonesia pasti sudah mengenal nama ini. Beliau adalah seorang pengusaha kaya raya yang dimiliki oleh Indonesia. Hary terlahir di Kota Surabaya, Jawa Timur pada tahun 1965 tepatnya pada tanggal 26 bulan September. Besar di Surabaya beliau memasuki sebuah universitas bergengsi di Kanada yaitu Carleton University, Ottawa. Beliau berhasil menggenggam gelar Bachelor of Commerce pada tahun 1988. Setelah lulus dari program Bachelor, beliau meneruskan pendidikannya di Ottawa University dan meraih gelar Master of Business Administration pada tahun 1989. Beliau memang terkenal pandai sehingga dalam waktu satu tahun saja beliau sudah mampu mengantongi gelar Master nya. Saat ini pun Hary menjelma sebagai pengusaha kaya raya dan memangku jabatan penting di berbagai jenis perusahaan besar di Indonesia. Pada tahun 2002 beliau ditunjuk sebagai Presiden Direktur untuk PT Global Mediacom Tbk. Sebelumnya beliau sudah menjabat sebagai Wakil Presiden Komisaris untuk perusahaan yang sama. Pada tahun 1989 beliau menjadi pendiri, Grup PT Bhakti Investama Tbk yang sekaligus sebagai pemegang saham dan Presiden Eksekutif.
    Dalam menjalankan bisnisnya, Hary tidak hanya duduk di satu perusahaan saja tetapi di berbagai perusahaan yang tergolong perusahaan besar dan terkemuka di wilayah Indonesia. Selain menjabat sebagai Presiden Direktur PT Global Mediacom Tbk dan Presiden Eksekutif untuk Grup PT Bhakti Investama, beliau juga menjabat sebagai Presiden Direktur untuk Global Media Nusantara. Pada tahun 2003 beliau juga menjadi Presiden Direktur untuk PT Rajawali Citra Televisi Indonesia yang merupakan salah satu Channel televisi terbesar di Indonesia. Selain itu beliau juga diangkat sebagai Komisaris PT Mobile-8 Telecom Tbk, Indovision, serta berbagai perusahaan yang bernaung di Global Mediacom serta Bhakti Investama.
    Karirnya tidak hanya berhenti sampai disitu, beliau bahkan menjabat sebagai Bendahara Komite Olahraga Nasional Indonesia atau yang disingkat dengan KONI. Beliau melakoni semua itu dengan kemampuannya yang sangat besar. Beliau memang terkenal giat dan terampil. Selain itu kecerdasannya mampu membawanya menjadi jajaran orang penting di Indonesia. Kemampuan manajemen nya yang bagus membuatnya mampu menjalankan perannya di berbagai perusahaan yang beliau miliki sehingga semua perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik dan terorganisir. Beliau juga menjadi pembicara di berbagai seminar bisnis sekaligus sebagai pembicara di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Dengan kemampuannya itu, beliau menjadi salah satu orang yang duduk di jajaran orang terkaya di Indonesia dengan penghasilan perbulan yang sangat fantastis. Dari berbagai perusahaan yang beliau miliki beliau berhasil menjadi milioner yang layak diperhitungkan dan dipandang oleh kalangan pebisnis lain. Untuk itulah beliau sering dihadirkan sebagai pembicara untuk berbagai seminar untuk menyalurkan kemampuannya kepada pebisnis Indonesia yang lain.

    15. Garibaldi Thohir (46 Tahun) - $1,2 Milyar USD (#1015)
    Dalam daftar orang terkaya dunia yang dirilis oleh majalah Forbes pada bulan Maret 2012, nama pengusaha asal Indonesia Garibaldi Thohir menjadi salah satunya. Garibaldi Thohir berhasil menduduki posisi 1015 dunia atau orang terkaya ke-15 di Indonesia dengan total kekayaan mencapai 1,2 Miliar dolar Amerika. Bersama bos MNC Group, Harry Tanoesoedibjo, Garibaldi Thohir menjadi dua pengusaha muda yang termasuk ke dalam daftar orang terkaya dunia asal Indonesia versi Forbes tahun 2012 ini.
    Saat ini Garibaldi Thohir menjabat sebagai Presiden Direktur Adaro Energy, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan terutama pengelolaan batu bara di Indonesia. Lahir 47 tahun lalu di Jakarta dari keluarga pengusaha, Garibaldi Thohir memiliki panggilan kecil Boy sehingga orang terkadang menyebutnya sebagai boy garibaldi thohir. Ayahnya, Teddy Thohir, adalah seorang pengusaha dengan berbagai macam bisnis dan ini diturunkan pada Garibaldi dan saudaranya, Erick Thohir. Keluarga memang pendukung karier suksesnya terutama sang istri, Alinda Thohir dan ketiga anaknya.
    Karir sukses Garibaldi Thohir sendiri dimulai pada tahun 1992 ketika bergabung dengan PT Allied Indocoal, perusahaan batu bara yang berbasis di Sumatera Barat setelah menyelesaikan pendidikannya di Northrop University, Amerika Serikat, dan meraih gelar MBA. Tahun 1997 disebut sebagai loncatan penting bagi kesuksesan Garibaldi Thohir karena pada tahun ini dia berhasil mengambil alih PT WOM Finance, perusahaan kredit yang berafiliasi dengan Honda Motor.
    Garibaldi Thohir selanjuntnya membawa WOM Finance tersebut ke dalam daftar perusahaan finance terbaik di Indonesia dan hingga hari ini dia masih menjabat sebagai Komisaris perusahaan meskipun ia juga menduduki posisi Presiden Direktur di Adaro Energy. Kesuksesan Garibaldi Thohir dengan Adaro Energy sendiri berawal pada tahun 2005 ketika ia bersama temannya, Presiden Direktur PT Astra International, Theodore P. Rachmat, membeli 49% saham perusahaan batu bara tersebut dan perlahan, Garibaldi Thohir mulai menduduki posisi penting di Adaro Energy. Berbagai langkah sukses berhasil diraih Garibaldi Thohir bersama dengan Adaro Energy seperti kebehasilannya menguasai 30% pasar batu bara di Indonesia.
    Di bawah kepemimpinan Garibaldi, Adaro Energy bukan hanya berhasil meraih keuntungan besar dalam bisnis batu bara tetapi juga memiliki image tersendiri dengan brand Envirocoal karena batu bara yang dihasilkan merupakan jenis batu bara yang ramah lingkungan. Seorang boy garibaldi thohir yang mengawali kesuksesannya dari sebuah mimpi yang disertai dengan kerja keras saat ini telah berhasil menempatkan dirinya tidak hanya di dalam daftar orang terkaya Indonesia tetapi juga sebagai salah satu pebisnis paling berpengaruh di Asia.
    Melihat kilas balik kehidupan Garibaldi Thohir, rasanya seperti tidak ada batu ganjalan di dalam meraih kesuksesan. Hal ini tentu saja tidak benar karena Garibaldi Thohir pernah mengalami masa-masa sulit ketika krisis moneter melanda Indonesia pada tahun 1998 dan membuat WOM Finance miliknya ikut terguncang. Akan tetapi dengan kerja keras dan keuletan serta semangat pantang menyerah yang dimilikinya, Garibaldi Thohir berhasil membawa perusahaan yang dipimpinnya tersebut bangkit dan bahkan dia berhasil meraih kesuksesan yang lebih besar lagi bersama Adaro Energy.

    16. Theodore Rachmat (68 Tahun) - $1,1 Milyar USD (#1075)
    Indonesia rupanya dibanjiri oleh sejumlah nama pebisnis handal yang memiliki kemampuan bisnis yang luar biasa. Salah satu nama yang sering disebut di berbagai media adalah Theodore Rachmat. Pebisnis ini adalah keponakan dari William Soeryadjaya dan dipercaya untuk mengelola cabang-cabang perusahaan yang dimilikinya. Berangkat dari situlah Theodore mencapai kesuksesan di berbagai bisnis dan melambungkan namanya di tengah-tengah masyarakat.
    Theodore P. Rachmat merupakan mantan mahasiswa Institut Teknologi Bandung dan menyandang gelar sarjana teknik mesin pada tahun 1968. Meskipun dia adalah keponakan dari pengusaha terkenal namun dia tidak hanya mengandalkan koneksi tetapi juga beliau rajin belajar dan berupaya sendiri. Pada awalnya beliau berusaha mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang konstruksi yaitu PT Porta Nigra. Pendirian perusahaan itu dilakukan pada tahun 1970. Theodore tidak menjalankan perusahan tersebut sendiri tetapi dengan dibantu oleh kakaknya yang bernama Benedictus Purwanto Rachmat. Dia tidak serta merta menjadi pegawai untuk perusahaan-perusahaan pamannya. Akan tetapi mengawali kemampuan bisnsinya dengan melakukan magang di Gevehe B yang merupakan perusahan Belanda. Bahkan Theodore sempat menjadi salesman untuk alat berat di Allis Chalmers Astra. Berkat kemampuannya, akhirnya setelah bekerja selama satu tahun, beliau diangkat menjadi direktur PT Astra Honda Motor. Dari sinilah beliau memulai karirnya di Grup Astra. Pada tahun 1984 beliau diangkat sebagi Presiden Direktur untuk PT Astra Internasional.
    Perjalanan karir Theodore Permadi Rachmat pun berjalan dengan baik meskipun harus vakum sealama dua tahun, tapi akhirnya beliau mendapatkan kepercayaan kembali untuk memimpin Grup Astra. Dia kemudian diberi kepercayaan lain untuk memimpin anak-anak perusahaan yang dimiliki pamannya. Secara bertahap Theodore mulai memiliki saham yang diawali dengan saham pemberian pamannya. Salah satu saham yang dia miliki adalah di PT Surya Semesta Internusa Tbk sebanyak satu persen. Setelah cukup pengalaman bergelut di dunia tanam saham, beliau akhirnya mulai menanam saham lagi di PT Windu Tri Nusantara. Kebetulan perusahaan ini bergerak di bidang investasi yang terus berkembang.
    T.P. Rachmat rupanya memiliki trik sendiri dalam menjalankan usahanya. Bisnisnya dilakukan dengan dua pola yaitu dengan memisahkan perusahaan induk dan pribadi. Kemudian dia memulai mendirikan perusahan induk baru yaitu PT Tripel A Jaya pada tahun 1979. Setelah lima belas tahun perusahaan induk ini pun bertambah sebanyak satu unit yang diberi nama PT Trikirana Investindo Prima. Tujuan didirikannya PT Triple A Jaya ini awalnya adalah untuk mewakili unit-unit perusahaan. Perusahan ini pun berkembang dengan sangat baik sehingga muncul berbagai unit baru. Dengan kemampuan manajemen Theodore yang baik, akhirnya semua perusahaan yang dipimpinnya berkembang pesat dan semakin menunjukkan perkembangan dari waktu ke waktu. Dari sinilah pada akhirnya Theodore menjadi pengusaha yang kaya raya di Indonesia.

    17. Djoko Susanto (62 Tahun) - $1,0 Milyar USD (#1153)
    Djoko Susanto adalah pemilik Alfamart yang merupakan salah satu super market yang banyak tersebar di wilayah Indonesia. Dengan semakin meluasnya jaringan untuk Alfa Mart, semakin besar pula keuntungan yang diperoleh oleh pengusaha ini. Dari sinilah beliau dikenal oleh banyak orang dan mulai menjadi orang kaya raya baru di tanah air.
    Kemampuan berbisnis Djoko dimulai sejak beliau masih berumur tujuh belas tahun. Awalnya beliau membuka usaha kios yang dimiliki oleh orang tuanya di Pasar Arjuna yang terletak di kawasan Jakarta. Kios yang dijalankannya itu diberi nama Sumber Bahagia. Kios tersebut menekankan bisnis nya dalam menjual bahan makanan. Potensi bisnis nya pun sedikit berkembang. Beliau melihat adanya ruang bisnis yang lebih baik dengan menjual rokok. Hal ini dilakukannya pada tahun 1960 an. Visi nya dalam berbisnis rupanya sangat bagus, beliau dapat melihat bagaimana sebuah bisnis rokok akan dapat berjalan dengan baik dan memiliki potensi yang besar di masa akan datang. Dengan pemikiran yang dimiliki Djoko tentang potensi usaha rokok, Putera Sampoerna menjadi rekan kerjanya dan mereka membuka kios rokok baru di kawasan Jakarta. Nampaknya dewi fortuna mampir pada mereka dan usaha tersebut berjalan dengan sangat baik.
    Berawal dari keberdaan kios baru ini lah mereka mulai berpikir untuk membuka super market. Super market tersebut diberi nama Alfa Toko Gudang Rabat. Djoko sendiri menjadi direktur penjualan serta distribusi untuk perusahaan Sampoerna yang pada saat itu sedang berkembang dengan baik. Seiring dengan waktu Djoko dan Sampoerna mendirikan toko baru yang diberi nama Alfa Minimart. Nama tersebut akhirnya disingkat menjadi Alfamart. Pendirian toko tersebut dilakukan pada tahun 1994 dan rupanya menarik perhatian banyak orang karena toko tersebut diperuntukkan tidak hanya untuk kalangan atas tapi juga menengah ke bawah. Akan tetapi Sampoerna tidak lagi bekerja sama dengan Djoko karena Sampoerna mendirikan bisnis dan perusahan baru dengan menjual tembakau. Pada akhirnya sebgian saham untuk Alfamart yang dimiliki Sampoerna dibeli oleh Djoko dari tangan Philip Morris.
    Djoko pun membeli Northstar sehingga beliau memiliki saham sebesar 65 persen dari perusahaan. Saham sebanyak 65 persen tersebut dijual dan akhirnya menghasilkan dua kali lipat. Dari sinilah Djoko mulai mendapatkan penghasilan besar dan menjadikannya milioner. Beliau juga menjual bisnis super market dan mulai masuk ke bisnis mini market yang diperuntukkan untuk semua kalangan. Mini market dinilai lebih terjangkau sehingga dapat menarik perhatian lebih banyak orang dari pada super market. Sebagai pemilik alfamart, Djoko mulai menikmati penghasilan yang sangat besar dari bisnisnya dengan jumlah pelanggan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Usaha itu pun semakin berkembang sehingga dia menjadi jajaran orang terkaya di Indonesia di urutan ke tujuh belas pada di tahun 2012.





    Sumber :
    1. http://www.forbes.com/billionaires/l..._All%20states_
    2. http://www.orangterkayaindonesia.com...ia-tahun-2012/
    Last edited by EKAPACSY; 05-29-2012 at 18:00. Reason: dirapihin
    TangRangers Area
    081383549669
    BETTER PLACE FOR BETTER LIVING

  2. #2
    I'm a SuperMOD Plat Nomor : 20 Ryan.Agusta's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Muria Raya
    Posts
    7,308

    Default

    Posisi pertama dan runner up masih dipegang Orang Kudus. Berawal dr bisnis rokok kini menggurita di bidang perbankan, furniture dan terakhir kali dikabarkan membeli Forum Internet terbesar di Indonesia besutan Andrew Darwis.

  3. #3
    Bus Chassis Plat Nomor : 28782
    Join Date
    Sep 2012
    Location
    jakarta
    Posts
    10

    Default

    selama perokok indonesia masih banyak dan aku rasa makin bertambah, pengusaha rokok masih akan menjadi orang terkaya diindonesia

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •