www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 3 123 LastLast
Results 1 to 10 of 30

Thread: Teluk Kiluan

  1. #1
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default Teluk Kiluan



    Hidden Paradise at Lampung

    Teluk Kiluan adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, namun siapa sangka di tempat ini terdapat sebuah surga tersembunyi yang menyimpan keindahan Anugerah Sang Maha Pencipta. Teluk ini merupakan jalur migrasi lumba-lumba jenis mulut botol. Siapa sangka di tempat yang tak jauh dari Ibu Kota Jakarta kita dapat menemukan tempat untuk melihat lumba-lumba. Selama ini kita tahu untuk melihat lumba-lumba kita bisa berkunjung ke Lovina, Bali. Kali ini saya akan mencoba mengulas pengalaman saya menuju surga tersembunyi tersebut.

    Untuk menuju lokasi tersebut bisa dengan perjalanan darat sekitar 3-3,5 jam dengan mobil, namun kali ini saya akan menggunakan motor untuk menuju kesana. Untuk mencapai lokasi tersebut saya harus menuju Padang Cermin dengan melalui Hanura. Terdapat 1 lokasi pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Mutun yang berada sebelum memasuki Hanura. Sepanjang perjalanan saya disuguhkan dengan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Hamparan persawahan yang hijau, pantai yang landai serta dipadu dengan gradasi warna perbukitan yang memanjakan mata.

    Setelah melintasi Padang Cermin menurut penuturan warga sekitar saya akan dihadapkan dengan jalur yang cukup eksrtrem, perlu keterampilan mengemudi yang lebih untuk melewati jalur ini. Betapa sulitnya akses untuk menuju Kiluan. Jalanan yang meliuk-liuk, licin, berbukit, naik turun dan sangat sempit harus saya lewati. Motor yang saya kendarai harus jalan pelan-pelan karena banyak tikungan tajam serta ditambah dengan akses jalan yang rusak. Meskipun ini bagian dari petualangan, namun setiap langkah harus dilakukan dengan cermat. Beruntung saya memiliki pengalaman berkendara di jalur rusak dan ekstrem seperti ini. Salah hitung, jurang di bahu jalan siap menerima. Mungkin sekitar 1 jam saya harus melewati jalur ekstrem tersebut padahal jarak yang ditempuh hanya sekitar 27 km. Sayang tempat seindah ini tidak mendapat perhatian pemerintah daerah.

    Sesampainya di Kiluan kita akan mendapatkan sebuah perkampungan transmigran yang berasal dari Bali dan juga terdapat beberapa penduduk asli Lampung. Beberapa rumah dengan gaya Bali nampak bersanding dengan rumah panggung milik penduduk asli Lampung. Dialek kental orang Jawa berbaur dengan aneka ragam dialek dari daerah lain menjadikan Desa Kiluan begitu hidup.

    Disini terdapat penginapan namun jangan harap mendapatkan kemewahan di tempat ini karena suasana pedesaan masih sangat kental disini. Penginapan sederhana dapat digunakan untuk rehat dan berburu lumba-lumba di pagi hari nanti. Namun sayang saya akan langsung kembali menuju Bandar Lampung karena tak punya cukup banyak waktu untuk bisa menikmati keindahan tempat ini lebih jauh lagi.

    Saya pasti akan kembali ke tempat ini dan mengeksplore lebih jauh lagi keindahan tempat ini.

    Nova Ardianto - Bandar Lampung

    Sejuta Pesona Indonesia
    Last edited by nova_33; 05-23-2012 at 20:45.
    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  2. #2
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default

    Info Lain

    Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia.

    1. Prakiraan Biaya

    A. Transportasi
    Transportasi umum dari Jakarta menuju Teluk Kiluan:
    1. Kalideres – Pelabuhan Merak (ekonomi) Rp 15.000,- (ac ekonomi) Rp 18.000,- sekitar 1.5-2,5 jam
    2. Ferry penyebarangan Merak – Bakahueni (ekonomi) Rp 11.500,- (AC tambah Rp 4.000,- s/d Rp 11.000,- tergantung kapal), sekitar 3 jam
    3. Bakahueni – Bandar Lampung (ekonomi) Rp 17.000,- (patas ac) Rp 22.000,- sekitar 3 s/d 4 jam
    4. Travel Bandar Lampung (kali balok) – Kiluan (AC) Rp 45.000,- sekitar 3-4 jam
    5. Penyebrangan (kapal jungkung kecil) dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan, Rp 15.000,- /org sekitar 15 menit.
    6. Jungkung untuk ’berburu’ Lumba-lumba : Rp 250.000/kapal, bisa diisi 3 orang, lama seluruh perburuan sekitar 2-3 jam.

    B. Akomodasi
    Akomodasi penginapan di Teluk Kiluan sangat terbatas. Di Pulau Kiluan hanya terdapat 1 rumah panggung yang digunakan sebagai homestay, yang memiliki 4 kamar yang disewakan. Harga sewa semalam Rp.150.000,- perkamar, yang bisa diisi sampai 5-6 orang. Fasilitas amat sangat minim, listrik yang digunakan adalah generator sederhana yang menerangi sangat terbatas (110V). Alternatif lain adalah menginap di homestay yang berada di Teluk Kiluannya (daratan), dengan kondisi yang mestinya lebih bagus. Saya prefer menginap di Pulau Kiluan dengan pertimbangan supaya pagi buta bisa langsung naik kapal jungkung ’berburu’ lumba-lumba.

    C. Makanan
    Makanan yang disantap adalah makanan yang disediakan oleh pemilik homestay dengan biaya Rp.15.000,-/makan/orang dengan lauk ikan segar seadanya.

    D. Biaya Lain – Tiket Masuk
    Sebagian besar gratis, kecuali untuk pantai yang sudah dikomersialkan seperti pantai Klara Rp.5.000,-, pantai Mutun Rp.5.000,-.

    2. Objek Wisata
    Obyek Wisata yang sejalan ke arah Teluk Kiluan ini :
    1. Pantai Queen Artha, Lampung, sunrisenya luar biasa cantik
    2. Pantai Kelapa Merapat (Klara) sekitar 1 jam dari Bandar Lampung
    3. Pulau Kelagian, pulau yang berada depan pantai Klara, biaya sewa kapal Rp.75.000,- yang bisa isi hingga 8 orang, lama penyebrangan 15-20 menit,
    4. Pantai Mutun, sedikit masuk, ada arah petunjuknya.
    5. Pantai Sekar Wana, pantai milik AL, harus ijin, pantai yang berada di Lagoon, sehingga bisa merefleksi dengan sempurna. Pantai ini dekat dengan Pantai Mutun.

    A. Saran Itinerary:
    1. Waktu untuk berharap bisa melihat lumba-lumba sangat terbatas. Lumba-lumba konon muncul pada pagi hari (untuk mencari makan) sekitar jam 06.00 – 09.00, untuk itu sebaiknya sudah berada dijungkung maksimal jam 06.00 pagi.
    2. Itenary yang ideal (bila dari Jakarta, dengan kendaraan pribadi) :
    a. berangkat jakarta sekitar jam 21.00
    b. menunggu sunrise di Pantai Queen Artha
    c. Jelajah seluruh pantai yang arah menuju Teluk Kiluan, yang prioritas adalah pantai Klara, Pulau Kelagian, Pantai Sekar Wana.
    d. Sekitar jam 14.00 sudah berkendaraan meninggalkan pantai Klara-Kelagian menuju Teluk Kiluan, karena jalanan sangat jelek. Sangat disarankan untuk membawa mobil 4×4 or yang tinggi. Upayakan sampai di Kiluan sebelum jam 17.00.
    e. Pagi hari setelah berburu lumba-lumba, jelajahi pulau Kiluan, pantainya sungguh cantik, dan konon ada terumbu karang yang cuantik sekitarnya.

    3. Cuaca
    Secara umum waktu yang terbaik adalah saat musim kemarau, April – September, karena dikhawatirkan apabila musim hujan, akan membuat jalan rusak menuju Teluk Kiluan akan semakin parah sehingga semakin menyulitkan perjalanan.

    4. Packing List
    Perlengkapan berenang, sunblock, kamera (disarankan membawa lensa tele untuk menangkap moment lumba-lumba), makanan sebisa yang dibawa karena di Teluk Kiluan tidak ada penjual makanan besar, dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air) yang dipergunakan selama ’hunting’ dolphin.

    5. Tips
    - Bawa senter apabila menginap di homestay pulau Kiluan.
    - Sepagi mungkin berburu Lumba-lumba.
    - Membawa makanan tambahan untuk persiapan menginap di Pulau Kiluan.
    - Mandi/berbersih apabila berenang di Klara (ada kamar mandi di pantai Klara), karena air sangat sedikit di Pulau Kiluan (saat kunjungan terakhir, tidak ada mesin pompa air, sehingga apabila membutuhkan air harus menimba sumur terlebih dahulu)
    - Jungkung yang digunakan sangat kecil, lebar hanya sekitar 45 cm, dengan panjang sekitar 2.5 m, untuk yang agak takut dengan air, disarankan membawa live vest jacket sendiri.
    Last edited by nova_33; 05-23-2012 at 20:18.
    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  3. #3
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default




    Selama di perjalanan







    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  4. #4
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default










    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  5. #5
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default









    Last edited by nova_33; 05-23-2012 at 20:19.
    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  6. #6
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default









    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  7. #7
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default








    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  8. #8
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default

    Terakhir TS numpang narsis




    Last edited by nova_33; 05-23-2012 at 20:48.
    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

  9. #9
    Patas AC Plat Nomor : 515 LINTAS TIMUR's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Indralaya, SUMSEL
    Posts
    437

    Default

    Akses ksana gmn keadaan jalan nya? menurut informasi susah di tempuh dengan roda empat benarkah?? untuk homestayny emng udah dikella gitu?
    HINO RG

  10. #10
    Premiere Class Plat Nomor : 72 nova_33's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Lampung|Tangerang
    Posts
    7,466

    Default

    Quote Originally Posted by LINTAS TIMUR View Post
    Akses ksana gmn keadaan jalan nya? menurut informasi susah di tempuh dengan roda empat benarkah?? untuk homestayny emng udah dikella gitu?
    Bisa kok om tapi yah gitu deh mesti skill yang tinggi untuk kesana :D Mulai dari Padang Cermin jalannya mulai rusak.
    Kemaren malah ada bus 3/4 om yang kesana.. Home stay udah ada yang cukup bagus kalo menurut ane. Tapi ya gitu deh karena gak ada listrik jadi hanya mengandalkan generator kampung sampe jam 00.00 selanjutnya generaor milik yang punya home stay.. Masih sedikit untuk penginapan. Biasanya kalo musim liburan rumah warga banyak yang disewakan.
    Forum Bismania Indonesia
    www.bismania.com - Gate Of Sumatera
    Kesadaran Kita, Keselamatan Semua. Marilah Kita Saling Menghargai, Dimualai Dari Diri Kita Sendiri

Page 1 of 3 123 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •