www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

     
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 11
  1. #1
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Thumbs up [Knowledge V] Cara membaca Brosur

    TRIK MEMBACA BROSUR







    Sebelum membeli kendaraan, kita sering dihadapkan pada pilihan pilihan. Apalagi untuk bus yang harus handal di segala medan demi keamanan dan kenyamanan penumpang.



    Berikut ini saya sajikan beberapa langkah membaca brosur agar anda dapat memilih dengan lebih tepat.




    MESIN

    Perhatikan jumlah silinder, kapasitas, diameter dan langkah. Angka "langkah" didapat dengan menghitung jarak antara TMB (titik mati bawah) hingga TMA (titik mati atas).



    TMB adalah posisi dimana piston berada di posisi paling bawah. TMA adalah posisi dimana piston berada di posisi paling atas. Dengan mengetahui posisi TMA, dapat digunakan untuk menetukan setting timing pembakaran dimana pada mesin diesel adalah timing saat injektor menyemprotkan solar, dan pada mesin non diesel adalah timing pada saat busi memercikkan api. Hitungannya pakai derajat.



    Misal pada brosur tertulis 93 x 102.

    Maka...

    93 adalah diameter dalam satuan mm.

    102 adalah langkah dalam satuan mm.



    Cara hitung kapasitas silinder adalah pakai rumus matematika sewaktu kita SD dulu...



    rumus volume silinder adalah = jumlah silinder x (Pi x (r x r) x h)





    dimana pi adalah konstanta yang nilainya = 3.14

    r = radius = diameter x 0.5

    h = height = tinggi = langkah silinder



    Maka

    volume mesin (displacement) tersebut adalah...



    V = 4 x (3.14 x (46.5mm x 46.5mm) x 102mm)

    V = 4 x (3.14 x 2162.25mm2 x 102mm)

    V = 4 x 692876.6889 mm3

    V = 2771506.7558 mm3

    V = 2771.506 cm3

    V = 2771.5 cm3 (pembulatan)





    ingat...

    1cm3 = 1000mm3.

    cm3 adalah Centimeter Cubic atau sering disingkat CC, maka 1cm3 = 1cc = 1mililiter

    1000cm3 = 1dm3 = 1 liter.



    Mengenai karakter mesin...


    Mesin yang saya sebut diatas, 93 x 102 mm, memiliki angka langkah lebih besar daripada angka diameter. Mesin ini biasa disebut overstroke, maka karakter mesin ini torsi besar, tarikan yahud, namun kurang bagus di RPM tinggi, namun lebih irit.



    Power mesin, untuk standard Asia, biasanya menggunakan satuan PS. Satuan lainnya adalah PK, HP, KiloWatt (eropa)

    PS = PferdeStarke

    PK = PaardeKracht

    HP = HorsePower



    1 Kilowatt = 1.341022HP

    1 HP = 0.7456999 KiloWatt

    Satuan kilowatt biasanya dipakai di Eropa.



    Baca juga, pada berapa RPM tenaga maksimal dihasilkan? Semakin rendah rpm untuk mendapat power maksimal, maka semakin baik.



    Biasanya tertulis Power per rpm, misal: 250HP/2500rpm





    Torsi, biasa disebut momen puntir, atau bahasa bule-nya adalah Torque. Biasanya dicantumkan dalam satuan Kgfm dan Nm.



    Kgfm = Kilogram-force meter (JIS Standard)

    Nm = Newton meter (Eropa)



    1 Kgfm = 9.80665 Nm

    1 Nm = 0.1019716 Kgfm



    Biasanya tertulis torsi per rpm, misal: 300Nm / 2200rpm



    Kadang ada pertanyaan, apa sih bedanya Power dengan torque? Agak sulit menjelaskan namun secara gampangnya, torque bisa dirasakan berupa "tarikan" atau "akselerasi" mesin.







    TRANSMISI



    Adalah alat yang meneruskan daya yang dihasilkan oleh mesin ke final gear yang kemudian mentransfer tenaga tersebut ke roda sehingga kendaraan dapat bergerak.



    Nah.. di brosur kita akan dihadapkan dengan angka-angka rasio yang mungkin untuk beberapa orang sangat memusingkan. apa sih arti angka-angka tersebut? sepenting apa sih angka tersebut? Ngebacanya pasti makin mumet.



    Baca ini juga mumet?
    SELAMAT..!!!! Anda telah menemukan jalan yang benar.. teruskan membaca.. semoga saya dapat memberi pencerahan sebelum saya dilempar filter oli bekas metromini... hahahahaha.....



    Gini...



    Biasanya di brosur, tercantum angka rasio. Misal...



    1st : 5.600

    2nd : 3.100

    3rd : 2.200

    4th : 1.000

    5th : 0.500

    rev : 5.500



    Final gear: 4.5





    Nah...... makin pusing kan? Hahahaha...




    Sebelum gigi Anda makin bertambah ompong, yuk kita bahas masalah angka gigi-gigi yang ada dalam transmisi.



    Misal.. di gigi 1 tadi saya tulis 5.600

    maka...

    perbandingan rasionya adalah 1:5.600

    artinya...

    Mesin perlu berputar 5.6 kali untuk memutar tarnsmisi 1 kali.



    begitu juga untuk gigi 2 dan seterusnya....



    Final Gear, ada di dalam gardan. Final Gear dengan transmisi biasanya dihubungkan dengan kopel yang diujung-ujungnya ada cross joint-nya.



    Nah angka pada final gear juga perlu diperhatikan..

    tadi saya tulis 4.5

    Maka...

    perbandingan rasionya adalah 1 : 4.5

    Artinya...

    transmisi harus berputar 4.5 putaran untuk memutar roda 1 putaran.





    Bacanya jangan sambil melongo... ntar kemasukan laler loh...







    DIMENSI




    Panjang = Overall Length = OAL = Panjang total kendaraan dari depan ke belakang dihitung dari badan inti kendaraan, tidak termasuk aksesoris.



    Lebar = Overall Width = OAW = Lebar total kendaraan dari kanan ke kiri atau dari kiri ke kanan dihitung dari badan inti kendaraan tidak termasuk aksesoris.



    Tinggi = Overall Height = OAH = Tinggi total kendaraan dari bawah ke atas atau dari atas ke bawah dihitung dari badan inti kendaraan tidak termasuk aksesoris.



    Wheelbase = WB = Jarak antar sumbu roda (as) paling depan dengan sumbu roda (as) paling belakang.



    Front Overhang = FOH = Jarak yang dihitung dari sumbu roda (as) paling depan kendaraan ke ujung paling depan kendaraan (tidak termasuk aksesoris). Saya tulis as paling depan karena adakalanya bus memiliki double axle di roda depan.



    Rear Overhang = ROH =
    Jarak yang dihitung dari sumbu roda (as) paling belakang kendaraan ke ujung paling belakang kendaraan (tidak termasuk aksesoris). Saya tulis as paling belakang karena adakalanya bus memiliki double axle di roda belakang.



    Jarak terrendah ke tanah = Minimum Clearance = jarak yang diukur dari permukaan tanah ke bagian inti kendaraan yang terrendah. Biasanya diukur dari tanah ke gardan.



    Jejak Depan = Front Tread =
    Lebar tread diukur dari tengah-tengah telapak ban kanan depan ke tengah-tengah telapak ban kiri depan.



    Jejak Belakang = Front Tread = Lebar tread diukur dari tengah-tengah telapak ban kanan belakang ke tengah-tengah telapak ban kiri belakang.





    Satuan yang digunakan adalah milimeter.

    ================================================== =======================

    LAIN LAIN



    Kapasitas tangki, semakin besar isi tangki, maka semakin berat namun bisa melampaui trip lebih jauh dalam sekali siklus pengisian.





    Radius Putar = turning radius = luas area yang dibutuhkan untuk berbelok.

    Misal tertulis di brosur...

    Turning radius: 7m

    Artinya...

    Kendaraan ini membutuhkan tempat dengan lebar 2x7 meter atau 14 meter untuk dapat berputar 360derajat tanpa henti.



    kalau mau itungan yang njelimet, nih...

    pake rumus keliling lingkaran



    rumusnya 2 x Pi x r

    dimana R = radius



    maka turning radiusnya...



    X = 2 x Pi x r

    X = 2 x 3.14 x 7m

    X = 43.98m



    Kendaraan tersebut melaju sejauh 43.98m untuk berputar 360 derajat.



    Semakin kecil angka turning radius, semakin baik karena kendaraan akan semakin lincah.





    luas area untuk berputar

    pake rumus luas lingkaran

    rumusnya pi x (r x r)



    maka luas yang dibutuhkan...



    X = 3.14 x ( 7m x 7m )

    X = 3.14 x 49m2

    X = 153.9380400258998686846695257807 m2

    X = 153.93 m2 (pembulatan)



    maka kendaraan tersebut perlu luas area minimal 153.93 m2 untuk dapat berputar 360derajat tanpa henti.




    Udah dulu ah.. capek ngetiknya


    Kalo ada salah-salah kata mohon koreksinya... Karena saya sendiri juga masih belajar nulis dan belajar mesin... bukan belajar bikin kue donat....

    Semoga dapat memberi pencerahan....

    Salam


    Apotek

  2. #2
    Executive Plat Nomor : 78
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Printworld - Semarang
    Posts
    3,656

    Default


  3. #3
    BisMania Priority Plat Nomor : 114 doha77's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tenggarong
    Posts
    5,331

    Default

    So, kalo mau beli mobil/bis dengan muatan/kapasitas penumpang banyak, kira2 yang perlu di cermati apanya nih? Cari yang torsinya besar atau tenaga besar?
    dengan asumsi kondisi jalan di Indonesia bagian Jawa.



  4. #4
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Default

    beberapa point checklist menurut saya..

    1. perhatikan torsinya.
    Cari yang torsi tertinggi di rpm yang terrendah. Ini akan lebih irit.

    2. Perhatikan Tenaga dan Beban
    Menentukan faktor Power to weight Ratio.
    Misal, ada S dengan bobot 25 ton, power 360HP
    Rasionya= 360HP : 25.000kg= 0.0144

    M, 245HP, 15ton
    Rasionya= 245 : 15.000 = 0.0163

    M menang power to weight ratio walau S powernya besar.

  5. #5
    AC Ekonomi Plat Nomor : 198
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Cikupa, Tangerang
    Posts
    266

    Default

    Lanjutkan om, meski sudah pernah baca sebelumnya artikel beginian, tp tetep saja ga bosen baca lagi

    Oya kalo boleh request, tolong pencerahannya soal transmisi, kan ada manual sama matic. ayo bahas ya om, baik cara kerja masing2, keunggulan dan jenis2 nya..lanjutt

  6. #6
    Beginner Plat Nomor : 592 ekohadiyuwono's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    nomad
    Posts
    30

    Default

    mesti banyak monyetnya :))
    ekohadiyuwono@yahoo.com

  7. #7
    VIP Plat Nomor : 525
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    The Spirit Of Java
    Posts
    569

    Default

    sori oom.. oot.. bukan orang teknik.. hehehe
    ~ Biar Cepat Asal Selamat ~ Alon-Alon Ra Ndang Kelakon ~ Entuk NGebut Angger Ora Benjut ~


  8. #8
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Default

    Quote Originally Posted by id0sut View Post
    Lanjutkan om, meski sudah pernah baca sebelumnya artikel beginian, tp tetep saja ga bosen baca lagi

    Oya kalo boleh request, tolong pencerahannya soal transmisi, kan ada manual sama matic. ayo bahas ya om, baik cara kerja masing2, keunggulan dan jenis2 nya..lanjutt

    barangkali om Doha77 bisa membantu.. hehe




    Quote Originally Posted by ekohadiyuwono View Post
    mesti banyak monyetnya :))
    Kalo banyak hantunya nanti angker om...



    Quote Originally Posted by roda_perothol View Post
    sori oom.. oot.. bukan orang teknik.. hehehe
    Saya malah orang Indonesia om... hehe

  9. #9
    AutoBANNED - 3 Plat Nomor : 7379
    Join Date
    Jun 2010
    Location
    Bekasi
    Posts
    3,255

    Default

    Wah, Ilmu yang bermanfaat nih... Nanti ane akan cobain latihannya pas dapat brosur spesifikasi kendaraan dah.

    Makasih mas votech!

  10. #10
    BisMania Priority Plat Nomor : 114 doha77's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tenggarong
    Posts
    5,331

    Default

    Quote Originally Posted by EvoTech View Post
    barangkali om Doha77 bisa membantu.. hehe
    siap......nanti aku siapkan pengalihan tugas lagi ke om luckyboy....

    kek..kek..kek...



Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •