www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 6 of 9 FirstFirst ... 45678 ... LastLast
Results 51 to 60 of 81
  1. #51
    Executive Plat Nomor : 28438 nandatama's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Bekasi - Ambarawa
    Posts
    1,677

    Default

    Jakarta - Wonogiri memang banyak pilihan busnya ,,
    tapi kebanyakan via Salatiga ,,,,jarang sekali yang via Ambarawa ....
    musti turun di terminal Bawen buat oper
    kenapa ya ..???

  2. #52
    Patas AC Plat Nomor : 13764
    Join Date
    Apr 2011
    Location
    jkt, boyolali, wonogiri
    Posts
    391

    Default

    Quote Originally Posted by nandatama View Post
    Jakarta - Wonogiri memang banyak pilihan busnya ,,
    tapi kebanyakan via Salatiga ,,,,jarang sekali yang via Ambarawa ....
    musti turun di terminal Bawen buat oper
    kenapa ya ..???
    waah kalo jkt-wngiri lwt ambarawa gimana jalurnya om?? coba diurutkan logis gk? kan jadi trayek aneh donk...

  3. #53
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default

    Quote Originally Posted by Cah Simo View Post
    waah kalo jkt-wngiri lwt ambarawa gimana jalurnya om?? coba diurutkan logis gk? kan jadi trayek aneh donk...
    sama aja spt...JKT-BANDUNG...lewat Cirebon...*Garuk-garuk kepala nih

  4. #54
    Executive Plat Nomor : 28438 nandatama's Avatar
    Join Date
    Aug 2012
    Location
    Bekasi - Ambarawa
    Posts
    1,677

    Default

    Quote Originally Posted by Cah Simo View Post
    waah kalo jkt-wngiri lwt ambarawa gimana jalurnya om?? coba diurutkan logis gk? kan jadi trayek aneh donk...
    dari bawen-ambarawa-secang-jogja-klaten-wonogiri *garuk-garuk kepala

    intinya : sebenernya saya ngiri om ..... banyak bis2 yang berangkat dari wonogiri yang kelas SE keatas , sedangkan yang berangkat dari yogya via ambarawa cuma kelas exe kebawah aja , itupun pilihannya gak banyak .... sori OOT

  5. #55
    Bus Chassis Plat Nomor : 30725
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    semarang
    Posts
    29

    Default

    sebenarnya kl kembali menelusuri sejarah transportasi bus terutama untuk trayek wonogiri - jakarta, ini tidak pernah terlepas dari besarnya angka urbanisasi penduduk wonogiri yang notabene sebagian besar menjadikan ibukota jakarta sebagai tujuan utamanya. berawal dari zaman orde baru, dimana sentralisasi kekuasaan dan modal mulai di gagas di ibukota. metropolitanisasi jakarta yg semakin hari semakin massif akhirnya bagai kan magnet yang menarik para perantau untuk datang. berhubung memang pada kenyataannya secara geografis wonogiri adalah daerah yang sebagian wilayahnya adalah tanah yang tandus dan gersang dan kurang memungkinkan untuk di olah secara agraris (pertanian) maka sektor perdagangan lah yang kiranya menjadi harapan bagi 'wonogirian' dan jakarta dg perputaran uangnya yang dahsyat adalah kutub penariknya. nah....lambat laun dengan semakin banyaknya jumlah para kaum urban inilah yang lalu menjadi semacam trigger bagi para pemilik modal lokal untuk kemudian mencoba untuk memfasilitasinya dengan trayek bus wonogiri - jakarta, yang justru di kemudian hari menjadi booming dan bahkan pernah mencitrakan kabupaten wonogiri sebagai kota bus. dengan sejarah "per-bis-an'' yang cukup panjang itulah maka tidak mengherankan apa bila pada saat ini grade/kelas armada bis yang melayani trayek wonogiri begitu beragam, baik itu dari PO lokal maupun yang inter-lokal. CMIIW

  6. #56
    Patas AC Plat Nomor : 29369 ares's Avatar
    Join Date
    Oct 2012
    Posts
    402

    Default

    Quote Originally Posted by tenorra.prima View Post
    sebenarnya kl kembali menelusuri sejarah transportasi bus terutama untuk trayek wonogiri - jakarta, ini tidak pernah terlepas dari besarnya angka urbanisasi penduduk wonogiri yang notabene sebagian besar menjadikan ibukota jakarta sebagai tujuan utamanya. berawal dari zaman orde baru, dimana sentralisasi kekuasaan dan modal mulai di gagas di ibukota. metropolitanisasi jakarta yg semakin hari semakin massif akhirnya bagai kan magnet yang menarik para perantau untuk datang. berhubung memang pada kenyataannya secara geografis wonogiri adalah daerah yang sebagian wilayahnya adalah tanah yang tandus dan gersang dan kurang memungkinkan untuk di olah secara agraris (pertanian) maka sektor perdagangan lah yang kiranya menjadi harapan bagi 'wonogirian' dan jakarta dg perputaran uangnya yang dahsyat adalah kutub penariknya. nah....lambat laun dengan semakin banyaknya jumlah para kaum urban inilah yang lalu menjadi semacam trigger bagi para pemilik modal lokal untuk kemudian mencoba untuk memfasilitasinya dengan trayek bus wonogiri - jakarta, yang justru di kemudian hari menjadi booming dan bahkan pernah mencitrakan kabupaten wonogiri sebagai kota bus. dengan sejarah "per-bis-an'' yang cukup panjang itulah maka tidak mengherankan apa bila pada saat ini grade/kelas armada bis yang melayani trayek wonogiri begitu beragam, baik itu dari PO lokal maupun yang inter-lokal. CMIIW
    mantep bgt analisisnya om..
    menjelaskan kenapa banyak bakso wonogiri di jakarta

  7. #57
    Bus Chassis Plat Nomor : 30725
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    semarang
    Posts
    29

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by ares View Post
    mantep bgt analisisnya om..
    menjelaskan kenapa banyak bakso wonogiri di jakarta
    ......hehehehehee.....bener tuch Om, emg kira2 history nya begitu, paling gak saya khan juga lahir dan besar di sana, meski sekarang tak lagi berpaspor wonogiren....

  8. #58
    Bus Chassis Plat Nomor : 30725
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    semarang
    Posts
    29

    Default

    kalau boleh usul usil......selayaknya thread ini di beri tajuk ''WONOGIRI - JAKARTA, THE HOLY LINE OF JAVA''

  9. #59
    Executive Plat Nomor : 25745 Interneste_Benz's Avatar
    Join Date
    Jun 2012
    Location
    Staying in East Jakarta
    Posts
    1,115

    Default

    Quote Originally Posted by tenorra.prima View Post
    sebenarnya kl kembali menelusuri sejarah transportasi bus terutama untuk trayek wonogiri - jakarta, ini tidak pernah terlepas dari besarnya angka urbanisasi penduduk wonogiri yang notabene sebagian besar menjadikan ibukota jakarta sebagai tujuan utamanya. berawal dari zaman orde baru, dimana sentralisasi kekuasaan dan modal mulai di gagas di ibukota. metropolitanisasi jakarta yg semakin hari semakin massif akhirnya bagai kan magnet yang menarik para perantau untuk datang. berhubung memang pada kenyataannya secara geografis wonogiri adalah daerah yang sebagian wilayahnya adalah tanah yang tandus dan gersang dan kurang memungkinkan untuk di olah secara agraris (pertanian) maka sektor perdagangan lah yang kiranya menjadi harapan bagi 'wonogirian' dan jakarta dg perputaran uangnya yang dahsyat adalah kutub penariknya. nah....lambat laun dengan semakin banyaknya jumlah para kaum urban inilah yang lalu menjadi semacam trigger bagi para pemilik modal lokal untuk kemudian mencoba untuk memfasilitasinya dengan trayek bus wonogiri - jakarta, yang justru di kemudian hari menjadi booming dan bahkan pernah mencitrakan kabupaten wonogiri sebagai kota bus. dengan sejarah "per-bis-an'' yang cukup panjang itulah maka tidak mengherankan apa bila pada saat ini grade/kelas armada bis yang melayani trayek wonogiri begitu beragam, baik itu dari PO lokal maupun yang inter-lokal. CMIIW
    Ulasannya singkat, padat, jelas, dan mantab tenan iki. jadi tambah ilmu om. hehehe..

    Quote Originally Posted by ares View Post
    mantep bgt analisisnya om..
    menjelaskan kenapa banyak bakso wonogiri di jakarta
    Boleh jadi ini yang saya bold salah sebab yang menyebabkan boomingnya munculnya po Wonogirian. Yah walau ga sebagus Po asal Muria Raya yang seperti sekarang.

  10. #60
    Bus Chassis Plat Nomor : 30725
    Join Date
    Dec 2012
    Location
    semarang
    Posts
    29

    Thumbs up

    Quote Originally Posted by Interneste_Benz View Post
    Ulasannya singkat, padat, jelas, dan mantab tenan iki. jadi tambah ilmu om. hehehe..



    Boleh jadi ini yang saya bold salah sebab yang menyebabkan boomingnya munculnya po Wonogirian. Yah walau ga sebagus Po asal Muria Raya yang seperti sekarang.
    secara umum emg kondisinya kurang lebih seperti itu mas, seiring dengan perubahan zaman, moda transportasi bus antarkota yang pada awalnya adalah andalan utama bagi para urban ''wonogiren'' mulai mendapat pesaing sengit, hal ini tentu saja mengingat lokasi wonogiri yang sangat dekat dengan kota solo yang tidak seperti daerah2 sekitar muria raya (red;maaf. yang jauh dari akses kereta api bisnis/executive dan juga penerbangan domestic low fares yang suka mengobral harga tiketnya scr gila2an) sehingga akhirnya para urban yang sdh sekian puluh tahun malang melintang di ibukota dan tentunya sdh tak terhitung jumlahnya yg kemudian secara ekonomi sudah meningkat pesat akhirnya mulai ''selingkuh''. itu lah yang selalu menjadi keyakinan utama saya mengapa trayek wonogiri-jakarta sudah tak semeriah dulu lagi. kondisi di muria raya saat ini mungkin bisa jadi gambaran betapa gegap gempitanya wonogiri-jakarta di era 80-90 an silam.....bangga bgt kl inget jmn dulu....hehehehehehe

Page 6 of 9 FirstFirst ... 45678 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •