www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 2 12 LastLast
Results 1 to 10 of 12
  1. #1
    Beginner Plat Nomor : 15450
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    4

    Default Ticketing Sinar Jaya?

    Hari Ini, Minggu tanggal 26 Juni 2011 masih sangat kesal dengan sistem ticketing sinar jaya.
    Masa sudah pesan tikcket bus eksekutif dari hari sebelumnya di cancel gara2 busnya nggak mampir karena sudah di isi full seat dari agen sebelumnya.

    gini ceritanya, Hari sabtu aku pulang dari cikarang ke pemalang (ticket pekalongan). biasanya aku pake body 34 VX (Bisnis AC) dengan kondektur Harso, tapi krn yang berangkat dulu B7233 Bisnis AC (kalo ndak salah body 63VX), aku ikut 63 VX jam berangakat 06:30 wib dengan sopir orang sukatani cikarang. Dari cikarang aku rasa kok shockabsorbernya kurang enak dan sampai di pool cibitung aku lihat anteran ticket panjang, aku putuskan pesen ticket bus eksekutif untuk besok pagi harinya dgn telp pak Haji Daan (agen comal di no 0285577731) dari cibitung. Aku biasanya dulu langganan 41DX jam malam (udah lama sekali sih udah nggak bus lg sejak pindah kantor). Aku dapat ticket pulogadung dgn jam keberangkatan jam 08:00.

    Hari ini aku datang jam 07:15 di agen comal. jam 08:30 (jam bisanya eksekutif), bus juga belum nongol. Nongol bus eksekutif 88 DX tapi jurusan grogol. baru sekitar jam 09:15 ada informasi untuk penumpang jurusan pulogadung (sekitar 10 orang dari agen comal), bus tidak mampir ke comal karena sudah diisi full seat dari pekalongan. Semua penumpang dialihkan ke 69 DX jur Priuk (uang selisih ticket dikembalikan sih). akhirnya aku berangkat sekitar jam 09:30 dari comal. karena jengkelnya aku telp ke no pengaduan di ticket (nggak bisa dihubungi) dan sms juga. aku telp ke nomor lain yg ada di ticket dan minta besok pagi untuk pengaduan (hari minggu tdk terima pengaduan)

    Yang nggak enaknya, di cikampek ganti sopir dan karena kayaknya bukan sopir yang biasa pegang bus ini, bus mogok di simpang cikampek. distarter nggak bisa nyala karena accu tekor. penumpang di minta mendorong bus. akhirnya bus bisa nyala dan melanjutkan perjalanan. sampai di cibitung kap bagasi terbuka (sudah kejadian yang ketiga kalinya, sebelumnya di brebes, tol kanci) aku turun deh di jembtan lotte mart sekitar jam 19:45 karena macet dibrebes, kertasemaya, jatibarang (perjalanan +- 10 jam dari comal ke cibitung)

    buat moderator, besok aku scann ticketnya yah karena di rumah nggak ada scanner (aku baru nyampe), aku hanya pingin mengeluarin uneg2 dulu. Agen Pekalongan kenapa sih cancel ticket eksekutif comal padahal udah dikasih tahu/di telp oleh agen comal ada sekitar 10 penumpang?........ ato ada alasan lain bus nggak nyampe karena macet?..... terus terang aja kok nggak apa2, apalagi kalo di info dari sebelumnya, kita bisa pindah ke 88DX?

  2. #2
    Premiere Class Plat Nomor : 250 konde035's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tangerang|JakBar
    Posts
    7,076

    Default

    om Gito jadinya downgrade ya? tapi ada konpensasi berupa pengembalian selisih uangnya ....
    tp yg jadi pesan disini, kenapa udah pesen executive, tapi kok bis nya tidak datang, kl sudah penuh dari pekalongan, berarti tiket di comal bs dianggap tidak ada ... atau memang belum di pesan dari agen comal ...

    itu asumsi saya ya ....

    *atau memang system tiket sinar jaya masih seperti dulu (bis datang, tiket di jual)

    129 HP

  3. #3
    Beginner Plat Nomor : 15450
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    4

    Default

    Om Konde, Memang sih ticket sinar jaya masih seperti dulu....
    bus datang baru jual ticket apalagi di pool cibitung. Antri............
    kayaknya/anggapannya yg di situ pada buta huruf kali yah,....kenapa nggak nerapin kaya patasnya COYO.Dulu pas kuliah kalo penumpang masih rame, kita diminta nulis dikertas baru ketika bus datang kita dipanggil jadi nggak perlu ngekor kaya uler.

    Tapi waktu masih kerja di cibitung (lama banget sih) aku biasa pesen ticket dari comal dan memang disisain dari pekalongan buat kita. kita nggak ada masalah.

    Mo gimana lagi yah OM, bus pagi dari pekalongan yg nggak naikin penumpang dijalan cuman SJ. Executive dedy dan Dewi mobilnya bagus pake mercy tapi pelayanannya jelek. naikin penumpang dijalan lagi. aku lihat sih SJ hampir sama dengan SA (Sumber Alam)

    for shared pengalamanan PO yang biasa aku naikin
    Patas COYO (Pekalongan-Semarang) >> Busnya jelek mesin depan, system ticketing lumayan. Kayaknya sekarang nggak ada lagi HINO AK-nya (mesin depan) sejak ada saingan NUSANTARA

    Patas RAMAYANA (Semarang-Yogya) >> Bus lumayan bagus Mercy, ticket masih secarik kertas

    Patas NUSANTARA (Semarang-Yogya) >> Bus bagus dan ticketnya juga kelihatan bus bagus.

    SUMBER ALAM (Yogya-Jakarta) >> dulu 10 ticket gratis 1, nggak naikin penumpang di jalan, penumpang 1 tetap jalan. sayang Drivernya cuma 1 untuk Jogja-jakarta.

    SANTOSO (Yogya-Jakarta) >> Mobil sih enak Mercy sayang fasilitas dalamnya kayaknya juga udah agak tua. larinya juga lumayan.

    Jika ada yang mau update statusnya dari shared tsb silahkan karena memang aku udah lama banget nggak naik bus tsb diatas.

  4. #4
    Premiere Class Plat Nomor : 250 konde035's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tangerang|JakBar
    Posts
    7,076

    Default

    waktu itu dapet info sytem tiket mau dibuat baru (bisa pesan), tapi khusus rute dan kelas tertentu .... tapi entah, apakah sampai sekarang sudah terealisasikan?

    *tiap armada pasti punya kelebihan dan kekurangannya ...

    129 HP

  5. #5
    Beginner Plat Nomor : 15450
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    4

    Default

    Bener sih OM, Saat kita tahu kelebihan dan kekurangannya kita tidak complain atas kekurangan yang sudah kita ketahui. Namun apalagi terdapat peyimpangan dari biasanya pasti kita akan complain juga.

    Semoga Managemen SJ tambah lebih baik, tidak berpikiran ah cuman 1 orang yang complain saja kok........
    Kenapa tidak dipakai complain yang membangun (pasti dengan note tidak banyak mengeluarkan biaya invest).

  6. #6
    VIP Plat Nomor : 249
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Cikarang
    Posts
    708

    Default

    Sejauh ini pelayanan SJ sudah cukup bagus, memang masih ada kekurangannya. seperti sistem pemesanan tiket yang om gito maksud. menurut pendapat saya mungkin hampir sama dengan yang disampaikan om konde, agen comal yang tidak memesan porsi ke agen pekalongan atau memang agen pekalongannya yang membatalkan porsi untuk agen comal secara sepihak (misal karena ada rombongan). tapi kalo menurut saya hal itu kita sebut saja sebagai "oknum". Dan ada kemungkinan juga hal itu terjadi karena masa liburan/sedang ramai penumpang dan kondisi jalan yang saat ini sedang tidak mendukung. Dan pasti nya pihak manajemen/agen memiliki pertimbangan sendiri untuk menyampaikan alasan yang sebenarnya ataupun alasana lain yang mungkin bagi sebagian orang tidak masuk akal.
    For share juga saya juga pernah kecewa dengan pelayanan agen SJ khusus kelas Executive yang berada di tegal (depan Pacific Mall), pelayanannya bener2 judes. cuma ya karena sedang musim ramai (saat itu musim lebaran) ya saya terima aja apa adanya, yang penting selamat sampai tujuan.
    Cuma saran aja, menurut saya kalau ini thread untuk ticketing sinar jaya sebaiknya ga usah membanding2kan dengan PO lain, karena setiap PO memiliki servis dan karakteristik yang berbeda2. Mungkin akan lebih baik jika ingin membandingkan cukup dengan inisial PO nya saja.
    Fans of Ramayana and all about Jogja with Love

  7. #7
    Beginner Plat Nomor : 15450
    Join Date
    Jun 2011
    Posts
    4

    Default

    Makasih OM Heru Sarannya,
    Next time aku pake initial saja. Bukan maksud membandingkan dengan PO lain, karena memang beda trayeknya.
    cuma kalo tetep pake "OKNUM" aku kurang setuju. "OKNUM" adalah bagian Sytem (OKNUM dalam arti tidak terbatas & global seperti yang biasa kita denger/Lihat di TV, radio dll). Apabila Anak buah berbuat salah minimal satu tingkat atasannya yang bertanggung jawab dan OKNUM tsb juga ada Sanksi.

    Mohon update status jika tulisanku di atas sudah tidak sesuai dengan kondisi Sekarang.
    dan Jangan Alergi Untuk mencontoh system yang baik dan Tinggalkan yang Buruk.

  8. #8
    Executive Plat Nomor : 15980 jagad 1504's Avatar
    Join Date
    Jul 2011
    Location
    DEPOK
    Posts
    1,294

    Default

    waktu kuliah di pwt, bus SJ & KA Purwojaya merupakan favorit gw, dulu SJ terkenal galak dijalanan, tapi sekarang sejak tahun 2000-an bis SJ udah gak ada yg ngeblong, sopir juga lumayan ramah. Sekarang jadi langganan 90 DX KPR - CLP, nengok istri di Cilacap,yang sedikit jd masalah jadwal dr KPR gak pernah jelas, sering telatnya, beda dari clp - pagi. udah gitu harga tiket dari KPR ama CLP sering berbeda... 90 DX masih ngelen gak? udah 2 bulan belon balik Cilacap nich... (bukan bang thoyib lho bro, br 2 bulan doang gak pulang ketemu istri)

  9. #9
    Super Executive Plat Nomor : 281 joe cole's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Kb.Jeruk-Bitung p.p
    Posts
    3,754

    Default

    Quote Originally Posted by jagad 1504 View Post
    waktu kuliah di pwt, bus SJ & KA Purwojaya merupakan favorit gw, dulu SJ terkenal galak dijalanan, tapi sekarang sejak tahun 2000-an bis SJ udah gak ada yg ngeblong, sopir juga lumayan ramah. Sekarang jadi langganan 90 DX KPR - CLP, nengok istri di Cilacap,yang sedikit jd masalah jadwal dr KPR gak pernah jelas, sering telatnya, beda dari clp - pagi. udah gitu harga tiket dari KPR ama CLP sering berbeda... 90 DX masih ngelen gak? udah 2 bulan belon balik Cilacap nich... (bukan bang thoyib lho bro, br 2 bulan doang gak pulang ketemu istri)

    Jadwal nda jelas,,,karena SJ ini menganut sistem Target Om,,, kalo Kuota pepumpang belum minimal 25 orang,, dia belum jalan,,kalo dipaksain jalan dia pasti masuk Poll Cibitung tuk menuhi kuota penumpang,,, salah beberapa kali ngalamin dengan 47VX Lb-CLP,, berangkat kadang jam 20.00, kalo lg sepi bisa molor sampe jam 22.00..
    contoh lain 94VX LB-Pwt,, jadwal jam 7.00,,,tapi kalo jam 6.00 penumpang udah masuk koutanya langsung berangkat

    Harga tiket SJ dr Timur memang lebih murah dibanding dr Barat Om,,,


    Replace i.d from PRIANTO
    FB prianto85@gmail.com
    YM e22_raptor@yahoo.co.id

  10. #10
    Bus Bumel Plat Nomor : 12538
    Join Date
    Mar 2011
    Location
    Brebes
    Posts
    161

    Default

    untuk SJ CK (Cibitung-Klampok) memang biasanya bus datang agen baru berani jual tiket, untuk sistem pesan tiket baru ada untuk Yogya & Weleri..

Page 1 of 2 12 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •