www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 38 12311 ... LastLast
Results 1 to 10 of 371
  1. #1
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default Touring Pekanbaru-Padang-Jakarta-Jepara

    Selesai sudah perjalanan Touring sy selama 2 minggu.

    Berikut adalah Laporan Perjalanan Touring sy di 3 kota tersebut.

    Kembali seperti Touring sy sebelum-sebelumnya, Touring ini berawal dari ajakan teman lagi
    karena teman tersebut lagi ada urusan pindahan dan mau ambil mobil di jakarta untuk di antar ke Rantau Prapat dan saya pun di suruh menemaninya.

    Planingnya teman yang tinggal di Rantau Prapat nunggu di Padang dan kami berangkat bersama2 dari padang menuju jakarta. jadi sy harus berangkat dulu ke padang.
    Last edited by Mr Jeff; 12-02-2010 at 02:02.

  2. #2
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Di mulai dari Pekanbaru - Padang dulu.

    Senin, 15 November 2010 :

    Siang itu dapat telpon harus berangkat segera dari Pekanbaru ke Padang karena Hari Selasa sudah harus berangkat dari Padang Pukul 09.00 WIB ke Jakarta menggunakan Bis ANS . Akhirnya segera cari-cari Tiket. berhubung di wajibkan nyampe cepat di Padang. sy pun mencoba menghubungi Travelnya abang ipar, untuk pesan tiket biar bisa berangkat malam dan nyampe di perkirakan subuh dini hari. tapi sayang ternyata Travel sudah pada penuh karena bertepatan menjelang lebaran haji.coba lagi kontak Travel micro bus , dapat kabar tu Travel suka main opor-opor penumpang. akhirnya mau gak mau mencoba kembali pilihan pada bis . yaitu bis ANS .bis ANS yang berangkat dari Pekanbaru biasanya bis yang start dari Perawang dulu (Kota industri 1,5 jam dr pekanbaru di kab.Siak) dan hanya mempunyai class Ekonomi 2-2. setelah tiket di pesan dapat seat no 30 lanjut packing barang untuk berangkat malamnya. di Tiket tertera berangkat pukul 20.00 WIB. tapi seperti biasa dan kebanyakan penumpang juga sudah pada tau bis bakalan berangkat pukul 22.00 WIB karena menunggu bis tersebut datang dari Perawang.


    Pukul 18.20 WIB : Start dari rumah menuju agen ANS di JL Tuanku Tambusai Pekanbaru.

    Pukul 18.30 WIB : Tiba di Agen dan melapor ke agen tiket.

    pukul 19.00 WIB : Bersiap-siap untuk di antar menuju ke tempat pemberangkatan bis ANS di daerah Panam Pekanbaru jarak nya sekitar 25 Menit dari agen ini.menggunakan service car ANS. tapi service carnya menggunakan angkot .bukan bis micronya...
    bis micronya lagi tidur di dalam ruko....


    Angkot Service nya ANS




    Service carnya lagi tidur.
    Last edited by Mr Jeff; 12-02-2010 at 02:43.

  3. #3
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Pukul 19.30 WIB : Tiba di agen pemberangkatan ANS di Panam pekanbaru. karena sudah mengetahui bis bakalan berangkat pukul 22.00 WIB saya sempatkan dulu untuk makan malam di sekitar agen dan mencari kesibukan lain sambil melihat keramaian bis2 yang akan berangkat ke arah sumatera barat.

    Pukul 21.40 WIB : Bis yang di tunggu tiba dari Perawang. semua penumpang langsung naik dan mengatur barang-barang bawaan masing-masing, kejadian yang sama sebelumnya terjadi lagi sepeti saat saya menggunakan bis ANS ini ke Padang sekitar 4 bulan yang lalu. ada no seat yang bentrok.dan saya pun termasuk didalamnnya. mungkin kordinasi antar agen kurang baik .makanya terjadi begini. tapi saya tidak terlalu mempermasalahkannya, asalkan bisa sampai di padang sebelum pukul 09.00 WIB pagi. duduk di manapun boleh lah.saya pun akhirnya duduk di bangku kernet (Lumayan juga bagi bismania yang suka nonton perjalanan malam) hee..

    Pukul 22.10 WIB : Bis berangkat ,meninggalkan agen.

    Pukul 23.30 WIB : Melewati kota bangkinang, berhubung sudah tengah malam, bis sedikit di blongin oleh sang driver. bis kali ini yang berangkat Full seat berhubung besok paginya sudah ada yang berlebaran Haji, jadi banyak yang pulang kampung.



    SELASA, 16 November :

    Pukul 01.43 WIB : Bis memasuki Rumah Makan di daerah kawasan PLTA Koto Panjang. disempatkan dulu untuk hunting bis2 di RM ini.


    Last edited by Mr Jeff; 12-02-2010 at 03:02.

  4. #4
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Ini dia Bis ANS yang sy naiki. ANS Economy Class 2-2 Powered By: MB OH1518




    Kap Mesin di buka untuk menidinginkan mesin.

  5. #5
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    ada Bintang Terang


  6. #6
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Gumarang yang bukan Gumarang Jaya, Gumarang ini Line Pekanbaru-Padang juga.


  7. #7
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    SKR-Tuah Sakato-ANS


  8. #8
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Pukul 01.45 WIB : Melanjutkan perjalanan kembali. ANS terus membelah jalur Lintas Riau-Sumbar dengan perkiraan kecepatan rata2 70-80 km/jam di jalan berbukit naik turun gunung. selang beberapa waktu terasa ada yang janggal di mesin. itu di dapat di rasa oleh sang driver. driver ANS pun mencoba memberi tahu ke kernet untuk mendengar apa yang terjadi di mesin belakang. tapi kernet belum bisa merasakannya dan kernet pun bilang tidak terjadi apa2. driver pun melanjutkan perjalanan kembali. tapi mulai terasa penurunan kecepatan. terasa sekali sewaktu di pendakian.beberapa kali bis berhenti untuk di cek mesinnya dan di beri air atau menambah air radiator agar mesin tidak kepanasan.

    Pukul 03.00 WIB : Apa yang di rasa driver betul.ternyata Turbo coler nya bermasalah, tiap mendaki mesin selalu kepanasan, mendaki pun berat ibarat kata ,bisnya merangkak ke atas. akhirnya masuk di daerah Pangkalan Koto baru tepatnya di pendakian 17 nama daerahnya yang mana pendakian ini memang sangat panjang sekitar 17km menjelang kelok sembilan, di sini lah bis mulai makin parah.sampai2 tiap 3 km bis berhenti untuk di stel bagian belakang mesin supaya tetap bisa jalan.

    Pukul 03.30 WIB : bis berhenti total. bis berhenti sesudah tikungan melayang masih di pendakian.driver & kru turun untuk membuka kap mesin belakang lagi.driver duluan yang ke belakang. kap di buka .dan driver pun pindah dari tengah belakang bodi bis ke tengah samping bodi belakang untuk mengaitkan pegangan kap mesin. Tanpa di duga..................
    Duuuuuaarrrrrr........

    ada mobil pribadi yang kencang ditikungan menabrak bagian belakang bemper bis. sang driver pun hanya terdiam menarik nafas.terkejut dan heran ..bisnya ditabrak dari belakang tapi untung dia sudah menepi sambil megang kap mesin. kalo lah dia masih di tengah kap mesin, mungkin driver tersebut sudah kena tabrak juga.

    bagian depan mobil pribadi jenis kijang tersebut ringsek dan merusak ke mesin,sehingga mobil tidak bisa di hidupkan lagi.yang herannya bemper bis ANS cuma penyok dikit, bodi ANS yang berbaju Karoseri Morodadi Prima Tahun 97 an.kondisi makin kacau. belum urusan mesin kelar .urusan mobil tabrakan pun yang menjadi perhatian lagi.

    driver & kru mengambil keputusan urus dulu mesin dan pemilik mobil pribadi juga mengurus mobilnya sendiri dulu.selesai urus mesin driver & kru mencoba membantu menghidupkan mesin mobil pribadi tersebut.tetapi berhubung bagian mesin sudah ringsek dan radiator mesinnya juga bocor.mobil tidak bisa di hidupkan.akhirnya mobil di derek ke tempat parkir yang aman untuk di titipkan. maklum kejadian di tengah hutan dan tepi pegunungan.

    bis ANS sudah di vonis mesinnya mengalami kerusakan di turbo coolernya. jadi di pendakian hanya bisa merangkak menggunakan gigi 1 .di tambah lagi menderek mobil pribadi. penumpang sudah gelisah dan sy pun juga. bis bakalan telat abis sampai padang , yang biasanya Pukul 04.00 WIB sudah di Bukitinggi dan jam 6 sudah masuk Padang. kali ini masih di daerah Pendakian 17 sekitar 2 jam ke Bukittinggi dan 4 jam ke Padang. sedangkan kondisi bis terus parah. selesai derek mobil.bis terus melajutkan perjalanan. tiap2 3 km berhenti untuk steel mesin, khusus hanya untuk pendakian. tapi kalo jalan datar dan turunan bis sudah bisa normal.

    beberapa penumpang mencoba mencari travel dan angkutan lain untuk menuju padang sewaktu bis di berhenti di steel. berhubung travel2 yang melintas pada penuh. tidak ada yang berhasil. bersabar menunggu bis lepas dari pendakian 17.akhirnya bis selesai melewati pendakian 17 , di sambut dengan turunan panjang dan kelok sembilan. kalo turunan bis berjalan dengan normal dan gak perlu di steel.

    Pukul 05.30 WIB : Melewati kota Payakumbuh (3 jam dari padang) ,hati sudah resah padahal bis ANS ke jakarta berangkat Pukul 09.00 WIB. kalo bis jalan normal tidak menjadi masalah. tetapi kalo setiap melewati pendakian bis selalu kepanasan dan berhenti.
    yang di takutkan pun terjadi. sehabis kota payakumbuh menuju Bukitinggi ada pendakian panjang yaitu pendakian baso,bis berhenti total lagi.

    kebetulan sudah pagi dan Travel2 jurusan Payakumbuh-Bukitinggi-Padang sudah pada keluar. akhirnya saya pilih naik Travel biar bisa cepat sampai Padang .
    Last edited by Mr Jeff; 12-02-2010 at 10:20.

  9. #9
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Akhirnya dapat Travel, perjalanan pun di lanjutkan. Travelnya ngeblong abiss. ternyata Travel ini, Travel yang suka di rolling, selain melayani line Payakumbuh-Bukitinggi-Padang dia juga melayani Rute Padang-Pekanbaru-Perawang. kali ini Travelnya bakal melayani rute Padang-Perawang, berhubung yang punya travel tinggal di Payakumbuh. Harus start dari Payakumbuh dulu menuju Padang jemput Penumpang yang mau berangkat ke Perawang pukul 10.00 WIB.


    Pukul 06.19 WIB : Masuk kota Bukitinggi


    Melintasi Kota Bukitinggi




    Meninggalkan kota Bukitinggi Menuju kota Padang Panjang




    Ketemu dengan Pasukan Sumatera Barat yaitu NPM

    Last edited by Mr Jeff; 12-02-2010 at 10:19.

  10. #10
    Five Star Class Plat Nomor : 1456 Mr Jeff's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Pekanbaru, Indonesia
    Posts
    5,324

    Default

    Ketemu dengan Paman SAN Line Bengkulu-Bukitinggi


Page 1 of 38 12311 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •