www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

     
Page 1 of 25 12311 ... LastLast
Results 1 to 10 of 241
  1. #1
    V12 Diesel Turbo Plat Nomor : 208 ToMs's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    CIPINANG INDAH
    Posts
    1,466

    Smile Serba-Serbi Tunggal Dara

    buat temen-temen tunggal dara mania atau yg punya info mengenai bis ini silahkan share
    STOP SALING EJEK MULAI SEKARANG !!

    e-mail : toms.cupu@gmail.com
    Yahoo Messenger: cahyo_toms@yahoo.com
    Please follow mytwitter http://twitter.com/cupu2malam
    Add My bb Pin 2167648A
    0812.1001.8228 / 021.999.533.87

    Tommy Cahyo Toms | Create Your Badge

  2. #2
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default Yang pertama gb tdi nongol disini

    Quote Originally Posted by ToMs View Post
    buat temen-temen tunggal dara mania atau yg punya info mengenai bis ini silahkan share
    KLARIFIKASI : assalamu'alaikum wr. wb, salam bis mania, sy sebagai ORANG BARU DLM DUNIA BIS mohon maaf atas forum sebelumnya yg membuat resah dan merasa dirugikan, terutama pemilik gambar, om toms, om ryan, admin & para pembaca. permintaan maaf sdh sy sampaikan di forum lainnya dan disini, serta sdh sy cb tel langsung tp tak diangkat, mungkin sedang sibuk, tp sudah sy sms...hmm...kt hanya makhluk sosial tak lupa dari salah dan kekhilafan, intinya : sebelum forum ini diisi sy sudah meminta langsung kepemilik foto, bahwa foto tsb akan sy buat berita di forum ini..!!! (saksi yg mendengar juga ada) dan pada saat itu tidak ada kata keberatan / tunggu info berikutnya dr pemilik foto...!!! intinya adalah SALAH PAHAM: (saudara kandung sj masih bisa, apalagi kita dalam persahabatan). Dan kita kira itu wajar dlm kehidupan, karena setiap org py fikiran yg berbeda...sehingga kt semua hrs berfikir utk mencari solusinya...bersikap dgn tenang, memandang secara dewasa, simpan emosi, amarah, dendam dll yg bersifat negatif...Media ini jangan disalahkan: Karena Media ini hy sebagai tempat berbagi ilmu, berbagi pengalaman, menambah sahabat dll dgn tujuan yg positif, sekali lg dr hati yg terdalam saya mohon maaf...ALLOH MAHA TAU....TETAP SEMANGAT
    TAK ADA KALIAN...AKU GILA BIS SENDIRIAN....TAK ADA AKU PENIKMAT BIS KURANG SATU

    ok...untuk menghangatkan suasana (Kata om babalaz/tanto) cmiiw

    LAMBANG TUNGGAL DARA
    ARTINYA : T D I

    Hmmmmm.... ini yang menjadi kenangan: Bokonge tahun 1980-1990-an
    Bis ini biasa dijuluki cah wonogiren sebagai bus PERANTAUAN, tp ada juga katanya dibis model livery ini dia dapat jodoh....xixixixixixix



    Untuk foto bis model LIVERY ini, sabar,,,,nanti akan di muat.....yang PASTI PERTAMA DI INDONESIA CMIIW


  3. #3
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default Perjalanan waktu

    Siang Panas di Pinang Ranti Minggu 11 July 2010, rencana mau kekandang Tunggal Dara cibitung (numpang xixixi)....lho...kelas patas ekonomi njedul di muka saya


    INFO GBR ADA DI HP SAYA SENDIRI

    eaaalahhhhh mesin hino...punya variasi juga ternyata....


  4. #4
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default Mau kegarasi cibitung

    Nah pada saat sy naik TDI ekonomi no lambung 30 ( gb diatas) (setelah ada TDI AC sy tdk pernah naik ekonomi lg...bkn sombong ya :piece:)...hmmm sy jd ingat ketika naik kelas ekonomi pd th 80 - 90an, dengan berbagai kenangan yaitu : bau balsem, minyak kayu putih, minyak kampak, simbah putri dan mbah kakung, merokok, duduk disandaran tangan, hanya berbaju singlet..dan lain-lain.....dlm perjalanan tersebut sy jd ingat :

    MAAF BUKAN KELUAR DARI TOPIK
    : :piece: Tunggal Dara dibentuk pada tahun 1979...oleh karenanya bis asli kota wonogiri ini juga punya "teman" dalam perjalanannya...di forum ini sy akan menjabarkan 1/1 temannya itu yang menuju kota "kelahirannya" dari Jakarta, serta secara global Peristiwa yang terjadi di bis Wonogiri.

    Th 80 - 90an : Tunggal Dara,Tunggal Daya, Timbul Jaya, Purwowidodo, Tri Mulia, Sedya Mulya, Jadi Mulyo, Wasis, Dwi Karya, Ismo, Giri Indah, Joko Mudo, Sendang Mas, Mulyo indah, Raya, Limas, Als, Damri, Ratna, Mustika Jaya Baru, Selokaton, Karya Jaya

    90 - sampai sekarang (penambahan) Tunggal Dara Putera, Gajah Mungkur, Gajah Mungkur Sejahtera (Gajah mulia sejahtera), Purwo Putro, Putra Mulia, Gunung Mulia, Sumba putra, Armada, Sindoro Satria Mas, Rosalia Indah, Bogor Indah, Santoso, Pacitan Jaya Putera, New (ismo) Purwo Widodo Mulyo, Serba Mulya,

    Yang Hilang : Karya Jaya, Selokaton, Mustika Jaya Baru, Ratna, Damri, Sendang Mas, Joko Mudo, Dwi Karya, Wasis, Joko Mudo

    Bis Asli Wonogiri yg pertama kali pakai AC-toilet : Ismo
    Menyusul : Wasis, Tunggal Daya,Tunggal Dara, dan lupa ni urutannya (msh SMP)

    Secara Fisik dan fasilitas Bis Wonogiri yang paling bagus :
    Th 1985an : Ismo Mercedes Benz Karoseri Morodadi Prima
    Th 1990 - 1995an : Tunggal Daya Mercedes benz Karoseri: MP jenis Patriot, RS jenis Jet Liner, Laksana jenis Panorama1
    Th 1990 - 1995an jg: Tunggal Dara Mercedes Benz, Karoseri MP jenis Patriot, RS Jenis Jet Liner, RI jenis Space Linear, RI jenis New Setra

    Yang Pertama menggunakan mesin Volvo (Bis WNG) : Purwowidodo

    Yang Menggunakan Karoseri Adi Putro saat ini (bis WNG) : Purwowidodo, Serba Mulya, GMS

    Yang Mengadakan Bis Parwis (bis WNG): Timbul Jaya, Serba Mulya, Tunggal Daya

    Ini Harga TIKET Bis TUNGGAL DARA

    Tiket Tahun 1983 an JKT-WNG rata-rata : Rp 5.000,- Ekonomi
    Tiket Tahun 1987 an JKT-WNG rata-rata : Rp 7.500,- Ekonomi
    Tiket Tahun 1990 an JKT-WNG rata-rata : Rp 25.000,- AC (udah tidak naik ekonomi lagi)
    Tiket Tahun 1995 an JKT-WNG rata-rata : Rp 65.000,- VIP (Udah tidak naik ac ekonomi lagi)
    Tiket Tahun 2000 an JKT-WNG rata-rata : Rp 85.000,- VIP (masih naik VIP)
    Tiket Tahun 2005 an JKT-WNG rata-rata : Rp 125.000,- VIP (masih naik VIP)
    Tiket Tahun 2008 an JKT-WNG rata-rata : Rp 155.000,- Executive (udah tdk naik VIP lagi)

    Jarak tempuh pada tahun 1980-an : Berangkat dari Jakarta jam 10 pagi, sampai di Wonogiri jam 6 pagi (Pantura Gelap, Belum ada Tol, tidak ada jalan alternatif, Kendaraan masih sepi, alas roban menyeramkan, kunang-kunang banyak, pagi berkabut)

    Mohon Koreksi Bila ada yang SALAH
    SEMOGA YANG HILANG CEPAT KEMBALI YAH,,,BIAR TAMBAH SERU !!!!

    kadang sy hy tersenyum mengingat semua...ok BACK TO TOPIK!!!!

  5. #5
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default Sampai kandang tdi di cibitung....

    YUP...1 jam perlalanan sudah selesai....ini situasi di kandangnya:

    Skania yg dhedel dhuel (maaf fotonya jelek, orang gak punya, pakai fasilitas seadanya..he..he...he..)


    yg akan menjadi model ...



    jeroannya




    info : Foto ini milik didi...yg alamatnya tidak boleh disebutkan, karena gabung dengan foto privacy keluarganya, jadi yg mau bukti...dpt menghubungi didi, dan yg bersangkutan mempersilahkan utk mencopy / menyebarluaskan / koleksi / dll selama u kepentingan dan tujuan yg baik sesama bis mania....

    sorot mata integra



    VIP / Bisnis.... masuk kandang



    EXECUTIVE....BIS MU DI..BANGKUNE 6 BARIS



    Bisnis yg siap menggerus aspal pantura....jaga diri masing-masing, perhatikan bawaan, salam untuk orang-orang tercinta, semoga Alloh selalu bersama kita, selamat jalan semoga sampai tujuan...amin...ya Alloh...amiin



    sebelum pulang, crew mnta difoto... shootttttt di...!!!!


  6. #6
    V12 Diesel Turbo Plat Nomor : 208 ToMs's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    CIPINANG INDAH
    Posts
    1,466

    Default

    nice info lanjutkan...
    STOP SALING EJEK MULAI SEKARANG !!

    e-mail : toms.cupu@gmail.com
    Yahoo Messenger: cahyo_toms@yahoo.com
    Please follow mytwitter http://twitter.com/cupu2malam
    Add My bb Pin 2167648A
    0812.1001.8228 / 021.999.533.87

    Tommy Cahyo Toms | Create Your Badge

  7. #7
    Executive Plat Nomor : 569 huda's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Posts
    1,137

    Default

    Bagi saya Tunggal Dara memiliki keistimewaan dalam hal fasilitas, kursi 6 deret dengan kursi tebal nan nyaman buatan Karya Logam, Smoking Area di belakang (sehingga tak merepotkan kru kalau ingin merokok), Toilet, DVD berisi film action Hollywood (pengalaman naik Eksekutif karoseri RS Evolution) dan lagu-lagu yang nyaman. Meski dikenal dengan bus yang suka sarkawi dan kurang cepat (mungkin untuk alasan kenyamanan) tapi sulit untuk beralih ke PO yang lain bila tujuannya sampai Wonogiri, karena hanya bus ini yang cukup recomended.

    Sebenarnya Tunggal Dara bisa cepat juga kalau di weekend, percaya atau tidak saya pernah naik kelas Eksekutif dari Kartosuro sampai Ciledug, berangkat jam 4 (seperti yang dijanjikan) sampai jam 7 pagi, sudah dengan segala kemacetan dan menunggu operan penumpang untuk tujuan yang sama di Cibitung. Selama perjalanan saya menikmati bagaimana di jalur Semarang bus ini beraksi melawan kedigdayaan mesin 1525 Nusantara yang tak mau disalip sama sekali, saat itu suasana lalu lintas cukup ramai sehingga membuat persaingan menjadi alot, sayangnya pertaruangn terhenti di terminal Banyumanik. Lalu lanjut di jalur Kendal, bus yang baru saja keluar dari tempat istirahat di Suka Sari langsung bertemu dengan tiga petarung dari Jepara, yaitu Bejeu, Shantika dan Slamet, alot sekali namun akhirnya mampu dilawan oleh Tunggal Dara. Begitu selanjutnya di sepanjang Pantura, bertemu dengan PK, lorena dan sebagainya, pokoknya seingat saya sampai di Cibitung sekitar jam 4 karena terjebak di kemacetan parah sekitar jalur Subang sampai Sukamandi.

    Catatan saya terhadap bus ini ada dua, pertama: bila tak ada sarkawi mungkin bisa menjadi yang terbaik, dan kedua: catatan waktu perjalan mungkin jadi lebih baik bila operan di Cibitung ditiadakan karena sejauh saya lihat percuma juga bus melaju kencang bila pada akhirnya harus menunggu operan dari bus Tunggal Dara yang lain yang kesalip di belakang atau mungkin berjalan lambat karena faktor mesin yang tua.

    Maju terus Tunggal Dara.

  8. #8
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default Livery

    Info : INI sy coba buat gambar livery TUNGGAL DARA yg pernah dipakai :


  9. #9
    Executive Plat Nomor : 6681 mas boy's Avatar
    Join Date
    May 2010
    Location
    SAMPING RUMAH PAK RT 06/04
    Posts
    1,231

    Default

    Quote Originally Posted by huda View Post
    Bagi saya Tunggal Dara memiliki keistimewaan dalam hal fasilitas, kursi 6 deret dengan kursi tebal nan nyaman buatan Karya Logam, Smoking Area di belakang (sehingga tak merepotkan kru kalau ingin merokok), Toilet, DVD berisi film action Hollywood (pengalaman naik Eksekutif karoseri RS Evolution) dan lagu-lagu yang nyaman. Meski dikenal dengan bus yang suka sarkawi dan kurang cepat (mungkin untuk alasan kenyamanan) tapi sulit untuk beralih ke PO yang lain bila tujuannya sampai Wonogiri, karena hanya bus ini yang cukup recomended.

    Sebenarnya Tunggal Dara bisa cepat juga kalau di weekend, percaya atau tidak saya pernah naik kelas Eksekutif dari Kartosuro sampai Ciledug, berangkat jam 4 (seperti yang dijanjikan) sampai jam 7 pagi, sudah dengan segala kemacetan dan menunggu operan penumpang untuk tujuan yang sama di Cibitung. Selama perjalanan saya menikmati bagaimana di jalur Semarang bus ini beraksi melawan kedigdayaan mesin 1525 Nusantara yang tak mau disalip sama sekali, saat itu suasana lalu lintas cukup ramai sehingga membuat persaingan menjadi alot, sayangnya pertaruangn terhenti di terminal Banyumanik. Lalu lanjut di jalur Kendal, bus yang baru saja keluar dari tempat istirahat di Suka Sari langsung bertemu dengan tiga petarung dari Jepara, yaitu Bejeu, Shantika dan Slamet, alot sekali namun akhirnya mampu dilawan oleh Tunggal Dara. Begitu selanjutnya di sepanjang Pantura, bertemu dengan PK, lorena dan sebagainya, pokoknya seingat saya sampai di Cibitung sekitar jam 4 karena terjebak di kemacetan parah sekitar jalur Subang sampai Sukamandi.

    Catatan saya terhadap bus ini ada dua, pertama: bila tak ada sarkawi mungkin bisa menjadi yang terbaik, dan kedua: catatan waktu perjalan mungkin jadi lebih baik bila operan di Cibitung ditiadakan karena sejauh saya lihat percuma juga bus melaju kencang bila pada akhirnya harus menunggu operan dari bus Tunggal Dara yang lain yang kesalip di belakang atau mungkin berjalan lambat karena faktor mesin yang tua.

    Maju terus Tunggal Dara.
    Keluhan om dari forum / media ini, media lainnya, curhat dilapangan sudah kita sampaikan ke pengurus di cibitung tgl 11 July 2010 SECARA TERTULIS, pengurus juga mengucapkan terima kasih atas perhatiannya,kerjasamanya, salam dari Bp. Sis (Yang mengatur operasional TDI)

    Kl u Operan begini om...sptnya sangat mustahil, misal : om naik dari wilayah Pracimantoro tujuan ciledug, terus orang lain tempat om beli ada wilayah Bogor, Depok, Halim, Lebak Bulus, lha bis arah cileduk posisi lg di Pacitan, yg tujuan bogor lg di purwantoro, LB bisnya lg di ngadirojo....nah mereka (bis-bis) ini gak mungkin berduyun-duyun ambil penumpang kearah praci, atau berduyun-duyun ke arah pacitan utuk 1 bis 1 tujuan, nah rekomendai sy : utk tdk mau dioper dicibitung wil. Wonogiri beli langsung aja ke pusat (Ngadirojo) / Terminal Induk WNG, karena semua bis yg mau ke JKT lewat situ...Tinggal bilang mau ke mana...nanti langsung diberi no Pol. sesuai tujuan yg diinginkan...

    Utk mslh waktu sy juga sdh menyampikan ke pengurus cibitung agar menggunakan target waktu, agar bila sampai cibitung / wng, jarak waktunya tdk terlampau jauh, sehingga tdk bosan u menunggu...yah semoga didengar, dan dilaksanakan om

  10. #10
    V12 Diesel Turbo Plat Nomor : 208 ToMs's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    CIPINANG INDAH
    Posts
    1,466

    Default

    Quote Originally Posted by mas boy View Post
    KLARIFIKASI : assalamu'alaikum wr. wb, salam bis mania, sy sebagai ORANG BARU DLM DUNIA BIS mohon maaf atas forum sebelumnya yg membuat resah dan merasa dirugikan, terutama pemilik gambar, om toms, om ryan, admin & para pembaca. permintaan maaf sdh sy sampaikan di forum lainnya dan disini, serta sdh sy cb tel langsung tp tak diangkat...hmm...kt hanya makhluk sosial tak lupa dari salah dan kekhilafan, intinya : sebelum forum ini diisi sy sudah meminta langsung kepemilik foto, bahwa foto tsb akan sy buat berita di forum ini..!!! (saksi yg mendengar juga ada) dan pada saat itu tidak ada kata keberatan / tunggu info berikutnya dr pemilik foto...!!! intinya adalah SALAH PAHAM: Dan kita kira itu wajar dlm kehidupan, karena setiap org py fikiran yg berbeda...sehingga kt semua hrs berfikir utk mencari solusinya...bersikap dgn tenang, memandang secara dewasa, simpan emosi, amarah, dendam dll yg bersifat negatif...Media ini jangan disalahkan: Karena Media ini hy sebagai tempat berbagi ilmu, berbagi pengalaman, menambah sahabat dll dgn tujuan yg positif, sekali lg dr hati yg terdalam saya mohon maaf...ALLOH MAHA TAU....TETAP SEMANGAT
    TAK ADA KALIAN...AKU GILA BIS SENDIRIAN....TAK ADA AKU PENIKMAT BIS KURANG SATU

    ok...untuk menghangatkan suasana (Kata om babalaz/tanto) cmiiw

    LAMBANG TUNGGAL DARA
    ARTINYA : T D I

    Hmmmmm.... ini yang menjadi kenangan: Bokonge tahun 1980-1990-an
    Bis ini biasa dijuluki cah wonogiren sebagai bus PERANTAUAN, tp ada juga katanya dibis model livery ini dia dapat jodoh....xixixixixixix



    Untuk foto bis model LIVERY ini, sabar,,,,nanti akan di muat.....yang PASTI PERTAMA DI INDONESIA CMIIW

    sipp mas boy sama2 belajar dari kesalahan karena mengakui salah memang sulit sekali mas boy, salute untuk anda. memang paling aman foto dari sendiri ditampilkan walaupun niatnya baik untuk berbagi informasi namun setiap orang berbeda-beda kadang yg kita inginkan tidak sama dengan orang lain. gpp mas boy kebetulan saya jg yg membuat thread kmrn jg kaget dpt teguran langsung, tp tak menyurutkan niat kita untuk terus maju perbisan kita. kita hanya penikmat dan hobby mas, seperti signature saya sesama pecinta bis dilarang saling mengejek, hehehe... sukses juga buat temen2 wonogiri area dan khususnyas thread TDI GROUP.

    @back to lap pel: mana lagi info mengenai TD..
    STOP SALING EJEK MULAI SEKARANG !!

    e-mail : toms.cupu@gmail.com
    Yahoo Messenger: cahyo_toms@yahoo.com
    Please follow mytwitter http://twitter.com/cupu2malam
    Add My bb Pin 2167648A
    0812.1001.8228 / 021.999.533.87

    Tommy Cahyo Toms | Create Your Badge

Page 1 of 25 12311 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •