www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 6 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 51

Thread: Sistem Rem HINO

  1. #1
    VIP Plat Nomor : 205 scania_benz's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Semarang
    Posts
    629

    Default Sistem Rem HINO

    setiap mesin mempunyai sistem rem yang berbeda yang juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Dulu pernah ngobrol sama supir salah satu PO(kebetulan PO tersebut armadanya sebagian besar M*******) bahwa untuk mesin hino remnya pakem(Hino RG,denger2 kalau Hino RK8 remnya masih kalah sama RG) tapi kelemahannya remnya mudah blong. Kira2 bener gak yak pendapat tersebut? Lalu bagaimana sistem rem pada Hino? Karena dulu pernah kejadian di tol Semarang ada bus mesin hino tabrakan beruntun karena rem blong,yang sedang hangat2nya tabrakan karambol di Semarang akibat truk Hino rem blong. Dalam hal ini saya mau tanya tentang sistem remnya? Kalau rem blong ini kita kesampingkan faktor Human Error dan faktor jalan.

  2. #2
    Executive Plat Nomor : 1717 dirgan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    jakarta-purworejo-wonosobo-kebumen
    Posts
    1,498

    Default

    mencoba menjawab..
    kalo hino bukannya pake rem Full Air dengan dua sirkuit untuk rem Utamanya,tapi cara kerjanya saya kurang tau,mungkin ada yang bisa menambahkan?
    Warning !!
    Bus bapat menyebabkan ketagihan dan keobsesian

  3. #3
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,382

    Default

    ku sih gini...

    nggak ada rem yang buruk... yang ada rem nggak terrawat....


    mengenai Rem X lebih pakem dari rem Y... itu kembali ke perawatan dan faktor lainnya..


    tabrakan karambol yang nyapu banyumanik, itu jelas,,, bukan diawali dari kesalahan rem.
    Rem utama + exhaust brake + engine brake itu sudah cukup bisa menahan laju truk tsb kalau truk tsb angkut pasirnya sesuai aturan. Karena overload, rem dipaksa bekerja diatas normal dengan waktu lama pasti FAILED juga akhirnya.

    FYI, turunan itu panjang... sejak ungaran udah banyak turunan... apalagi pernatasan itu turun terus sampai tol dengan jarak lebih dari 15km. Rem mana yang sanggup dipaksa menahan beban overload sejauh itu??

    Kalau tidak dipaksa overload, pasti semua selamat.

  4. #4
    Executive Plat Nomor : 78
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Printworld - Semarang
    Posts
    3,656

    Default

    seng7 dengan minmin ...

    rem itu buatan manusia... punya ketahanan sampai titik X dengan beban Y selama waktu Z

    turunan yang landai dan panjang sangat membuat driver terlena(bukan lagu dangdut lho)
    sering saia lewat situ, melihat para sopir truk menggantungkan beban truk hanya dengan rem angin(exhaust) / bahkan cukup dengan engine brake ...
    mereka menggunakan rem hanya saat mengurangi kecepatan... jadi misal truk sudah jalan 40 Kmpj dengan engine brake, ya udah rem gak di injek, gw tau karena lampu rem gak nyala ... baru setelah mendekati traficlight / laju truk bertambah, lampu rem nyala ... itu dilakukan semua dengan penuh perhitungan dan feeling ...

    jadi jangan dibayangkan seperti naik mobil / bus ... truk(bermuatan berat) mempunyai cara kerja pengereman yang lain dari pada kendaraan lainnya... entah itu hino ato yang lain ...

    tapi pernah denger ... entah dari sapa lupa, malah rem hino itu enak... bisa direm sedekat mungkin alias mendadak ... dan bus gak oleng ...
    CMIIW (pernah denger, kalo g salah dari salah satu driver BRT smg)

  5. #5
    VIP Plat Nomor : 4865 iskandar's Avatar
    Join Date
    Mar 2010
    Location
    Bekasi Timur
    Posts
    627

    Default

    Pernah dengar dari seseorang dan supir juga, kalau mesin Hino di jalan lurus misal tol, begitu di rem mendadak pasti oleng alias body belakang melayang. beda dengan merk M*******, begitu di rem tidak oleng. CMIIW

  6. #6
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,382

    Default

    Quote Originally Posted by iskandar View Post
    Pernah dengar dari seseorang dan supir juga, kalau mesin Hino di jalan lurus misal tol, begitu di rem mendadak pasti oleng alias body belakang melayang. beda dengan merk M*******, begitu di rem tidak oleng. CMIIW
    kan baru katanya.....




    beda teknik ngerem, beda juga hasilnya.

  7. #7
    VIP Plat Nomor : 205 scania_benz's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Semarang
    Posts
    629

    Default

    Quote Originally Posted by pendrex View Post
    seng7 dengan minmin ...

    rem itu buatan manusia... punya ketahanan sampai titik X dengan beban Y selama waktu Z

    turunan yang landai dan panjang sangat membuat driver terlena(bukan lagu dangdut lho)
    sering saia lewat situ, melihat para sopir truk menggantungkan beban truk hanya dengan rem angin(exhaust) / bahkan cukup dengan engine brake ...
    mereka menggunakan rem hanya saat mengurangi kecepatan... jadi misal truk sudah jalan 40 Kmpj dengan engine brake, ya udah rem gak di injek, gw tau karena lampu rem gak nyala ... baru setelah mendekati traficlight / laju truk bertambah, lampu rem nyala ... itu dilakukan semua dengan penuh perhitungan dan feeling ...

    jadi jangan dibayangkan seperti naik mobil / bus ... truk(bermuatan berat) mempunyai cara kerja pengereman yang lain dari pada kendaraan lainnya... entah itu hino ato yang lain ...

    tapi pernah denger ... entah dari sapa lupa, malah rem hino itu enak... bisa direm sedekat mungkin alias mendadak ... dan bus gak oleng ...
    CMIIW (pernah denger, kalo g salah dari salah satu driver BRT smg)
    Mungkin para supir melakukan itu untuk menghindari agar rem tidak terlalu panas. Tapi rem hino memang enak untuk rem mendadak, tapi ya itu kalau ada komponen yg rusak(saya lupa) rem bisa langsung blong.Kalau Hino Rg itu apa gabungan antara angin dan olie ya om? Beda sama Hino RK 8 yang udah Full Air, tp denger2 rem Hino RG masih lebih bagus dari RK8?

  8. #8
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,382

    Default

    Quote Originally Posted by scania_benz View Post
    Mungkin para supir melakukan itu untuk menghindari agar rem tidak terlalu panas. Tapi rem hino memang enak untuk rem mendadak, tapi ya itu kalau ada komponen yg rusak(saya lupa) rem bisa langsung blong.Kalau Hino Rg itu apa gabungan antara angin dan olie ya om? Beda sama Hino RK 8 yang udah Full Air, tp denger2 rem Hino RG masih lebih bagus dari RK8?

    nggak ada yang jelek... kecuali yang nggak terawat..

    Sama pakarnya disana, sudah didesain sedemikian rupam perangkat tsb dapat beroperasi sampai batas toleransi tertentu.
    makanya kadang beda type, parts numbernya udah beda walau sama sama isinya kampas rem misalnya.

    Nah, dalam penggunaan wajar, artinya digunakan tidak melebihi batas muatan, semua mumpuni kok.
    Gagal mengerem, itu nggak melulu karena faktor merek atau type kendaraannya. Apakah dirawat dengan benar? apakah parts yang digunakan parts yang sesuai anjuran pabrikan, atau KW2 / KW3 / KW 4?

    apakah sistem pendukung rem juga diperhatikan? seperti pipa jalur fluida untuk transfer daya pengereman misalnya.

    Beban juga, apakah beban kendaraan tsb sesuai?

  9. #9
    Patas AC Plat Nomor : 39 Kakang_Prabu's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Tangerang n Jakarta
    Posts
    366

    Default

    nambahin dikit y,,bahwa sesungguhnya di HINO itu tidak ada perangkat yg dinamakan brake reteader RG apalagi RK8,,mengapa RG lbh pakem ato mumpuni dibandingkan RK 8 klo RG sekali jejeg lansung choozzz,,ciit btw klo RK 8 sama seperti merk M ga bisa di rem sekaligus melainkan harus di pompa,,zet,,zet baru dah brenti..
    Keluarga Besar yang Bahagia dan Guyub itu bernama " KELUARGA BESAR BISMANIA INDONESIA "

  10. #10
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,382

    Default

    exhaust brake itu merupakan salah satu metode retardation lho....

Page 1 of 6 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •