www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

     
Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast
Results 21 to 30 of 41
  1. #21
    AC Ekonomi Plat Nomor : 951
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Semarang | dpn T.Penggaron | W Makan Pak Agus
    Posts
    278

    Default

    Quote Originally Posted by taufik ardian View Post
    turut prihatin atas kejadian tsb semoga tdk terulang lagi...


    maaf sebelumnya bagi om TS ini kok trit laka ngomongnya jadi kemana2....



    ini bicara semboyan handoyo



    ini semboyan juga



    ini ngomongin jalur selatan




    bagi om2 sekalian mohon pleasee......terimakasih
    ni masih masuk trit om..kan masih sma2 bahas soal keselamatan juga to....
    YM : hery.denta@yahoo.co.id

    FB : kertajayajawa@gmail.com

    Email : kertajayajawa@gmail.com

    Ph : 085740052620 / 085226269692

  2. #22
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Default

    Quote Originally Posted by celinekuhan View Post
    tapi kenapa jadi berubah ya karakternya ??

    Nah sebaiknya juga nggak langsung percaya apa kata koran...
    inilah sebabnya Indonesia sebetulnya perlu Accident Investigator... bukan judgement instant....




    Nah... Biar enak... Yuk kita telaah sedikit isi berita yang dipost TS...
    Ini cuma rekaan saya, mencoba menjadi accident investigator....

    Kecelakaan bermula saat bus yang dikemudikan Giyanto (41), warga Pasar Kliwon, Solo melaju dengan kecepatan tinggi berusaha mendahului pengendara sepeda onthel yang membawa brojong. Sayang, bus yang telanjur kencang itu tak bisa dikendalikan dan malah hilang keseimbangan. Bus lalu oleng dan terguling berkali-kali sebelum akhirnya terbalik dan berhenti sekitar 100 meter dari TKP.

    Saya kaget dan panik ketika melihat pengendara onthel yang membawa bronjong itu tiba-tiba bergerak ke tengah. Karena dekat dan saya rem ndak nyampai busnya malah terbalik,
    ====================================
    Perhatikan tulisan yang saya bold warna biru. "melaju dengan kecepatan tinggi"
    Nah, Kecepatan tinggi itu acuan pembandingnya apa?

    Kalau misal bis jalan 80kmh...
    Kalau dibandingkan dengan sepeda onthel, ya jelas bus "terlihat" kencang.
    Kalau dibandingkan ma kendaraan lain yang lari 90kmh, bus tsb ya "terlihat" pelan.

    Apalagi itu tulisan "melaju dengan kecepatan tinggi" tidak ada bukti yang memperkuat, "mungkin" hanya berdasarkan pengamatan mata orang yang sedang diam ditempat, atau berdasarkan penuturan pengendara sepeda onthel tsb.


    apalagi di http://www.solopos.com/2010/sragen/b...uka-luka-21928

    dinyatakan

    Peristiwa tersebut bermula saat bus dengan Nopol B 7089 IV melaju tidak terlalu cepat dari arah timur. Sesampainya di tempat kejadian perkara (TKP), ada pengemudi sepeda onthel berberonjong dari arah timur. Sepeda itu semula di pinggir jalan sisi kiri. Tiba-tiba, pengemudi sepeda itu lalu ke arah tengah jalan
    Nah makanya perlu dicari... kencangnya itu acuannya terhadap apa.

    ====================================


    Perhatikan yang saya bold warna merah,
    "mendahului pengendara sepeda onthel yang membawa brojong"

    Brojong.. adalah benda ringan namun makan tempat. Apalagi mengingat kejadian jam 4 pagi, pengendara sepeda macam gitu tidak dilengkapi lampu penerangan sebagai kode atau tanda untuk komunikasi antar pengguna jalan. Akibatnya, sepeda ini baru terlihat ddi jarak yang dekat.

    =======================================

    prhatikan yangs aya bold orange "
    bus yang telanjur kencang itu tak bisa dikendalikan dan malah hilang keseimbangan"

    Ini kaitannya dengan statement pengemudi bus
    "
    Saya kaget dan panik ketika melihat pengendara onthel yang membawa bronjong itu tiba-tiba bergerak ke tengah. Karena dekat dan saya rem ndak nyampai busnya malah terbalik,"

    Seorang Michael Schumacher pun tidak akan bisa menghindari pergerakan tiba-tiba semacam itu dengan jarak yang terlalu kritis. Apalagi bus dengan berat sekitar 15 ton dan kecepatan diatas 60kmh.. pergerakan mendadak akan berakibat fatal.

    Rasional menurut saya statement pengemudi, direm nggak akan sampai.

    Kenapa terguling???
    Karena keadaan panic braking dan banting kemudi ke kanan.
    Memang nggak ada statement tsb di berita itu, namun pernyataan pengemudi, sepeda tiba tiba ke tengah, artinya sepeda tsb bergerak ke kanan... Bus tsb untuk menghindari sepeda tsb, harus ke kanan juga... karena kalau di kiri maka akan keluar jalan, dan jalanan kiri sudah "dimakan" sepeda.

    Kenapa sepeda tsb tiba-tiba ke kanan?
    Kemungkinan karena oleng akibat membawa brojong. Oleng disini dapat terjadi karena beberapa faktor. 1. Terkena hembusan angin kendaraan besar yang terlebih dahulu menyalipnya... karena akan jatuh kekiri, maka sepeda tersebut counter steer ke kanan dan di belakangnya ada bus PK tsb. 2. Oleng karena overload. 3. Oleng karena pengendaranya lelah dan mengantuk.

    =====================================

    Perhatikan yang saya bold Ungu. "
    Bus lalu oleng dan terguling berkali-kali sebelum akhirnya terbalik dan berhenti sekitar 100 meter dari TKP "


    Bus tsb jadinya oleng, karena menurut penerawangan saya, bus tsb melakukan panic braking sambil banting setir ke kanan.

    Kok tau banting setir ke kanan?
    ya kan sepedanya di kiri dan bergerak ke tengah... maka untuk menhindari sepda tsb ya harus ke kanan.

    lihat gambar akhir di koran tsb

    Posisi bus ada di kanan jalan kan...


    kok bisa sampai terguling?
    itu karena kombinasi gerakan kemudi yang dadakan dan panic braking

    dinyatakan dalam http://www.solopos.com/2010/sragen/b...uka-luka-21928

    Bus yang dikemudikan Giyanto, 41, membanting setir ke kanan. Giyanto mencoba membanting setir kembali ke kiri. Namun karena mendadak, bus malah terguling ke kanan dan terseret.
    Bus tersebut terguling dan terserat karena ada momen inersia yang cukup besar.
    Bus saat setir diarahkan ke kanan, bus akan nurut, tapi saat momen inersia sedang membawa bus ke kanan, setir diarahkan mendadak ke kiri. Jadi, bus yang momen inersianya sedang kekanan, dipaksa ke kiri, makan terguling, namun karena inersia ke arah kanan walaupun setir diarahkan ke kiri, ya bus tetap melaju ke arah kanan... lihat di foto bus yang terguling tsb.
    Last edited by EvoTech; 05-23-2010 at 00:14.

  3. #23
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Default

    Semoga ulasan nggak mutu dari saya tsb dapat bermanfaat.

  4. #24
    Patas AC Plat Nomor : 2690
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    SAMIGALUH - JOGJA - PURWAKARTA PP
    Posts
    491

    Default

    wah kejadian lagi kejadian lagi...., ya semoga ja pada hati2 dijalan .., saling menghormati pemakai jalan.., dan yang penting taati peraturan lalu lintas.., sehingga bisa meminimalisir kejadian2 yang tak terduga...

  5. #25
    EvoTech Plat Nomor : 2 EvoTech's Avatar
    Join Date
    Mar 2008
    Posts
    8,384

    Default

    UPDaTE:


    Setelah saya perhatikan...

    di koran tertulis terbalik berkali kali...


    Setelah saya cermati gambar... kok spion kiri utuh?

    maka, BUS TSB TIDAK TERGULING BERKALI KALI, namun hanya satu kali, tergulingnya ke kanan.

    Kalau terguling berkali kali, berarti sisi bus bagian kiri juga sempat "mengaspal" dan itu akan mengakibatkan spion kiri hancur.

    Nyatanya di gambar tsb spion kiri tetap utuh.
    Last edited by EvoTech; 05-23-2010 at 17:05.

  6. #26
    Patas AC Plat Nomor : 459 dewara's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    JALAN AKORDION UTARA KOTA MALANG
    Posts
    472

    Default

    Quote Originally Posted by celinekuhan View Post
    bus2 selatan kog lagi rajin kecelakaan ya ?? %_%
    jalur selatan ga selebar jalur utara gan

  7. #27
    Bus Bumel Plat Nomor : 2780
    Join Date
    Feb 2010
    Posts
    96

    Default

    Quote Originally Posted by EvoTech View Post
    Nah sebaiknya juga nggak langsung percaya apa kata koran...
    inilah sebabnya Indonesia sebetulnya perlu Accident Investigator... bukan judgement instant....




    Nah... Biar enak... Yuk kita telaah sedikit isi berita yang dipost TS...
    Ini cuma rekaan saya, mencoba menjadi accident investigator....


    ====================================
    Perhatikan tulisan yang saya bold warna biru. "melaju dengan kecepatan tinggi"
    Nah, Kecepatan tinggi itu acuan pembandingnya apa?

    Kalau misal bis jalan 80kmh...
    Kalau dibandingkan dengan sepeda onthel, ya jelas bus "terlihat" kencang.
    Kalau dibandingkan ma kendaraan lain yang lari 90kmh, bus tsb ya "terlihat" pelan.

    Apalagi itu tulisan "melaju dengan kecepatan tinggi" tidak ada bukti yang memperkuat, "mungkin" hanya berdasarkan pengamatan mata orang yang sedang diam ditempat, atau berdasarkan penuturan pengendara sepeda onthel tsb.


    apalagi di http://www.solopos.com/2010/sragen/b...uka-luka-21928

    dinyatakan

    Nah makanya perlu dicari... kencangnya itu acuannya terhadap apa.

    ====================================


    Perhatikan yang saya bold warna merah,
    "mendahului pengendara sepeda onthel yang membawa brojong"

    Brojong.. adalah benda ringan namun makan tempat. Apalagi mengingat kejadian jam 4 pagi, pengendara sepeda macam gitu tidak dilengkapi lampu penerangan sebagai kode atau tanda untuk komunikasi antar pengguna jalan. Akibatnya, sepeda ini baru terlihat ddi jarak yang dekat.

    =======================================

    prhatikan yangs aya bold orange "
    bus yang telanjur kencang itu tak bisa dikendalikan dan malah hilang keseimbangan"

    Ini kaitannya dengan statement pengemudi bus
    "
    Saya kaget dan panik ketika melihat pengendara onthel yang membawa bronjong itu tiba-tiba bergerak ke tengah. Karena dekat dan saya rem ndak nyampai busnya malah terbalik,"

    Seorang Michael Schumacher pun tidak akan bisa menghindari pergerakan tiba-tiba semacam itu dengan jarak yang terlalu kritis. Apalagi bus dengan berat sekitar 15 ton dan kecepatan diatas 60kmh.. pergerakan mendadak akan berakibat fatal.

    Rasional menurut saya statement pengemudi, direm nggak akan sampai.

    Kenapa terguling???
    Karena keadaan panic braking dan banting kemudi ke kanan.
    Memang nggak ada statement tsb di berita itu, namun pernyataan pengemudi, sepeda tiba tiba ke tengah, artinya sepeda tsb bergerak ke kanan... Bus tsb untuk menghindari sepeda tsb, harus ke kanan juga... karena kalau di kiri maka akan keluar jalan, dan jalanan kiri sudah "dimakan" sepeda.

    Kenapa sepeda tsb tiba-tiba ke kanan?
    Kemungkinan karena oleng akibat membawa brojong. Oleng disini dapat terjadi karena beberapa faktor. 1. Terkena hembusan angin kendaraan besar yang terlebih dahulu menyalipnya... karena akan jatuh kekiri, maka sepeda tersebut counter steer ke kanan dan di belakangnya ada bus PK tsb. 2. Oleng karena overload. 3. Oleng karena pengendaranya lelah dan mengantuk.

    =====================================

    Perhatikan yang saya bold Ungu. "
    Bus lalu oleng dan terguling berkali-kali sebelum akhirnya terbalik dan berhenti sekitar 100 meter dari TKP "


    Bus tsb jadinya oleng, karena menurut penerawangan saya, bus tsb melakukan panic braking sambil banting setir ke kanan.

    Kok tau banting setir ke kanan?
    ya kan sepedanya di kiri dan bergerak ke tengah... maka untuk menhindari sepda tsb ya harus ke kanan.

    lihat gambar akhir di koran tsb

    Posisi bus ada di kanan jalan kan...


    kok bisa sampai terguling?
    itu karena kombinasi gerakan kemudi yang dadakan dan panic braking

    dinyatakan dalam http://www.solopos.com/2010/sragen/b...uka-luka-21928

    Bus tersebut terguling dan terserat karena ada momen inersia yang cukup besar.
    Bus saat setir diarahkan ke kanan, bus akan nurut, tapi saat momen inersia sedang membawa bus ke kanan, setir diarahkan mendadak ke kiri. Jadi, bus yang momen inersianya sedang kekanan, dipaksa ke kiri, makan terguling, namun karena inersia ke arah kanan walaupun setir diarahkan ke kiri, ya bus tetap melaju ke arah kanan... lihat di foto bus yang terguling tsb.
    Mantaff bgt om ulasannya, saya setuju bgt.... Perhatikan foto bis diatas, posisi ban agak kekiri... jd mang ada kemungkinan, sopir stelah banting kanan. mncoba mngkoreksi stir ke kiri, tp yg trjadi mlh bis trguling....

  8. #28
    AC Ekonomi Plat Nomor : 951
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Semarang | dpn T.Penggaron | W Makan Pak Agus
    Posts
    278

    Default

    Quote Originally Posted by masyoedi View Post
    Bukan hanya disemboyan aja Mas, tapi harus tindakan nyata.. Kalo hanya semboyan yg di tulis di body bis, tapi crew masih "ugal2an" ya sama aja mas...
    yup...btul skali om..smua kita kembalikan pada pribadi masing2 crew nya om....
    YM : hery.denta@yahoo.co.id

    FB : kertajayajawa@gmail.com

    Email : kertajayajawa@gmail.com

    Ph : 085740052620 / 085226269692

  9. #29
    VIP Plat Nomor : 173 Mbexxx a.k.a Tendhong's Avatar
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Surabaya, Indonesia, Indonesia
    Posts
    530

    Default

    Hmmm....
    Ntu RG nya bukan?
    Dulu pernah diselip sama PK di daerah Kebumen (PK Exe trayek Kediri-Jogja-Bandung), masuk jalur kiri tuh bis oleng banget, padahal jalan ga terlalu bergelombang...

    Tapi, emang bener sih klo dari kanan, banting kiri pasti oleng banget....
    Dan satu lagi, daerah Sragen-Ngawi, menurut track record selama pernah liwat situ sih emang jalur maut...
    Banyak pengendara, baik motor utw sepeda onthel main selonong aja...

    Saran saya, klo liwat jalur itu, lebih baik waspada...
    Kenceng boleh, asal waspada...
    JB LA 161 Angkatan 2010
    Telpon : 0818 0276 0016
    eF Bhe : dwi_nugrahananto@yahoo.com
    email juga sama...

    JOGJA ASELI SEDJAK 1992


  10. #30
    Executive Plat Nomor : 78
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Printworld - Semarang
    Posts
    3,656

    Default

    Quote Originally Posted by EvoTech View Post
    Semoga ulasan nggak mutu dari saya tsb dapat bermanfaat.
    kalo itu mah mutu ... sangat bermutu ... sangar ...

    yang gak mutu neeeh ... gw dapet sms dari operator mulu...

Page 3 of 5 FirstFirst 12345 LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •