www.bismania.com, The First Indonesian Bus Forum and Community. Untuk donasi, berapapun nilainya akan sangat berharga bagi keberlangsungan forum ini. Donasi dapat melalui Bank BCA rek 2910410965 atau Bank Mandiri 135.00.0534606.7.
  1. BisMania.com Donation

    1. Local Time

      1. Hits Counter

        1.  

          1.  

            1.  

              1.  

                1.  

                  1.  

                    1.  

     
Page 1 of 10 123 ... LastLast
Results 1 to 10 of 95
  1. #1
    Patas AC Plat Nomor : 1726 celinekuhan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    inside of soft coral
    Posts
    440

    Thumbs up ngeblong bareng kita dg MOBIL PRIBADI.. ^_^



    UPDATE KONDISI JALUR PANTURA


    Yang paling menarik dari bus menurut gw adalah waktu gw lagi ngeblong bareng mereka.. alias lagi ngebuntutin rasanya ada perasaan aman tersendiri..khususnya bis2 bintang 5 yaaa.. bukan bus2 bumel yang ga jelas mereknya ^_^.. mereka tuh punya skill dan teknik tersendiri... dari cara ngambil , sign code, ngerem, dll... ada rasa aman kalo ngeblong bareng.. kadang2 kalo emang ketemu yang pas.. gw suka kompakan ma mereka, tentunya gw bagian nutup bagian belakang.. biar bus ga ada yg ganggu pas mo nyalip... maknyussss.......

    :kabur: :kabur:

    gw cari2 data lama tentang teknik nyetir mereka dan dapeeet.. gw
    REPOST yaaa..

    Seni BERKENDARA MALAM di JALAN PANTURA

    touring malam di Pantura ini punya keunikan tersendiri..
    dalam hal STAMINA, TEKNIK BERKENDARA, dan KETAHANAN MENTAL
    kalo ada agan2 yang punya kesenangan yang sama kayak gw.. silahkan bergabung yaaa.. thread ini bakal dibangun sedikit demi sedikit .... guna mengakomodir para hobiis sekalian..

    Supir bis biasanya punya "bahasa" khusus menggunakan isyarat lampu / sen / klakson,

    saat sein kiri dinyalakan (pengecualian utk belok kiri)
    # Bila ada yg overtaking dr dpn memberi tau kendaraan dpn bahwa
    posisi nya sudah berada pd sisi paling kiri (maaf bukan mempersilakan
    msk buat kendaraan di dpn nya...), itu sebabnya kendaraan yg crash dr
    dpn akan segera mengambil lajur yg sbnr nya klo gak dikasih oleh
    kendaraan yg disalip biasanya memaksa msk alias dipepet abiz....
    # Memberikan signal buat kendaraan di belakangnya agar posisi
    nya tidak melebihi sisi paling kanan bis tsb atau dgn kata lain bodi
    sebelah kanan maksimal sejajar dgn bodi kanan bis tsb. Krn pd umumnya
    driver sll agak condong kekanan utk mempunyai ruang pandang yg cukup
    swaktu bermaksud overtaking.

    ...lebih kurang nya memang bgt dan pendapat tmn2 jg betul yg ptg jgn sampe
    terbalik membaca nya krn bs fatal. Mestinya rule pantura ini lebih
    disosialisasikan misalnya melalui defensive driving ya... agar tidak
    punya persepsi sendiri2 shg bs membuat celaka bagi "warga pantura baru"
    terutama mlm hari dan yg jelas qta acungi jempol buat penggagas rule yg
    blm didokumentasikan tp sudah banyak yg mematuhinya. Salut buat driver2
    bis mlm yg sll rajin nge sein dgn mengdepankan kepentingan kendaraan
    lain...

    Sebagai tambahan informasi, kalau kita mengerti isyarat lampu sein
    kiri tsb, misalnya kita berada di urutan belakang 5 bus malam.
    Jika pada posisi berpapasan (istilah driver :'crash') bus urutan 1
    akan menyalakan sein kiri, diikuti bus 2 dst-nya sehingga bus paling
    belakang akan waspada bahwa bus 1 sedang posisi 'crash'. Ini sangat
    membantu iring-iringan pada jalan penuh tikungan, mis : Alas Roban.
    Biasanya hazzard lamp (istilah driver : Lampu segitiga, karena pada MB
    tombolnya merah dan berlabel segitiga putih) digunakan dalam situasi
    darurat, berhenti mendadak, masuk RumahMakan atau SPBU.
    Salah satu sopan santun di Bus Malam adalah dilarang menyalip dengan
    lampu dim/lampu besar.

    Dari pengalaman saya menjalani Pantura, paling safe adalah berjalan
    dibelakang Bus malam yang rajin menyalakan lampu sein...

    Maklum mas satu perguruan. tapi kalo di tol pas hujan
    kadang ada yang konyol. Nggak semua sih, cuma satu dua
    aja. Kalo pas hujan deras malah nyalain hazard. kalo
    gini mau ngekor susah. tu bis jadi gak keliatan mau
    goyang ke mana. Mo ke kiri or kanan, hanya sopirnya
    dan Tuhan yang tahu

    Dalam kebudayaan para bus driver… budaya mereka klo bs ngejar tmn yg dpn biasanya gak disalip tp didorong pake “ngedim” hehehe…. Hal lain misalnya…klo pas di jalur 4 yg gak ada trotoar tengah nya, pas mo nyalip tp ada truk pasir ato container di dpn nya, caranya nya gak asal msk tp bagian dpn “ngegras” sedikit nongol kasih tau dulu… bgt truk nya ada indikasi minggir ke kiri baru dech dimasukin… trus setiap ketemu 2 lajur klo pas dibelakang bis yg ngerti (krn Sinar Jaya, Dew Sri, apalagi Luragung hampir jarang melakukan nya) biasanya kasih sen kiri klo papasan dgn kendaraan di dpn nya…
    kalo untuk dim biasanya untuk minta jalan (mau nyalip), atau juga isyarat terimakasih (2 kali dim pendek / 1x klakson pendek)
    setelah diberi jalan untuk menyalip.

    untuk lampu sen, ada macam2:
    - kalo berpapasan dgn kendaraan di depannya, menghidupkan lampu sen kiri itu bisa :
    # a. memberitahu kendaraan yg berpapasan dgn kita bahwa kita tetap di jalur kita (susah njelasinnya )
    # b. kita mau ngalah untuk mobil yg berpapasan dgn kita, contoh kalo kita lagi di blong dari depan, sen kiri berarti
    kita ngalah , silahkan mobil depan ngeblong
    # c. kita kasi tau mobil di belakang kita bahwa di depan kosong dan silahkan menyalip kalo mau (dan kalo bisa )
    # d. mau belok kiri .. ya iyaaallaaaahhhh ....

    - kalo papasan dan kita idupin sen kanan , bisa:
    # a. kita kasi tau ke mobil yg papasan dgn kita batas kanan kita seberapa, ini di gunakan biasanya di jalan yg kelok2,
    atau jalan yang sempit.
    # b. memberitahu mobil dari depan bahwa kita tidak mau di blong ...
    # c. kita memberitahu mobil di belakang kita bahwa di depan ada mobil yg papasan, jadi jangan nyalip!

    "bahasa" ini bener2 tergantung dengan kondisi dan pemahaman pengemudi ..

    tapi emang ada kode etik tertentu yang berlaku pada pengemudi, yang berhubungan dengan toleransi berkendara.

    pernah naek bis yang nempel ketat bis depannya? nah pada saat bis didepan kita menyalip dan bis kita ngikut nyalip,
    bis depan kita biasanya setelah nyalip langsung ambil kiri, ini gunanya biar bis kita (atau bis yang dibelakang dia) bisa
    ngeliat apa yang ada di depannya, jadi memberi ruang tembak eh ruang pandang ..

    Hati-hati kalo suka ngekor (kesenengan gw banget nee kalo lagi touring di Pantura ), mendingan klo mau ngekor suka bermain sama sein-sein begitu kita ikut ngekor dan ternyata kita tekor.....gak dapet, dibukain jalan dulu deh....sama mereka, asal kita juga ikut
    pake sein ala mereka..

    mending ngalah biar kita selamat sampai di rumah. Ga usah dilawan kalo sein kanan bis sdh kedap kedip kepala agak serong ke kanan pertanda dia ingin mendahului kendaraan di depan nya. Kalo memang dirasa ada ruang untuk kita bisa menepi kenapa tidak? Nyawa dan keluarga lebih berharga lho mas...

    Tips aman berada di belakang bis, disamping kita memperhatikan
    tanda-tanda sein / signal adalah MENJAGA JARAK AMAN itu aja kuncinya
    Kalo memang mau menuruti hawa nafsu, kita harus berpikir dan
    mempertimbangkan seberapa safety nya kendaraan yg kita bawa dr mulai
    akslerasi, rem dan kekuatan mesin kita untuk bisa mendahului / meng
    ekor bis yg berada di depan kita.

    Yang penting konsentrasi dan patuhi rambu2 jalan.
    Perlu diingat bhw sopir2 bus malam itu memang hidupnya di jalan dan
    hmpr tiap hari lewat jalan yg sama jadi tentu beda "feeling" sm
    "touch" nya dgn kita2 yg "newbie".

    Hal2 tertentu memang perlu dicontoh tp msh bnyk hal yg perlu
    diperbaiki dari sikap berlalulintas bus2 malam.
    Satu lagi....ngalah kadang2 perlu...bahkan bus2 jg sering ngalah klo di"blong" baik searah ataupun head-on. Gak baik trlalu ngikutin nafsu.

    Last edited by celinekuhan; 06-25-2010 at 17:49.
    -- DIVER DO IT DEEPER --

  2. #2
    Patas AC Plat Nomor : 1726 celinekuhan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    inside of soft coral
    Posts
    440

    Default

    Mitos Tentang Bus Malam:

    1.Mitos:Bus tuh Kalau dijalan musuhnya/saingan truk tangki atau gandengan
    Fakta:
    sudah merupakan kesepakatan tak tertulis dijalanan bahwa para sopir
    truk, tanki,trailler dan semua jenis kendaraan angkutan barang
    memberikan prioritas kepada bus, dg pertimbangan bahwa yg diangkut bus
    itu manusia. se ugal-ugalannya bis malem pasti dikasih jalan.
    Yg menjadi musuh atau tepatnya kendala sopir bus adalah sepeda, sepeda
    motor, becak yg hanya dua yg tahu kemana arah beloknya (sipengendara
    dan Allah) dan yg terakhir mobil pribadi yg gak pengalaman keluar kota
    (dan yg nggak ngerti sopan santun, jalur
    luar kota, egoisnya gede, penginnya didepan, nggak mau disalip).

    2. Mitos: Bus malam jalannya ngebut, suka nyerobot jalur, nggak mau ngalah
    Fakta:
    a. Ngebut,
    Speedometer bus 0 sampai 120km dan saya yakin dg kondisi jalan dan
    keadaan nggak akan tercapai maximum speed 120km. Bus Scania yg saya
    tahu ada buzzer yg menyala kalau dia over 100km/jam dan di speedometer
    ada tulisan warning "DO NOT EXCEED 110km/jam"(kalau saya nggak salah).
    Bus secara fisik bongsor dan kalau si bongsor berjalan 80km/jam akan
    terlihat cepat dan angin yg dibelah dan menerpa anda akan menambah
    efek ngebut itu.
    Memang ada bus yg larinya bisa kenceng (sopirnya berani) seperti bus
    scania (9000 atau 12000 cc) dijalur pantura yg jelek dg suspensi air
    bellow suspension (suspensi udara kata slogan Hino) yg meredam dg baik
    guncangan akan sangat contras dg bus Hino,Mercy lama atau yg OH1525 yg
    berperdam kejut per daun akan menghemat kecepatan untuk kenyamanan.
    Yg ngebut justru mobil2 pribadi dan bus bumel yg ngejar setoran

    b. Suka Nyerobot Jalur dan nggak mau kalah
    Sebagai kendaraan niaga yg menyediakan jasa angkutan diperlukan
    kriteria "WAKTU" untuk menjadikan ia laku, orang banyak memakai
    jasanya. Untuk mencapai jarak tempuh X km berangkat jam Y dan harus
    tiba jam Z sang sopir bermatematika sbb (jangan dikira cuman pakai gas
    pol doang):

    Minimum average speed= X km/Y jam

    Jadi perkiraan tiba di tempat tujuan Z = Waktu tempuh @minimum speed +
    makan direstoran + faktor macet + Ngisi solar (and kenciang)+bertempur
    dg rasa kantuk

    Untuk mencapai pada jam "Z" harus menyiasati truk yg jalan lambat,
    lalu lintas yg padat, becak, sepeda, pasar tumpah dsb maka kadang pak
    sopir cari "jalur alternatif" sperti ngeblong (ngambil jalur
    berlawanan, pakai bahu jalan tol), seperti nggak mau disalip

    Kalau anda menjadi pengguna jalan bermobil pribadi jangan kawatir
    untuk menyikapi busmalam ini.... inilah triknya:

    # Kalau jalur anda diambil dari arah berlawan: kurangi kecepatan,
    minggir kekiri,cukup pasang lampu sein kanan (sinyal bahwa anda minta
    jalan) dan kasih lampu jauh(di-dim) sekali saja(sinyal peringatan
    "äwas")... jangan dipantheng... anda akan dihormati dan dikasih jalan.
    Tapi kalau lampu jauh di pantheng..!!! jangan harap dikasih jalan. Try
    it and believe it
    # Anda mau nyalip bis... kasih lampu dim sekali.. sebelum nyalip dan
    kalau tiba2 pas nyalip ada kendaraan berlawanan cukup dekat DARI arah
    depan cukup bel pendek sekali dan dim sekali ..... insyallah anda akan
    dikasih jalan.

    3. Mitos: Bus malam ugal-ugalan nggak tahu aturan.
    Fakta:
    Bus kalau mau belok, mau nyalip, pindah jalur pasti kasih sein kemana
    arah dia mau pergi, justru yg ugal ugalan itu mobil pribadi pindah
    jalur seenaknya, nyerobot kaya dia pemegang saham jasamarga...apalagi
    teman2 yg plat B tuh ...yg merasa terbebas kemacetan jakarta
    .......ndeso..jalur busway aja dimasukin.. wekss
    Perhatikan kalau bis yg anda tumpangi menguntit bus malam yg lain maka
    bus didepan anda akan selalu memberi tanda bahkan membimbing bus anda
    kalau dia nyalip kendaraan lain bus anda boleh nyalip enggak, ngasih
    tahu didepan ada becak hati2...

    Enggak percaya??? buktikan sendiri
    ...
    ada pengalaman lain ??

    Quote Originally Posted by pLinThenG View Post
    pantesan Garasinya sepi
    pada ngejunk disini rupanya...


    satu tips lagi kalau menghadapi bis malam
    jangan gunakan klakson kalau mau minta jalan, tapi isyarat lampu dim sekali saja pasti akan dapat jalan dengan leluasa, baru klakson kalau sudah berhasil melewati sebagai ucapan terima kasih.
    pertama berisik dan pasti akan mengganggu kenyamanan penumpang, bis malam sangat minimal dalam menggunakan klakson, karena klakson itupun juga ada maknanya.
    1 kali tanda terima kasih, dan permisi numpang lewat gan.
    klakson panjang tanda marah, biasanya terjadi kalau ada mobil lain yang membahayakan.
    Quote Originally Posted by pLinThenG View Post
    satu lagi tips buat para pengendara mobil pribadi di jalur pantura malam, kalau dibelakang anda ada isyarat dim 2x dari bis, berarti anda sedang berjalan terlalu pelan atau terlalu ke tengah. jadi kalau posisi anda sedang mau mendahului, dan dibelakang anda ada isyarat dim 2x, maka dipastikan didepan aman dan sang bis sedang menunggu anda untuk segera mendahului. tapi kalau mau pelan-pelan usahakan untuk berada di jalur terluar (kiri) atau terdalam (kanan).
    Quote Originally Posted by pLinThenG View Post
    nambah lagi...
    jika kendaraan yang anda kendarai didahului bis, sedangkan di depan dari arah berlawanan ada kendaraan perhatikan dengan baik badan bis yang mendahului anda, kalau sudah lebih dari setengah badan sebaiknya anda mengurangi kecepatan berikan kesempatan untuk mendahului anda, tapi kalau bis belum mencapai setengah badan segera tambah kecepatan anda. karena kalau sudah setengah badan tapi anda malah menambah kecepatan maka akibatnya akan fatal, anda pasti juga akan terkena dampaknya, begitu pula kalau belum setengah badan anda malah melambat itu juga akan fatal, karena bis tidak punya kesempatan untuk kembali ke posisi semula.
    Quote Originally Posted by dhogadho View Post
    ane mo nambahin lagi gan..... ini soal truk gan bukan bis......

    jadi kalo kita udah ada di daerah yang jalan nya naek turun, mis:alasroban, pasti kita akan kesulitan jika ada truk di depan kita. sesaat sebelum jalan yang mendaki,jika truk itu mengetahui ada mobil lain di belakang (terutama mobil pribadi ) maka ia akan menyalakan sein kiri dan mengurangi laju kendaraanya (maksudnya untuk mempersilakan mobil yang lebih kuat untuk nanjak lewat duluan). tapi kalo supir truk gak tau, kita cukup klakson sekali saja atau lebih sederhana tongolin body biar kelihatan dari spion supir..... dan setelah itu supir akan melakukan hal yang sama seperti di atas.....n' yang lebih penting,pas kita nyalip di sampingnya kita bunyiin klakson satu kali tanda terimakasih karena udah mau ngalah sama yang kecil hehehehe

    jadi jangan salah pengertian, kalo salah pengertian ntar dikira kita ga boleh nyalip karena tanjakan bahaya..... yang penting komunikasi aja antar pengendara yang mesti di mengerti.

    NB: hal ini biasa dilakukan oleh pengemudi truk yang bermuatan penuh... atau berat saat menanjak sehingga pada saat menanjak justru akan menghalangi kendaraan lainya.belum tentu semua truk melakukan ini, jika truk dalam keadaan kosong / truk kecil, mereka jarang melakukan ini, karena mereka masih mampu menanjak dalam kecepatan yang tidak begitu lambat (normal)...!!!! jadi jangan anggep semua truk sama, truk juga ada jenis2 nya..

    keep safe on the road gan.........

    nb : semua data gw ambil dari file2 lawas bismania yang masih bisa dicari lewat mbah google...
    Last edited by celinekuhan; 06-25-2010 at 17:39.
    -- DIVER DO IT DEEPER --

  3. #3
    VIP Plat Nomor : 249
    Join Date
    Nov 2009
    Location
    Cikarang
    Posts
    708

    Default

    Thanks om, udah naikin lagi thread ini. jujur aja dalam hal mengemudi saya banyak belajar dari supir bis malam. karena teknik mengemudinya sangat bagus untuk ditiru (tentunya yang baik-baik)...
    Ga seperti supir2 mobil pribadi yang kadang hanya asal maaf "bisa beli mobil" saja, lalu dengan skill seadanya turun ke jalan raya yang selain membahayakan orang lain tentu juga membahayakan dirinya sendiri. contoh gampang adalah penggunaan lampu sein, atau penggunaan lampu segitiga saat hujan deras.. wah itu sangat mengganggu sekali
    Fans of Ramayana and all about Jogja with Love

  4. #4
    Patas AC Plat Nomor : 2608 fattrucker.ryan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    salatiga, wonosobo
    Posts
    865

    Default

    Quote Originally Posted by celinekuhan View Post
    Yang paling menarik dari bus menurut gw adalah waktu gw lagi ngeblong bareng mereka.. alias lagi ngebuntutin rasanya ada perasaan aman tersendiri..khususnya bis2 bintang 5 yaaa.. bukan bus2 bumel yang ga jelas mereknya ^_^.. mereka tuh punya skill dan teknik tersendiri... dari cara ngambil , sign code, ngerem, dll... ada rasa aman kalo ngeblong bareng.. kadang2 kalo emang ketemu yang pas.. gw suka kompakan ma mereka, tentunya gw bagian nutup bagian belakang.. biar bus ga ada yg ganggu pas mo nyalip... maknyussss.......

    :kabur: :kabur:

    gw cari2 data lama tentang teknik nyetir mereka dan dapeeet.. gw
    REPOST yaaa..

    Seni BERKENDARA MALAM di JALAN PANTURA

    touring malam di Pantura ini punya keunikan tersendiri..
    dalam hal STAMINA, TEKNIK BERKENDARA, dan KETAHANAN MENTAL
    kalo ada agan2 yang punya kesenangan yang sama kayak gw.. silahkan bergabung yaaa.. thread ini bakal dibangun sedikit demi sedikit .... guna mengakomodir para hobiis sekalian..


    sependapat..........apalagi kalo ngeblong ama ramayana. mesti dicariin jalan. suka banget...........

  5. #5
    Patas AC Plat Nomor : 1726 celinekuhan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    inside of soft coral
    Posts
    440

    Default

    Quote Originally Posted by fattrucker.ryan View Post
    sependapat..........apalagi kalo ngeblong ama ramayana. mesti dicariin jalan. suka banget...........
    yup bener sekali mas bro.... kalo gw senengnya ngeblong ma bus2 JOGJA/SOLO mereka cenderung lebih santai dan ga ngotot... kalo yang arah PANTURA gw ngikut kalo lagi napsu ajahhhh
    -- DIVER DO IT DEEPER --

  6. #6
    VIP Plat Nomor : 1480 yogha kencono's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Bandung- Ciledug
    Posts
    657

    Default

    selalu Berdoa Di Jalan Raya Hormati Sesama Pengendara Ingat Slogan Lorena
    saya PENGEMUDI ... bukan SOPIR !!!

  7. #7
    Beginner Plat Nomor : 906 Widhiyans's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Location
    Bekasi
    Posts
    13

    Default

    nice share om....kita jadi pada tau nih
    99774670
    Bekasi
    sanosuke_24@yahoo.com

  8. #8
    Patas AC Plat Nomor : 2608 fattrucker.ryan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    salatiga, wonosobo
    Posts
    865

    Default

    Quote Originally Posted by celinekuhan View Post
    yup bener sekali mas bro.... kalo gw senengnya ngeblong ma bus2 JOGJA/SOLO mereka cenderung lebih santai dan ga ngotot... kalo yang arah PANTURA gw ngikut kalo lagi napsu ajahhhh

    manthebh mas brow.....hehehehe, gua jarng banget sih lewat pantura. ilmu dari mas celinekuhan, sangat membantu kalo lagi ngeblong malem2 di pantura......thanks vo da info mas....lam kenal

  9. #9
    Patas AC Plat Nomor : 1726 celinekuhan's Avatar
    Join Date
    Jan 2010
    Location
    inside of soft coral
    Posts
    440

    Default

    Quote Originally Posted by fattrucker.ryan View Post
    manthebh mas brow.....hehehehe, gua jarng banget sih lewat pantura. ilmu dari mas celinekuhan, sangat membantu kalo lagi ngeblong malem2 di pantura......thanks vo da info mas....lam kenal
    wadooohh ini ilmu gw dapet juga dari sini mas bro.. suwer bukan gw yang bikin.. BISMANIA yang dah senior bisa kasih tau sapa yang bikin artikel ini.. ??? karena gw belum cantumin nama si pembuat artikel.. terima kasih

    -- DIVER DO IT DEEPER --

  10. #10
    Bus Chassis Plat Nomor : 787 rds1105's Avatar
    Join Date
    Dec 2009
    Posts
    74

    Default

    mantap banget nih......perlu di dokumentasi ini.....terus dikasihkan sopir2 yang ndableg gak mau ngidupin sein kalo pindah jalur/mau nyalip.....(termasuk saya sich tp cuma kadang2 kok.he..he..he..)
    Dekso-Muntilan-Temanggung-PANTURA-Lebak Bulus-Kebayoran Lama-Blok M (PP) with
    OBL
    EXECUTIVE

Page 1 of 10 123 ... LastLast

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •