PDA

View Full Version : Teluk Kiluan



nova_33
05-23-2012, 18:43
https://lh6.googleusercontent.com/-A3gLTtAzthM/T7tC42gDLuI/AAAAAAAAExU/EmozVVNV9ow/s912/Dolphin%2520Bay%25202.jpg

Hidden Paradise at Lampung

Teluk Kiluan adalah sebuah desa yang berada di wilayah Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Bandar Lampung, namun siapa sangka di tempat ini terdapat sebuah surga tersembunyi yang menyimpan keindahan Anugerah Sang Maha Pencipta. Teluk ini merupakan jalur migrasi lumba-lumba jenis mulut botol. Siapa sangka di tempat yang tak jauh dari Ibu Kota Jakarta kita dapat menemukan tempat untuk melihat lumba-lumba. Selama ini kita tahu untuk melihat lumba-lumba kita bisa berkunjung ke Lovina, Bali. Kali ini saya akan mencoba mengulas pengalaman saya menuju surga tersembunyi tersebut.

Untuk menuju lokasi tersebut bisa dengan perjalanan darat sekitar 3-3,5 jam dengan mobil, namun kali ini saya akan menggunakan motor untuk menuju kesana. Untuk mencapai lokasi tersebut saya harus menuju Padang Cermin dengan melalui Hanura. Terdapat 1 lokasi pantai yang cukup menarik untuk dikunjungi yaitu Pantai Mutun yang berada sebelum memasuki Hanura. Sepanjang perjalanan saya disuguhkan dengan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. Hamparan persawahan yang hijau, pantai yang landai serta dipadu dengan gradasi warna perbukitan yang memanjakan mata.

Setelah melintasi Padang Cermin menurut penuturan warga sekitar saya akan dihadapkan dengan jalur yang cukup eksrtrem, perlu keterampilan mengemudi yang lebih untuk melewati jalur ini. Betapa sulitnya akses untuk menuju Kiluan. Jalanan yang meliuk-liuk, licin, berbukit, naik turun dan sangat sempit harus saya lewati. Motor yang saya kendarai harus jalan pelan-pelan karena banyak tikungan tajam serta ditambah dengan akses jalan yang rusak. Meskipun ini bagian dari petualangan, namun setiap langkah harus dilakukan dengan cermat. Beruntung saya memiliki pengalaman berkendara di jalur rusak dan ekstrem seperti ini. Salah hitung, jurang di bahu jalan siap menerima. Mungkin sekitar 1 jam saya harus melewati jalur ekstrem tersebut padahal jarak yang ditempuh hanya sekitar 27 km. Sayang tempat seindah ini tidak mendapat perhatian pemerintah daerah.

Sesampainya di Kiluan kita akan mendapatkan sebuah perkampungan transmigran yang berasal dari Bali dan juga terdapat beberapa penduduk asli Lampung. Beberapa rumah dengan gaya Bali nampak bersanding dengan rumah panggung milik penduduk asli Lampung. Dialek kental orang Jawa berbaur dengan aneka ragam dialek dari daerah lain menjadikan Desa Kiluan begitu hidup.

Disini terdapat penginapan namun jangan harap mendapatkan kemewahan di tempat ini karena suasana pedesaan masih sangat kental disini. Penginapan sederhana dapat digunakan untuk rehat dan berburu lumba-lumba di pagi hari nanti. Namun sayang saya akan langsung kembali menuju Bandar Lampung karena tak punya cukup banyak waktu untuk bisa menikmati keindahan tempat ini lebih jauh lagi.

Saya pasti akan kembali ke tempat ini dan mengeksplore lebih jauh lagi keindahan tempat ini.

Nova Ardianto - Bandar Lampung


Sejuta Pesona Indonesia

nova_33
05-23-2012, 18:48
Info Lain

Teluk Kiluan terletak di Propinsi Lampung, yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba, ikan paus disekitaran Teluk Kiluan. Daerah ini juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Setiap tahun diadakan lomba memancing di Teluk Kiluan yang diikuti oleh master-master pemancing seluruh Indonesia.

1. Prakiraan Biaya

A. Transportasi
Transportasi umum dari Jakarta menuju Teluk Kiluan:
1. Kalideres – Pelabuhan Merak (ekonomi) Rp 15.000,- (ac ekonomi) Rp 18.000,- sekitar 1.5-2,5 jam
2. Ferry penyebarangan Merak – Bakahueni (ekonomi) Rp 11.500,- (AC tambah Rp 4.000,- s/d Rp 11.000,- tergantung kapal), sekitar 3 jam
3. Bakahueni – Bandar Lampung (ekonomi) Rp 17.000,- (patas ac) Rp 22.000,- sekitar 3 s/d 4 jam
4. Travel Bandar Lampung (kali balok) – Kiluan (AC) Rp 45.000,- sekitar 3-4 jam
5. Penyebrangan (kapal jungkung kecil) dari Teluk Kiluan menuju Pulau Kiluan, Rp 15.000,- /org sekitar 15 menit.
6. Jungkung untuk ’berburu’ Lumba-lumba : Rp 250.000/kapal, bisa diisi 3 orang, lama seluruh perburuan sekitar 2-3 jam.

B. Akomodasi
Akomodasi penginapan di Teluk Kiluan sangat terbatas. Di Pulau Kiluan hanya terdapat 1 rumah panggung yang digunakan sebagai homestay, yang memiliki 4 kamar yang disewakan. Harga sewa semalam Rp.150.000,- perkamar, yang bisa diisi sampai 5-6 orang. Fasilitas amat sangat minim, listrik yang digunakan adalah generator sederhana yang menerangi sangat terbatas (110V). Alternatif lain adalah menginap di homestay yang berada di Teluk Kiluannya (daratan), dengan kondisi yang mestinya lebih bagus. Saya prefer menginap di Pulau Kiluan dengan pertimbangan supaya pagi buta bisa langsung naik kapal jungkung ’berburu’ lumba-lumba.

C. Makanan
Makanan yang disantap adalah makanan yang disediakan oleh pemilik homestay dengan biaya Rp.15.000,-/makan/orang dengan lauk ikan segar seadanya.

D. Biaya Lain – Tiket Masuk
Sebagian besar gratis, kecuali untuk pantai yang sudah dikomersialkan seperti pantai Klara Rp.5.000,-, pantai Mutun Rp.5.000,-.

2. Objek Wisata
Obyek Wisata yang sejalan ke arah Teluk Kiluan ini :
1. Pantai Queen Artha, Lampung, sunrisenya luar biasa cantik
2. Pantai Kelapa Merapat (Klara) sekitar 1 jam dari Bandar Lampung
3. Pulau Kelagian, pulau yang berada depan pantai Klara, biaya sewa kapal Rp.75.000,- yang bisa isi hingga 8 orang, lama penyebrangan 15-20 menit,
4. Pantai Mutun, sedikit masuk, ada arah petunjuknya.
5. Pantai Sekar Wana, pantai milik AL, harus ijin, pantai yang berada di Lagoon, sehingga bisa merefleksi dengan sempurna. Pantai ini dekat dengan Pantai Mutun.

A. Saran Itinerary:
1. Waktu untuk berharap bisa melihat lumba-lumba sangat terbatas. Lumba-lumba konon muncul pada pagi hari (untuk mencari makan) sekitar jam 06.00 – 09.00, untuk itu sebaiknya sudah berada dijungkung maksimal jam 06.00 pagi.
2. Itenary yang ideal (bila dari Jakarta, dengan kendaraan pribadi) :
a. berangkat jakarta sekitar jam 21.00
b. menunggu sunrise di Pantai Queen Artha
c. Jelajah seluruh pantai yang arah menuju Teluk Kiluan, yang prioritas adalah pantai Klara, Pulau Kelagian, Pantai Sekar Wana.
d. Sekitar jam 14.00 sudah berkendaraan meninggalkan pantai Klara-Kelagian menuju Teluk Kiluan, karena jalanan sangat jelek. Sangat disarankan untuk membawa mobil 4×4 or yang tinggi. Upayakan sampai di Kiluan sebelum jam 17.00.
e. Pagi hari setelah berburu lumba-lumba, jelajahi pulau Kiluan, pantainya sungguh cantik, dan konon ada terumbu karang yang cuantik sekitarnya.

3. Cuaca
Secara umum waktu yang terbaik adalah saat musim kemarau, April – September, karena dikhawatirkan apabila musim hujan, akan membuat jalan rusak menuju Teluk Kiluan akan semakin parah sehingga semakin menyulitkan perjalanan.

4. Packing List
Perlengkapan berenang, sunblock, kamera (disarankan membawa lensa tele untuk menangkap moment lumba-lumba), makanan sebisa yang dibawa karena di Teluk Kiluan tidak ada penjual makanan besar, dry pack (untuk kamera, lensa, dan barang berharga yang tidak tahan air) yang dipergunakan selama ’hunting’ dolphin.

5. Tips
- Bawa senter apabila menginap di homestay pulau Kiluan.
- Sepagi mungkin berburu Lumba-lumba.
- Membawa makanan tambahan untuk persiapan menginap di Pulau Kiluan.
- Mandi/berbersih apabila berenang di Klara (ada kamar mandi di pantai Klara), karena air sangat sedikit di Pulau Kiluan (saat kunjungan terakhir, tidak ada mesin pompa air, sehingga apabila membutuhkan air harus menimba sumur terlebih dahulu)
- Jungkung yang digunakan sangat kecil, lebar hanya sekitar 45 cm, dengan panjang sekitar 2.5 m, untuk yang agak takut dengan air, disarankan membawa live vest jacket sendiri.

nova_33
05-23-2012, 18:54
https://lh6.googleusercontent.com/-LpRVvgYDRbU/T7tDeXG5LYI/AAAAAAAAExc/VQPqww6keFA/s912/Dolphin%2520Bay.jpg

Selama di perjalanan
https://lh6.googleusercontent.com/-k1yQH6G5n_M/T7s0N9UDzRI/AAAAAAAAEuc/Q8kBQKWPhl4/s640/IMG_2094.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-_R_uT2uE0Os/T7s0K5AF3bI/AAAAAAAAEuQ/Zj2jtgWVt-M/s640/IMG_2097.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-kjsRwhB09Kg/T7s0NeAvtNI/AAAAAAAAEuY/XF9MgUjsS_k/s640/IMG_2098.JPG

https://lh3.googleusercontent.com/-bvjI-uYLM1c/T7s0YB7PVRI/AAAAAAAAEuo/3D7-pYM4jRw/s640/IMG_2101.JPG

nova_33
05-23-2012, 19:04
https://lh5.googleusercontent.com/-tyMqA70y5G0/T7s0dT0wuRI/AAAAAAAAEu0/6w5s9qdYmlg/s640/IMG_2102.JPG

https://lh3.googleusercontent.com/-5KtSnmcw1jk/T7s0dQyW1eI/AAAAAAAAEuw/SwUHANn_Fa4/s640/IMG_2103.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-_czlw9FtrgM/T7s0pdmXEWI/AAAAAAAAEvA/p7NiV8j3OL4/s640/IMG_2104.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-t2CtdC9s8bE/T7s02wZLoUI/AAAAAAAAEvU/MsTAKAhyPoI/s640/IMG_2105.JPG

nova_33
05-23-2012, 20:14
https://lh5.googleusercontent.com/-H-oyvAlRfUA/T7s0vwV2T7I/AAAAAAAAEvI/qd7qkVlVLE4/s640/IMG_2106.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-dQKXZErMMuI/T7s02AH6F5I/AAAAAAAAEvQ/nReCQaNxWGM/s512/IMG_2107.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-AJy3ehST8Rs/T7s1Cn5O3GI/AAAAAAAAEvo/CP2SzxXBv5Y/s512/IMG_2108.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-RsY_K8bLChw/T7s1Bvckf6I/AAAAAAAAEvg/MhJM4-LYlAc/s512/IMG_2109.JPG

nova_33
05-23-2012, 20:23
https://lh4.googleusercontent.com/-LT1-sbRQO4I/T7s1JuXywtI/AAAAAAAAEvw/d0o6bLMVjhY/s512/IMG_2110.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-hGCurC2sVxA/T7s1MMqW4NI/AAAAAAAAEv4/l42b5NNMlCE/s512/IMG_2111.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-UUcKGGxpTPU/T7s1UGQYokI/AAAAAAAAEwA/88enx2ilF9Y/s512/IMG_2112.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-_eU4Ul59l_c/T7s1dPIGCrI/AAAAAAAAEwQ/ny-a5wkUYEw/s512/IMG_2113.JPG

nova_33
05-23-2012, 20:26
https://lh6.googleusercontent.com/-3CEixZthnUs/T7s1iyNXazI/AAAAAAAAEwg/4SiKyfhzYNk/s640/IMG_2115.JPG

https://lh5.googleusercontent.com/-vqkOl4DHb_E/T7s1pZYkG-I/AAAAAAAAEwo/yWhTB2s8DGY/s640/IMG_2118.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-KpwBa5vEzao/T7s1wqo-x0I/AAAAAAAAEw4/9GkT_F750bQ/s640/IMG_2119.JPG

https://lh5.googleusercontent.com/-k8oJuOcmEoM/T7s1yqlL3kI/AAAAAAAAExA/Yyzp3pGUOnU/s512/IMG_2120.JPG

nova_33
05-23-2012, 20:33
Terakhir TS numpang narsis



https://lh4.googleusercontent.com/-IFNjZidgMZw/T7zdfe4iXnI/AAAAAAAAExw/0JI28Ais_ns/s640/IMG00007-20120513-0941.jpg

https://lh6.googleusercontent.com/-JN3H9PGDTz4/T7zdshFTb7I/AAAAAAAAEyA/CP83GW461aY/s512/IMG00047-20120513-0945.jpg

https://lh3.googleusercontent.com/-o3TPJVSZfc4/T7s1gz3wxwI/AAAAAAAAEwY/mYLRWwBALfc/s640/IMG_2116.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-cm2f0Nm49q0/T7s1tyYJfzI/AAAAAAAAEww/3d8jWqPlZP4/s640/IMG_2117.JPG

LINTAS TIMUR
05-24-2012, 13:13
Akses ksana gmn keadaan jalan nya? menurut informasi susah di tempuh dengan roda empat benarkah?? untuk homestayny emng udah dikella gitu?

nova_33
05-24-2012, 17:14
Akses ksana gmn keadaan jalan nya? menurut informasi susah di tempuh dengan roda empat benarkah?? untuk homestayny emng udah dikella gitu?

Bisa kok om tapi yah gitu deh mesti skill yang tinggi untuk kesana :D Mulai dari Padang Cermin jalannya mulai rusak.
Kemaren malah ada bus 3/4 om yang kesana.. Home stay udah ada yang cukup bagus kalo menurut ane. Tapi ya gitu deh karena gak ada listrik jadi hanya mengandalkan generator kampung sampe jam 00.00 selanjutnya generaor milik yang punya home stay.. Masih sedikit untuk penginapan. Biasanya kalo musim liburan rumah warga banyak yang disewakan.

rendrahabib
09-07-2012, 09:52
pengen mbolang kemarih :D

nova_33
09-09-2012, 18:01
pengen mbolang kemarih :D

Makanya main kesini :p

run_run
09-24-2012, 17:12
masih asli ya itu kakak??

nova_33
09-25-2012, 21:25
masih asli ya itu kakak??

Asli apanya om?

Ryan.Agusta
09-26-2012, 09:04
masih asli ya itu kakak??


Asli apanya om?

yang dimaksud mungkin masih alami

gusrah
09-26-2012, 10:47
foto homestaynya gak ada ya Om?
*ombaknya cenderung 'datar' ya Om...

nova_33
09-26-2012, 11:19
foto homestaynya gak ada ya Om?
*ombaknya cenderung 'datar' ya Om...

Rusak om file foto home staynya :(
Kalo gak salah sekitar 400rb semalam bisa untuk 8 orang.. Rumah panggung kayu gitu bentuknya, lumayan gede..
Ada kamar mandi di dalam, dan diesel untuk listrik karena disini belum masuk listrik PLN.

antume
12-20-2012, 14:01
https://lh5.googleusercontent.com/-H-oyvAlRfUA/T7s0vwV2T7I/AAAAAAAAEvI/qd7qkVlVLE4/s640/IMG_2106.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-dQKXZErMMuI/T7s02AH6F5I/AAAAAAAAEvQ/nReCQaNxWGM/s512/IMG_2107.JPG

https://lh4.googleusercontent.com/-AJy3ehST8Rs/T7s1Cn5O3GI/AAAAAAAAEvo/CP2SzxXBv5Y/s512/IMG_2108.JPG

https://lh6.googleusercontent.com/-RsY_K8bLChw/T7s1Bvckf6I/AAAAAAAAEvg/MhJM4-LYlAc/s512/IMG_2109.JPG


indah banget pantainya dan bersih

nova_33
12-20-2012, 17:09
indah banget pantainya dan bersih

Yuk om Ioio main kesini. hehe

antume
12-21-2012, 09:53
Yuk om Ioio main kesini. hehe

butuh berapa hari klo dari Jakarta biar agak santai bisa menikmati keindahan alamnya om nova??

4 atau 5 hari Pp cukup gak om hehehe...

mb2638
12-27-2012, 17:06
butuh berapa hari klo dari Jakarta biar agak santai bisa menikmati keindahan alamnya om nova??

4 atau 5 hari Pp cukup gak om hehehe...



klo bawa kendaraan sendiri 4 hari PP cukup

mb2638
12-27-2012, 17:09
http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_008_zps1ab6fa74.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_007_zps9022341e.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_005_zps15eced29.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_004_zps0e94840d.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_003_zpsa4413999.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_002_zps4b8a368d.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_001_zps2fa43503.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanBeach_006_zps01f369d7.jpg

mb2638
12-27-2012, 17:11
kalau bulan desember bisa liat sunset, karena posisi matahari disebelah selatan





http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanSunset_005_zps6f93226e.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanSunset_004_zpsb06988e2.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanSunset_001_zps62b06e61.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanSunset_003_zpsf0ff81d8.jpg


http://i1060.photobucket.com/albums/t459/mb2638/Kiluan/TelukKiluanSunset_002_zpsab92f04b.jpg

nova_33
12-27-2012, 19:21
butuh berapa hari klo dari Jakarta biar agak santai bisa menikmati keindahan alamnya om nova??

4 atau 5 hari Pp cukup gak om hehehe...

Berangkat dari Jakarta malem jam 9an, sampe sini bisa lah jam 11-12an om..
4-5 hari mah udah bisa keliling Bandar Lampung segala om..

mb2638
12-28-2012, 16:10
Berangkat dari Jakarta malem jam 9an, sampe sini bisa lah jam 11-12an om..
4-5 hari mah udah bisa keliling Bandar Lampung segala om..


berdasarkan pengalaman di bulan2 musim hujan perjalanan dari bandar lampung sampai kiluan bisa 3 jam karena kondisi jalan yang parah

nova_33
12-28-2012, 21:30
berdasarkan pengalaman di bulan2 musim hujan perjalanan dari bandar lampung sampai kiluan bisa 3 jam karena kondisi jalan yang parah

Bahkan bisa lebih om kalo musim hujan, kalo kering aja Alhamdulillah sampe 3 jam :D

imung
01-07-2013, 12:34
Kemaren liat di TV, katanya kalo agak ke tengah bisa bermain-main dengan si lumba-lumba....

nova_33
01-13-2013, 20:23
Kemaren liat di TV, katanya kalo agak ke tengah bisa bermain-main dengan si lumba-lumba....


Nilai jual utamanya yah wisata lumba2 naik jukung (perahu tradisional) om ke Samudera.

imung
01-16-2013, 19:18
Nilai jual utamanya yah wisata lumba2 naik jukung (perahu tradisional) om ke Samudera.

Setuju om, sebab nggak semua pantai/laut di tanah air "disinggahi" oleh lumba-lumba...

nova_33
01-18-2013, 17:07
Setuju om, sebab nggak semua pantai/laut di tanah air "disinggahi" oleh lumba-lumba...

Semenjak cuaca memburuk wisata lumba-lumba off sampe sekarang, menunggu cuaca membaik.. Jadi cuma wisata bahari dan trekking ke karang pegadung aja..