PDA

View Full Version : Kecelakaan Bus di Arab Saudi, membawa Calon Jemaah Haji Indonesia



bismania_purwodadi2
10-11-2011, 22:06
Madinah - Eni dan Madkan, yang duduk di belakang sopir bus, Senin (10/10) pagi itu terus terjaga. Sementara rekan-rekan sesama calon jamaah haji asal Grobogan terkantuk-kantuk menahan lelah.

Seorang ibu yang juga tertidur, terbangun saat SMS masuk ke HP-nya yang masih tersetting waktu Indonesia. SMS dari anaknya itu berdering pukul 08.37 WIB (atau 12.37 WAS). Setelah membaca SMS yang menanyakan posisinya itu, ibu itu memasukkan HP-nya ke tas. Dan brukkkkk... saat itulah musibah terjadi!

Semua jamaah langsung terkesiap, mengucap takbir dan shalawat. "Bus nabrak batu besar-besar, meloncat-loncat ke jurang, seperti (adegan di) film!" ujar Eni.

Tangannya bergerak-gerak menggambarkan peristiwa yang dialaminya itu. "Batunya banyak banget, besar-besar," imbuh Eni yang suka duduk di belakang sopir bila naik bus. Bukit berbatu memang menguasai pemandangan di Saudi.

Kecelakaan itu terjadi saat rombongan yang baru mendarat di Bandara Jeddah melaju menuju Madinah pada Senin dinihari.

Semula 9 bus pengangkut kloter 24 SOC (embarkasi Solo) itu berjalan beriringan. Bus sempat beristirahat untuk salat subuh di sebuah rest area.

Tapi bus yang dinaiki Eni dkk lepas kendali saat berada di KM 150, atau 150 km menjelang Madinah. Bus lainnya melanjutkan perjalanan, sedang rombongan Eni yang dipimpin Darmojo tertahan untuk menanti bus pengganti.

Bus yang diduga disopiri warga Mesir itu rusak berat. Bagian depan bawah ringsek. Eni menduga kecelakaan terjadi karena sopir mengantuk.

"Pak Suradi kejeblos ke bawah kursi," kata Katman yang duduk di dekat Suradi. Katman menderita luka memar di pinggangnya, sedang Suradi patah tulang pangkal paha kiri.

"Saat kejadian saya gondelan erat, tapi tangan saya tidak kuat," ujar Eko Suprapto yang juga luka memar. Dia terduduk lemas setiba di lobi hotel penginapannya.

PBHI Madinah mengirimkan 2 ambulans, sejumlah dokter dan aneka perlengkapan ke TKP, karena khawatir kecelakaan itu parah seperti yang pernah terjadi tahun 2007. Sedang dua ambulans dikirim Saudi.

Tiga jamaah yang dibawa ke RS King Fahd Madinah adalah Suradi bin Komar, Ahmad Masnuri dan Jumar bin Muhammad. Dua jamaah yang dibawa ke BPHI Madinah adalah Darbili dan Nurhamid. Sedang yang mengalami luka memar adalah Kastam, Eko Suprapto dan Warsidah, mereka tetap ikut rombongan ke pemondokan.

"Hanya keajaiban Allah saja kami semua selamat," ujar Eni bersyukur.

Kadaker Madinah, Akhmad Jauhari, prihatin atas insiden itu. Kantor Misi Haji Indonesia melalui Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji akan menyurati Kementerian Haji Saudi atas kejadian itu.

Sumber: http://www.detiknews.com/read/2011/10/11/203218/1741893/10/insiden-km-150-bus-loncat-seperti-di-film?9911012


Pakdhe dari Calon Nyonyah berada di satu iring-iringan bus kloter ini, alhamdulillah beliau selamat.
Bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi kekuatan dan ketabahan, semoga menjadi pelajaran bagi driver serta rekan-rekan bismania untuk lebih berhati-hati di jalan

enoplg
10-19-2011, 12:55
turut berduka cita aja mas broo.