PDA

View Full Version : Cara Menjadi Agen Bus



buslovers
11-24-2009, 12:36
Buat Sahabat Forbiscom aku mau tanya neh gimana sih caranya kalo mau buka Agen Bus Malam...rencana aku pengen buka agen Bus Malam di daerah Cikampek karna aku liat masih banyak PO. jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur yang belum ada Agennya di daerah Cikampek...yang ada baru Agen Pahala, Karina Lorena, Kramat Djati, Rosalia indah, Malino Putra...padahal banyak pendatang dari jawa yang bekerja di daerah Purwakarta dan sekitarnya... Terimaksih Sebelumnya... :genit2:

bablaz_aza
11-24-2009, 13:55
Wah keren mas.... mencari nafkah tp hobby bisa tersalurkan biar tiap hr ada bis yg mampir...:smiley_beer:

FERDHINO
11-24-2009, 14:31
Lebih baiknya thread ini di-post di sub Jasa / Service.

buslovers
11-24-2009, 20:30
ok maaf kalo salah kamar...mohon dipindahkan saja..

rayhanputra
11-24-2009, 20:32
Buat Sahabat Forbiscom aku mau tanya neh gimana sih caranya kalo mau buka Agen Bus Malam...rencana aku pengen buka agen Bus Malam di daerah Cikampek karna aku liat masih banyak PO. jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur yang belum ada Agennya di daerah Cikampek...yang ada baru Agen Pahala, Karina Lorena, Kramat Djati, Rosalia indah, Malino Putra...padahal banyak pendatang dari jawa yang bekerja di daerah Purwakarta dan sekitarnya... Terimaksih Sebelumnya... :genit2:

hub po tersebut aja mas..tar kan dikasih ketentuan2...sip2! bisa foto bis trus2an tuh...hehehe

UDINES-BENZ
11-25-2009, 06:55
Om SANholic mungkin bisa bebagi ilmu nih...

ToMs
11-25-2009, 09:47
sama neh kepikiran pgn buka agen di kalimalang, tp apaa yaaa?? hehee...

teknisnya msh ga ngerti jg gmn pemasukannya dan drmana aja ya??

buslovers
12-01-2009, 18:56
aku naikin lagi tread ini...ayo mohon bantuannya...

triez23
12-01-2009, 20:27
Setuju ma bro buslover...aku jg pengen nanya nih..coz kerja dah ga karuan jd pgn wira usaha trus bs jg nyalurin hoby..

Bouzel
12-01-2009, 20:27
klo ga salah mas Buslovers.., mas hanya tinggal menentukan tempat dan memfoto lokasinya dan di kirim ke PO yg bersangkutan dr sana nanti akan disurvey klo layak br nanti di ACC dan diberi surat izin untuk buka agen.., (klo ga salah jg nanti itu setiap setahun sekali harus memperpanjang suratnya kembali), karena saya pernah ditawari untuk buka agen SSM dan kebetulan sepupu dari kakek saya buka agen GMS dan saya sempat bertanya-tanya sedikit.. mengenai itu.., , untuk selebihnya mungkin dr rekan" bs menambahan.., sekian..


only bus bothing else
----------
Bouzel
081805814842
Tangerang

Mbelgedes-Benz
12-02-2009, 01:30
#
# adion 18 Jan 2008 at 1:42 am

bagaimana cara untuk menjadi agen bus po harapan jaya

Dengan mengirimkan Daftar Riwayat Hidup, FC ijazah terakhir, SKKB asli, Foto 4×6 (4lbr), FC KTP, FC KK, Pengalaman, Surat Keterangan Sehat dari Dokter, proposal tempat dan denah yang akan dijadikan agen. Kemudian dikirimkan ke Manajer Bus Malam dan Pariwisata di kantor pusat PO.Harapan Jaya.
Apabila, Bapak memenuhi syarat, baru akan kami hubungi. Jangan lupa menuliskan nomor telepon yang dapat dihubungi sewaktu-waktu. Terima kasih.

sumber dari www.poharapanjaya.com

buslovers
12-02-2009, 11:24
ok...thanks atas semua infonya...aku akan persiapkan segala sesuatunya...aku pengen buka agen yang rute jurusannya banyak (jateng,jatim,denpasar) kira2 apa ya...selain PK,RI,Lorena - Karina,KD...mungkin Safari Dharma Raya ok juga ya...

Bouzel
01-12-2010, 14:36
Bs jg mas Buslovers buka OBL kn hampir mencangkup Jateng, jatim, bali, mataram, bs jg "Haryanto" untuk wil madura atau LP

winarnoputra
01-13-2010, 15:04
dukungan penuh, semoga sukses

buslovers
01-13-2010, 18:44
haryanto udah mau dibuka untuk wilayah cikampek...tinggal tunggu survey...tapi bukan ama ane hehe...OBL pengen banget tapi blm ada jawaban

najech
01-13-2010, 21:22
haryanto udah mau dibuka untuk wilayah cikampek...tinggal tunggu survey...tapi bukan ama ane hehe...OBL pengen banget tapi blm ada jawaban

Sayang ya om untk PO haryanto udah keduluan
Tp best lah buat om buslovers yg punya terobosan gitu.......

Sayang jg ditempatku udah banyak agen2 bus malam,
Sekalian buka agen pake ada restorannya ......
Dijamin TOP - BGT :thumbsup: :thumbsup: :thumbsup: :thumbsup:

Bouzel
01-14-2010, 21:51
haryanto udah mau dibuka untuk wilayah cikampek...tinggal tunggu survey...tapi bukan ama ane hehe...OBL pengen banget tapi blm ada jawaban


Coba dicontact lg Om... bt memastikan perkembangannya

semangat Om dan Sukses dengan Agennya..

-----
FB: Budi bandrek
081805814842

Mbelgedes-Benz
01-15-2010, 05:07
ok...thanks atas semua infonya...aku akan persiapkan segala sesuatunya...aku pengen buka agen yang rute jurusannya banyak (jateng,jatim,denpasar) kira2 apa ya...selain PK,RI,Lorena - Karina,KD...mungkin Safari Dharma Raya ok juga ya...

Semuanya di tampung juga makin sip om,kalau nanti sudah terlaksana,ada discount khusus buat member forbiskom ya om.:D

Bouzel
01-16-2010, 04:03
idem om Benz..:D itung2 penglaris...:peace: :kabur: kabuurrrr......

---------
FB: Budi bandrek
081805814842
Tangerang

Geoffeine
01-18-2010, 11:36
Kalo saya pernah denger katanya untuk jadi agen Bus, selain ngurus persyaratan ke PO bersangkutan juga mesti berurusan ama kepolisian setempat & keamanan (preman) juga. Bener gak y kaya gitu...???

EvoLight
01-18-2010, 11:48
Q om BUsLover.. om aq dapet tawaran buka agen Yudha Expres di daerah dawuan, tapi aq lom dapet tempatnya.. barang kali situ ada lokasi yg uenak. kita bikin az.. tiket n spanduk dah siap...

buslovers
01-18-2010, 11:56
Q om BUsLover.. om aq dapet tawaran buka agen Yudha Expres di daerah dawuan, tapi aq lom dapet tempatnya.. barang kali situ ada lokasi yg uenak. kita bikin az.. tiket n spanduk dah siap...

yudha ekspres trayeknya dikit om...kalo bisa ambil yang trayek banyak...karna keuntungan agen hanya 10 %...hehe

sumaryanto
01-19-2010, 21:17
ayo om agus saya dukung dari sini meskipun hanya dengan doa... hehehehe...:D :D :D
bener-bener ide cemerlang kalo buka agen tiap hari bisa update bis tuh.... jd pengen, tapi dimana ya....

Blegendong
01-19-2010, 21:38
Mo ikut jg ni om..aq jg dah ngajuin tp lom ad tanggapan nih dr po bersangkutan

Bouzel
01-20-2010, 21:57
Q om BUsLover.. om aq dapet tawaran buka agen Yudha Expres di daerah dawuan, tapi aq lom dapet tempatnya.. barang kali situ ada lokasi yg uenak. kita bikin az.. tiket n spanduk dah siap...


Om Evo di Dawuan nya cikampek ya?? buka dekat pas lampu merah za / dekat plaza (sesudah agen malino putra)kn rame tuh bt buka expedisi jg bisa sekalian dekat dengan karyawan pabrik.., cuma kasih usul za om.., :peace::peace:

heroex
02-14-2010, 00:26
pengen juga sich sebenarya buat ikut,tapi apa mkin bisa y?coz tempatq jarak-a sekitar 200meter dari jalur bis,cuma skr aq udah buka untuk reservasi-a tiket pesawat online,maunya kan ntar bisa di jadikan tawaran alternatif ke penumpang kalo pas tiket pesawat lagi tinggi,tapi gmn cara-a y?!tmn2 mkin ada yg bisa bantu?oh iya lokasiku di kediri jatim

Speed of Solo
02-14-2010, 01:41
good ide om buslovers,,,perjuangkan om,,heheheee

oky_bismania
03-12-2010, 14:04
arteri sukarno hatta semarang bisa ga ya?
kayaknya emarang timur masi sepi ya?

Ryan.Agusta
03-12-2010, 14:31
arteri sukarno hatta semarang bisa ga ya?
kayaknya emarang timur masi sepi ya?

Kayaknya gak dilewatin sm bis malem om.

oky_bismania
03-12-2010, 15:37
ou...berarti yg pada lewat sini kalo jam2 6 ampe jam2 7an tuh coma menghindari kaligawe aja ya bro?sering liat nu3tara n pk.....keluar dari bangetayu soalnya...tq infonya gan..

bayu288
03-12-2010, 19:18
arteri sukarno hatta semarang bisa ga ya?
kayaknya emarang timur masi sepi ya?
================================================== ==============

Kalo boleh usul,Lebih enak buka di sekitar jalan kaligawe om...biar penumpang di wil.semarang timur gak perlu jauh2 ke krapyak/kalibanteng/dr.cipto....

saya liat di sepanjang jalan kaligawe mulai per3an pasar genuk sampe per3an terboyo blum ada agen bus(kecuali A.L.S)

nova_33
03-13-2010, 18:44
Pengen rasanya punya agen bis..

Sujana Nana
03-16-2010, 01:24
Berapa kira2 modal untuk buka agen bis malam?

HARIYANTO217
04-06-2010, 21:41
- umumnya kalo menjadi agen bus itu, mesti ada target minimal setoran dari tiket yg dijual ke PO ngak ya per hari atau per bulanya?

HARIYANTO217
04-06-2010, 22:03
umumnya kalo menjadi agen bus itu, mesti ada target minimal setoran dari tiket yg dijual ke PO ngak ya per hari atau per bulanya?

kalo ada yg tau tolong kasi info ya....
0815 961 9835

iskandar
04-06-2010, 22:27
Buat Sahabat Forbiscom aku mau tanya neh gimana sih caranya kalo mau buka Agen Bus Malam...rencana aku pengen buka agen Bus Malam di daerah Cikampek karna aku liat masih banyak PO. jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur yang belum ada Agennya di daerah Cikampek...yang ada baru Agen Pahala, Karina Lorena, Kramat Djati, Rosalia indah, Malino Putra...padahal banyak pendatang dari jawa yang bekerja di daerah Purwakarta dan sekitarnya... Terimaksih Sebelumnya... :genit2:

Tanggal 12 April 2010 akan di buka agen PO Harapan Jaya

Dibuka Perwakilan Cikampek
CV. PO. Harapan Jaya
Alamat :
Jl. Raya Pangulah No.35 Kota Baru-Cikampek
(Pertigaan Cikampek Ke Timur 200m – Arah Cirebon)
Nomor Telepon : (0264) 6274811, 6274822
Mulai : 12 April 2010
EXECUTIVE (Scania, Volvo, Mercedes Benz)
VIP (Mercedes Benz/Hino air suspension)
PATAS (Mercedes Benz)

CMIIW

Info by website PO Harapan Jaya

mars
04-07-2010, 10:04
hem caranya gampang kok kalo mau jd agen tinggal kita buat proposal keperusahaan,setelah itu nanti ada perwakilan dari perusahaan untuk survay tempat agen baru tersebut,jika memang layak dan prospeknya bagus nantinya perusahaan akan menerbitkan SURAT KEPUTUSAN PENUNJUKAN AGEN,begitu kira2 yang saya tau. :D :D

hendry
05-11-2010, 13:02
mohon infonya mas2 sekalian u/ menjadi agen bis jeparaan...krn InsyaAllah di Jatiasih kios agen bis malam baru mau dibuka dan baru meliputi area Jawa Tengah

EKO W
05-11-2010, 21:49
saya dengar dari perwakilan Putra Remaja di yogya, klo mau jadi agen nya harus membuat proposal, dan kita di wajibkan untuk mendapat penumpang per hari satu arah nya minimal 20 orang, brarti P/P 40 orang. Artinya dari arah Jakarta ke Yogya harus dpt 20 penumpang perhari dan yang dari Yogya ke Jakarta juga harus 20 penumpang perhari.
Klo menurut saya sistem seperti itu brarti kita harus punya beberapa anak agen, yang satu arah dengan perjalanan bus, contoh nya: P. Gadung - Kranji -Bekasi Barat - Bekasi Timur dst....

Ada yang berminat ?? kita joint yuks....
ntar kita buat konsep marketing yang jelas, biar tempat kita terkenal, dan dapat memenuhi target penumpang perhari.



wicaksono.wicaksono@yahoo.co.id

mars
05-13-2010, 16:10
gw dah buka agen gag perlu target tu,,,,,,,

gw dah buka agen TDI GROUP di 2 t4

kartasura&tawangsari

rencana mau buka di sukoharjo tp lom da t4,klo da ksh tau aq,

agen LAJU PRIMA lom da dsna

thanks

Nugraha Eka
05-23-2010, 15:08
Coba hubungi owner PO yg mau diageni dan yakinkan dengan target

iskandar
05-23-2010, 15:19
saya dengar dari perwakilan Putra Remaja di yogya, klo mau jadi agen nya harus membuat proposal, dan kita di wajibkan untuk mendapat penumpang per hari satu arah nya minimal 20 orang, brarti P/P 40 orang. Artinya dari arah Jakarta ke Yogya harus dpt 20 penumpang perhari dan yang dari Yogya ke Jakarta juga harus 20 penumpang perhari.
Klo menurut saya sistem seperti itu brarti kita harus punya beberapa anak agen, yang satu arah dengan perjalanan bus, contoh nya: P. Gadung - Kranji -Bekasi Barat - Bekasi Timur dst....

Ada yang berminat ?? kita joint yuks....
ntar kita buat konsep marketing yang jelas, biar tempat kita terkenal, dan dapat memenuhi target penumpang perhari.



wicaksono.wicaksono@yahoo.co.id

boleh juga tuh, ada tempat/lokasi gak ya. bekasi timur blm ada agen Muji Jaya, Kramat Djati, Bejeu.

iskandar
05-23-2010, 15:20
gw dah buka agen gag perlu target tu,,,,,,,

gw dah buka agen TDI GROUP di 2 t4

kartasura&tawangsari

rencana mau buka di sukoharjo tp lom da t4,klo da ksh tau aq,

agen LAJU PRIMA lom da dsna

thanks

ajarin aku dong

dion
05-25-2010, 17:25
ajarin aku dong

dateng ja ke terminal kartasura
nanti bisa ngobrol2 dlu
klo dteng sore ja jm5-6

bozhox
07-07-2010, 13:38
wah ane jadi kepikiran buka agen nih, kayaknya di pom bensin tunjungan menarik nih di buka agen, soalnya kalau harus ke Sragen cukup jauh, selain itu semua bis yang dari yang ke area jawa timur pasti lewat.

UDINES-BENZ
07-14-2010, 20:05
Pengen juga buka usaha agen bis malam dan pariwisata..
Berapa modalnya ya..? Komisi per tiketnya berapa? apakah semua PO sama?

sanholic
07-14-2010, 21:13
Buat Sahabat Forbiscom aku mau tanya neh gimana sih caranya kalo mau buka Agen Bus Malam...rencana aku pengen buka agen Bus Malam di daerah Cikampek karna aku liat masih banyak PO. jurusan Jawa Tengah, Jawa Timur yang belum ada Agennya di daerah Cikampek...yang ada baru Agen Pahala, Karina Lorena, Kramat Djati, Rosalia indah, Malino Putra...padahal banyak pendatang dari jawa yang bekerja di daerah Purwakarta dan sekitarnya... Terimaksih Sebelumnya... :genit2:

Buat proposal / lamaran kepada PO yg om kehendaki,.sertakan Foto copy identitas,.Foto Lokasi agen yg rencananya akan dipakai,serta Foto copy perizinan dari pihak terkait,.setelah itu biasanya ada panggilan dari pihak PO disana akan diterangkan bagaimana sistem kerja PO tersebut karena lain PO lain sitem kerja maupun bagi hasil (komisinya)
saran saya klau belum berpengalaman dalam Bidang ini lebih baik ikut kerja dulu kepada agen /perwakilan yg sudah ada,.karena pihak PO lebih tertarik untuk menerima Agen yg tentunya sudah berpengalaman

Pengen juga buka usaha agen bis malam dan pariwisata..
Berapa modalnya ya..? Komisi per tiketnya berapa? apakah semua PO sama?

masalah Biaya itu tergantung om

om mau pakai tempat yg seperti apa,.kalau misalnya menggunakan RUKO tentunya biaya nya sedikit lebih besar jika dibanding om cuma menggunakan Kios,.masalah Komisi setiap PO meberlakukan ketentuan yg berbeda

Bocah_Bus(BB)
07-15-2010, 10:13
jadi iku tertarik nih...tp daerah jember sepi kykny...

sanholic
07-15-2010, 13:10
jadi iku tertarik nih...tp daerah jember sepi kykny...

daerah jember Ramai tuh om penumpang sumatera nya

UDINES-BENZ
07-15-2010, 13:28
Buat proposal / lamaran kepada PO yg om kehendaki,.sertakan Foto copy identitas,.Foto Lokasi agen yg rencananya akan dipakai,serta Foto copy perizinan dari pihak terkait,.setelah itu biasanya ada panggilan dari pihak PO disana akan diterangkan bagaimana sistem kerja PO tersebut karena lain PO lain sitem kerja maupun bagi hasil (komisinya)
saran saya klau belum berpengalaman dalam Bidang ini lebih baik ikut kerja dulu kepada agen /perwakilan yg sudah ada,.karena pihak PO lebih tertarik untuk menerima Agen yg tentunya sudah berpengalaman


masalah Biaya itu tergantung om

om mau pakai tempat yg seperti apa,.kalau misalnya menggunakan RUKO tentunya biaya nya sedikit lebih besar jika dibanding om cuma menggunakan Kios,.masalah Komisi setiap PO meberlakukan ketentuan yg berbeda

Ada syarat2 tertentu gak om.? misalnya harus mempunyai ruangan untuk loket penjualan dan ruangan tunggu dengan ukuran tertentu.? ada target penumpang per hari.? kira2 dikisaran berapa persen komisi untuk tiap PO. (serius buka agen nih gue dgn bimbingan om sanholic..heehehe.)

dan_s
08-28-2010, 14:43
jadi mau ikut juganih... soalnya di tempatku agak jauh kalo mau ke terminal. Di Harapan Indah (Bekasi) blum ada agen bis nih. yg ada baru Primajasa yg ke bandung sama Damri yg ke Bandara SoeTa.

kondektur
04-25-2011, 12:37
kalo mo buka agen di terminal tuh gimana??

alam
04-25-2011, 15:06
kalo mo buka agen di terminal tuh gimana??

Sekedar sharing info dari diskusi dengan pa'lek yang punya 2 agen di terminal Magetan.
- harus punya kios didalam terminal, kios bisa ngontrak atau dibeli, kl ga ada kios kosong bisa coba tanya2 mungkin aja ada kios yang mau dijual / dikontrakkan.
- Kalo terminal itu merupakan tujuan akhir dari bus yang ingin kita agenkan (bukan terminal yang dilewati bus tersebut), ada biaya tersendiri untuk menarik bus tersebut masuk ke dalam terminal&harus ada izin dari kepala terminal...total2 bisa abis jutaan rupiah :smile:

- kalo beruntung kadang ada yang mau over agen+kiosnya :smile:, tapi kadang biayanya yang ga nahan

Semoga bermanfaat... mungkin ada rekan bismania lain yang lebih paham bisa sharing...

teguhbr77
04-25-2011, 15:45
secara umum saja nih ya ...
PERTAMA, pasti butuh lokasi/tempat
seberapa kebutuhannya bisa melihat yang sudah ada
KEDUA, mesti kontak langsung ke PO yang akan di-agen-i
tiap PO pasti punya syarat dan aturan tersendiri
ada yang melarang satu agen merangkap untuk banyak PO
tapi ada juga yang membolehkan

maaf, bukan pengalaman nih
hanya pengamatan dan pendapat pribadi saja