PDA

View Full Version : [ Sharing ] Pengalaman Pramuka



ndoro_kakung
08-14-2010, 06:35
Salam Pramuka

Thread ini di buat dalam rangka memperingati hari pramuka yag bertepatan dengan tanggal 14 Agustus

Rekan rekan bismania pastinya pernah dong mengikuti pramuka atau pernah berhubungan dengan orang orang yg berseragam pramuka. Entah itu di bantu ketika mudik, bertemu di jalan atau malah ikut kemah bareng dengan mereka. Dan pastinya banyak pengalaman juga tentang pramuka yg berkesan di hati rekan rekan.

lha di sinilah kita bisa sharing tentang pengalaman dalam dunia per-pramukaan..

monggo di share..

ndoro_kakung
08-14-2010, 06:48
di mulai dari saya

pada tahun 2004 akhir saya mengikuti kemah yg diadakan sekolah saya. pada waktu itu sebagai DA (dewan ambalan) saya dan teman bertugas menyiapkan tempat lokasi kemah. mulai dari membuat petak lokasi tiap tenda sampai membagi tepat pemasangan tenda bagi peserta kemah.

akhirnya pembagian berjalan sukses. karena kecapean kami pun istirahat dengan menggelar tikar di samping tenda panitia (DA) sekaligus tempat itu nantinya sebagai sekretariat.

saking capeknya saya pun merebahkan diri di tikar itu.namun ada yg gak beres di tikar yg saya pakai tepatnya di sekitar posisi kepala saya.. ada yg ngganjel gitu lah.. selidik punya selidik ternyata ada sebuah bendo (seperti pisau golok untuk memotong kayu) milik salah seorang panitia yg sempet di cari2 dan kagak ketemu2..bendo tersebut terselip di bawah tikar.. setelah kejadian itu saya jadi tidak bisa tidur gara2 keinget bendo yg hampir nancep di kepala..

sory kalo belepotan bahasanya..hehehehe..

monggo yg lain di share..

Bocah_Bus(BB)
08-14-2010, 08:36
Kalo pengalaman pramuka yang paling mengesankan adalah pas jambore nasional 2006 di Bumi Perkemahan Kiarapayung di daerah gunang Manglayang di Sumedang. Kegiatan itu dibuka langsung Bpk Presiden SBY...banya sekali kegiatan yang mengesankan..apalagi pas kegiatan selalu naik bis yang dikawal vorijder, karena tiap satu rombongan berjumlah kira2 22an bus...
itu belum rombongan yang berangkat ke kegiatan lain..pas pagi mw kegiatan pasti liatin bis yang pada masuk ke buper, dan masuknya lewat atas, jadi kyk bis turun gunung...ada ratusan bis tiap pagi...seneng banget...
kalo g salah Vincent Kambing Juga ikut....

ndoro_kakung
08-14-2010, 08:48
Kalo pengalaman pramuka yang paling mengesankan adalah pas jambore nasional 2006 di Bumi Perkemahan Kiarapayung di daerah gunang Manglayang di Sumedang. Kegiatan itu dibuka langsung Bpk Presiden SBY...banya sekali kegiatan yang mengesankan..apalagi pas kegiatan selalu naik bis yang dikawal vorijder, karena tiap satu rombongan berjumlah kira2 22an bus...
itu belum rombongan yang berangkat ke kegiatan lain..pas pagi mw kegiatan pasti liatin bis yang pada masuk ke buper, dan masuknya lewat atas, jadi kyk bis turun gunung...ada ratusan bis tiap pagi...seneng banget...
kalo g salah Vincent Kambing Juga ikut....

asik banget..
pengen ikut raimuna ndelalahe pas di kalimantan g jd ikut dah gara2ne daerahq g ngirim pas itu..hehehe jauh sih..

Bocah_Bus(BB)
08-14-2010, 09:02
asik banget..
pengen ikut raimuna ndelalahe pas di kalimantan g jd ikut dah gara2ne daerahq g ngirim pas itu..hehehe jauh sih..
taon depan jamnas di sumsel...
raimuna depan di papua..asik tuh

ndoro_kakung
08-14-2010, 09:46
taon depan jamnas di sumsel...
raimuna depan di papua..asik tuh

sayange ane uda g ikut pramuka.. hehehehe

pendrex
08-14-2010, 10:05
kalo saia sih gak begitu suka ama kegiatan pramuka ... hihihihi ... selalu aja ada alasan untuk bolos ...

sewaktu SMA ada kegiatan persami di sekolah, setelah putar otak tapi gak nemu2 juga alasan untuk bolos, terpaksa ikut ...
dasar emang kumpulan sekelas bandel2, gak kebagian tempat(kelas) buat tidur ... jadi ya seadanya numpang kelas lain untuk tidur ...
apesnya lagi, kelas yg ditumpangi itu ada yang usil, dia menalikan tali sepatu milik temannya.... lalu tau sendirikan ulah dari senior2, tengah malam sekitar jam duabelas peluit ditiup kencang untuk berkumpul di lapangan, kami bergegas berpakaian, saat itu saia sudah siap akan apa yang terjadi, sehingga tidak lepas pakaian, cuma tidur2 ayam ... setelah berjalan 10 meter, kami tiba2 dipanggil sama senior ..."whoi, kalian tadi ikut tidur di kelas 2-1 ya!!??" serentak kami noleh dan mengangguk ... "sini kalian....!!" kami bingung, disuruh baris di parkiran, padahal yang lain ke lapangan upacara ... ternyata, anak yang tadi tali sepatunya dikerjain ama temennya sempet jatoh karena terjerat ... sialan kita2 yang numpang jadi tumbal, karena gak ada yang merasa melakukan jadi gak ada yang ngaku ... terpaksa kita terima hukuman ... mulai saat itu juga, gak pernah ikut yg namanya pramuka lagi dengan alasan apapun ...

kali ini sewaktu SMP, persami dilakukan di bumi perkemahan karang geneng gunung pati ... biasa, tengah malam dikumpulkan, untuk touring, bukan naik bis, tapi jalan kaki ... pada sudah tau lah, pasti ada yang gak beres, entah itu dikerjain pocong kek ato apalah, jadi kita2 sudah siap ....
semua berjalan beriringan satu per satu, giliran melewati tempat yang gelap, kita bersiap2 clingak clinguk, temen ada yang ambil batu untuk siap2 lempar pocong jadi2an, ternyata gak ada ... nah karena konsentrasi ada di semak2 di kegelapan, jadi gak merhatiin jalan, temen didepan hampir saja jatoh ... "wadhuuuh ... " teriaknya ... "kenapa ?" saia tanya, setelah tau apa yang terjadi serentak temen2 ngakak semua ... ternyata dia menginjak ta*i kebo yang berukuran sangat besar ... untung aja gak sampe jatoh ... coba kalo jatoh bisa ribet deh acara ...

sekian sedikit dari saia ...
terimakasih ...

salam pramuka ....

jaxs
08-14-2010, 10:09
kalo ane jamn pramuka SD sempat berkelahi bentar ama temen gr2 salah paham,,,

trus jaman SMA mau jadi bantara eh kecelakaan motor ampe kepala kena gegar otak ringan,,,gagal jadi bantara dech,,pdhl pramuka skul ku paling TOP di kotaku...

Bocah_Bus(BB)
08-14-2010, 11:15
kalo ane jamn pramuka SD sempat berkelahi bentar ama temen gr2 salah paham,,,

trus jaman SMA mau jadi bantara eh kecelakaan motor ampe kepala kena gegar otak ringan,,,gagal jadi bantara dech,,pdhl pramuka skul ku paling TOP di kotaku...
hehe pas q ngambil Laksana mpe guling2 dilaut om...naik prahu karet trus prahunya dibalik di tengah...suruh renang ke pinggir..mantap tuh

ndoro_kakung
08-16-2010, 08:03
hehe pas q ngambil Laksana mpe guling2 dilaut om...naik prahu karet trus prahunya dibalik di tengah...suruh renang ke pinggir..mantap tuh

karoseri neeh.. nama momod solo juga neeh..


di salatiga uda lama g ada yg ambil laksana tuh.. g tau knapa..

Bocah_Bus(BB)
08-16-2010, 09:12
karoseri neeh.. nama momod solo juga neeh..


di salatiga uda lama g ada yg ambil laksana tuh.. g tau knapa..
wkwkwk trnyata ada hubungannya juga y Pramuka sama Bis...hee

jaxs
08-16-2010, 09:31
hehe pas q ngambil Laksana mpe guling2 dilaut om...naik prahu karet trus prahunya dibalik di tengah...suruh renang ke pinggir..mantap tuh

ditempatku justru yg paling susah jadi bantara kalo laksana mah cm ngucap janji pramuka...

Bocah Talun
08-16-2010, 12:58
Pernah ikut Jambore Desa waktu SD d Buperta Cibubur selama 3 hari 2 malam....

Yang ga bisa d lupakan adalah dari 10 anggota termasuk saya, semua anak2 koplak abiez.... D kasih pertanyaan dari Juri lewat kertas, jawaban dari ketua saya cuma bilang "Alluhualam"... Tapi akhir'na bisa dapat juara harapan 1.... xixixixi

Bocah_Bus(BB)
08-16-2010, 14:42
Pernah ikut Jambore Desa waktu SD d Buperta Cibubur selama 3 hari 2 malam....

Yang ga bisa d lupakan adalah dari 10 anggota termasuk saya, semua anak2 koplak abiez.... D kasih pertanyaan dari Juri lewat kertas, jawaban dari ketua saya cuma bilang "Alluhualam"... Tapi akhir'na bisa dapat juara harapan 1.... xixixixi
wih keren ada jambore desa...


__________________________________________________ _________________________________
Alvin AJ
087857667027

fattrucker.ryan
08-16-2010, 16:26
wahahahahaha, pengalaman pramuka yah kung??bukan pramuka yang suka nilang orang tow???hehehehehe.

pengalaman ane sebagai seorang PRAMUKA yang paling membanggakan adalah..........ketika SD saya mememnangkan pesta siaga tingkat propinsi, waktu itu di magelang. saya berjuang sangat keras sekali waktu itu (halah bahasane dadi sd banget). ane kebgaian ketrampilan sandi morse, navigasi (padahal cuma baca peta), sama pengetahuan umum, setelah perjuangan yang sangat keras dan mendebarkan, akhirnya team kami memenangkan pesta siaga itu dan akhirnya saya dibelikan mainan bis kecil yang sangat saya idam idamkan.

terus waktu smp, dulu ane jadi benci setengah mati sama pramuka. soalnya DA nya galak galak kaya macan, pernah dulu mbabit (bahasa indonesianya apa?_) salah seorang DA di luar kegiatan pramuka dan alhasil tuh da yang galaknya kayak mesin napier, nangis kaya anak tk, wkwkwkwkw, ternyata bukan cuma ane yang ngincer tapi anak satu kelas ngincer tuh DA. akhirnya tuwj DA ga pernah ikut kegiatan pramuka. dan karena pembimbing pramuka tau maka satu kelas yang dipimpin tuwh DA. disuruh push up di depan lapangan bendera di tengah panas terik. tapi tetep sambil ketawa ketawa.

SMA ane ga pernah masuk pramuka sampe nilai pramuka di raport C. tapi kalo ada acara persami pasti nimbrung tanpa seragam. hehehehe, godain adek kelas nyang caem caem, apa lagi waktu api unggun.....huhuhuhuhu.......co cweet.......wakakakakakaka

kuliah paling benci sama pramuka yang suka nilangin orang n belagu setengah mati. n juga temenya TS waktu sma. Tetanggan lagi


sekian pengalaman dari saya mengenai pramuka
terimakasih

ndoro_kakung
08-17-2010, 13:37
wahahahahaha, pengalaman pramuka yah kung??bukan pramuka yang suka nilang orang tow???hehehehehe.

pengalaman ane sebagai seorang PRAMUKA yang paling membanggakan adalah..........ketika SD saya mememnangkan pesta siaga tingkat propinsi, waktu itu di magelang. saya berjuang sangat keras sekali waktu itu (halah bahasane dadi sd banget). ane kebgaian ketrampilan sandi morse, navigasi (padahal cuma baca peta), sama pengetahuan umum, setelah perjuangan yang sangat keras dan mendebarkan, akhirnya team kami memenangkan pesta siaga itu dan akhirnya saya dibelikan mainan bis kecil yang sangat saya idam idamkan.

terus waktu smp, dulu ane jadi benci setengah mati sama pramuka. soalnya DA nya galak galak kaya macan, pernah dulu mbabit (bahasa indonesianya apa?_) salah seorang DA di luar kegiatan pramuka dan alhasil tuh da yang galaknya kayak mesin napier, nangis kaya anak tk, wkwkwkwkw, ternyata bukan cuma ane yang ngincer tapi anak satu kelas ngincer tuh DA. akhirnya tuwj DA ga pernah ikut kegiatan pramuka. dan karena pembimbing pramuka tau maka satu kelas yang dipimpin tuwh DA. disuruh push up di depan lapangan bendera di tengah panas terik. tapi tetep sambil ketawa ketawa.

SMA ane ga pernah masuk pramuka sampe nilai pramuka di raport C. tapi kalo ada acara persami pasti nimbrung tanpa seragam. hehehehe, godain adek kelas nyang caem caem, apa lagi waktu api unggun.....huhuhuhuhu.......co cweet.......wakakakakakaka

kuliah paling benci sama pramuka yang suka nilangin orang n belagu setengah mati. n juga temenya TS waktu sma. Tetanggan lagi


sekian pengalaman dari saya mengenai pramuka
terimakasih

wekekeke mange dy pramuka??
kagak og..

melempar( bisa pake batu or apalah yg penting melempar ke sebuah objek)

didot3
08-17-2010, 16:14
Pengalaman paling asik waktu bisa ngegebet cewek dari sekolah saingan (Waktu ada lomba penggalang jaman SMP) ... :D

Azarine
08-18-2010, 01:27
Pramuka?Hah....malah bikin orang jadi gila,stress, ngamuk2.Taufik pasti tau tuh, ulah2 seniornya gimana.Fik, SMU watungorok pramukane masih galak ga?Dulu tiap jumat eskul pramuka, kalo kegiatannya sih ga jadi soal.Lha pas hukuman push up, dibentak2 di tengah lapangan, itu yg bikin orang jadi males.Bantara? dulu di bujuk jadi Bantara, soalnya suaraku paling kenceng, serem lagi tampangnya, tapi ya MALES.Smpe2 pernah rasan2 ma Pramuka.Beda prsamuka SD ato SMP soalnya dilatih bergembira dan mandiri.Pramuka SMA di latih Militer, emange tentara opo?

fattrucker.ryan
08-18-2010, 13:40
wekekeke mange dy pramuka??
kagak og..

melempar( bisa pake batu or apalah yg penting melempar ke sebuah objek)


PRAMUKA tow ya......orang seragamnya juga coklat make baret barang kok

ndoro_kakung
08-18-2010, 23:53
PRAMUKA tow ya......orang seragamnya juga coklat make baret barang kok

polisi tuhh.. bukan pramuka..

fattrucker.ryan
08-19-2010, 00:42
polisi tuhh.. bukan pramuka..

owalah polisi tah??? lha cashinge kaya pramuka siaga gitu je, mbok kung sebagai Dewan Ambalan tuwh anak buahnya dibilangin...............xixixixixixixixixi

BTT ah

krisna_ndog
08-19-2010, 11:32
klu trakhir q dapet gelar penegak laksana, udah mentok...SMA kelas 3 dulu, pengalaman yg g pernah lupa dlu sering klu sabtu g ada pramuka, bikin acara rapling sendiri, yg jadi sasaran jembatan soekarno-hatta malang, tali digelar sampai dasar jembatan, trus mulai menurunkan diri, setelah sampai bawah, naek lagi. Awalnya merinding, lha wong belum sempet kawinx, hahahaha, oiy, sempet juga trun kepala dibawah, nyampe dibawah, kepala pening banget, hahaha

ndoro_kakung
08-19-2010, 11:49
klu trakhir q dapet gelar penegak laksana, udah mentok...SMA kelas 3 dulu, pengalaman yg g pernah lupa dlu sering klu sabtu g ada pramuka, bikin acara rapling sendiri, yg jadi sasaran jembatan soekarno-hatta malang, tali digelar sampai dasar jembatan, trus mulai menurunkan diri, setelah sampai bawah, naek lagi. Awalnya merinding, lha wong belum sempet kawinx, hahahaha, oiy, sempet juga trun kepala dibawah, nyampe dibawah, kepala pening banget, hahaha

ascending discending kah??
ane pernah nyob yg ginian waktu pramuka.. tapi tanganq malah lecet semua gara2 g pake sarung tangan..

fattrucker.ryan
08-19-2010, 19:40
ascending discending kah??
ane pernah nyob yg ginian waktu pramuka.. tapi tanganq malah lecet semua gara2 g pake sarung tangan..

bisa dipastikan kalo sampe lecet salah trik nih, n saking tegangnya nih, jadi rope dipegang kenceng banget. xixixixixixixi, buat ngerem tuwh paling tepat pake tangan kiri/bawah, digenggam dikit aja udah berhenti kok.

wah kalo acara rappling gini dulu di sekolah ane SMAN 1 Wonosobo jadi maenanya anak mapala, pramuka ga pernah dapet ijin maenan ginian, karena dianggap terlalu beresiko buat yang pemula, pengalaman rapling tertinggi 17 meter lebih fast down dengan posisi kepala dibawah juga pernah. hehehehehehe.

pernah nyawa mo melanyang 2x.
1. turun air terjun dengan tekhnik rapling, daerah situ terkenal angker sih tapi ga dipeduliin sama anak anak, dilihat soal tingkat keamanan udah mendukung banget jadi langsung deh setelah pasang tali langsung ane eksekusi pertama, dasar otak nekat langsung meluncur tanpa aba aba safe dari temen yang lain waktu sampai tengah air terjun anak anak di atas pada triak "awas!" ane nengok ke atas ternyata ada batang pohon segede orang dewasa meluncur ke bawah hanya 2 cm di samping kiri ane. dengan muka masih pucet ane turun pelan pelan dan langsung pulang. hehehehehe.

2. waktu turun jembatan sungai serayu, baru setengah jalan harnes (bener ga yah istilah buat tali yang buat nopang tubuh itu) simpulnya temen ane yang pasang ga bener, jadi sampe tengah harnesnya semakin melonggar langsung deh cepet cepet ane turun. untungnya sampe bawah baru lepas simpul matinya. hiiiiii

OOT Ga nih kung?? kalo OOT ya BTT dah

galank bismania
10-23-2010, 14:42
pramuka adl pngalaman yg sgt mencekam...

Ryan.Agusta
10-23-2010, 14:46
pramuka adl pngalaman yg sgt mencekam...

mencekamnya gmn om? ceritain juga donk

abraham
10-23-2010, 14:59
pengalaman pramuka apa ya?
seumur-umur ane selama SMP ini cuma ikut kemah aja, jarang banget ikut kegiatan pramuka yg lain...

tidak patut dicontoh...

KENZIE_SATRIA
01-30-2011, 00:24
Raimuna Daerah Kwarcab Banyumas thn 1997/98, wktu itu mewakili DA Ambalan Garuda-Shima SMAN 2 Purwokerto. yg asyik di hari kedua, kunjungan ke museum wayang banyumas, pabrik pengolahan kayu di kalibagor, museum BRI di pw.kerto dan pabrik pengolahan susu di ajibarang, apa coba? Naik Parwis TRI KUSUMA WISATA kinyis-kinyis, interior masih plastikan, armada baru... Hino RG (hehehe bagus bgt pada jamannya)... ber2 sama (ahihihihi) mantan pacar....

aDy CaRzo
01-31-2011, 02:15
Pengalaman ikut pramuka paling ane inget adalah saat kelas 2 SMP tahun 2001. Jalan dari pagi ampe malem, ke kebon2 dan keluar masuk kali/sungai. Itu seragam dari kering terus basah, kering lagi, basah lagi, ampe kering lagi.

Beeeeeeh militer abis dah!

goes eka
01-31-2011, 08:06
ikut pramuka sampe SMA,,
penegak Bantara...
pengalaman terlalu banyak,,,
smp kena tembak bedil angin pas kemah sama anak2 pramuka,,,

Pramuka - Praja Muda Karana SD, SMP, SMA
pas kuliah tinggal Praja nya aja,,,
hihihihi...

irfan_insight
09-04-2011, 15:26
Hehehehehe....... Mohon maap sebelumnya. Aku punya pengalaman yang agak kurang enak dengan parmuka. Dan itu membuat aku kurang suka dengan Pramuka. Tapi aku selalu ngedukung tiap kali ada kegiatan pramuka. Walopun aku kurang suka, tapi aku sadar kalo Pramuka adalah salah satu bagian proses pendidikan dan pembelajaran, jadi aku akan tetep support semua kegiatan Pramuka. :smile:

teminoid
10-17-2011, 19:49
ternyata disini juga ada mantan anak pramuka yah :)
pengalaman saya waktu pramuka adalah wkt mau dilantik jadi dewan ambalan sekitar sebulan lalu disekolah . pada waktu itu kami dididik untuk menjadi lebih disiplin dan mandiri :biggrin:
dan satu lagi, setelah pelantikan itu ane dapet pacar anak pramuka :biggrin: hahaha

onay
10-18-2011, 20:18
IKut Pramuka sampe Bantara. Laksana gak sempet keburu lulus. Pengalaman yang ajib, dari kelas 2 (setelah jadi Bantara) sering ikut bantu ngelatih Siaga dan Penggalang juga sering diundang ikut melantik di ambalan lain. Bonusnya, berhubung latihan dan pelantikannya weekend, jadi sering masuk sekolah cuma sampe Jum'at, kadang jum'at pagi udah dapet dispen. Hari lain kadang ikut Paskibra atau PMR yang kalo latihan pagi, otomatis dispen juga. Yah lumayan lah, gak usah ngikutin pelajaran, tapi direstui oleh sekolah. ( Don't try this @ school, could result in severe damages on your school report..........he he he).

theseagate
08-29-2012, 00:52
saya adalah salah satu orang yang benci pramukaa....

ada beberpa sebab,selain senioritas salah satunya adalah ane pernah ditutupmata
disuruh makan cacing yang ternyata mierebus tanpa bumbu...........



#kabur

biru
06-10-2013, 11:39
Pengalaman Pramuka.. Hmmm.. Dulu pas jaman SD pernah ikut Persami di Cibubur. Eh, pas nyampe TKP, ujan deras semalaman, akhirnya boro-boro berkemah, semuanya malah tidur di aula.. :biggrin:

Udah gitu, dapet pengalaman mistis.. Tengah malam kebelet pipis, saya berempat dengan teman saya berjalan menuju MCK. Saat sedang berjalan, saya merasa sedang diikuti, langsung saja saya menengok ke belakang. Tampak ada seseorang yang mengikuti. Karena keadaan gelap, kami hanya melihat wajah orang tersebut samar-samar, sepertinya salah satu guru pembina kami, Pak Suhargo. Oh, mungkin mau mengawasi, pikir kami. Ketika kembali ke aula, kami mendapati Pak Suhargo sudah tidak terlihat lagi. Mungkin sudah kembali ke aula, pikir kami. Ternyata setibanya di aula, kami menemukan Pak Suhargo sedang tertidur pulas. Kami tanya ke guru pembina yang lain, beliau bilang Pak Suhargo sudah tidur sejak kira-kira sejam yg lalu.. Kami berempat langsung terdiam.. Kami yakin bgt klo tadi itu Pak Hargo yang ngikutin.. Haha.. Berarti tadi siapa yang ngikutin yaaa..

ardi_ekaputra
06-10-2013, 14:31
Pengalaman pramuka dulu tahun 2006 jalan2 ke hutan cimanggu dan berenang bareng di ciwalini
kalo SD dulu disebut pramuka apa ya ? penggalang bukan sih ?

dan waktu SMP gak ikut pramuka malah ikut paskibra ( ternya dalam pikiran ane pas lulus SMP, paskibra malesin cuman dijemur doang :-D )
dan SMA gak ikut apa-apa

cuman pas waktu SMP ikut jambore nasional (sebagai tamu:-D ) di teluk gelam OKI tahun 2011
Paman kerja di salah satu dinas dan diundang untuk pembukaan jambore nasional oleh pak SBY
teman di sekolah yang eskul pramuka pada kaget pas liat foto album di komputer pas aku lagi foto2 di teluk gelam (kok bisa ikut jambore nasional :-D )
dan banyak bis jawa yang ke sumatera
(Hiba utama ekonomi , pakar utama , doa ibu setra RG,) cuman sayang gak bawa kamdig pas di parkiran bis ;-(

radi_budimania
06-10-2013, 18:30
pengalaman yang paling mengesankan di pramuka waktu ada upacara peringatan hari pramuka di gasibu sekitar bulan september tahun lalu di gasibu, bandung yang pada saat itu sudah mengenal dunia perbis-an dan pada saat upacaranya selesai peserta yang lain pada nonton pertunjukan saya malah lari ke tempat parkiran kendaraan peserta yang waktu itu ngankut anak-anak pramuka dari seluruh jawa barat

sayang kejadian itu belum ke sampaian pas raimuna daerah jawa barat tahun kemaren.

judigelap
10-16-2013, 12:29
pramuka tu enak banget.ketemu pacar tiap pramuka.paling so sweet saat menyeberang sungai berdua ma pacar trus pelukan deh biar ga hanyut
sebenarnya kalo mraktekin dwi darma dan dasa darma pramuka hidup ni lebih baik tp kok syusah ya