PDA

View Full Version : PO. Sumber Alam [diskusi RUTE]



abraham
05-16-2010, 11:29
Monggo bagi yg mau diskusi ttng PO. Sumber Alam.......
Po. yang sedang berusaha menguasai jalur Pwt-Jogja lewat armada ATB-nya....

setiap hari ngelen ke Jakarta...

garasi ada di JL. P. Diponegoro no.164 Kutoarjo, Purworejo

Website, http://sumberalam.co.id

KArena trit yg lama udah jadi rongsokan, jadi aku buat lagi...

koleksi.....


http://i940.photobucket.com/albums/ad247/dmitry_1117/SAPATAS_5.jpg


http://i940.photobucket.com/albums/ad247/dmitry_1117/SA_3.jpg

alexakuliah
05-17-2010, 00:11
koq baru buka thread lagi??
yang kemaren kemana??

abraham
05-17-2010, 18:22
koq baru buka thread lagi??
yang kemaren kemana??
masuk ke besi tua om...

smoking area
05-17-2010, 21:43
http://i890.photobucket.com/albums/ac110/harish_317/Foto0189.jpg

http://i890.photobucket.com/albums/ac110/harish_317/Foto0188.jpg

maskurmambang
05-18-2010, 11:29
masuk ke besi tua om...
Ooo pantes kok berubah, nambahin juga yang di terminal cilacap
kelihatan tarifya tuh di kaca

http://i197.photobucket.com/albums/aa91/maskurmambang2/01052010005.jpg

abraham
05-18-2010, 17:56
Ooo pantes kok berubah, nambahin juga yang di terminal cilacap
kelihatan tarifya tuh di kaca

http://i197.photobucket.com/albums/aa91/maskurmambang2/01052010005.jpg


gambarnya jangan gede2 om...

cukup resize ke 640x480

cah_bagus
05-27-2010, 16:16
posting pertamax...
pengguna setia Sumber Alam kurang lebih 20tahun :D

anu_piss
06-02-2010, 20:58
paling jauh kemerak yah ngeline sumber alam :)

ainun
06-02-2010, 21:22
yang dulu udah di locked ya??

yobood
06-03-2010, 09:54
menurut pengamatan saya,
sepertinya Sumber Alam mulai kalah bersaing dgn pemain2 lain d jalur JKT-Jogja via selatan.

apa karena efek dr pergantian manajemen??

cah_bagus
06-04-2010, 11:49
menurut pengamatan saya,
sepertinya Sumber Alam mulai kalah bersaing dgn pemain2 lain d jalur JKT-Jogja via selatan.

apa karena efek dr pergantian manajemen??

PO apa aja sih yg main JKT-JOGJA via selatan? sy kok kurang banyak tau yah.
pinginnya sih naek SA yg eksekutip gituh... tapi kayaknya ga ada yah??

smoking area
06-04-2010, 12:07
PO apa aja sih yg main JKT-JOGJA via selatan? sy kok kurang banyak tau yah.
pinginnya sih naek SA yg eksekutip gituh... tapi kayaknya ga ada yah??

banyak om, mo nyebutin disini gak enak takut OOT............,cmiiw
coba aja om buka thread satu-satu, pasti ketemu deh..............,

klo SA gak ada yg Exe om, paling banter klas Vip 120rb

pendrex
06-12-2010, 12:23
biar threadnya masuk kualifikasi, saya edit n move ... please stay with the topic ...

joe cole
06-12-2010, 12:54
Sumber Alam ini sekali berangkat ada berapa unit sih...
rata2 dari tiap terminal pemberangkatan di Jakarta berangkat 3 bis.
hanya di beberapa titik aja yang cuma berangkat hanya dengan 1 bis ext. Depok, Ps. Minggu, Bintaro, Parung/Pd.cabe, Serpong ada lagi gak...??

kang ario
06-24-2010, 22:41
massih banyak om,di gandul depok ada,di pool pondok ungu bekasi apalagi,sekali berangkat lebih dari 3..

smoking area
06-25-2010, 15:47
paling jauh kemerak yah ngeline sumber alam :)

paling jaun Merak - Klaten om...........

aDy CaRzo
06-26-2010, 16:33
Kalo dari jogja ke Jakarta kok banyak SA yang kosong melompong tapi tetep jalan. Apa ga rugi solar ya?

abraham
07-02-2010, 14:56
Kalo dari jogja ke Jakarta kok banyak SA yang kosong melompong tapi tetep jalan. Apa ga rugi solar ya?
mngkin drpd gag jalan om....
kalo gag jalan khan sopirnya gag dapet bayaran...

atau mgkin isinya dri JKT ke Jogja

aditnugie
08-19-2010, 01:24
Kalau dari Cileungsi naiknya dari mana ya?ada no telpon agennya gak?

fajarbuslovers
08-19-2010, 05:33
mngkin drpd gag jalan om....
kalo gag jalan khan sopirnya gag dapet bayaran...

atau mgkin isinya dri JKT ke Jogja
Pernah yg ane naikin adalah jurusan JKT - Jogja. Batangan siapa yach? Kendaraannya kalo gak salah sebenarnya buat yang make bisnis ac jurusan Cilacap - Jogja (kalo gak salah), proteus MB OH 1521.

tyshi055
08-19-2010, 10:26
Sumber Alam ini sekali berangkat ada berapa unit sih...
rata2 dari tiap terminal pemberangkatan di Jakarta berangkat 3 bis.
hanya di beberapa titik aja yang cuma berangkat hanya dengan 1 bis ext. Depok, Ps. Minggu, Bintaro, Parung/Pd.cabe, Serpong ada lagi gak...??

Sebelumnya Mohon Maaf...
Pemberangkatan dari Jakarta Mana Neh Om...?

Pemberangkatan PO SA untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga Merak itu ada :

1. Pembarangkatan Merak
2. Pemberangkatan Cimone
3. Pemberangkatan Bitung
4. Pemberangkatan Kalideres/Grogol
5. Pemberangkatan Lebak Bulus
6. Pemberangkatan Cileduk
7. Pembarangkatan Depok
8. Pembarangkatan Bogor
9. Pemberangkatan Cibinong
10. Pemberangkatan Cileungsi
11. Pembarangkatan Kampung Rambutan
12. Pembarangkatan Rawa Mangun
13. Pemberangkatan Pondok Gede / Pinang Ranti
14. Pemberangkatan Kalimalang
15. Pemberangkatan Tanjung Priok
16. Pemberangkatan Pulo Gadung
17. Pemberangkatan Pondok Ungu
18. Pemberangkatan Terminal Bekasi
19. Pemberangkatan Cikarang
20. Pembarangkatan Karawang
21. Pemberangkatan Purwakarta


silahkan dilanjut lagi...

poutra5
08-29-2010, 21:25
Kalau dari Cileungsi naiknya dari mana ya?ada no telpon agennya gak?
dari terminal cilengsi ada kok om agennya.., bisnya juga ada.., biasanya sich bisnis RS ma VIP

poutra5
08-29-2010, 21:26
Sebelumnya Mohon Maaf...
Pemberangkatan dari Jakarta Mana Neh Om...?

Pemberangkatan PO SA untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga Merak itu ada :

1. Pembarangkatan Merak
2. Pemberangkatan Cimone
3. Pemberangkatan Bitung
4. Pemberangkatan Kalideres/Grogol
5. Pemberangkatan Lebak Bulus
6. Pemberangkatan Cileduk
7. Pembarangkatan Depok
8. Pembarangkatan Bogor
9. Pemberangkatan Cibinong
10. Pemberangkatan Cileungsi
11. Pembarangkatan Kampung Rambutan
12. Pembarangkatan Rawa Mangun
13. Pemberangkatan Pondok Gede / Pinang Ranti
14. Pemberangkatan Kalimalang
15. Pemberangkatan Tanjung Priok
16. Pemberangkatan Pulo Gadung
17. Pemberangkatan Pondok Ungu
18. Pemberangkatan Terminal Bekasi
19. Pemberangkatan Cikarang
20. Pembarangkatan Karawang
21. Pemberangkatan Purwakarta


silahkan dilanjut lagi...
kalau dari merak ke jogja pemberangkatan tiap hari 1 bis kelas bisnis RS ma 1bis kelas VIP, tapi kalau rame kadang bisa 2 bis kelas bisnis RS

anginyuno
09-11-2010, 02:10
SA utk playanan msh agk lumayn lah, prnah naik yg VIP dr pondok ungu jam8 mlm tujuan yogya dg pnumpang cm 3 org trmsk saya hahahaha..
Dan ampe yogya ga dioper2/dsruh pndah krn cm isi 3 org hehehe..itu aj sih yg brkesan. :smiley_beer:

joe cole
09-11-2010, 09:32
Sebelumnya Mohon Maaf...
Pemberangkatan dari Jakarta Mana Neh Om...?

Pemberangkatan PO SA untuk Wilayah Jakarta dan sekitarnya hingga Merak itu ada :

1. Pembarangkatan Merak
2. Pemberangkatan Cimone
3. Pemberangkatan Bitung
4. Pemberangkatan Kalideres/Grogol
5. Pemberangkatan Lebak Bulus
6. Pemberangkatan Cileduk
7. Pembarangkatan Depok
8. Pembarangkatan Bogor
9. Pemberangkatan Cibinong
10. Pemberangkatan Cileungsi
11. Pembarangkatan Kampung Rambutan
12. Pembarangkatan Rawa Mangun
13. Pemberangkatan Pondok Gede / Pinang Ranti
14. Pemberangkatan Kalimalang
15. Pemberangkatan Tanjung Priok
16. Pemberangkatan Pulo Gadung
17. Pemberangkatan Pondok Ungu
18. Pemberangkatan Terminal Bekasi
19. Pemberangkatan Cikarang
20. Pembarangkatan Karawang
21. Pemberangkatan Purwakarta


silahkan dilanjut lagi...

Maksudnya dari Terminal AKAP Utama di Jakarta, kyk L.Bulus, Pl. Gadung, Kl. Deres, Poris gitu... bukan dari sub terminal kyk Depok, Ps.Minggu, Cileungsi

abraham
10-07-2010, 19:47
SA utk playanan msh agk lumayn lah, prnah naik yg VIP dr pondok ungu jam8 mlm tujuan yogya dg pnumpang cm 3 org trmsk saya hahahaha..
Dan ampe yogya ga dioper2/dsruh pndah krn cm isi 3 org hehehe..itu aj sih yg brkesan. :smiley_beer:
wah, asyik dong om.....
btw, jalannya jadi santai yah?


BTT

poutra5
10-07-2010, 20:09
Maksudnya dari Terminal AKAP Utama di Jakarta, kyk L.Bulus, Pl. Gadung, Kl. Deres, Poris gitu... bukan dari sub terminal kyk Depok, Ps.Minggu, Cileungsi
kalau hari2 biasa masuk sub terminal seperti yang om sebutkan.., seperti depok, pasar minggu, cileungsi dll.., tapi kalau lebaran ga masuk bos..

khamplenk
01-14-2011, 15:50
Permisi kk kk semua..
mau sharing niy..sekalian curhat,,
sudah sering juga naik Bus ke Jogja, mulai dari Handoyo, Santoso, Continental,Putra Remaja , nah sekarang naik Sumber Alam dari Pondok Ungu,
waktu tanggal 23 Desember 2010 kemarin pesen 2 tiket AC Executive seat 2-2 Toilet,
penumpang pas tempat duduk, tapi Armada bus yang diberikan sangat tidak layak untuk sekelas Bus Executive toilet, Ac tidak berfungsi dengan baik malah Panas !! Bangku sudah pada rusak !! Toilet Bau !! lampu toilet mati !! ckckckck... , saya berangkat dari Pondok Ungu pukul 9 malam ( tertera di tiket seharusnya jam 19.30 ) telat 1 Jam 30 Menit !!
Tiba Di JogJa jam 13.30 Siang !! Wow !! pemecah rekor sepertinya !! dalam perjalanan
Bus SA sangat lambat !! entah kenapa diberikan Armada seperti itu.. selama perjalanan kasian penumpang yang lain , ada yang membawa bayi, anak-anak balita, semua kepanasan, seperti sauna,.. sesampainya di prupuk jam 7 pagi, ada penumpang yang pindah ke Bus SA yang lain karena sudah tidak tahan dengan kualitas Bus tersebut,..
Mohon Perhatian dari Pengurus SA agar tidak memberikan Armada Bus yang tidak layak,
apalagi untuk sekelas AC Executive..

anginyuno
02-17-2011, 17:34
Permisi kk kk semua..
mau sharing niy..sekalian curhat,,
sudah sering juga naik Bus ke Jogja, mulai dari Handoyo, Santoso, Continental,Putra Remaja , nah sekarang naik Sumber Alam dari Pondok Ungu,
waktu tanggal 23 Desember 2010 kemarin pesen 2 tiket AC Executive seat 2-2 Toilet,
penumpang pas tempat duduk, tapi Armada bus yang diberikan sangat tidak layak untuk sekelas Bus Executive toilet, Ac tidak berfungsi dengan baik malah Panas !! Bangku sudah pada rusak !! Toilet Bau !! lampu toilet mati !! ckckckck... , saya berangkat dari Pondok Ungu pukul 9 malam ( tertera di tiket seharusnya jam 19.30 ) telat 1 Jam 30 Menit !!
Tiba Di JogJa jam 13.30 Siang !! Wow !! pemecah rekor sepertinya !! dalam perjalanan
Bus SA sangat lambat !! entah kenapa diberikan Armada seperti itu.. selama perjalanan kasian penumpang yang lain , ada yang membawa bayi, anak-anak balita, semua kepanasan, seperti sauna,.. sesampainya di prupuk jam 7 pagi, ada penumpang yang pindah ke Bus SA yang lain karena sudah tidak tahan dengan kualitas Bus tersebut,..
Mohon Perhatian dari Pengurus SA agar tidak memberikan Armada Bus yang tidak layak,
apalagi untuk sekelas AC Executive..

wah turut sedih om denger'y tp klo utk kondisi bus memang sy pribadi (sbg planggan setia SA) juga pernah mengalami hal yg sama dan itu kembali lg pd kebijakan PO yg mungkin (sekali lg ini opini pribadi lho) saat itu hanya siap dgn bis yg seperti itu (siap operasional).
memang sih kita dirugikan tp sy rasa pemilik SA sudah cukup dewasa utk menerima saran-kritik dari penumpang terkait pelayanan SA. Jika memang kondisi bus tdk layak seperti itu harusnya SA memberikan bus pengganti agar penumpang tdk kecewa, intinya sih smoga ini jd pengalaman pertama & terakhir utk pelayanan yg tdk bagus dr SA. :smiley_beer::smiley_beer:

anginyuno
02-17-2011, 17:36
wah, asyik dong om.....
btw, jalannya jadi santai yah?


BTT

ga cm asik om tp bs tidur sambil selonjoran hehehe, ah klo santai relatif om, start dr pondok ungu jam8an sampai yogya (jln paris) sekitar jam8 pagi jg.

teguhbr77
02-17-2011, 17:51
Permisi kk kk semua..
mau sharing niy..sekalian curhat,,
sudah sering juga naik Bus ke Jogja, mulai dari Handoyo, Santoso, Continental,Putra Remaja , nah sekarang naik Sumber Alam dari Pondok Ungu,
waktu tanggal 23 Desember 2010 kemarin pesen 2 tiket AC Executive seat 2-2 Toilet,
penumpang pas tempat duduk, tapi Armada bus yang diberikan sangat tidak layak untuk sekelas Bus Executive toilet, Ac tidak berfungsi dengan baik malah Panas !! Bangku sudah pada rusak !! Toilet Bau !! lampu toilet mati !! ckckckck... , saya berangkat dari Pondok Ungu pukul 9 malam ( tertera di tiket seharusnya jam 19.30 ) telat 1 Jam 30 Menit !!
Tiba Di JogJa jam 13.30 Siang !! Wow !! pemecah rekor sepertinya !! dalam perjalanan
Bus SA sangat lambat !! entah kenapa diberikan Armada seperti itu.. selama perjalanan kasian penumpang yang lain , ada yang membawa bayi, anak-anak balita, semua kepanasan, seperti sauna,.. sesampainya di prupuk jam 7 pagi, ada penumpang yang pindah ke Bus SA yang lain karena sudah tidak tahan dengan kualitas Bus tersebut,..
Mohon Perhatian dari Pengurus SA agar tidak memberikan Armada Bus yang tidak layak,
apalagi untuk sekelas AC Executive..

silahkan buka web
lakukan pengaduan
ada telpon pengaduannya juga tuh ....
atau manfaatkan SUARA KONSUMEN di forbiscom
sertakan data2 nya. minimal bukti tiket perjalan.

jamesbondan
02-18-2011, 19:57
Mungkin mencoba koreksi sedikit..

Seingat saya SA hanya paling tinggi kelasnya VIP.
Belum pernah dengar yang Eksekutif..

Untuk kritik dan saran dapat disampaikan ke manajemen SA di Kanpus Kutoarjo..

vals
02-20-2011, 21:01
mas2 mau tanya kalo untuk jatah depok armadanya dpt ac vip or non ac ??? makasih

khamplenk
03-02-2011, 16:10
silahkan buka web
lakukan pengaduan
ada telpon pengaduannya juga tuh ....
atau manfaatkan SUARA KONSUMEN di forbiscom
sertakan data2 nya. minimal bukti tiket perjalan.


Ini kk No. Plat Bus SA nya yang saya naiki AA 1413 FC

hima_one
03-04-2011, 16:53
mas2 mau tanya kalo untuk jatah depok armadanya dpt ac vip or non ac ??? makasih
setahu saya depok adanya non ac 22 dan ekonomi, ekse nya blm ada

aditya saputra
05-07-2011, 14:48
om numpang tanya.. SA udah ngeluarin bis baru blom?
maklum ane dah 10 tahun tetep setia ma SA bwat jakarta-jogja...

abraham
05-07-2011, 15:06
om numpang tanya.. SA udah ngeluarin bis baru blom?
maklum ane dah 10 tahun tetep setia ma SA bwat jakarta-jogja...
kalo gak salah, yg paling baru saat ini New Proteus om.. CMIIW

the_nemo
06-24-2011, 14:22
om numpang nanya, agen resmi sumberalam yang di cikampek dimana ya?

rayhanputra
07-01-2011, 12:16
http://img9.imageshack.us/img9/5245/52023169226993092508100.jpg
yang ini khusus parwis ato buat ngelen..ketemu di blora pake golden dragon

codinda31
07-06-2011, 19:40
apa bener SA dah mulai pake AP?
barusan liat di garasi Kutoarjo, ada lampu belakang model boomerang..

abraham
07-07-2011, 12:32
http://img9.imageshack.us/img9/5245/52023169226993092508100.jpg
yang ini khusus parwis ato buat ngelen..ketemu di blora pake golden dragon
kalo yg golden dragon sebagian buat ngelen, sebagian buat parwis..


apa bener SA dah mulai pake AP?
barusan liat di garasi Kutoarjo, ada lampu belakang model boomerang..
untuk SA sendiri tetap setia dgn Laksana, yg pake lampu bomerang hanya makeover saja...

*OOT ndak sih?

X20
07-11-2011, 16:16
Permisi kk kk semua..
mau sharing niy..sekalian curhat,,
sudah sering juga naik Bus ke Jogja, mulai dari Handoyo, Santoso, Continental,Putra Remaja , nah sekarang naik Sumber Alam dari Pondok Ungu,
waktu tanggal 23 Desember 2010 kemarin pesen 2 tiket AC Executive seat 2-2 Toilet,
penumpang pas tempat duduk, tapi Armada bus yang diberikan sangat tidak layak untuk sekelas Bus Executive toilet, Ac tidak berfungsi dengan baik malah Panas !! Bangku sudah pada rusak !! Toilet Bau !! lampu toilet mati !! ckckckck... , saya berangkat dari Pondok Ungu pukul 9 malam ( tertera di tiket seharusnya jam 19.30 ) telat 1 Jam 30 Menit !!
Tiba Di JogJa jam 13.30 Siang !! Wow !! pemecah rekor sepertinya !! dalam perjalanan
Bus SA sangat lambat !! entah kenapa diberikan Armada seperti itu.. selama perjalanan kasian penumpang yang lain , ada yang membawa bayi, anak-anak balita, semua kepanasan, seperti sauna,.. sesampainya di prupuk jam 7 pagi, ada penumpang yang pindah ke Bus SA yang lain karena sudah tidak tahan dengan kualitas Bus tersebut,..
Mohon Perhatian dari Pengurus SA agar tidak memberikan Armada Bus yang tidak layak,
apalagi untuk sekelas AC Executive..

Wah sabar ya. Sy udh kebal sm SA yg suka telat. Apa bus yg di naikin waktu itu AA 1566 GC ?

adji triyono
07-20-2011, 11:13
mhn maaf neh komandan2 semua, btw caranya mskin pict ke thread ini,, tengkyu komandan..

Ryan.Agusta
07-20-2011, 19:05
mhn maaf neh komandan2 semua, btw caranya mskin pict ke thread ini,, tengkyu komandan..

http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=723

ahr80
07-21-2011, 11:28
bbrapa bulan lalu berangkat dari Kta jam stengah 6 sore karena ada kerusakan ga jelas deh apaan, eksekutip Proteus-Hino 140rb, warna agak cerah, lupa plat nya.
KTA-Wangon nyantai, Wangon-Brebes bringas, eh di pantura sampe masuk tol pun jadi nyantai lagi, kalo g salah cuma 60Kmh, disalip bus2 bumel pun nyantai jaya dah, alhasil sampai serang jam stengah 8, dari sharusnya jam 5 pagi.
emang cocok buat nyantai, orang tua seneng bgt.

zakkusboy
09-05-2011, 12:10
emg bis jogja - purwokerto, kalo jadwal pagi sering buat trip jogja - jkt ya?
saya pernah liat waktu naek SA yang pagi, pas berhenti di RM daerah ajibarang ada 2 bis ynag jalan ke arah jakarta. mohon pencerahannya.

dwi hartanto
09-05-2011, 12:16
Ooo pantes kok berubah, nambahin juga yang di terminal cilacap
kelihatan tarifya tuh di kaca

http://i197.photobucket.com/albums/aa91/maskurmambang2/01052010005.jpg

Norax euy pasang tarif disitu...jelek banget.. Ga sedap diliat mata.. Kampungan

abraham
09-05-2011, 16:31
Wah sabar ya. Sy udh kebal sm SA yg suka telat. Apa bus yg di naikin waktu itu AA 1566 GC ?


bbrapa bulan lalu berangkat dari Kta jam stengah 6 sore karena ada kerusakan ga jelas deh apaan, eksekutip Proteus-Hino 140rb, warna agak cerah, lupa plat nya.
KTA-Wangon nyantai, Wangon-Brebes bringas, eh di pantura sampe masuk tol pun jadi nyantai lagi, kalo g salah cuma 60Kmh, disalip bus2 bumel pun nyantai jaya dah, alhasil sampai serang jam stengah 8, dari sharusnya jam 5 pagi.
emang cocok buat nyantai, orang tua seneng bgt.
SA menerapkan sistem solar jatah Om, jadi sopirnya juga gak mau rugi nambahin solarnya... CMIIW
Dan lagi, sopirnya engkel, jadi 1 bis 1 orang driver, tnp adanya driver 2, jadi mohon maaf bila jalannya santai, karna mgkin sopirnya juga kecapekan...


emg bis jogja - purwokerto, kalo jadwal pagi sering buat trip jogja - jkt ya?
saya pernah liat waktu naek SA yang pagi, pas berhenti di RM daerah ajibarang ada 2 bis ynag jalan ke arah jakarta. mohon pencerahannya.
Kalah saing Om sama PO yg dri Kebumen, jadi armadanya yg dulu buat ATB Jogja-Pwt, sekarang ngelen ke Jakrta..
ATBnya tinggal sisa 2 unit kalo gak salah ingat..


Norax euy pasang tarif disitu...jelek banget.. Ga sedap diliat mata.. Kampungan
Mohon bicaranya lebih sopan Om, setiap PO punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jangan lihat dari satu sisi saja.

Child Bec Bisser
09-18-2011, 16:49
sumber alam sekarang masih lewat malambong atau udah ke bumiayu lagi?

jagad 1504
09-20-2011, 22:14
masukkan bwt SA, mohon diperbanyak bis dengan kelas di VIP keatas (dari Margonda setiap hari yg jalan non AC/bisnis RS), saat ini kalo kita lihat sebagian besar bis SA kelas bisnis RS, atw strategi dari manjemen untuk menyasar pangsa pasar menengah ke bawah yang banyak ditinggalkan PO-PO lainnya? atau karakter penumpang jalur selatan lebih suka dengan non AC?

ade.kmht
09-26-2011, 14:45
Saya sudah pernah bicara langsung ke layanan pengaduan SA via telp, tapi tanggapannya tidak memuaskan karena menurut mereka bahwa solar tidak dijatah, bahkan menurut petugas tsb jika solar full tank sebelum berangkat pun sebenarnya sopir bisa ngantongin 200 ribu. Kenyataan di lapangan berbalik 180' karena menurut sopir, solar dijatah. Menurut saya, secara hitungan matematika memang solar full tank pas banget untuk Jogja-Jakarta/Tangerang, tetapi ya itu dia, dg asumsi RPM tidak boleh tinggi (tentunya berpengaruh pada kecepatan). Jika RPM tinggi, maka dipastikan solar akan lebih cepat habis, yg artinya lagi si sopir harus ngisi solar lagi sebelum sampai tujuan.
Perihal sopir dobel untuk Jogja-Jakarta/Tangerang sepertinya belum bisa direalisasikan segera. Hal ini manajemen SA berdalih bahwa tidak mudah mencari sopir baru terkait status kernet/kenek yg ada. Manajemen SA beranggapan bahwa jika sopir dobel, maka kernet nganggur. Aneh ya? Padahal di mana2, kalau sopir dobel ya kernet tetap ada, karena fungsi sopir dan kernet jelas beda. Nah inilah yg mungkin menurut pengamatan saya berhubungan langsung dg take home pay kru SA secara keseluruhan. Karena menurut obrolan saya dg beberapa kru, bahwa uang saku/komisi yg diterima adalah per kali jalan, bukan per orang. Jika dihitung sekali jalan dibagi untuk 2 kru, maka THP akan lebih besar jika komisi dibagi untuk 3 kru. Lebih kukrangnya begitu.
Semoga bermanfaat... karena saya sudah mengenal PO ini sejak 20 tahunan lebih...

adji triyono
11-09-2011, 14:51
Mohon pencerahannya... Kemarin pas pulkam, saya lihat di jalur selatan ada beberapa bis A*** Cilacap-Jogja (Semarang?) yg liverynya persis SA bahkan nomor seri di body bagian belakangpun ada, cm warnanya yg beda. Juga ada yg AC klu g salah.. Bgmn kisahnya ini? Apa SA beli A atau A beli SA? Mohon pencerahannya. Terima kasih...

Ryan.Agusta
11-09-2011, 19:23
Mohon pencerahannya... Kemarin pas pulkam, saya lihat di jalur selatan ada beberapa bis A*** Cilacap-Jogja (Semarang?) yg liverynya persis SA bahkan nomor seri di body bagian belakangpun ada, cm warnanya yg beda. Juga ada yg AC klu g salah.. Bgmn kisahnya ini? Apa SA beli A atau A beli SA? Mohon pencerahannya. Terima kasih...

Sumber Alam telah mengakuisisi Aman

adji triyono
11-10-2011, 14:09
Sumber Alam telah mengakuisisi Aman

makasih pencerahannya....

DimanWonosari
04-24-2012, 11:17
Mohon infonya dari Pulogadung/Rawamangun tujuan Jogja Sumber Alam berangkat jam berapa dan sampai Jogja jam berapa.
Terima kasih.

@ghofar_rudin
06-04-2012, 20:45
om numpang nanya, agen resmi sumberalam yang di cikampek dimana ya?

setahu saya.... agen SA di cikampek itu gak ada om... adanya yang di sadang.... dekat STS sadang...... CMIIW

mb2638
06-06-2012, 13:00
Mohon infonya dari Pulogadung/Rawamangun tujuan Jogja Sumber Alam berangkat jam berapa dan sampai Jogja jam berapa.
Terima kasih.

berdasarkan pengalaman yang AC/executive berangkat dari Rawamangun jam 18.00 sore..biasanya mampir dulu ke Pulo Gadung trus ke Pondok Ungu ... eta Jogja sekitar jam 09 pg

tom_tom
07-17-2012, 01:44
mohon info donk untuk bus SA jogja-merak
berapa harga tiketnya
trus kelasnya apa aja?

Sanjaya
07-19-2012, 16:56
Kalo SA cm menyediakan kelas Ekonomi, Bisnis patas, AC patas, ama Eksekutif.
Kmiiw


(sy gk yakin dg kelas exe nya, karena exe class paling murah ya SA untuk trayek jogja-jkt dan sekitarnya, dg pelayanan alakadarnya saja).

bayu tetap sanjaya
08-18-2012, 21:51
http://a2.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/s720x720/388014_470591682960665_1633635009_n.jpg

pas arus mudik bis jatah masuk pagi jadi masuk sore :D

joe cole
08-18-2012, 22:31
setahu saya.... agen SA di cikampek itu gak ada om... adanya yang di sadang.... dekat STS sadang...... CMIIW

di Cikampek ada... persisi di samping Plaza Cikampek (atau apa yah namanya/Mall) kalo naik bis keluar dari Tol Dawuan ,, setelah jalanan lingkar yang gelap ada lampu merah pertigaan belok kanan gag jauh dari situ Agen nya



Kalo SA cm menyediakan kelas Ekonomi, Bisnis patas, AC patas, ama Eksekutif.
Kmiiw


(sy gk yakin dg kelas exe nya, karena exe class paling murah ya SA untuk trayek jogja-jkt dan sekitarnya, dg pelayanan alakadarnya saja).

bisa di bilang VIP kali,, standart executif tiap PO kan beda-beda,, sama juga kompetitor nya "Si Pelangi"

novi76
08-26-2012, 06:33
maaf mau tanya

kalo SA ke bogor dari jogja pagi itu berangkatnya dari mana ya?

kalo boleh tau nyampenya kira2 jam berapa di pal depok/ jl raya bogor?

makasih

mastermind
08-26-2012, 13:52
Kalo SA cm menyediakan kelas Ekonomi, Bisnis patas, AC patas, ama Eksekutif.
Kmiiw


(sy gk yakin dg kelas exe nya, karena exe class paling murah ya SA untuk trayek jogja-jkt dan sekitarnya, dg pelayanan alakadarnya saja).



kalau Sumber Alam setahu saya memang gak ada kelas Eksekutif, adanya cuma kelas VIP (AC, seat 2-2 minus bantal selimut n leg rest, toilet). kalau untuk sekelas VIP trayek yogya-jkt menurut saya ya bis dengan livery "pelangi" yg termurah ( dgn fasilitas yg sama yaitu AC, seat 2-2 minus bantal selimut n leg rest, toilet ) dengan tarif 90rb rupiah untuk tujuan rw mangun n pulogadung

mastermind
08-26-2012, 13:55
maaf mau tanya

kalo SA ke bogor dari jogja pagi itu berangkatnya dari mana ya?

kalo boleh tau nyampenya kira2 jam berapa di pal depok/ jl raya bogor?

makasih


Sumber Alam pagi dari yogya hanya tersedia utk jurusan Pd Ungu, Lb Bulus dan Poris Plawad ( CMIIW ). dari yogya start dari giwangan sekitar jam 6 pagi tarif normal 110rb rupiah

Pisvot
09-06-2012, 14:46
mohon info keberangkatan SA dr terminal Rawamangun atau Pulo gadung tujuan kutoarjo, klo bisa beserta tarifnya...
kelas yang terbaik d SA apa ya?
thx

extraman
09-08-2012, 19:11
mohon info keberangkatan SA dr terminal Rawamangun atau Pulo gadung tujuan kutoarjo, klo bisa beserta tarifnya...
kelas yang terbaik d SA apa ya?
thx

tarifnya ac toilet 120/ patas non ac 90..

extraman
09-08-2012, 19:12
kelas ac toilet pinang ranti nomor platny berapa y?liverynya apa

AlessandroHully
11-08-2012, 19:04
AA 1539 EL & AA 1539 GL om..
Armadanya Legacy Sky..

nova_33
12-14-2012, 00:18
Volvo SA jalan mana yah om?

over_dhozys
02-23-2013, 17:51
Mas..SA jurusan purworejo yg dari pulogadung ada gak..??
kalo ada..harga tiket berapa,armadanya apa truz berangkat jam berapa..?
Makasih...

Aries_BLC
04-13-2013, 23:18
PO.Sumber Alam ''39EL''
* Jogja - Jakarta ( Pasar Minggu ) *
* AC Toilet Seat 2-2 ( 50 Seats ) *
* Laksana Legacy SR-1 Limited Edition *
* HINO RK8 260 HP *
Start Pasar Minggu : 18.00
URL=http://s1165.photobucket.com/user/ArLinda101010/media/PasMing004_zps8d3d3919.jpg.html]http://i1165.photobucket.com/albums/q600/ArLinda101010/PasMing004_zps8d3d3919.jpg[/URL]

Ini Yang Non AC , Start Pasar Minggu Jam 17.00 .
http://i1165.photobucket.com/albums/q600/ArLinda101010/PasMing007_zpsf289bdc2.jpg (http://s1165.photobucket.com/user/ArLinda101010/media/PasMing007_zpsf289bdc2.jpg.html)

scaniaK360
06-18-2013, 00:30
Kalo SA 21 AC ada yang tau mesinnya apa yah??

northskh
06-28-2013, 15:30
Selamat siang.
Mohon informasinya, kalau dari Stasiun Kutoarjo mau nyegat Sumber Alam yang ke Terminal Giwangan/Tirtonadi paling deket di mana ya? Tarif busnya berapa dan kira-kira butuh waktu berapa lama untuk sampai di Jogja/Solo?

ekowahyu
07-09-2013, 08:22
Selamat siang.
Mohon informasinya, kalau dari Stasiun Kutoarjo mau nyegat Sumber Alam yang ke Terminal Giwangan/Tirtonadi paling deket di mana ya? Tarif busnya berapa dan kira-kira butuh waktu berapa lama untuk sampai di Jogja/Solo? Tinggal keluar stasiun terus nyebrang itu sudah kantor pusat SA. Perjalanan maksimal 1.5 jam. Tarif sekarang gak update ane... Semoga berguna.

anton prasetyo
07-22-2013, 15:45
hanya satu kata yg saya ucapkan setelah coba bus ini..... "KAPOK"

jokowic
07-23-2013, 01:26
http://i1321.photobucket.com/albums/u553/jokowic/Hunting%20Pinang%20Ranti%2021%20Juli%202013/Picture13_zps674d03f6.jpg

DanangJoyo
07-23-2013, 15:17
Apa ga ada yang ngeline ke bandung ini gan ?

tyshi055
07-23-2013, 15:20
Apa ga ada yang ngeline ke bandung ini gan ?

Belum ada Bos...
Yang ada Jogyakarta - Purwakarta via Pantura.....

DanangJoyo
08-01-2013, 21:48
Lahh, ini ada SumberAlam SR1 , lewat malangbong, darimanakah asalnya ?

mastermind
08-02-2013, 18:56
Lahh, ini ada SumberAlam SR1 , lewat malangbong, darimanakah asalnya ?

memang semenjak pantura perbaikan dan macetnya lumayan parah, beberapa armada Sumber Alam lewat jalur selatan via tasik-banjar-wangon untuk menghindari macet parah. Saya juga pernah lihat bbrp armada SA melintas di Ciamis pas saya lagi naik Sinar Jaya dan lg istirahat di RM Panorama Ciamis...
tapi rute regulernya SA ya via pantura ajibarang-bumiayu-wangon-buntu-gombong-kebumen.

turbobus.12
08-09-2013, 11:22
Permisi om om sepuh SA.....
Kalo LB bulus-Jogja berapa tarif untuk executive nya? Harga normalnya.. Jg berapa deret ya seat nya....Apa includ makan jg?

mastermind
08-11-2013, 17:33
Permisi om om sepuh SA.....
Kalo LB bulus-Jogja berapa tarif untuk executive nya? Harga normalnya.. Jg berapa deret ya seat nya....Apa includ makan jg?

bantu jawab om,

di sumber alam gak ada kelas eksekutif om, adanya kelas VIP.

tarif normalnya pasca kenaikan BBM Rp 150.000,-

untuk armada regulernya pakai nopol akhiran 19AL ( ada stiker Denny's besar di kaca depan ) serta 91AL, keduanya memakai karoseri Laksana Legacy Sky SR-1 dengan chasis Golden Dragon plus sudah Air Suspension juga. Untuk seatnya 10 deret kiri plus foot rest ( pijakan kaki )
untuk armada sumber alam VIP tidak dapat makan, tapi hanya dapat snack ( kalau berangkat dr Lb Bulus, soalnya saya pernah naik dari Yogya gak dapat snack ).

Untuk yg recommend om coba naik Sumber Alam Denny's nya, termasuk armada SA yg lumayan cepat dengan pak Rahmat sebagai driver batangannya

mastermind
08-11-2013, 17:38
Sekedar berbagi informasi tarif terbarunya Sumber Alam, semoga bermanfaat

Tarif Baru Sumber Alam Pasca Kenaikan BBM Pada Sabtu, 22 Juni 2013 lalu pemerintah mulai memberlakukan tarif baru terhadap BBM termasuk Solar. Berkaitan dengan kenaikan tersebut dan dengan pertimbangan operasional maka Sumber Alam akan menaikkan tarif mulai Senin, 24 Juni 2013.
Berikut tabel kenaikan tarif tiket PO Sumber Alam yang akan berlaku efektif per Senin, 24 Juni 2013 :
Tarif Baru Bus Malam PO Sumber Alam

No
Kelas Bus
Tarif Baru Yogyakarta*
Tarif Baru Purwokerto**


1
Ekonomi
Rp.75.000
Rp.60.000


2
Patas Non AC
Rp.115.000
Rp.85.000


3
AC Toilet
Rp.150.000
Rp.110.000


4
AC Non Toilet
Rp.125.000
Rp.90.000


5
AC Ekonomi
Rp.90.000
Rp.75.000


6
Merak Patas
Rp.125.000
Rp.100.000


7
Merak AC Toilet
Rp.165.000
Rp.120.000


8
Merak AC Eko
Rp.110.000
Rp.90.000


*Tarif Baru Yogyakarta adalah tarif yang berlaku apabila penumpang membeli tiket dari Yogyakarta sampai dengan daerah sebelum Purwokerto
**Tarif Baru Purwokerto adalah tarif yang berlaku apabila penumpang membeli tiket dari daerah Purwokerto sampai dengan Cikawung / Ajibarang
***) Tarif berlaku juga untuk arah dari Jakarta

Tarif Baru Bus AKDP PO Sumber Alam

No
Trayek
Tarif Baru


1
Semarang Cilacap
Rp.80.000


2
Semarang Purworejo
Rp.41.000



Tarif Baru Shuttle Bus PO Sumber Alam

No
Trayek
Tarif Baru


1
Semarang Cilacap
Rp.85.000


2
Semarang Gombong
Rp.65.000


3
Semarang Kutoarjo
Rp.45.000


4
Semarang Purwokerto
Rp.85.000


5
Semarang Klampok
Rp.65.000


6
Semarang Sawangan
Rp.45.000


7
Semarang Temanggung
Rp.35.000


8
Semarang Wonosobo
Rp.55.000


9
Semarang Magelang
Rp.35.000


10
Semarang Yogyakarta
Rp.45.000


11
Cilacap/Purwokerto Yogyakarta
Rp.65.000


12
Cilacap/Purwokerto Gombong
Rp.30.000


13
Cilacap/Purwokerto Purworejo
Rp.45.000


14
Purworejo Yogyakarta
Rp.30.000


15
Solo Cilacap / Purwokerto
Rp.85.000


16
Solo Gombong
Rp.65.000


17
Solo Purworejo
Rp.45.000


18
Solo Yogyakarta
Rp.35.000


19
Purwokerto Klampok
Rp.35.000


20
Purwokerto Parakan
Rp.65.000


harga baru tiket bus (http://sumberalam.co.id/sac/harga-baru-tiket-bus), harga shuttle bus (http://sumberalam.co.id/sac/harga-shuttle-bus), kenaikan tarif (http://sumberalam.co.id/sac/kenaikan-tarif), tarif baru sumber alam (http://sumberalam.co.id/sac/tarif-baru-sumber-alam),


sumber : http://sumberalam.co.id/tarif-baru-sumber-alam-pasca-kenaikan-bbm.html

Chrisnahanungkara
10-14-2013, 10:24
Misi Bro...
Ada yg tahu info Bis Sumber Alam SMG-PURWOKERTO??

Jo Rossi 46
10-14-2013, 10:32
Misi Bro...
Ada yg tahu info Bis Sumber Alam SMG-PURWOKERTO??

bumel bro... bisa naik shuttlenya aja klu semarang - purwokerto, lebih enak... infonya ada di atas tuh :)

Chrisnahanungkara
10-16-2013, 10:07
bumel bro... bisa naik shuttlenya aja klu semarang - purwokerto, lebih enak... infonya ada di atas tuh :)

Makasih Bro infonya, tpi klo yg bumel ada yg tahu jam keberangkatan dri Terminal SMG dan Terminal Purwokerto?

adji triyono
10-20-2013, 08:15
Apa shuttlenya yg ke Purwokerto juga nyampe Ajibarang?

Jo Rossi 46
10-20-2013, 12:31
Makasih Bro infonya, tpi klo yg bumel ada yg tahu jam keberangkatan dri Terminal SMG dan Terminal Purwokerto?

kalo dari terminal Purwokerto yg bumel itu biasa adanya sore tapi cuma sampe Purworejo doank kayaknya... kadang2 ada yang pagi juga tapi kurang tau jam berapa...

Jo Rossi 46
10-20-2013, 12:32
Apa shuttlenya yg ke Purwokerto juga nyampe Ajibarang?

kayaknya ngga om, mentok Purwokerto doank, kantornya di jalan suparjo rustam yang udh ke arah kota Purwokerto, sebelah kiri jalan...

adji triyono
10-20-2013, 14:06
Ok tks mas.. Coz minggu kmrn pas pulkam liat shuttlenya hilir mudik arah ke barat n di kaca depan ada tulisan Ajibarang...

BNA
10-20-2013, 14:43
Apa shuttlenya yg ke Purwokerto juga nyampe Ajibarang?

ane pernah liat om yang tujuan ajibarang pas di rm.sumber alam andong..

waynu3tara
01-15-2014, 05:00
ane pernah naik Sumber Alam Patas Cilacap-Semarang, ane naek dari Sumpyuh banyumas. Pas ane naek di dalam udah ada sekitar 4-5 orang, tambah ane+istri+anak jadi sekitar 7-8 orang. Di garasi kutoarjo memang banyak yang naik, tapi kelihatannya sih penuh, ane ga tahu pasti karena posisi duduk ane di belakang sopir. Di sepanjang perjalanan banyak yang turun, ane ga ngitungin... Ane kaget pas masuk di Banyumanik, ane nengok belakang ternyata kosong. jadi penumpangnya cuma sisa ane+istri+anak ditambah 2 orang yang duduknya dibangku sebelah ane. Apa banyak yang beralih ke suttle ya???

Dencis_89
03-29-2014, 18:35
http://i1269.photobucket.com/albums/jj597/dencis_89/Bisssss/IMG_20131221_141049_zps6f950e67.jpg

Dencis_89
03-29-2014, 18:36
http://i1269.photobucket.com/albums/jj597/dencis_89/Bisssss/IMG_20131221_141035_zpscbe85a0e.jpg