PDA

View Full Version : Rute-Rute Di Pulau Jawa



yobood
04-16-2010, 14:48
-kalo salah kamar mohon di pindah saja, Oom Admin-

RUTE-RUTE DI PULAU JAWA

Rute,atau bahasa inggris nya Route menurut wikipedia,mengacu pada model/sistem penomoran jalan di beberapa negara. Nah,di Amerika Serikat lebih khusus lagi,mengacu kepada Interstate Highway System yang dikeluarkan pada pemerintahan Presiden Dwight D Eishenhower. Adalah sistem jaringan jalan raya yang menghubungkan antar negara bagian,kira-kira di Indonesia seperti Groote Post Weg yang digagas Herman William Daendels.Pada sistem AS,setiap jalan antar kota diberikan nomor urut,misalnya US route 1 yang menghubungkan Florida dengan Maine (batas Kanada)

Di Indonesia,penomoran jalan ini mulai disosialisasikan pada pertengahan tahun 2000. Pada Tahun 2006, Depatemen (sekarang Kementrian) PU bekerjasama dengan POLRI dan PT JASA MARGA mengeluarkan Peta Mudik Lebaran beserta informasi mengenai nomor-nomor rute di Pulau Jawa:

Rute 1:
Merak-Cilegon-Serang-Tangerang-Jakarta-Bekasi-Karawang-Cikampek-Pamanukan-Lohbener-Palimanan-Cirebon-Tegal-Pekalongan-Semarang-Kudus-Rembang-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Ketapang

Rute 2:
Cilegon-Anyer-Labuan

Rute 3:
Jakarta-Depok-Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung-Cileunyi-Nagrek-Malangbong-Ciawi-Cikoneng-Ciamis-Majenang-Wangon-Buntu-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta-Wonosari-Pacitan-Jetis-Trenggalek-Tulungagung-Blitar-Kepanjen-Pronojiwo-Lumajang-Jatiroto-Rambipuji-Jember-Banyuwangi-Ketapang

Rute 4:
Cikampek-Purwakarta-Plered-Padalarang

Rute 5:
Cileunyi-Sumedang-Kadipaten-Palimanan

Rute 6:
Tegal-Slawi-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap

Rute 7:
Lohbener-Indramayu-Karangampel-Cirebon

Rute 8:
Purwokerto-Rawalo-Maos-Gumilir

Rute 9:
Ajibarang-Purwokerto-Banyumas-Klampok-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung-Secang

Rute 10:
Banyumas-Buntu

Rute 11:
Sokaraja-Purbalingga-Klampok

Rute 12:
Purworejo-Salaman-Magelang

Rute 14:
Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Magelang-Mungkid-Sleman-Yogyakarta

Rute 15:
Yogyakarta-Klaten-Kartosuro-Solo-Sragen-Ngawi-Caruban-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya

Rute 16:
Bawen-Salatiga-Boyolali-Kartosuro

(rute 13 tidak ada. mungkin takhayul.....-red-)

Rute ini memang jarang disebut,tetapi sudah bisa dilihat di papan jalan.
Misal: contoh papan jalan di GT Cikopo:

http://3.bp.blogspot.com/_kJ5DpxaO5iw/S8gFmRKnWvI/AAAAAAAAANA/NfTR0TrUr0g/s1600/contoh.jpg


Cara membacanya adalah:
-untuk kearah Purwakarta,dari GT Cikopo kita belok kanan menempuh Rute nomor 4,sedangkan ke Bandung,menempuh Rute 4 dahulu sampai Padalarang,baru menempuh rute 3 menuju Bandung

-untuk kearah Cikampek(kota),Dari GT Cikopo kita belok kiri menempuh Rute 4,sedangkan menuju Karawang dan Cirebon,setelah menempuh rute 4,lalu menempuh rute 1


Nomor-nomor ini tidak berlaku untuk Jalan Bebas Hambatan(Jalan Tol)

semoga bermanfaat

CMIIW

dirgan
04-16-2010, 16:01
nice info...
mantep juga nih..

seperti rute jalan di amerika..
kayak Route 66,Route 65,Dll..

hasfi
04-16-2010, 16:34
baru tau ane....ni di jawa doang ya?sangat bermanfaat bro

Dhiemaz
04-16-2010, 19:30
Info yg sangat berguna oom. Biar gak salah jalan dan jalur.

yobood
04-17-2010, 09:12
@Hasfi:
Ini saya dapet dari Peta Mudik Lebaran di Pulau Jawa Oom.
Tanpa mengesampingkan wilayah lain,mungkin lalulintas antarkota di Pulau Jawa lebih ramai,dan jaringan jalan nya lebih banyak

sang_bayu
04-17-2010, 12:14
baru tau ni om... nice info... klo rute sumatera dah belom ya

luke-man
04-17-2010, 12:26
baru tau ni om... nice info... klo rute sumatera dah belom ya

info yang berguna semoga bermanfaat bagi kita semua
:smiley_beer:

taufik ardian
04-17-2010, 22:06
Nice info nih bermanfaat banget kalo gi nyetir dijalan.....

Biar ngeblongnya gak kesasar n cepat sampai tujuan:smiley_beer:

yobood
04-18-2010, 07:50
baru tau ni om... nice info... klo rute sumatera dah belom ya

waduh,yang saya punya cuma 'rute' jalan jawa oom.
kurang tahu juga apakah di sumatera sudah ada atau belum

yobood
04-18-2010, 08:15
contoh penggunaan nya kira-kira seperti ini:

PO Sumber Kencono ATB jurusan SURABAYA-Madiun-Solo-SEMARANG

maka rute-rute yang harus ditempuh:

-Dari SURABAYA,bus menempuh rute 15 menuju Kartosuro via Solo dan Madiun

-sampai Kartosuro,bus berbelok ke utara menempuh rute 16 sampai Bawen

-setelah sampai Bawen,diteruskan dengan menempuh rute 14 sampai wilayah Tembalang (SEMARANG) dan masuk Tol Dalam Kota Semarang

-keluar Tol Semarang,bus menempuh sedikit rute 1 sampai Terminal Terboyo (SEMARANG)

begitulah kira2 penggunaannya

abraham
04-18-2010, 17:46
wah, purworejo masuk rute 3....
(kayaknya rute 3 paling panjang n rute 2 paling pendek..)

poutra5
04-18-2010, 21:11
wah nice info ni.., ru tau juga kalau no itu menunjukan rute... he"

goes eka
04-19-2010, 07:21
saya juga baru tau,,,
kirain angka paan yang di rambu2 thu,,,,

taunya rute toh,,,

GogonExpress
04-19-2010, 11:09
Di Bali, mulai dari Gilimanuk sampai Denpasar, saya sering menjumpai papan penunjuk arah yg ada kode angka bertuliskan "nasional 1" (tulisan nasional kecil dan angka 1 nya besar).

Apakah ini yg dimaksud dari pengelompokan rute2 tsb?
Kalo benar, apakah berarti Rute 1 selepas Ketapang masih lanjut terus ke Denpasar dan bahkan bisa jadi sampai Mataram dan seterusnya?

defri
04-19-2010, 12:37
Nice info nih bermanfaat banget kalo gi nyetir dijalan.....

Biar ngeblongnya gak kesasar n cepat sampai tujuan:smiley_beer:


hehehehehehehe.....setuju om.....
like this

darma_kid
04-21-2010, 11:06
Bermanfaat nih...apalagi kalo ditambahin bus2 atau moda angkutan yang melayani seputaran rute tersebut

Mysterio
04-21-2010, 11:07
Wawasan jd nambah lagi nich..
Tapi kalo buat saya, masih bingung klo rute pake penomoran :D

cah_ndeso
04-21-2010, 11:30
wah keren juga ky d amrik sono.....tp bingung jg klo ngapalinnya....hihihi

yobood
04-21-2010, 18:59
Di Bali, mulai dari Gilimanuk sampai Denpasar, saya sering menjumpai papan penunjuk arah yg ada kode angka bertuliskan "nasional 1" (tulisan nasional kecil dan angka 1 nya besar).

Apakah ini yg dimaksud dari pengelompokan rute2 tsb?
Kalo benar, apakah berarti Rute 1 selepas Ketapang masih lanjut terus ke Denpasar dan bahkan bisa jadi sampai Mataram dan seterusnya?

wah,kurang tahu Oom.
Saya masih berpedoman pada peta 2006 yang titik akhir nya di Ketapang.
entah kalau ada pembaharuan..


Wawasan jd nambah lagi nich..
Tapi kalo buat saya, masih bingung klo rute pake penomoran :D


wah keren juga ky d amrik sono.....tp bingung jg klo ngapalinnya....hihihi

yah,seperti biasa Oom,kurang sosialisasi..

ndoro_kakung
04-21-2010, 20:28
yah,seperti biasa Oom,kurang sosialisasi..

sosialisasinya aja aq belum pernah senger..jangan2 malah g d sosialisasikan

clique_cavalier
04-22-2010, 10:53
wah pantesan waktu lewat pantura, ada plank cirebon trus ada angka satu di sampingnya, lha itu malah tak kirain "tinggal satu kilometer sampai cirebon" he he heh

ajuy49
04-22-2010, 12:01
Wawasan jd nambah lagi nich..
Tapi kalo buat saya, masih bingung klo rute pake penomoran

giarto
04-22-2010, 20:20
banyak dapat info nih siapa tau klau jalan2 sendiri jadi gag nyasar he he he.

ikhsanwibowo
04-23-2010, 00:02
Nais info Om..

Maap tadi kepencat report, padahal mau ngasi bintang :hammer:

yobood
04-23-2010, 22:51
sosialisasinya aja aq belum pernah senger..jangan2 malah g d sosialisasikan

itulah Oom, rute ini sayangnya sejauh yang saya lihat,belum tercantum di peta-peta YANG DIJUAL BEBAS DI TOKO-TOKO BUKU,adanya di peta2 yang dibagikan pada saat musim lebaran,yang -sialnya- kadang2 kita lagi gak butuh (dlm hal ini gak mudik) pas dapet 'jatah',giliran kita mau mudik malah ga dapet..


Nais info Om..

Maap tadi kepencat report, padahal mau ngasi bintang :hammer:

ga papa Oom,namany juga manusia..

fajarjamirobks
06-21-2010, 13:51
itulah Oom, rute ini sayangnya sejauh yang saya lihat,belum tercantum di peta-peta YANG DIJUAL BEBAS DI TOKO-TOKO BUKU,adanya di peta2 yang dibagikan pada saat musim lebaran,yang -sialnya- kadang2 kita lagi gak butuh (dlm hal ini gak mudik) pas dapet 'jatah',giliran kita mau mudik malah ga dapet..



ga papa Oom,namany juga manusia..
Ane sih masih punya peta mudik dalam bentuk jpg. Masih disimpen sampe sekarang. Lumayan buat refrensi nanti pas liburan.

imammy
06-21-2010, 14:37
waduh terima kasih sekali nih ndan ilmunya.................

Mbexxx a.k.a Tendhong
07-02-2010, 10:49
-kalo salah kamar mohon di pindah saja, Oom Admin-



Rute 14:
Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Magelang-Mungkid-Sleman-Yogyakarta



Bener kan dugaanku kmaren habis pulang dari Kendal...
Di Semarang ada papan petunjuk (dlm bhs Jawa namanya Pal) jurusan Jogjakarta, trus ada nomornya 14...
Aku ma temenku debat....Aku mikir itu nomer jalan, temenku mikir itu kilometernya dari Semarang ke Jogja (rada gak masuk akal mmg temenku)....
Ternyata terjawab disini...
Terima kasih, Nice info Oom...

kid
10-20-2011, 15:48
makasi atas infonya mas,saya jadi tau

paulsinaga
10-21-2011, 02:24
-kalo salah kamar mohon di pindah saja, Oom Admin-

RUTE-RUTE DI PULAU JAWA

Rute,atau bahasa inggris nya Route menurut wikipedia,mengacu pada model/sistem penomoran jalan di beberapa negara. Nah,di Amerika Serikat lebih khusus lagi,mengacu kepada Interstate Highway System yang dikeluarkan pada pemerintahan Presiden Dwight D Eishenhower. Adalah sistem jaringan jalan raya yang menghubungkan antar negara bagian,kira-kira di Indonesia seperti Groote Post Weg yang digagas Herman William Daendels.Pada sistem AS,setiap jalan antar kota diberikan nomor urut,misalnya US route 1 yang menghubungkan Florida dengan Maine (batas Kanada)

Di Indonesia,penomoran jalan ini mulai disosialisasikan pada pertengahan tahun 2000. Pada Tahun 2006, Depatemen (sekarang Kementrian) PU bekerjasama dengan POLRI dan PT JASA MARGA mengeluarkan Peta Mudik Lebaran beserta informasi mengenai nomor-nomor rute di Pulau Jawa:

Rute 1:
Merak-Cilegon-Serang-Tangerang-Jakarta-Bekasi-Karawang-Cikampek-Pamanukan-Lohbener-Palimanan-Cirebon-Tegal-Pekalongan-Semarang-Kudus-Rembang-Tuban-Babat-Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo-Pasuruan-Probolinggo-Situbondo-Ketapang

Rute 2:
Cilegon-Anyer-Labuan

Rute 3:
Jakarta-Depok-Bogor-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung-Cileunyi-Nagrek-Malangbong-Ciawi-Cikoneng-Ciamis-Majenang-Wangon-Buntu-Kebumen-Purworejo-Yogyakarta-Wonosari-Pacitan-Jetis-Trenggalek-Tulungagung-Blitar-Kepanjen-Pronojiwo-Lumajang-Jatiroto-Rambipuji-Jember-Banyuwangi-Ketapang

Rute 4:
Cikampek-Purwakarta-Plered-Padalarang

Rute 5:
Cileunyi-Sumedang-Kadipaten-Palimanan

Rute 6:
Tegal-Slawi-Prupuk-Bumiayu-Ajibarang-Wangon-Cilacap

Rute 7:
Lohbener-Indramayu-Karangampel-Cirebon

Rute 8:
Purwokerto-Rawalo-Maos-Gumilir

Rute 9:
Ajibarang-Purwokerto-Banyumas-Klampok-Banjarnegara-Wonosobo-Temanggung-Secang

Rute 10:
Banyumas-Buntu

Rute 11:
Sokaraja-Purbalingga-Klampok

Rute 12:
Purworejo-Salaman-Magelang

Rute 14:
Semarang-Ungaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Magelang-Mungkid-Sleman-Yogyakarta

Rute 15:
Yogyakarta-Klaten-Kartosuro-Solo-Sragen-Ngawi-Caruban-Nganjuk-Kertosono-Jombang-Mojokerto-Surabaya

Rute 16:
Bawen-Salatiga-Boyolali-Kartosuro

(rute 13 tidak ada. mungkin takhayul.....-red-)

Rute ini memang jarang disebut,tetapi sudah bisa dilihat di papan jalan.
Misal: contoh papan jalan di GT Cikopo:

http://3.bp.blogspot.com/_kJ5DpxaO5iw/S8gFmRKnWvI/AAAAAAAAANA/NfTR0TrUr0g/s1600/contoh.jpg


Cara membacanya adalah:
-untuk kearah Purwakarta,dari GT Cikopo kita belok kanan menempuh Rute nomor 4,sedangkan ke Bandung,menempuh Rute 4 dahulu sampai Padalarang,baru menempuh rute 3 menuju Bandung

-untuk kearah Cikampek(kota),Dari GT Cikopo kita belok kiri menempuh Rute 4,sedangkan menuju Karawang dan Cirebon,setelah menempuh rute 4,lalu menempuh rute 1


Nomor-nomor ini tidak berlaku untuk Jalan Bebas Hambatan(Jalan Tol)

semoga bermanfaat

CMIIW

Mantap infonya om... info ini pastinya sangat berguna bagi masyarakat luas... :)

ONAY119
10-21-2011, 10:23
Nice info oom yobood.....

Pada awalnya akan terasa aneh tapi nantinya juga akan jadi kebiasaan. Semoga dishub segera melengkapi penomoran papan penujuk jalannya.

administrator
10-21-2011, 10:57
sosialisasi yang kurang, kalau bisa / kalau perlu tiap ticket penumpang bus di belakang tiket di berikan rute2 tersebut, juga rute busnya yang akan di lewati. di rest area, pom bensin, rumah makan, supermarket lewat flyerrs2 / selembaran.

bahkan di beberapa negara, tiap tulisan/logo dr rumah makan, pom bensin di kanan atas ada rute angka, yang membantu para pengguna jalan tahu, kalau kendaraannya melewati jalur yang benar untuk menuju tujuan.

yang lucu beberapa tahun ini, saat mudik bnyk sekali pembuangan jalur di maksudkan menghindari macet, eh malah banyak pemudik yang nyasar kemana2.

yobood
10-22-2011, 14:44
sosialisasi yang kurang, kalau bisa / kalau perlu tiap ticket penumpang bus di belakang tiket di berikan rute2 tersebut, juga rute busnya yang akan di lewati. di rest area, pom bensin, rumah makan, supermarket lewat flyerrs2 / selembaran.

bahkan di beberapa negara, tiap tulisan/logo dr rumah makan, pom bensin di kanan atas ada rute angka, yang membantu para pengguna jalan tahu, kalau kendaraannya melewati jalur yang benar untuk menuju tujuan.

yang lucu beberapa tahun ini, saat mudik bnyk sekali pembuangan jalur di maksudkan menghindari macet, eh malah banyak pemudik yang nyasar kemana2.

waah..kalo yang ini sih...No Comment deh Oom Admin. Bawaan ny ngomong kasar mulu kalo inget Korps2 yang ngebuang jalur..haha

emang kurang sekali sosialisasinya,Oom. Mungkin cuma ada di peta yang dibagiin sm dinas terkait..itu juga pas musim mudik

andunisie
11-14-2012, 23:36
ane msh bingung ama cara penggunaan rute-rute ini...

irvanpk
09-13-2013, 16:40
wah, nambah pengetahuan lagi nih hehe, makasih infonya om