PDA

View Full Version : Terminal Rawamangun



Aria Maulana
04-12-2010, 15:18
http://i917.photobucket.com/albums/ad15/anang_ubh/21112009456.jpg
Terminal Rawamanun

argha satya
04-12-2010, 15:24
terminal yg bisa di bilang kecil . namun bus yg masuk sini bagus-bagus .
coba terminal'ny di gedein . makin banyak bus-bus yg dateng . hehe

Ryan.Agusta
04-12-2010, 15:47
Cuman gini aja om?? Gak ada info yang komplit mengenai terminal ini biar teman2 yang lain pada tau.

yobood
04-13-2010, 07:48
Cuman gini aja om?? Gak ada info yang komplit mengenai terminal ini biar teman2 yang lain pada tau.

coba saya tambahin Oom:

Terminal Rawamangun terletak di Jalan Perserikatan,kira2 dari perempatan Arion Mall berjarak 100m.

Terminal ini meskipun kecil,tetapi menjadi terminal 'filial' ny Pulo Gadung. Bus2 yang ada di sini kebanyakan melayani perjalanan ke Pulau Sumatera,tetapi sekarang ini banyak juga Bus yang melayani rute Pulau Jawa yang masuk terminal ini, termasuk Pahala Kencana yang selalu standby dengan minimal 3 armada di sebelah kiri pintu masuk. Salah satu alasannya karena Penumpang yang ingin ke kota-kota di Jawa sudah enggan untuk masuk ke PuloGadung. Apalagi kelas yang ditawarkan dari terminal rawamangun minimal Bisnis RS sampai Super Executive 2-1

Untuk yang ingin kesana:
-Dari Pulogadung bisa naik Metro Mini T-46/T-49,turun di dalem terminal
-Dari 'Markas' Terminal Lebak Bulus,naik PPD AC 16 tujuan Rawamangun
-Dari Blok M/UKI,bisa naik Mayasari Bakti R 300 tujuan Rawamangun
atau
Naik Transjakarta Rute DUKUH ATAS- TUGAS(bukan Pulogadung),turun d Shelter Arion

Ryan.Agusta
04-13-2010, 08:49
coba saya tambahin Oom:

Terminal Rawamangun terletak di Jalan Perserikatan,kira2 dari perempatan Arion Mall berjarak 100m.

Terminal ini meskipun kecil,tetapi menjadi terminal 'filial' ny Pulo Gadung. Bus2 yang ada di sini kebanyakan melayani perjalanan ke Pulau Sumatera,tetapi sekarang ini banyak juga Bus yang melayani rute Pulau Jawa yang masuk terminal ini, termasuk Pahala Kencana yang selalu standby dengan minimal 3 armada di sebelah kiri pintu masuk. Salah satu alasannya karena Penumpang yang ingin ke kota-kota di Jawa sudah enggan untuk masuk ke PuloGadung. Apalagi kelas yang ditawarkan dari terminal rawamangun minimal Bisnis RS sampai Super Executive 2-1

Untuk yang ingin kesana:
-Dari Pulogadung bisa naik Metro Mini T-46/T-49,turun di dalem terminal
-Dari 'Markas' Terminal Lebak Bulus,naik PPD AC 16 tujuan Rawamangun
-Dari Blok M/UKI,bisa naik Mayasari Bakti R 300 tujuan Rawamangun
atau
Naik Transjakarta Rute DUKUH ATAS- TUGAS(bukan Pulogadung),turun d Shelter Arion

Nice info om :thumbsup:

heru_yk
04-13-2010, 16:09
coba saya tambahin Oom:

Terminal Rawamangun terletak di Jalan Perserikatan,kira2 dari perempatan Arion Mall berjarak 100m.

Terminal ini meskipun kecil,tetapi menjadi terminal 'filial' ny Pulo Gadung. Bus2 yang ada di sini kebanyakan melayani perjalanan ke Pulau Sumatera,tetapi sekarang ini banyak juga Bus yang melayani rute Pulau Jawa yang masuk terminal ini, termasuk Pahala Kencana yang selalu standby dengan minimal 3 armada di sebelah kiri pintu masuk. Salah satu alasannya karena Penumpang yang ingin ke kota-kota di Jawa sudah enggan untuk masuk ke PuloGadung. Apalagi kelas yang ditawarkan dari terminal rawamangun minimal Bisnis RS sampai Super Executive 2-1

Untuk yang ingin kesana:
-Dari Pulogadung bisa naik Metro Mini T-46/T-49,turun di dalem terminal
-Dari 'Markas' Terminal Lebak Bulus,naik PPD AC 16 tujuan Rawamangun
-Dari Blok M/UKI,bisa naik Mayasari Bakti R 300 tujuan Rawamangun
atau
Naik Transjakarta Rute DUKUH ATAS- TUGAS(bukan Pulogadung),turun d Shelter Arion

Aku tambahin om, R57 (mayasari Bakti) Blok M-P.Gadung via mapang-Uki-Pemuda. tinggal turun di mall arion trus sambung mikrolet/bajaj atau jalan kaki juga deket. Biasanya terminal ini melayani pemberangkatan untuk tujuan Denpasar, Jatim, Palembang pada pukul 14-15. diatas jam 15-18 pemberangkatan untuk trayek solo, jogja dsk. diatas jam 18 pemberangkatan tujuan Jepara, semarang, purwokerto dsk.

yakube
04-13-2010, 16:17
coba saya tambahin Oom:

Terminal Rawamangun terletak di Jalan Perserikatan,kira2 dari perempatan Arion Mall berjarak 100m.

Terminal ini meskipun kecil,tetapi menjadi terminal 'filial' ny Pulo Gadung. Bus2 yang ada di sini kebanyakan melayani perjalanan ke Pulau Sumatera,tetapi sekarang ini banyak juga Bus yang melayani rute Pulau Jawa yang masuk terminal ini, termasuk Pahala Kencana yang selalu standby dengan minimal 3 armada di sebelah kiri pintu masuk. Salah satu alasannya karena Penumpang yang ingin ke kota-kota di Jawa sudah enggan untuk masuk ke PuloGadung. Apalagi kelas yang ditawarkan dari terminal rawamangun minimal Bisnis RS sampai Super Executive 2-1

Untuk yang ingin kesana:
-Dari Pulogadung bisa naik Metro Mini T-46/T-49,turun di dalem terminal
-Dari 'Markas' Terminal Lebak Bulus,naik PPD AC 16 tujuan Rawamangun
-Dari Blok M/UKI,bisa naik Mayasari Bakti R 300 tujuan Rawamangun
atau
Naik Transjakarta Rute DUKUH ATAS- TUGAS(bukan Pulogadung),turun d Shelter Arion

soal nya kalo naek yg pulogadung ga berhenti di halte Arion tapi lsg ke Pulogadung lewat veledrome trus lanjut ke Bermis.
tapi tiap Busway udh ada tulisannya kok kmana" nya.

yakube
04-13-2010, 16:20
oh iya di Rw. Mangun ini udh ada bis DAMRI ke Bandara SOETTA dari jam 04.00 pagi udh standby, malahan sebelum jam 4 udh penuh dia lsg brangkat.

@gung$
04-14-2010, 08:11
Rawa Mangun memang banyak dijadikan pilhan bagi masyarakat di bagian Timur Jakarta yang ingin bepergian dengan bis AKAP.

akses bis kota ke term. Rawa Mangun :
AC32 (Steady Safe) : Blok.M-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka- Pemuda-Rawa mangun
R300 (Mayasari Bhakti) : Blok.M-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-MT. Haryono-Cawang-UKI-By Pass Yos Sudarso-Rawa Mangun
AC16 (PPD) : LB. Bulus-Metro Pondok Indah-Arteri Pondok Indah-Kebayoran lama-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun
R973 (Jasa Utama) : Tanah Abang-Kebon Sirih-Thamrin-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun

T46 (Metro Mini) : Kampung Melayu-Mester-Matraman-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
T49 (Metro Mini) : Manggarai-Pasar Rumput-Megaria-Salemba-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
P03 (Metro Mini) : Senen-Galur-Cempaka Putih-By. Pass-Pemuda-Rawa Mangun

M02 (Mikrolet) : Kampung Melayu-Jatinegara-Pisangan-RS. Persahabatan-Rawa Mangun-Arion-Kayu Putih-Pulo Gadung
B04A (KWK) : Kelapa Gading-Mal Kelapa Gading-Boulevard Raya-Perintis Kemerdekaan (ASMI)-Pulo Mas-Velodrome-Rawa Mangun

mudah2an ga nyasar yahh...:ngacir:

argha satya
04-14-2010, 21:07
kalo dari bogor mau ke rw mangun kira2 naik ap yah? . males gonta-ganti kendaraan . hehe

iskandar
04-14-2010, 21:15
kalo dari bogor mau ke rw mangun kira2 naik ap yah? . males gonta-ganti kendaraan . hehe

Gak ada yang langsung om kecuali taksi. naik aja bis jurusan Bogor ke Tg Priok atau PL gadung turun di halte jayabaya/gudang garam terus nyeberang naik metro mini P 03 jurusan senen-Rawamangun.ok

yobood
04-14-2010, 23:17
Rawa Mangun memang banyak dijadikan pilhan bagi masyarakat di bagian Timur Jakarta yang ingin bepergian dengan bis AKAP.

akses bis kota ke term. Rawa Mangun :
AC32 (Steady Safe) : Blok.M-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka- Pemuda-Rawa mangun
R300 (Mayasari Bhakti) : Blok.M-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-MT. Haryono-Cawang-UKI-By Pass Yos Sudarso-Rawa Mangun
AC16 (PPD) : LB. Bulus-Metro Pondok Indah-Arteri Pondok Indah-Kebayoran lama-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun
R973 (Jasa Utama) : Tanah Abang-Kebon Sirih-Thamrin-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun

T46 (Metro Mini) : Kampung Melayu-Mester-Matraman-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
T49 (Metro Mini) : Manggarai-Pasar Rumput-Megaria-Salemba-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
P03 (Metro Mini) : Senen-Galur-Cempaka Putih-By. Pass-Pemuda-Rawa Mangun

M02 (Mikrolet) : Kampung Melayu-Jatinegara-Pisangan-RS. Persahabatan-Rawa Mangun-Arion-Kayu Putih-Pulo Gadung
B04A (KWK) : Kelapa Gading-Mal Kelapa Gading-Boulevard Raya-Perintis Kemerdekaan (ASMI)-Pulo Mas-Velodrome-Rawa Mangun

mudah2an ga nyasar yahh...:ngacir:

AC 32 udah ga ada Oom

satu lagi yg kurang:
PPD NE 2: Rawamangun-Grogol

@gung$
04-14-2010, 23:22
AC 32 udah ga ada Oom

satu lagi yg kurang:
PPD NE 2: Rawamangun-Grogol

oh iye bro..lupa

NE 2 (PPD) : Grogol-Roxy-Harmoni-Gambir-Kramat Raya-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun

hasfi
04-15-2010, 12:37
kl Sinar Jaya tujuan wonosobo dari rawamangun terakhir berangkat jam berapa ya?

ito boy
07-08-2010, 11:56
Rawa Mangun memang banyak dijadikan pilhan bagi masyarakat di bagian Timur Jakarta yang ingin bepergian dengan bis AKAP.

akses bis kota ke term. Rawa Mangun :
AC32 (Steady Safe) : Blok.M-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka- Pemuda-Rawa mangun
R300 (Mayasari Bhakti) : Blok.M-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-MT. Haryono-Cawang-UKI-By Pass Yos Sudarso-Rawa Mangun
AC16 (PPD) : LB. Bulus-Metro Pondok Indah-Arteri Pondok Indah-Kebayoran lama-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun
R973 (Jasa Utama) : Tanah Abang-Kebon Sirih-Thamrin-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun

T46 (Metro Mini) : Kampung Melayu-Mester-Matraman-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
T49 (Metro Mini) : Manggarai-Pasar Rumput-Megaria-Salemba-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
P03 (Metro Mini) : Senen-Galur-Cempaka Putih-By. Pass-Pemuda-Rawa Mangun

M02 (Mikrolet) : Kampung Melayu-Jatinegara-Pisangan-RS. Persahabatan-Rawa Mangun-Arion-Kayu Putih-Pulo Gadung
B04A (KWK) : Kelapa Gading-Mal Kelapa Gading-Boulevard Raya-Perintis Kemerdekaan (ASMI)-Pulo Mas-Velodrome-Rawa Mangun

mudah2an ga nyasar yahh...:ngacir:

lebih cepet mana ni om.,yg dari blok M or yg dari lebak bulus??
trus tarifnya brp ya.,
mkasih infonya..

yobood
07-08-2010, 20:57
lebih cepet mana ni om.,yg dari blok M or yg dari lebak bulus??
trus tarifnya brp ya.,
mkasih infonya..

bantu jawab Oom.
Oom dari Bintaro yah?

Mending naek AC 16 aja dari Lebak Bulus.
Tarif Rp 6000 (Patas AC,di dapat dari tarif AC P.Gadung-Grogol. Kira2 segitu lah,sma2 AC).
Emang jalan ya standar,Tapi mobil nya stand-by Oom di Lebak Bulus sm di Rawamangun.

Kalo dari Blok M,
'Gambling' bgt klo naek Reguler 300
2000 perak,tapi mobil ga pasti jam nya.

INDRA ABADI
07-12-2010, 18:58
Sedikit saya bantu infonya, tapi sangat penting artinya, yaitu Bis Bandara Soekarno Hatta - Rawamangun (pp)

Hedri
08-16-2010, 17:07
Ruang Tunggu Terminal


http://i916.photobucket.com/albums/ad3/hedri/Terminal/100_2401.jpg

PArkiran Terminal

http://i916.photobucket.com/albums/ad3/hedri/Terminal/100_2388.jpg

http://i916.photobucket.com/albums/ad3/hedri/Terminal/100_2392.jpg

http://i916.photobucket.com/albums/ad3/hedri/Terminal/100_2391.jpg

jamesbondan
10-18-2010, 11:58
Terminal ini emang nyaman banget buat yang alternatif dibanding terminal Pulogadung yang crowded banget..Terakhir Naik Rosalia Indah Purwokerto-Jakarta turun di terminal ini jam 04.00.Suasananya ga terlalu rame dibandingkan Pulogadung..

anggaeins
01-14-2011, 19:34
bantu jawab Oom.
Oom dari Bintaro yah?

Mending naek AC 16 aja dari Lebak Bulus.
Tarif Rp 6000 (Patas AC,di dapat dari tarif AC P.Gadung-Grogol. Kira2 segitu lah,sma2 AC).
Emang jalan ya standar,Tapi mobil nya stand-by Oom di Lebak Bulus sm di Rawamangun.
.

gw saranin JANGAN naik AC 16 ini.. gw udah pengalaman jalan dari LB ke RW, rekor naik AC 16, berangkat jam 3 sore, sampe rawamangun jam setengah 7 malam. ckckck. emang trayeknya muter2 ngelewatin senayan-sudirman-bundaran HI, yg pastinya kalo sore MACET dan NGETEM sepanjang jalan..

Akhirnya coba putar otak, dapat solusi yg lebih baik, naik P 20 tujuan Lb Bulus-Senen (ongkos 2000), turun di halte busway SMK 57 / halte Deptan Ragunan..lanjut naik busway cuma transit 1x di halte halimun, lgsg turun arion. ini JAUH lebih efektif, karena hanya memakan waktu sekitar 1 setengah jam. tergantung kepadatan saat transit di halte halimun

silahkan dicoba

jsusanto
07-12-2011, 13:52
Ini terminal emang top markotop, tadi pagi (Selasa 12 Juli 2011) masuk trans7, isi beritanya:
Toilet terminal Rw Mangun jauh dari kesan kumuh, dan emang seh ditayangan tsb si penjaga toilet membersihakan toiletnya pake sikat, pengakuannya; membersihkan toiletnya 2x dalam 1 hari.

Dan ane udah ngebuktiin sendiri, emang toiletnya bersih dan jauh dari kumuh, semoga dpt dicontoh oleh terminal lainnya.

antandelapan
07-12-2011, 16:04
aku suka banget sama terminal ini...
selain karena cukup bersih, terawat, dan aman dari calo, di sini juga bis-bis Sumatera-an favoritku pada mangkal semua, hehehehe...

kalo mau ke sini naik TransJakarta juga bisa koq, turun di shelter Arion, tinggal jalan kaki ke dalam, gak jauh koq...

anak sholeh
07-16-2011, 17:58
kalo naek motor ada gak ya penitipan sepeda motor sampe nginep kek di sekitar lebakbulus?

lumayan khan buat alternatif yg biasa pulang akhir pekan, dr jkt jumat sore, senen pagi nyampe jkt lg.

P9_Pondokgede
07-19-2011, 14:04
aku suka banget sama terminal ini...
selain karena cukup bersih, terawat, dan aman dari calo, di sini juga bis-bis Sumatera-an favoritku pada mangkal semua, hehehehe...

kalo mau ke sini naik TransJakarta juga bisa koq, turun di shelter Arion, tinggal jalan kaki ke dalam, gak jauh koq...


setuju....karakternya cm bs tersaingi sm Pinangranti

inget dlu sering bgt naik Conti dr sini

trkhr naik Conti dr sini tahun 2001...dan itu terakhir kali gw naik Conti sblm almarhum

almarhum bokap yg kerja d BPKP jg sngny ksni tiap Jumat, brgkt k Mlg

plg mgu pagi lsg turun k kantor

Imanuel_fc
07-20-2011, 08:27
emang mantap nih terminal... kemarin gua baru kesana maen2 sama temen.. terminalnya rapih, jauh dari kesan kumuh, cuma ya itu.. metro mini nya yang membuat kesan "kurang" enak..hehehe

yobood
07-21-2011, 01:23
emang mantap nih terminal... kemarin gua baru kesana maen2 sama temen.. terminalnya rapih, jauh dari kesan kumuh, cuma ya itu.. metro mini nya yang membuat kesan "kurang" enak..hehehe

ya mungkin cuma itu kelemahannya...haha

memang jauh dari kumuh,karena mungkin sifatnya yang memang sebagai terminal "Transit",naik turun atau bongkar barang. Jarang sekali disana ada perbaikan mobil,apalagi mandiin bis..

antandelapan
07-22-2011, 13:11
btw ada yg punya info gak tentang daftar bis2 yg mangkal di sini???

P9_Pondokgede
07-22-2011, 15:09
btw ada yg punya info gak tentang daftar bis2 yg mangkal di sini???


wah banyak om

enak dbikin per jalur

misal Jkt-Sby-MALANG ada Kramat djati, Pahala Kencana, Lorena Karina...(tambahin)

anak sholeh
07-24-2011, 06:27
wah banyak om

enak dbikin per jalur

misal Jkt-Sby-MALANG ada Kramat djati, Pahala Kencana, Lorena Karina...(tambahin)


Jakarta-Jogja: Kramat Djati, Pahala Kencana, Ramayana, Rosalia Indah, Sinar Jaya,

yobood
07-26-2011, 10:41
malah di Rawamangun Pahala Kencana punya lapak dkt jalur masuk...

maz_jacx
11-10-2011, 13:40
Kalo Jakarta-Ponorogo ada apa aja Om???

antandelapan
11-11-2011, 11:08
Kalo Jakarta-Ponorogo ada apa aja Om???
kayaknya sih ada PK sama KD... lainnya aku kurang tau...

kalo Solo-ers atau Wonogiri-ers yg di sini apa aja yah??? aku taunya Gunung Mulia doang...

oh iya, sekadar info, kalo kepagian nyampe di sini daripada nganggur bisa jalan dikit ke arah Arion, ada warnet... tapi lupa namanya...

Natazefa
11-22-2011, 19:07
terminal favorit neh..terakhir ksana 2 bln yg lalu,,,pas mw k jogja,,tp sayang tiket obl exe na uda habis,,,ramayana exe na jg ga ad,,katana lg dipake parwis DPRD magelang...akhirnya dpt tiket ramayana VIP

agung_symphonie
11-30-2011, 10:26
terminal favorit neh..terakhir ksana 2 bln yg lalu,,,pas mw k jogja,,tp sayang tiket obl exe na uda habis,,,ramayana exe na jg ga ad,,katana lg dipake parwis DPRD magelang...akhirnya dpt tiket ramayana VIP
brapa tiket ramayana yang vip gan???

agung_symphonie
11-30-2011, 10:30
kayaknya sih ada PK sama KD... lainnya aku kurang tau...

kalo Solo-ers atau Wonogiri-ers yg di sini apa aja yah??? aku taunya Gunung Mulia doang...

oh iya, sekadar info, kalo kepagian nyampe di sini daripada nganggur bisa jalan dikit ke arah Arion, ada warnet... tapi lupa namanya...
ya gan...pas lagi kopdar nyampe sore di rawamangun,,,cuma ngeliat gunung mulia doank yang ke solo,,,skrg sich ada shantika yang ke solo...tapi ga tau dech kalo dari terminal rawamangun ada yang ke solo or ga...

Khalif20
12-02-2011, 15:21
Rawa Mangun memang banyak dijadikan pilhan bagi masyarakat di bagian Timur Jakarta yang ingin bepergian dengan bis AKAP.

akses bis kota ke term. Rawa Mangun :
AC32 (Steady Safe) : Blok.M-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka- Pemuda-Rawa mangun
R300 (Mayasari Bhakti) : Blok.M-Sudirman-Semanggi-Gatot Subroto-MT. Haryono-Cawang-UKI-By Pass Yos Sudarso-Rawa Mangun
AC16 (PPD) : LB. Bulus-Metro Pondok Indah-Arteri Pondok Indah-Kebayoran lama-Sudirman-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun
R973 (Jasa Utama) : Tanah Abang-Kebon Sirih-Thamrin-Diponegoro-Salemba-Pramuka-Pemuda-Rawa Mangun

T46 (Metro Mini) : Kampung Melayu-Mester-Matraman-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
T49 (Metro Mini) : Manggarai-Pasar Rumput-Megaria-Salemba-Pramuka-Utan Kayu-Rawa Mangun-Pulo Gadung
P03 (Metro Mini) : Senen-Galur-Cempaka Putih-By. Pass-Pemuda-Rawa Mangun

M02 (Mikrolet) : Kampung Melayu-Jatinegara-Pisangan-RS. Persahabatan-Rawa Mangun-Arion-Kayu Putih-Pulo Gadung
B04A (KWK) : Kelapa Gading-Mal Kelapa Gading-Boulevard Raya-Perintis Kemerdekaan (ASMI)-Pulo Mas-Velodrome-Rawa Mangun

mudah2an ga nyasar yahh...:ngacir:

Sorry Yg B04A Bknnya U04 Yahh, BTW Tambahin Yaa Oh Iy Skarang R973 Udh Gk Ada Lagi

T27 = Permata Timur - Rawamangun
T26 = Kalimalang - Rawamangun
T25 = St.Cakung - Pd.Kopi - Rawamangun
T36 = Kalimalang - Cipinang Muara - Rawamangun
T24 = Kalimalang - Klender - Rawamangun
M04 = Rawasari - Rawamangun - Cililitan
M21 = P.Gadung - Rawamangun - Kp. Melayu
APB 02 JT = Pkl.Jati - Klender - Rawamangun
APB 01 = Perumnas Klender - Rawamangun
Klo Dri Kp.Rambutan Bisa Naek Mayasari Bhakti P 98 A Turun Di Arion Trus Naik M02
Klo Dri Uki Bisa Naik Mayasari Bhakti Ac 117 Turun Di Arion Trus Naik M02

poetra
03-08-2012, 13:59
Menyambung pertanyaan sebelumnya, apa ada rekans yg pernah menginapkan kendaraannya di terminal rwmangun? Baik itu mobil atau motor?

Salam

khairu77
04-25-2012, 12:32
Tolong info dari rekan-rekan sekalian,Bis Executive tujuan Solo berangkat dari Terminal rawamangun paling malam jam berapa?sebab rencana saya mau balik hari jumat dari jkt ke solo.jam 7an malam.

Trims sebelumnya atas infonya dari rekan2x semua.

gayoline
04-25-2012, 14:07
emang mantap nih terminal... kemarin gua baru kesana maen2 sama temen.. terminalnya rapih, jauh dari kesan kumuh, cuma ya itu.. metro mini nya yang membuat kesan "kurang" enak..hehehe
itu di krnakan kapasitas terminal yg masih kecil,jd mau g mau antara metro mini n bus jd mixing n kesan nya kurang enak di pandang, coba klu teminal nya besar bus n MM di pisah pasti view nya more beautiful...:D

gayoline
04-25-2012, 14:21
o..ya mo tanya ma rekan2 yg tau ni..
di rawamangun bg yg muslim, apa ada mushola nya g ya...?? al nya saya wkt ke sana g nemu.
tuk jurusan jkt-mdn-aceh selain kurnia n cv.pelangi. PMTOH ada g ya yg berangkat dr sana..? n agen nya ad g??
mohon petromax nya....thank's

best_one
04-25-2012, 23:09
Tolong info dari rekan-rekan sekalian,Bis Executive tujuan Solo berangkat dari Terminal rawamangun paling malam jam berapa?sebab rencana saya mau balik hari jumat dari jkt ke solo.jam 7an malam.

Trims sebelumnya atas infonya dari rekan2x semua.

rawamangun-solo executive terakhir jam 19:00 tiket di kisaran harga 165.000,0 executive 24 seat.....

best_one
04-25-2012, 23:14
KRAMAT DJATI
TERMINAL RAWAMANGUN
LOKET NO 2
TELP. 021. 47869750/4710731


Jam 12:00 : Jakarta- Denpasar
Jam 14:00 : Jakarta- Surabaya- Malang
Jam 15:00 : Jakarta- Palembang
Jam 15:00 : Jakarta- Denpasar
Jam 15:30 : Jakarta- Ponorogo
Jam 16:30 : Jakarta- Yogyakarta

best_one
04-25-2012, 23:20
PAHALA KENCANA
TERMINAL RAWAMANGUN
Loket no 3
Telp 021.47881463
1. Jam 11:30 : Jakarta- Denpasar
Via Surabaya- Probolinggo- Situbondo
2. Jam 13:30 : Jakarta- Jember
Via Pasuruan- Probolinggo
3. Jam 13:30 : Jakarta- Malang
Via Surabaya
4. Jam 14:00 : Jakarta- Palembang
Via…………
5. Jam 14:00 : Jakarta- Prabumulih
Via…….
6. Jam 14:00 : Jakarta-Denpasar
Via Probolinggo- Situbondo
7. Jam 14:30 : Jakarta-Denpasar
Via Singaraja…..
8. Jam 15:00 : Jakarta- Blitar
Via Solo-Madiun- Kediri
9. Jam 15:00 : Jakarta-Banyuwangi
Via Pasuruan- Probolinggo- Jember
10. Jam 16:30 : Jakarta- Bojonegoro
Via Kudus- Blora- Cepu
11. Jam 16:30 : Jakarta- Ponorogo*
Via Solo- Sragen- Madiun
12. Jam 16:30 : Jakarta – Yogyakarta*
Via Semarang- Ambarawa- Magelang
13. Jam 16:30 : Jakarta- Malang
Via Surabaya
14. Jam 18:30 : Jakarta- Jepara
Via Semarang- Kudus
15. Jam 19:00 : Jakarta- Wonosobo
Via Purwokerto
16. Jam 15:00 : Jakarta- Pekanbaru**
Via Palembang- Jambi


NB: * vip class
**hanya berangkat 4 kali dalam seminggu…..

best_one
04-25-2012, 23:22
LORENA/KARINA
TERMINAL RAWAMANGUN
Loket no 4 dan 5
Telp 021.47869728/29

LE 610 jam 11:00 = Jakarta- Denpasar
LE 140 jam 11:00 = Jakarta- Padang
LE 440 jam 13:00= Jakarta- Jember
LE 450 jam 13:30= Jakarta- Banyuwangi
LE 120 jam 14:00= Jakarta- Palembang
LE 420 jam 14:00= Jakarta- Malang
KS 420 jam 14:00= Jakarta- Malang (SUPER EXECUTIVE class)
LE 170 jam 14:30= Jakarta- Prabumulih
LE 340 jam 14:30= Jakarta- Blitar
LV 130 jam 15:00= Jakarta- Jambi (VIP class)
LE 236 jam 16:00= Bandung- Jakarta- Bukittinggi
LE 370 jam 17:00= Jakarta- Yogyakarta
LE 410 jam 17:30= Jakarta- Surabaya
LE 460 jam 17:30= Jakarta- Bojonegoro
LE 350 jam 18:00= Jakarta- Ponorogo
LB 2410 jam 19:00= Jakarta- Purwoketo ( business class)

Raden
06-12-2012, 12:20
pertama kali masuk Rawamangun, lumayan enak. Hampir ga ada calo yang berkeliaran. Serta jauh dr kesan kumuh. Dan satu lagi, hampir ga ada preman2 yg ngeganggu.

Saran ya, kalo bisa digedein lagi tuh terminal. biar bisa muat banyak. :D

rian zamami
06-12-2012, 21:46
pertama kali masuk Rawamangun, lumayan enak. Hampir ga ada calo yang berkeliaran. Serta jauh dr kesan kumuh. Dan satu lagi, hampir ga ada preman2 yg ngeganggu.

Saran ya, kalo bisa digedein lagi tuh terminal. biar bisa muat banyak. :D
menurut saya seh dg kapasitas yg segitu da bgus, soalnya biar g terlalu lama jg buat bus2 ngetem ato lain2nya,da hrs gantian ama bus yg lain, klo gede kmgkinan y spti pl gdung, akan jd g nyaman,entah tu preman dll....mngkin pendapat bismania yg lain g sma...cheerssss

endinks
06-14-2012, 12:10
PAHALA KENCANA
TERMINAL RAWAMANGUN
Loket no 3
Telp 021.47881463
1. Jam 11:30 : Jakarta- Denpasar
Via Surabaya- Probolinggo- Situbondo
2. Jam 13:30 : Jakarta- Jember
Via Pasuruan- Probolinggo
3. Jam 13:30 : Jakarta- Malang
Via Surabaya
4. Jam 14:00 : Jakarta- Palembang
Via…………
5. Jam 14:00 : Jakarta- Prabumulih
Via…….
6. Jam 14:00 : Jakarta-Denpasar
Via Probolinggo- Situbondo
7. Jam 14:30 : Jakarta-Denpasar
Via Singaraja…..
8. Jam 15:00 : Jakarta- Blitar
Via Solo-Madiun- Kediri
9. Jam 15:00 : Jakarta-Banyuwangi
Via Pasuruan- Probolinggo- Jember
10. Jam 16:30 : Jakarta- Bojonegoro
Via Kudus- Blora- Cepu
11. Jam 16:30 : Jakarta- Ponorogo*
Via Solo- Sragen- Madiun
12. Jam 16:30 : Jakarta – Yogyakarta*
Via Semarang- Ambarawa- Magelang
13. Jam 16:30 : Jakarta- Malang
Via Surabaya
14. Jam 18:30 : Jakarta- Jepara
Via Semarang- Kudus
15. Jam 19:00 : Jakarta- Wonosobo
Via Purwokerto
16. Jam 15:00 : Jakarta- Pekanbaru**
Via Palembang- Jambi


NB: * vip class
**hanya berangkat 4 kali dalam seminggu…..




Om saya mau tanya ada tidak PO Ramayana dari Terminal Rawamangun Jurusan JKT-Jambi. klu yang PO Kramat Djati ada tidak yg ke Jambi? harga tiketnya Berapaan ya? itu bis yang jumlah seatnya brp?

Andreassitohang
06-14-2012, 19:57
o..ya mo tanya ma rekan2 yg tau ni..
di rawamangun bg yg muslim, apa ada mushola nya g ya...?? al nya saya wkt ke sana g nemu.
tuk jurusan jkt-mdn-aceh selain kurnia n cv.pelangi. PMTOH ada g ya yg berangkat dr sana..? n agen nya ad g??
mohon petromax nya....thank's

Bus jurusan jakarta-aceh kan memang hanya itu.. kalo ke medan naik ALS dari sini juga bisa

Andreassitohang
06-14-2012, 20:00
emang mantap nih terminal... kemarin gua baru kesana maen2 sama temen.. terminalnya rapih, jauh dari kesan kumuh, cuma ya itu.. metro mini nya yang membuat kesan "kurang" enak..hehehe

Kalo yang ini setuju banget... apalagi metromini itu ngetemnya pas di pintu masuk.. jadi menghalangi bus2 yang mau masuk..

Andreassitohang
06-14-2012, 20:03
Om saya mau tanya ada tidak PO Ramayana dari Terminal Rawamangun Jurusan JKT-Jambi. klu yang PO Kramat Djati ada tidak yg ke Jambi? harga tiketnya Berapaan ya? itu bis yang jumlah seatnya brp?

sekedar menjawab.. mohon dikoreksi apabila salah...

Selama bbrapa kali saya ke terminal ini untuk PO Ramayana hanya ada yang jurusan jkt-jogja saja mas.. klo mau ke jambi sih naik JATRA juga bisa..
sekali lagi mohon dikoreksi apabila salah.. CMIWW :smile:

Dano danis
06-14-2012, 22:22
Terminal Rawamangun spot saya kalo hunting tuh
paling lama stay di rawamangun sampe jam stengah 5 sore :rolleyes::eek:

wani-piro
06-14-2012, 22:32
klo dri bekasi mau k rawamangun naik apa ya..

bagol_lovebus
06-14-2012, 22:51
klo dri bekasi mau k rawamangun naik apa ya..
Naek Sinjay aja om...

irul_amro
07-02-2012, 13:56
Kalo dari tebet ke rawamangun naik apa ya om???

potosphere
07-30-2012, 18:15
Di rawamangun ada agen raya gak ya?

Andreassitohang
07-30-2012, 20:51
Di rawamangun ada agen raya gak ya?

Raya adanya di pulogadung, lebak bulus, pinang ranti, dan lembang ciledug.. untuk yang di rawamangun raya gamasuk mas.. CMIWW :smile:

Andreassitohang
07-30-2012, 20:56
Kalo dari tebet ke rawamangun naik apa ya om???

tebetnya mana om?? kalo saran saya naik mikrolet 44 sampe ke melayu.. trus dari kp melayu sambung naik 46 sampe depan rawamangun

Yuli Ariyono
09-07-2012, 06:12
numpang tanya, sekitar rawamangun ada hotel/penginapan yg recommend gak utk backpacker?

Pisvot
09-07-2012, 16:17
Mohon info telpon sinar jaya di RM, tujuan jogja keberangkatan jam berapa ya?

yudis_sampurna
09-07-2012, 17:50
numpang tanya, sekitar rawamangun ada hotel/penginapan yg recommend gak utk backpacker?

recomended apa gak sih, belum tau saya... coba anda cek di google maps, keywordnya hotel rawamangun... saya menemukan ada 4 yang terdekat, Hotel Arion, Hotel Citra Cikopo, Hotel Cempaka 2, dan Hotel Pharmin.

Yuli Ariyono
09-08-2012, 05:24
recomended apa gak sih, belum tau saya... coba anda cek di google maps, keywordnya hotel rawamangun... saya menemukan ada 4 yang terdekat, Hotel Arion, Hotel Citra Cikopo, Hotel Cempaka 2, dan Hotel Pharmin.

makasih buat infonya om

kimoelz
09-14-2012, 15:38
gan mohon bantuan infonya nih, untuk bis yg ke jogja dari rwmangun apa aja

dan berangkat jam brp aja

thx.

omsani
12-27-2012, 22:19
mau tanya kalo dr rawamangun bis apa aja yg lewat tegal?
boleh sekalian minta kontak agen nya jg?
terimakasih

Andreassitohang
12-27-2012, 23:16
mau tanya kalo dr rawamangun bis apa aja yg lewat tegal?
boleh sekalian minta kontak agen nya jg?
terimakasih
lah,, bus" tujuan jateng yang via pantura kan pasti ngelewatin tegal? jadi bisa naik apa aja,

HerruKrismanto
01-15-2013, 16:21
Mohon info telpon sinar jaya di RM, tujuan jogja keberangkatan jam berapa ya?

Nomer telp agen sinjay rw.mangun:
(021)98268672
Tujuan Jogja berangkat jam 16.30 kelas Eksekutif,harga 95K

imung
01-16-2013, 21:32
Meski kecil, buat warga ibukota, Rawamangun jadi pilihan selain Lebakbulus, karena selain relatif aman dan nyaman, bis-bis yang masuk kesini umumnya bis-bis terbaik

omsani
02-04-2013, 11:52
Nomer telp agen sinjay rw.mangun:
(021)98268672
Tujuan Jogja berangkat jam 16.30 kelas Eksekutif,harga 95K


kalo tujuan tegal berangkat jam berapa ya??
sekalian minta no agen bus lain yg ada di rawamangun dong...sama jadwal busnya yg ke arah semarang...

thx ya

turbobus.12
02-05-2013, 12:17
wow....terminal favorit neh...........mudah2 bulan dpn ke sini lagi nih........mo ke kuta ah...dh lama ga jajan...eh jalan2....:tongue::smile:

khairu77
02-18-2013, 15:22
Mohon info dari teman-teman sekalian di sekitaran rawamangun,Bis terakhir yg ke Solo info terakhir Gunung Mulia dan Shantika bener gak? Brkt dari Rw mangun jam berapa dan diharga berapa sekarang? Sebab kalo gak salah akan ada peralihan penumpang yg lumayan besar dari Moda Kereta Api ke Bis.Dikarenakan perubahan Jadwal dan tarif,khususnya KA Ekonomi yang berubah per April 2013.

Mohon teman-teman Bismania bisa membantu.Thanks To All

Kim_Taeyeon
02-18-2013, 16:44
Mohon info dari teman-teman sekalian di sekitaran rawamangun,Bis terakhir yg ke Solo info terakhir Gunung Mulia dan Shantika bener gak? Brkt dari Rw mangun jam berapa dan diharga berapa sekarang? Sebab kalo gak salah akan ada peralihan penumpang yg lumayan besar dari Moda Kereta Api ke Bis.Dikarenakan perubahan Jadwal dan tarif,khususnya KA Ekonomi yang berubah per April 2013.

Mohon teman-teman Bismania bisa membantu.Thanks To All

Shantika yg ke Ponorogo via Solo sepertinya berangkat sore deh om...
kalo yg paling malam ya Gunung Mulia...
tapi bisa juga naik Muria-an seperti Bejeu, Muji Jaya, Haryanto, Nusantara, Shantika... turun di Semarang, lanjut ke Solo...

Interneste Benz2
02-18-2013, 17:05
Shantika yg ke Ponorogo via Solo sepertinya berangkat sore deh om...
kalo yg paling malam ya Gunung Mulia...
tapi bisa juga naik Muria-an seperti Bejeu, Muji Jaya, Haryanto, Nusantara, Shantika... turun di Semarang, lanjut ke Solo...

Sekedar info saja dulu memang ada Shantika Ponorogo seri D kelas Executive dari Rw. Mangun. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi Shantika Ponorogo yang ke Rawamangun, yang tersisa di Ponorogo hanya seri A (Bubulak), B (pasar Kemis), dan C (gunung Putri).
Jadi alternatif satu-satunya kalau ke Solo tanpa nyambung-nyambung saat malam hari dari Rawamangun, ya cuma PO Gunung Mulia saja.

Andreassitohang
02-18-2013, 17:10
Sekedar info saja dulu memang ada Shantika Ponorogo seri D kelas Executive dari Rw. Mangun. Tetapi sekarang sudah tidak ada lagi Shantika Ponorogo yang ke Rawamangun, yang tersisa di Ponorogo hanya seri A (Bubulak), B (pasar Kemis), dan C (gunung Putri).
Jadi alternatif satu-satunya kalau ke Solo tanpa nyambung-nyambung saat malam hari dari Rawamangun, ya cuma PO Gunung Mulia saja.
kalo pengen ke solo bukannya ada safari ya di rawamangun? kalo ga kenapa ga coba" ke PG aja om?

Interneste Benz2
02-18-2013, 17:36
kalo pengen ke solo bukannya ada safari ya di rawamangun? kalo ga kenapa ga coba" ke PG aja om?

Kalau Safari saya kurang tahu om jam berapa berangkatnya dari Rawamangun, yang saya ingat dari Rawamangun saat saya pulang dari kampus malam hari lewat terminal Rawamangun sekitar jam 7 malam, bus tujuan Solo sepertinya ya hanya PO Gunung Mulia. Kalau ke PG agak rawan om soalnya rata-rata bus jam segitu untuk tujuan Solo adalah bus-bus sapu jagad dengan calo-calonya yang cukup menyebalkan.

Andreassitohang
02-18-2013, 21:30
Kalau Safari saya kurang tahu om jam berapa berangkatnya dari Rawamangun, yang saya ingat dari Rawamangun saat saya pulang dari kampus malam hari lewat terminal Rawamangun sekitar jam 7 malam, bus tujuan Solo sepertinya ya hanya PO Gunung Mulia. Kalau ke PG agak rawan om soalnya rata-rata bus jam segitu untuk tujuan Solo adalah bus-bus sapu jagad dengan calo-calonya yang cukup menyebalkan.
Kalo safari waktu itu ane liat sekitar jam setengah 8an mas,, berangkatnya bareng ama GM juga jam 8an,, kalo ga salah liat jam waktu itu,, dan busnya cukup bagus kok

Interneste Benz2
02-19-2013, 08:18
Kalo safari waktu itu ane liat sekitar jam setengah 8an mas,, berangkatnya bareng ama GM juga jam 8an,, kalo ga salah liat jam waktu itu,, dan busnya cukup bagus kok

Oooo... begitu toh. Safari yang mana mas berangkat dari Rawamangun, Royal Safari yang armada front engine kah ?? atau Safari yang livery hijau seperti armada AKAPnya ??

Andreassitohang
02-20-2013, 07:28
Oooo... begitu toh. Safari yang mana mas berangkat dari Rawamangun, Royal Safari yang armada front engine kah ?? atau Safari yang livery hijau seperti armada AKAPnya ??
safari akap nya mas,,

Interneste Benz2
02-20-2013, 07:50
safari akap nya mas,,

Ooo... Berarti Safari yang livery hijaunya tuh. Berarti bisa jadi alternatif lain selain Gunung Mulia kalau ke Solo saat malam hari jam 7 dari Rawamangun.

chrys4usa
05-10-2013, 22:22
http://i1194.photobucket.com/albums/aa374/chrys4usa/RWM77.jpg

dewangga putra
05-12-2013, 12:20
Om mau tanya, kalo dari rm ke st.gambir naik apa aja yaa??

giarto
05-13-2013, 10:17
Om mau tanya, kalo dari rm ke st.gambir naik apa aja yaa??

nih om dewangga arternatifnya kalau mau naik angkutan umum
1. dari Rawa Mangun naik metro mini 03 turun di terminal senen
2. dari terminal senen naik P20 AC atau P20 non AC jurusan LB (AC Rp 5000 non AC Rp 2000) bilang aja bang turun gambir....
sekian dari saya salam.
ada yang akan menambahkan info lain silakan

dewangga putra
05-13-2013, 10:40
nih om dewangga arternatifnya kalau mau naik angkutan umum
1. dari Rawa Mangun naik metro mini 03 turun di terminal senen
2. dari terminal senen naik P20 AC atau P20 non AC jurusan LB (AC Rp 5000 non AC Rp 2000) bilang aja bang turun gambir....
sekian dari saya salam.
ada yang akan menambahkan info lain silakanbanyak


Waah maaasiih ya om..
Banyak membantu..
Kalo naik trans j bisa jugakah om??

ares
05-15-2013, 10:23
muriaan paling malam dari rawamangun apa ya om? dan jam berapa? buat PJKA nih (pulang jumat kembali ahad)

imung
05-15-2013, 17:48
muriaan paling malam dari rawamangun apa ya om? dan jam berapa? buat PJKA nih (pulang jumat kembali ahad)

Kayaknya ada Shantika, Bejeu, Nusantara yg agak malam berangkatnya antara 18.30-19.30, yg paling awal biasanya sih Muji Jaya om...

ares
05-17-2013, 10:31
Kayaknya ada Shantika, Bejeu, Nusantara yg agak malam berangkatnya antara 18.30-19.30, yg paling awal biasanya sih Muji Jaya om...
yang berangkat terakhir apa ya om?
minta cp agennya dong..

N 42 ER
05-25-2013, 16:17
banyak


Waah maaasiih ya om..
Banyak membantu..
Kalo naik trans j bisa jugakah om??

bisa om..halte busway lumayan deket kok, naik yang jurusan ke dukuh atas turun di matraman, transit naek overpass yang ke arah senen trus transit lagi ke arah gambir yang warna biru :)
transitnya 3x bayarnya sekali aja kok om.

yudis_sampurna
05-25-2013, 16:54
muriaan paling malam dari rawamangun apa ya om? dan jam berapa? buat PJKA nih (pulang jumat kembali ahad)

Om... Murian dari Rawamangun itu rata2 berangkat jam 7 malem. Mau itu Shantika, muji jaya, bejeu, nusantara... Berangkatnya gak mesti, pas jam 7, klo jam stengah 7 penumpang udah lengkap semua, ya biasanya langsung jalan... Klo pun jam 7 lebih masih belum jalan berarti ada penumpang yg telat... Biasanya ada toleransi... Kecuali nusantara, jam 7 belum dateng ya ditinggal. Kalo om mau turing PJKA, paling aman om sudah harus ada di terminal jam 18.30. Ini berdasarkan pengalaman saya yang juga sering memilih berangkat turing hari jumat...

kemal-23
06-06-2013, 20:56
yang berangkat terakhir apa ya om?
minta cp agennya dong..

setahu ane, yg berangkat yg brngkt paling akhir itu nusantara CMIIW..

biru
06-15-2013, 08:53
Sekedar nambahin info, mungkin ada yang belum tau, calon penumpang di terminal rawamangun bisa menitipkan/menginapkan sepeda motor di parkiran kantor dishub terminal.. Cuman ya, mungkin tarifnya agak mahal, 10.000/24 jam..

gayoh koplak
06-16-2013, 17:24
hehehe,kalo hunting di rawamangun terminal bisa dapet NS 01 dong,maknyuss bener dah!

Anas Mufid Bismania
07-21-2013, 22:05
Satu lagi buat anak sekolahan yang mau hunting ke rawamangun BUS SEKOLAH R-12 = Kampung Melayu - Rawamangun pake Elf karoseri Delima Mandiri. Jam Oprasionalnya Senin-Jumat 05.30-08.00, 11.00-14.30, dan 16.30-17-30 CMIIW.

ph_lash
09-10-2013, 09:36
http://megapolitan.kompas.com/read/2013/09/10/0757245/Mengubah.Wajah.Terminal.Jakarta.Kelas.Berbintang (http://megapolitan.kompas.com/read/2013/09/10/0757245/Mengubah.Wajah.Terminal.Jakarta.Kelas.Berbintang)




Mengubah Wajah Terminal Jakarta Kelas Berbintang



JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali membuat gebrakan. Setelah penataan para pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Tanah Abang, penertiban warga Waduk Ria Rio, Waduk Pluit dan yang lain, kini muncul program revitalisasi sebanyak 18 terminal bus di Jakarta.

Gubernur DKI Joko Widodo menjelaskan, revitalisasi itu telah masuk tahap DED (Detail Engineering Design). Rencananya, awal tahun akan memasuki tahap lelang konstruksi proyek. Selanjutnya akan groundbreaking dan diperkirakan akan rampung dua tahun lagi, yakni di tahun 2016 mendatang.

"Konsepnya masuk ke terminal tuh kayak masuk hotel bintang lima," ujarnya di Balaikota, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Jokowi mengatakan, proyek yang perencanaannya dimulai sejak tahun 2011 tersebut awalnya telah memiliki desain bangunan terminal, yakni gaya modern. Jokowi pun memberi sentuhan kolon ial kepada eksterior bangunan terminal. Adapun, interiornya campuran modern dan khas Betawi.

"Yang modern itu cepat ganti-ganti terus. Dikit-dikit mediterania, nanti ganti lagi. Kalau arsitek kolonial itu kan tidak, lebih abadi," lanjut Jokowi.

Tiga Konsep Terminal Kepala Dinas Perhubungan DKI Udar Pristono menjelaskan, pihaknya menyiapkan tiga konsep terminal yang akan direvitalisasi. Pertama, mezanine concept, yakni pergerakan orang atau penumpang berada di lantai terpisah dan tak ada crossing dengan angkutan umum.

Konsep ini akan diterapkan di terminal tipe A, terminal yang melayani antar kota antar provinsi, yakni Terminal Kampung Rambutan, Terminal Pulogadung Terminal Rawamangun, Jakarta Timur dan Terminal Kalideres, Jakarta Barat. Kedua, pedestrian crossing concept, yakni pergerakan orang atau penumpang berada di satu level atau sebidang dengan angkutan umum dan jalur pergerakan penumpang menggunakan zebra cross.

Konsep ini akan diterapkan di terminal tibe B, terminal yang melayani rute dalam kota, yakni Terminal Muara Angke, Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara ; Terminal Ragunan, Terminal Pasar Minggu, Jakarta Selatan ; Terminal Kota Jakarta, Terminal Tanah Merdeka, Jakarta Barat dan Terminal Klender, Jakarta Timur.

Ketiga, combination concept. Yakni kombinasi antara mezanine concept dan pedestrian crossing concept dalam satu terminal. Konsep ini diterapkan di Terminal Manggarai, Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan ; Terminal Grogol, Jakarta Barat ; Terminal Pinang Ranti, Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur dan Terminal Senen, Jakarta Pusat.

"Semuanya ada flow penumpang dan flow angkutannya. Ada terminal kedatangan, ada terminal keberangkatan. Terarah dan teratur. Penumpang yang melanggar flow itu ditangkap," ujarnya.

Tak hanya itu, di setiap terminal akan dikembang kan sisi bisnisnya melalui interaksi masyarakat, yakni dengan membuka food court serta ruang terbuka hijau di terminal tersebut. Pristono ingin aktivitas masyarakat dapat menuai keuntungan.

Pristono menjelaskan, dari ke 18 terminal yang akan direvitalisasi, hanya 15 yang menggunakan APBD, sedangkan tiga lainnya tidak. Sebab, tiga terminal itu saat ini bekerja sama dengan pihak swasta. Tiga terminal itu adalah Terminal Lebak Bulus (dijadikan Depo MRT), Terminal Blok M(PT Langgeng Ayom Lestari)dan Terminal Cililitan (PT PGC).

Pasti ada perlawanan

Pristono yakin revitalisasi 18 terminal bus di Ibu Kota menuai perlawanan dari penghuni terminal. Pihak pertama yang diprediksinya melakukan penentangan adalah pedagang kaki lima yang ada di dalam terminal bus. Ia pun mengambil antisipasi. "Kita ubah mind set-nya. Kalau selama ini kualitas jalanan, sekarang nggak boleh lagi, harus ada mutu," ujarnya.

Pristono mengaku maklum jika ada perlawanan. Namun, yang paling penting adalah penjelasan kepada pedagang itu. Di terminal bus dengan konsep yang baru, tetap akan mengakomodir pedagang. Namun, tetap melalui tahap seleksi. Hanya pedagang yang memiliki komitmen untuk menjaga mutu daganganlah yang dapat bertahan.

Traffic management construction

Revitalisasi 18 terminal itu rencananya dibangun mulai awal tahun 2014. Kini, masih dalam tahap lelang. Adapun, target penyelesaian proyek dengan total nilai Rp 1,7 triliun tersebut ditarget kan rampung dua tahun, yakni pada tahun 2016.

Pristono pun menyadari, saat pembangunan dilaksanakan, akan berdampak ke lingkungan di sekitar. Misalnya, kemacetan, polusi udara dan lain-lain. Ia pun telah menyiapkan Traffic Management Construction untuk mengatasinya.

"Traffic Management Construction itu rencana lalu lintas saat pembangunan. Jadi walau dibangun lalu lintasnya tetap berjalan biasa," ujarnya.


Editor : Ana Shofiana Syatiri

didit123
10-27-2013, 16:34
https://fbcdn-sphotos-h-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc3/p480x480/1380080_375329395931608_698965286_n.jpg

Royal_Class
12-05-2013, 10:04
andai lebak bulus, pulo gadung dan semua terminal diindonesia seperti rawamangun pasti enak.. yg pastinya Bebas Calo dan Aman..

EgaKage
12-11-2013, 14:12
Om", ane mau tnya ni, kbtulan mggu depan ada kperluan ke jkt..
yg masih bgung pulangnya om, blm pernah naek bis dr jkt ke smg, udh baca review disini kyanya rawamangun paling aman, rencana mau balik ke smg naek bis dari rw mgun aja..
Prtnyaannya :
1. kalo dari dukuh atas 2, ane naek busway arah ke pulogadung ya om? turun di halte pemuda rawamangun? (soalnya liat di situsnya busway bgtu sih, cmn ane kurang paham)
2. trus klo hari jumat kberangkatan paling mlm jm brp ya om? takut ketinggalan bis nih, soalnya selese acara juga sore, itupun lokasi di serpong.. T_T

Mohon pencerahannya om..
tks bgt..

tri hatmaja
01-09-2014, 17:14
sore all, asslm.
mau nanya nih kl bis yg tujuan ke semarang / solo yang berangkatnya diatas jam17.00 wib apa aja y??
makasih all friend..



salam toet2..

Andreassitohang
01-10-2014, 22:28
sore all, asslm.
mau nanya nih kl bis yg tujuan ke semarang / solo yang berangkatnya diatas jam17.00 wib apa aja y??
makasih all friend..



salam toet2..
kalo tujuan semarang banyak,, bus" muriaan rata-rata lewat smrg, dan brgkt diatas jam 5,, kalo solo mungkin royal safari,,

Den12
01-15-2014, 23:13
nanya donk om''

rawamangun - pekanbaru . kira'' naik apa ya ? trs jam brp brangkat nya ?

adi_yo
01-16-2014, 02:16
kalau mau yang transitnya cuma 2X, naik busway ke dukuh atas, terus pindah ke koridor(gak usah keluar), biasanya kalau hari kerja (07-09 dan 15-19) biasanya ada busway yang trayeknya bunderan senayan - pulogadung, turun deh di koridor busway gambir. bayarnya cuma sekali, kalau naiknya dibwah jam 7 tiketnya 2000 dan naiknya diatas jam 7 tiketya 3500


bisa om..halte busway lumayan deket kok, naik yang jurusan ke dukuh atas turun di matraman, transit naek overpass yang ke arah senen trus transit lagi ke arah gambir yang warna biru :)
transitnya 3x bayarnya sekali aja kok om.