PDA

View Full Version : PO. Batutumonga



seleb_celebes
11-17-2009, 09:19
Segala hal tentang PO. Batutumonga silakan dibagi disini

seleb_celebes
11-17-2009, 11:28
Sorry dapatnya cuma begini

http://i1019.photobucket.com/albums/af317/selebcelebes/DSC00373.jpg

waybus
11-21-2009, 00:16
apa ini milik orang toraja? kalo gak salah batu tumonga kan nama salah satu desa atau apalah di toraja yang tempatnya lumayan tinggi...bemer gak om?

seleb_celebes
11-21-2009, 17:38
apa ini milik orang toraja? kalo gak salah batu tumonga kan nama salah satu desa atau apalah di toraja yang tempatnya lumayan tinggi...bemer gak om?
~~~~~~~~~~~~~~~
betul om Batu tumonga adalah sebuah daerah di Toraja yg letaknya bagian pegunungan yg lumayan tinggi, Batumonga, Litha, Bintang Prima, Alam Indah, New Liman semuanya milik orang Toraja, sebagian besar bis di Sulawesi Selatan adalah milik orang Toraja

agung_atmi36
11-22-2009, 22:43
itu exe class, tp non ac ya ?

roda_perothol
11-26-2009, 10:54
liverynya hampir mrip PR Jogja

DJ_Oko
01-15-2010, 16:06
Yang saya tau seh, PO Batutumonga juga ngelen Palu-Toraja.. Kadang pake bus 3/4 ekonomi kadang juga pake bus AC Mitsubishi RM...

seleb_celebes
01-15-2010, 19:02
Yang saya tau seh, PO Batutumonga juga ngelen Palu-Toraja.. Kadang pake bus 3/4 ekonomi kadang juga pake bus AC Mitsubishi RM...

Betul sekali..... omong2 tau dari mana om, lokasinya dimana?

DJ_Oko
01-18-2010, 08:49
Betul sekali..... omong2 tau dari mana om, lokasinya dimana?

Ya tau lah... Kan pernah tinggal di Kota Palu 4 tahun n agennya deket ama kantor saya di sana...
Sekarang seh udah di Jakarta... Kalo di Kota Palu bis AKAP yang AC ya cuma PO Batutumonga ini aj.. Yang lain untuk rute Palu-Manado, Palu-Gorontalo, n Palu Makassar bisnya 3/4 non AC... Yang ada bigbus cuma yang ke Makassar, itu pun juga non AC..

triplesobries
03-25-2010, 09:51
waw, ini bumel ato patas non AC pak? mohon pencerahan

imanuel
07-16-2010, 10:22
oleh2 dari kendari..specially for bismania
maaf space krg luas...jadi gn deh hasilnya

http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0903-resize.jpg

imanuel
07-16-2010, 10:27
ni bokongnya..
wktu ambil foto ini bemper sy hampir dsikat sm motor..habis parkirannya mepet bgt sm jln raya..prempatan lagi..fiuh.hmpir aja!!
tp bwt rekan2 bismania..it's no problem..hehe

http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0902-resize.jpg

imanuel
07-16-2010, 10:31
kayanya ini bis sm yg uda difoto sm om seleb_selebes

http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0905-resize.jpg

imanuel
07-16-2010, 10:42
nah pas mw ngambil foto ini..ad yg nanya sy pake nada ketus :
Bpk : "Mw ngapain mas?"
Sy : "Mw ambil foto sj pak..kbtulan sy suka sm bis."
Bpk : "Untuk apa..dari mana??". (tetep pake nada ketus)
Sy : "Bkn dr mana2 pak..sy hnya penggemar bis."
Bpk : "Mas ini dr mn dan bwt apa foto2 bis sy??"

wadu kq jd berabe..trus sy blg:
Sy : "Sy bismania pak..terimakasi dh bole foto2..maaf mnganggu."

nah stlah itu sy lgsg ngacir deh..dan sblm sy prgi sy tanya kru bus yg ad dsitu siapa niy org..eh trnyt bener tu bpk yg punya bis..wadu kq g ramah sm pcinta bis y (pikir sy)..



http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0906-resize.jpg

imanuel
07-16-2010, 10:45
http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0907-resize.jpg

imanuel
07-16-2010, 10:49
ini foto trakir dr sy. Pdhl wkt itu sy pngn nanya2 lebih jauh,tp brhubung ktmu sm bpk2 yg krg ramah..jd y sy akhiri sj..hehe maaf y tmn2 bismania

http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0908-resize.jpg

AWEN'K
10-11-2010, 13:25
Ya tau lah... Kan pernah tinggal di Kota Palu 4 tahun n agennya deket ama kantor saya di sana...
Sekarang seh udah di Jakarta... Kalo di Kota Palu bis AKAP yang AC ya cuma PO Batutumonga ini aj.. Yang lain untuk rute Palu-Manado, Palu-Gorontalo, n Palu Makassar bisnya 3/4 non AC... Yang ada bigbus cuma yang ke Makassar, itu pun juga non AC..


lupa ya klo JAWA INDAH palu - manado juga pake bis besar .....

ONAY119
12-20-2010, 20:08
itu exe class, tp non ac ya ?

kayaknya ini Business class...nggak pake AC tapi seatnya 2-2

ONAY119
12-20-2010, 20:10
~~~~~~~~~~~~~~~
betul om Batu tumonga adalah sebuah daerah di Toraja yg letaknya bagian pegunungan yg lumayan tinggi, Batumonga, Litha, Bintang Prima, Alam Indah, New Liman semuanya milik orang Toraja, sebagian besar bis di Sulawesi Selatan adalah milik orang Toraja

bener Oom Celebs...hampir 1500 meter diatas permukaan laut (dpl)

ONAY119
01-16-2011, 21:57
Bis yang sama di halaman awal...tertangkap kamera di Toraja....

http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5462.jpg


http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5459.jpg

abraham
01-16-2011, 22:16
Bis yang sama di halaman awal...tertangkap kamera di Toraja....

http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5462.jpg

mau tanya om, tempat seperti rak di deket lampu belakang, buat apa ya?

Ryan.Agusta
01-17-2011, 02:22
mau tanya om, tempat seperti rak di deket lampu belakang, buat apa ya?

Sbg tangga utk menaik turunkan barang.

seleb_celebes
01-17-2011, 08:32
Sbg tangga utk menaik turunkan barang.

slain sebagai tangga juga, untuk tmpat gantungan sepeda motor, biasanya muat sampai 3 sepeda motor,
kmarin (16/01/11) ketemu di daerah pegunungan Kab. Kolaka Utara, jalurnya sangar lebar jalan maximal 5 meter, tikungan putar balik trus dihadang tanjakan dengan kemiringan skitar 40-45 drajat, xenia yg kupakai stuck di tengah2 padahal udah pake gigi 1, nah si Batutumonga ini santai saja melibas smuanya, skedar info bis ini pake bodi NA mesin Hino AK.

imanuel
01-17-2011, 10:40
slain sebagai tangga juga, untuk tmpat gantungan sepeda motor, biasanya muat sampai 3 sepeda motor,
kmarin (16/01/11) ketemu di daerah pegunungan Kab. Kolaka Utara, jalurnya sangar lebar jalan maximal 5 meter, tikungan putar balik trus dihadang tanjakan dengan kemiringan skitar 40-45 drajat, xenia yg kupakai stuck di tengah2 padahal udah pake gigi 1, nah si Batutumonga ini santai saja melibas smuanya, skedar info bis ini pake bodi NA mesin Hino AK.

om, sy pernah papasan sm ini bus di jalur kendari-pomala, kayanya masi d kab kolaka (maaf klo salah..sy krg trlalu mngrti daerahnya)
wkt itu sy naik terrano dan medannya trbilang ngejos, tp sy liat buat bis ini tdk ad mslh n sirkuitnya jg lmyn smpit.
wktu prjalanan ke bombana sy jg smpt brtemu bis jurusan makasar-kendari dg mnggunakan bis 3/4 yg sarat muatan. sy ingin brtanya itu bis apa y om? trus apa ad bis jurusan makasar-luwuk..terimakasi sblmnya

seleb_celebes
01-17-2011, 11:00
om, sy pernah papasan sm ini bus di jalur kendari-pomala, kayanya masi d kab kolaka (maaf klo salah..sy krg trlalu mngrti daerahnya)
wkt itu sy naik terrano dan medannya trbilang ngejos, tp sy liat buat bis ini tdk ad mslh n sirkuitnya jg lmyn smpit.
wktu prjalanan ke bombana sy jg smpt brtemu bis jurusan makasar-kendari dg mnggunakan bis 3/4 yg sarat muatan. sy ingin brtanya itu bis apa y om? trus apa ad bis jurusan makasar-luwuk..terimakasi sblmnya

kalau yg dari makassar-kendari kayaknya Toraja Indah atau Ketty, kalau Makassar - Luwuk setau saya PO. Tiga Berlian,...

imanuel
01-19-2011, 15:24
kalau yg dari makassar-kendari kayaknya Toraja Indah atau Ketty, kalau Makassar - Luwuk setau saya PO. Tiga Berlian,...

ok trimakasi infonya om..
nnt pas sy balik lg ke makasar pasti sy hub biar bs kopdar ato hunting bareng
mnt kontaknya y om..PM aj gpp

abraham
01-19-2011, 15:30
slain sebagai tangga juga, untuk tmpat gantungan sepeda motor, biasanya muat sampai 3 sepeda motor,
kmarin (16/01/11) ketemu di daerah pegunungan Kab. Kolaka Utara, jalurnya sangar lebar jalan maximal 5 meter, tikungan putar balik trus dihadang tanjakan dengan kemiringan skitar 40-45 drajat, xenia yg kupakai stuck di tengah2 padahal udah pake gigi 1, nah si Batutumonga ini santai saja melibas smuanya, skedar info bis ini pake bodi NA mesin Hino AK.
oooo....
manteb juga yah, muat 3 motor sekaligus...
btw, Batutumonga punya brp armada om? kok sepertinya bis yg dinaikkan ke forum ini sama semua?

seleb_celebes
01-19-2011, 21:05
oooo....
manteb juga yah, muat 3 motor sekaligus...
btw, Batutumonga punya brp armada om? kok sepertinya bis yg dinaikkan ke forum ini sama semua?

ada beberapa unit tapi memang jumlahnya tidak terlalu banyak, yg kelas eksekutif juga ada, ngelen Makassar - Toraja

Penggila_Bis
01-21-2011, 09:47
http://i670.photobucket.com/albums/vv67/Penggila_Bis/30.jpg

Silahkan jika Anda memiliki Informasi, komentar atau hasil hunting PO. Batu Tumonga. Bis ini banyaknya 3/4 (Microbis) jarang yang bis besar. Jurusannya Makassar - Toraja sampai ke Kendari

ONAY119
01-21-2011, 11:48
http://i670.photobucket.com/albums/vv67/Penggila_Bis/30.jpg

Silahkan jika Anda memiliki Informasi, komentar atau hasil hunting PO. Batu Tumonga. Bis ini banyaknya 3/4 (Microbis) jarang yang bis besar. Jurusannya Makassar - Toraja sampai ke Kendari

Dapet bis yang sama nih...
http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5459.jpg

bokongnya....
http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5462.jpg

Penggila_Bis
01-21-2011, 13:08
Nama Batu Tumonga itu berasal dari nama suatu daerah di Toraja Utara tepatnya daerah Sesean. Daerahnya memang banyak batunya dan besar-besar...

angga 475
01-21-2011, 13:29
pernah coba sekali touring kekendari pake batu tumonga..seru abiss..jalurnya menegangkan soalnya jalannya sempit dan di tepi jurang...salut ama drivernya...bisnya juga bukan bis yang sedang tapi yang besar....

angga 475
01-21-2011, 13:34
http://i670.photobucket.com/albums/vv67/Penggila_Bis/30.jpg

Silahkan jika Anda memiliki Informasi, komentar atau hasil hunting PO. Batu Tumonga. Bis ini banyaknya 3/4 (Microbis) jarang yang bis besar. Jurusannya Makassar - Toraja sampai ke Kendari
ada juga yang ngeline ampe ke palu (sulteng)...

Penggila_Bis
01-21-2011, 13:41
ada juga yang ngeline ampe ke palu (sulteng)...

Oh, ya Om... Makasih tambahannya..

ONAY119
01-23-2011, 22:37
Dapet penampakan Batu Tumonga sewaktu melintas di Bandara Sulatan Hasanuddin...

http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5821.jpg

Mungkinkah ini Scania ? mengingat ada tulisan seperti ini ?

http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5819.jpg

roBani31
01-23-2011, 22:53
bisnya mengingatkan akan HANDOYO jogja....

Ryan.Agusta
01-23-2011, 22:54
Mungkinkah ini Scania ? mengingat ada tulisan seperti ini ?

http://i1142.photobucket.com/albums/n613/ONAY119/Bismania/Batu%20Tumonga/IMG_5819.jpg

Unik nih, logo mirip Hino tp tulisan Eurolines Scandinavia yang berarti Swedia (bs jadi Scania atau Volvo mungkin)

ONAY119
01-23-2011, 23:14
Unik nih, logo mirip Hino tp tulisan Eurolines Scandinavia yang berarti Swedia (bs jadi Scania atau Volvo mungkin)

maaf Oom OOT, di forum sulawesi ada juga thread batu tumonga yang dibuat sama Oom seleb celebes...jadinya ada dua. Gimana ya ?

Ryan.Agusta
01-23-2011, 23:25
maaf Oom OOT, di forum sulawesi ada juga thread batu tumonga yang dibuat sama Oom seleb celebes...jadinya ada dua. Gimana ya ?

Thanks infonya, ane merge sekarang thread'nya.

ONAY119
01-23-2011, 23:30
Thanks infonya, ane merge sekarang thread'nya.

Makasih Oom Momod...

Penggila_Bis
01-23-2011, 23:53
Wah, sori para Om sekalian.. dikirain ane thread ini gak ada.. eh taunya udah ada... sori kalo double thread jadinya..

seleb_celebes
01-24-2011, 07:50
Unik nih, logo mirip Hino tp tulisan Eurolines Scandinavia yang berarti Swedia (bs jadi Scania atau Volvo mungkin)

Saya pernah liat dari dekat, mesinnya pake Hino AK...,

ONAY119
01-24-2011, 14:24
Saya pernah liat dari dekat, mesinnya pake Hino AK...,

Weleh..weleh...tersamar oleh tulisan di kacanya. Makasih Oom Seleb.

angga 475
01-25-2011, 12:09
sekedar namabah...kayanya semua bis besar dari PO. Batu tumonga pake mesin Hino Ak....!!!, coba koreksi kalo salah...!!

august146
01-28-2011, 09:51
- Batutumonga itu artinya batu yg menghadap ke atas, kalau dalam artian orang Toraja itu di deskripsikan sebagai Orang yang sombong / angkuh. tahun 2000 - 2005 banyak yang tidak mau naik bis ini karena sering terjadi kecelakaan walau sebenarnya kalau dipikir secra logis yah g ada hubungan nama dengan kejadian yg terjadi, tpi yah itulah orang Toraja ( Secara saya org Toraja juga, hahaha ).

- PO. punya orang Toraja sampai saat ini : Litha & Co, Bintang Prima, Alam Indah ( kabar yang saya dengar Bintang Prima adalah pecahan dri Alam Indah ), New Liman, Manggala Trans, Metro Permai, Bintang Timur, Batutumonga.

- beberapa PO yang sempat jaya walau akhirnya tenggelam : Segeri Indah, Harapan Baru, Setuju ( kalau yang ini masih beroperasi cuma tinggal bebrapa unit saja )

DJ_Oko
04-19-2011, 12:55
sekedar namabah...kayanya semua bis besar dari PO. Batu tumonga pake mesin Hino Ak....!!!, coba koreksi kalo salah...!!

Bisnya yang trayek Palu-Toraja pake Mitsubishi RM bos...

DJ_Oko
04-19-2011, 12:57
ada juga yang ngeline ampe ke palu (sulteng)...

yang ngelen ke Palu bukan yang dari Makassar, tapi dari Toraja.. cmiiw...

DJ_Oko
04-19-2011, 13:01
nah pas mw ngambil foto ini..ad yg nanya sy pake nada ketus :
Bpk : "Mw ngapain mas?"
Sy : "Mw ambil foto sj pak..kbtulan sy suka sm bis."
Bpk : "Untuk apa..dari mana??". (tetep pake nada ketus)
Sy : "Bkn dr mana2 pak..sy hnya penggemar bis."
Bpk : "Mas ini dr mn dan bwt apa foto2 bis sy??"

wadu kq jd berabe..trus sy blg:
Sy : "Sy bismania pak..terimakasi dh bole foto2..maaf mnganggu."

nah stlah itu sy lgsg ngacir deh..dan sblm sy prgi sy tanya kru bus yg ad dsitu siapa niy org..eh trnyt bener tu bpk yg punya bis..wadu kq g ramah sm pcinta bis y (pikir sy)..



http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0906-resize.jpg

Mungkin ownernya belum tau kalo ada bismania, jadinya ya kurang ramah n kita dicurigai sebagai pegawai kompetitornya... Lain kali, sebelum foto2, mungkin bisa minta ijin dulu ama pihak POnya..

imung
04-19-2011, 13:21
http://i670.photobucket.com/albums/vv67/Penggila_Bis/30.jpg

Silahkan jika Anda memiliki Informasi, komentar atau hasil hunting PO. Batu Tumonga. Bis ini banyaknya 3/4 (Microbis) jarang yang bis besar. Jurusannya Makassar - Toraja sampai ke Kendari

Ini exe class ya om?
Mungkin saking beratnya medan di Sulawesi, sampai-sampai giginya batu tumonga rompal begini...

Penggila_Bis
04-21-2011, 02:59
Ini exe class ya om?
Mungkin saking beratnya medan di Sulawesi, sampai-sampai giginya batu tumonga rompal begini...

bukan.. bisnis RS... jalan di sulawesi kecil2 tapi bisnya gede2.. rusak sih gak

Areey21
08-06-2011, 15:44
http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0248.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0240.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0235.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0232.jpg


Legenda ..

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0234.jpg

dr.cbl
08-29-2011, 04:11
Batutumonga with New Armada Caroserie
http://a6.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/311443_269471179731502_100000058676499_1174076_464 2938_n.jpg

dr.cbl
09-06-2011, 22:52
http://a8.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/295919_274809385864348_100000058676499_1197005_401 0372_n.jpg

Areey21
08-27-2012, 20:27
New PO.Batutumonga | Mercedes Benz OH Series 1626 Built Up | Free WIFI Connection

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/Batutumonga.jpg

Areey21
08-27-2012, 20:29
Setibanya di Dealer Mercy - Makassar

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_88121280x853.jpg

Areey21
08-28-2012, 19:48
THE GREEN

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_88281280x853.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_88291280x853.jpg

tondon
08-28-2012, 23:31
gebrakan baru dari batutumonga

Areey21
08-29-2012, 19:43
betul Om , langsung naik kelas .. heheh

sanholic
08-29-2012, 20:44
oleh2 dari kendari..specially for bismania
maaf space krg luas...jadi gn deh hasilnya

http://i887.photobucket.com/albums/ac76/imanuelsupriyanto/IMG_0903-resize.jpg

mirip Putra remaja ya livery nya

shavika
09-03-2012, 07:50
full color ciri bis sulawesi.siiip......


http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/Batutumonga.jpg

tondon
09-04-2012, 14:08
Legenda ..

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0234.jpg

yang ini dah nggak ngelen yah?

bayu tetap sanjaya
09-15-2012, 21:18
Setibanya di Dealer Mercy - Makassar

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_88121280x853.jpg


fulll color.... keren.... hehe

chrestianCBL
02-26-2013, 08:26
http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0248.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0240.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0235.jpg

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0232.jpg


Legenda ..

http://i1084.photobucket.com/albums/j406/Areey/IMG_0234.jpg

ada kenangan tersendiri pada mobil batutumonga yg tua,.:smile:

chrestianCBL
02-26-2013, 08:28
yang ini dah nggak ngelen yah?

kayaknya sudah ngga ngelen lagi,.
karna tiap saya ke toraja, si batutumonga terparkir trus di situ,.