PDA

View Full Version : Singkatan di dunia per-bisan.



Mbelgedes-Benz
01-22-2010, 19:50
Mari berbagi singkatan yang ada di dunia per-bisan dan forum ini,dimulai dari:

1.AKAP = Antar Kota Antar Propinsi.

2.AKDP = Antar Kota Dalam Propinsi.

3.AC = Air Conditioner.

4.ATB = AC Tarif Biasa.

5.KTT = Kunjungan ke Terminal Terminal.

6.KOPDARNAS = Kopi Darat Nasional.


Silahkan di tambahkan yang lain ...

EvoTech
01-22-2010, 20:05
KL: Kartu Langganan (ala SK)
CD: Co Driver / Cadangan / atau apa lah... beda orang beda arti...
RS: Rahayu Santosa / Reclining Seat
RI: Restu Ibu
AP: Adi Putro
MP: Morodadi Prima
MB: Mercedes-Benz
LB: Lebak Bulus
RW: Rawamangun
RM: Rawamangun / Rumah Makan
PG: Pulogadung
KpR: Kampung Rambutan

devjonk
01-22-2010, 20:06
PATAS : cepat terbatas

BDB : bebas dari biaya

PK : pahala kencana....hehe piss

Ayo tambah lagi dunkz, biar gak asing denger singkatan2 neh..

abraham
01-22-2010, 20:43
ANDK : antar nona dalam kota

sanholic
01-22-2010, 20:45
BB = Belum bayar

Spj = Surat perintah jalan

Klaim = Hukuman (biasanya berupa denda)

kelok = Rusak (biasanya sampai tidak bisa melanjutkan perjalanan lagi)

Mbelgedes-Benz
01-22-2010, 21:18
DLLAJ = Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan.

DLLAJR = Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Raya.

DISHUB = Dinas Perhubungan.

HUBDAR = Perhubungan Darat.

PP = Pulang Pergi.

ORGANDA = Organisasi Pengusaha Nasional Angkutan Bermotor di Jalan / Organisasi Angkutan Darat

Kepanjangan ''ORGANDA'' sering membingungkan,biar jelas bisa klik = http://www.organda.or.id/tentang-organda/histori

masiwan
01-22-2010, 21:58
DAMRI = Djawatan Angkoetan Motor Republik Indonesia
sumber : www.damri.co.id

SoulLis
01-22-2010, 22:12
HIBA UTAMA : Hanya Ini Bis Anda Untuk Tamasya.. hehe..piss ya. ini kata temen gw yang gawe di Hiba.

yobood
01-22-2010, 23:05
PPD:
Perusahaan umum Pengangkutan DULUuuu...banget..

just kidding.. :D

Ryan.Agusta
01-22-2010, 23:07
ini serius atau guyon ya??

please hargai TS

yobood
01-22-2010, 23:20
ups,
Maaf Oom.
segera kembali ke trayek yg benar

najech
01-22-2010, 23:22
ternyata om sodong bisa galak juga yach....

:peace: :peace: :peace:

Mbelgedes-Benz
01-22-2010, 23:26
PPD:
Perusahaan umum Pengangkutan DULUuuu...banget..

just kidding.. :D

Hehehee,ini yang benar om :

PPD = Perusahaan Pengangkutan Djakarta.

Oke,dilanjuttttttt:smiley_beer:

doha77
01-22-2010, 23:29
BB = Belum bayar




Bayar Belakang alias ngutang.

yobood
01-22-2010, 23:29
ini yang bener neh...
KOPAJA : Koperasi Angkutan Jakarta

doha77
01-22-2010, 23:33
KOPATA = KOPerasi Angkutan yogyakarTA ( bus kota di Jogja warna orange-putih)

ASPADA = ASosiasi Pengusaha Angkutan DArat ( buskota biru muda, masih di Jogja )

opo maneh yo..??

yobood
01-22-2010, 23:37
kalo KOBUTRI oom?
kayakny Jogja juga deh..

KOPAYU : Koperasi Angkutan Indramayu

Mbelgedes-Benz
01-22-2010, 23:37
KOWANBISATA = Koperasi Karyawan Bis Antar Kota.

doha77
01-22-2010, 23:40
Jogja nambahi maneh:

PUSKOPKAR = PUSat KOPerasi KARyawan

KOBUTRI = KOperasi Bina Usaha Transportasi

yobood
01-22-2010, 23:41
@Oom Mbelgedes:
OO itu tho singkatanny?
bis penasaran,kenapa setiap baju Calo2 terminal dari PO apapun ada Badge Kowanbisatany..

roda_perothol
01-22-2010, 23:43
SIM = surat ijin mengemudi --> Penting neeeh.. ga ada sim ditilang loch..

STNK = surat tanda nomor kendaraan [juga pentingg]

hehe..

NUSA = Nugraha Saputra [bus kota solo]

RELA = REjeki LAncar

Mbelgedes-Benz
01-22-2010, 23:47
@Oom Mbelgedes:
OO itu tho singkatanny?
bis penasaran,kenapa setiap baju Calo2 terminal dari PO apapun ada Badge Kowanbisatany..
iya om,selain dari Armada yang di caloin tetapi ada juga yang tanpa badge alias polos....lanjuttttt:bolakbalik:

mumu
01-23-2010, 00:16
Nambahin dkit om
ANGKOT : Angkutan Kota
ANKUDES : Angkutan Pedesaan
GMS : Gajah Mulia Sejahtera
ALS : Antar Lintas Sumatera
SAN : Siliwangi Antar Nusa

Mhon dikoreksi om brg kali salah

najech
01-23-2010, 00:23
nambahin dikit

JUPE : Jupiter (dalam forum BISMANIA)
Bandrex : Bandung Expres

:peace: :peace: :peace:

goes eka
01-23-2010, 09:17
ANS ???




20 karakter,,,,,,

devjonk
01-23-2010, 12:04
CBU : cahaya bakti utama (kalo ini masuk grupnya mayasari bukan ya?)

hmalaka
01-23-2010, 13:35
GM=GUNUNG MULIA Rosin=Rosalia indah SP=SUMBA PUTRA TD=TUNGGAL DARA HJ=HARAPAN JAYA

EvoTech
01-23-2010, 14:08
ANS ???




20 karakter,,,,,,



kalo ga salah Aman Nyaman Sejahtera...
CMIIW:peace:

FERDHINO
01-23-2010, 19:59
PJT: Penanggung jawab Jalur Trayek.
PADIKA: PAguyuban pengemuDI KAlikajar
PPWP: Paguyuban Pengemudi Wonosobo Purworejo
PAMP: Paguyuban Angkutan Magelang Purworejo


Sorry kalo lupa, Paguyuban mgkn Persatuan.

masiwan
01-23-2010, 23:34
NPM=Naikilah P..... Minang
P nya belum yakin apakah Perusahaan, Pengusaha ...
tolong dikoreksi ya ....

yobood
01-24-2010, 10:47
HIBA UTAMA : Hanya Ini Bis Anda Untuk Tamasya.. hehe..piss ya. ini kata temen gw yang gawe di Hiba.

HIBA UTAMA ini juga singkatan: HIdup BAru UTAMA
sama kayak HIBA PUTRA Bandung-Sukabumi

RS:
-Rahayu Santosa
-Reclining Seat: Kode untuk Kelas Bisnis Non AC,
asal istilah dari Kursi yg bisa di setel sudut kemiringan ny.

dirgan
01-27-2010, 11:43
kalo PRIMKOPOL apa????

pendrex
01-27-2010, 11:58
kalo PRIMKOPOL apa????
PRIMKOPOL kalo gak salah kan di truk ...

Ryan.Agusta
01-27-2010, 11:59
kalo PRIMKOPOL apa????

Koperasi Kepolisian kalo gak salah

dirgan
01-27-2010, 12:01
PRIMKOPOL kalo gak salah kan di truk ...
kalo di purworejo ada bis 3/4 yang POnya Primkopol..
warnanya coklat..

Mbelgedes-Benz
01-27-2010, 12:44
kalo PRIMKOPOL apa????


Perhimpunan Koperasi Polisi ada juga yang menyebutkan dengan Primair Koperasi Polisi.

dirgan
01-27-2010, 12:47
Perhimpunan Koperasi Polisi ada juga yang menyebutkan dengan Primair Koperasi Polisi.

okeh matur thangkyu om atas infonya...

Mbelgedes-Benz
01-27-2010, 13:00
okeh matur thangkyu om atas infonya...

Sama-sama om,sekalian nambahin juga INKOPOL = Induk Koperasi Polisi/Kepolisian.

Sticker/Tulisan Primkopol dan Inkopol banyak di temukan pada mobil2 derek yang berseliweran di DKI Jaya dan sekitarnya,biasanya di pasang di bagian lambung kendaraan atau di kaca depan bagian atas.

Kakang_Prabu
01-27-2010, 17:07
NPM=Naikilah P..... Minang
P nya belum yakin apakah Perusahaan, Pengusaha ...
tolong dikoreksi ya ....


tak tambahi y Yang benar NAIKILAH PERUSAHAAN MINANG


:thumbsup: :thumbsup:

Mbelgedes-Benz
01-28-2010, 14:28
PJR = Patroli Jalan Raya

PATWAL = Patroli dan Pengawalan

Bouzel
01-28-2010, 14:53
ANS ???



kalo ga salah Aman Nyaman Sejahtera...
CMIIW:peace:

pernah dulu liat di Agen PG..(95-96) dibawah huruf ANS tertulis
Antar Nusa Sumatera
Lupa2 inget bis dah lama banget.. cmiiw :amazed::peace::peace:


_______________
FB: Budi bandrek
081805814842
Maniac SSM & Laju Prima

dirgan
01-28-2010, 15:46
Kalo KOPADA?
mungkin Koperasi Angkutan Daerah kali ya?

yobood
01-31-2010, 19:59
MPU

(klo ga salah) Mikrobus Pengangkut Umum.

ini biasanya pengganti Angkot d desa.
Ukuranya lebih kecil dari bus 3/4

-mohon koreksi bila salah-

yayan
03-05-2010, 23:34
Kalau naek MIRA or SK bilang j KL ( Kartu Langganan ), Lumayan,,,,,,solo madiun yg biasanya Rp 13.000 jadi Rp 11.000,,,,,hahaha

Penggila_Bis
03-06-2010, 01:27
Ada yang tahu kepanjangan SANUTRA? Dulu bis-bis Sumatra suka nulis di belakang bus-nya (termasuk ALS=red)... Mungkin rekan2 ada yang tahu?

Achmad Sudarmadi
03-06-2010, 03:38
kalo AJB apa ya? bis2bumel yang trayek semarang ada biasanya.
PU: Penantian Utama
RGU: Realita guna Usaha
RBU: Raja Basa Utama
ARP: Angkutan Rembang-Purbalingga (rembang nama kecamatan di purbalingga)

Fatamorgana
03-06-2010, 07:15
Ada yang tahu kepanjangan SANUTRA? Dulu bis-bis Sumatra suka nulis di belakang bus-nya (termasuk ALS=red)... Mungkin rekan2 ada yang tahu?
mungkin semaca team keamanan *** semacam Gajah Oling ya...? mungkin, sama-sama belun tahu.. hhehehhe... mungkin yang lain ada yang tahu..?:smiley_beer:

bang Toda
03-07-2010, 12:38
HIBA UTAMA : Hanya Ini Bis Anda Untuk Tamasya.. hehe..piss ya. ini kata temen gw yang gawe di Hiba.


bisa aja temen ente ...bro......

rds1105
03-07-2010, 12:44
Ini masuk gak ya...:siul:
NT : New Travego
NM: New Marcopolo

(warning!!20character!!)

Nglaju Naik Bis
03-13-2010, 09:48
Senja Furnindo:Senang Jati Furniture Indonesia...

SoulLis
03-14-2010, 01:35
pernah dulu liat di Agen PG..(95-96) dibawah huruf ANS tertulis
Antar Nusa Sumatera
Lupa2 inget bis dah lama banget.. cmiiw :amazed::peace::peace:


_______________
FB: Budi bandrek
081805814842
Maniac SSM & Laju Prima


ANS ???




20 karakter,,,,,,


kalo ga salah Aman Nyaman Sejahtera...
CMIIW:peace:



wahh.. apa dong yang bener.. klo SAN = Siliwingi Antar Nusa... klo ANS lupa2 ingat..:peace:

wiwid_momo
03-25-2010, 16:21
SPBU : Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum
Bejue : Bongkotan Jati Utama
KWK ; Koperasi Wahana Kalpika
Koasi : Koperasi Angkutan Bekasi

Mbelgedes-Benz
03-28-2010, 16:41
SPBU : Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum
Bejue : Bongkotan Jati Utama
KWK ; Koperasi Wahana Kalpika
Koasi : Koperasi Angkutan Bekasi


Koreksi dikit om,Yang betul BeJeU:biggrin2:

wiwid_momo
04-04-2010, 10:24
Koreksi dikit om,Yang betul BeJeU:biggrin2:

Thx atas koreksinya, OM !!!:malu:

fairus
12-01-2013, 12:39
Nambah dikit,,

GNK : Gunung Kerinci (salah satu PO asal Kab. Kerinci)
SM : Safa Marwa (asal Kerinci juga)
FRC : Family Raya Ceria
JATRA : Jambi Transport

jordy 1626
12-01-2013, 14:42
Nambahin ya:

GMS:Gajah mulia Sejahtera
TD:Tunggal Daya
PK:Pahala kencana
KowanBisata:Koperasi karyawan bis antar kota
Kopami Jaya:Koperasi pengemudi mikro bus Jakarta Raya
PMTOH:Persatuan Motor Transport Ondernemer Hasan

Agung kurnianto
12-05-2013, 16:46
Ajp= armada jaya perkasa
ANS= aman nyaman sampaitujuan
AJA= arimbi jaya agung
PR= putera remaja
SPBG= stasiun pengisian bahan bakar gas
DSU= Daya sentosa utama