PDA

View Full Version : Tipe-Tipe Bus HINO



saief
11-15-2009, 19:06
sekedar unutk menambahi biar artikelnya cepet banyak... hehehe...
kebetulan saya masih punya data artikel tentang tipe2 mesin HINO dari website kita yang terdahulu dengan beberapa editan......
kepada yang pertama kali me-release artikel ini, mohon izin dipublikasi kembali ya...
Dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan sejarah model Hino yang resmi di Indonesia.
List disusun berdasarkan tahun keluarnya.

tipe, tahun produksi tenaga cc mesin
AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C
AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C
AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C
RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C
RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C
RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo)
AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700
AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)
RK8JSKA 2007-.. 235PS 7684cc J08E-UG
RK8JSKA 2007-.. 260PS 7684cc Jo8E-UF (Turbo Intercooler)


Satuan tenaga untuk Hino menggunakan PS (Pferde-Staarke) karena mengacu pada JIS.

Kenapa JIS pake PS??

hal ini dikarenakan masa lalu Jepang yang berhubungan erat dengan Jerman
Makanya Jepang lebih rela ikut satuan Jerman daripada negara lain.

Kenapa AK turbo mesin lama yang ada dilapangan koq nggak ada dilist?

Jawab: karena hampir bisa pastikan kalo itu mesin cangkokan luar, kalo nggak Thailand biasanya ***wan.

sebenernya RG tuh berapa PS sih? 240PS, 250PS, atau 260PS.

jawab: semuanya betul tuh! standar memang 240PS. Tapi ada PO yang ngerasa segitu masih kurang, jadi diambil gelondongan J08C-T yang 250PS dan 260PS.

moga bermanfaat...

nova_33
11-15-2009, 20:38
Kalo FG punya hino bukan???

reski
11-15-2009, 21:36
Itu diambil dari artikel saya di forum terdahulu ... :peace:

Semoga bermanfaat dan tolong diperbaiki jika ada kesalahan.

Ryan.Agusta
11-15-2009, 22:16
pantes RG lari-nya gila2an.

UDINES-BENZ
11-15-2009, 22:47
Ni dia nih.. informasi yg lengkap dan bermanfaat..
sekalian kalo ada dilengkapi dengan harga untuk yang masih beredar saat ini.. TKS

ck_mon
11-16-2009, 11:05
Hino RM1E gak masuk ya gan?? tenaga nya gede tuh 390PS :D

finandhita
11-16-2009, 16:08
yang dimaksud TS ini tipe sasis+mesin bus yang beredar di Indonesia..

trus klo FG kan itu sasis+mesin truknya..

:bolakbalik:

rumah batik
11-16-2009, 16:17
yang dimaksud TS ini tipe sasis+mesin bus yang beredar di Indonesia..

trus klo FG kan itu sasis+mesin truknya..

:bolakbalik:

sipp betul bro:thumbsup:

konde035
11-16-2009, 20:42
Hino CNG blm masuk yah???
AK8 215 jg blm ada .. hehehhe

nova_33
11-16-2009, 21:19
Oh FG itu truk yah, makasih infonya..
Baru tau saya, tak kira FG punya bus...

pendrex
11-17-2009, 14:48
FG & RG itu pembedaan dari posisi mesin Front ama Rear yah? http://i307.photobucket.com/albums/nn293/emonizer/em1/asking07.gif (http://emoticonizer.info)

saief
11-18-2009, 18:31
mungkin.. soalnya saya liat liat, di truck hino, ga ada yang menggunakan kode R...

doha77
11-18-2009, 22:59
kayaknya di Hino gak ada pattern atau patokan pengkodean...

yudis_sampurna
11-19-2009, 01:57
ada kok... coba liat di websitenya deh... kalo gak di wikipedia

# Front-engine chassis (e.g. FB) - light bus. FA, FC - trucks
# Front-engine chassis (AK) - big bus
# Mid-engine chassis (BG, BX, CG, CM) - big bus
# Rear-engine chassis (RC, RG, RM, RK, RU) - big bus

doha77
11-19-2009, 02:30
masih bingung juga kan kalo orang awam..
gak kayak mercy..
OH xxxx pasti mesin belakang
OF xxxx ini depan mesinnya
gitu maksud aku..

btw thanks for sharing..

reski
11-19-2009, 03:11
Hino CNG blm masuk yah???
AK8 215 jg blm ada .. hehehhe

AK8 udah tuh om:
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)

Nah iyaa, Hino CNG belum ada... :D
Hino CNG chassis RK1JSNL mulai diproduksi di Indonesia tahun 2007
260PS 7961cc J08C-VC (Turbo Intercooler)

kidemang
11-19-2009, 11:29
Ngomong2soal mesin ak, kok kyaknya gak pake pnunjuk RPM cuman KM/J doang ya...apa gwa yang krang teliti liatnya..:amazed:

EvoLight
11-22-2009, 00:21
maun tanya klo ciri2 buat ngebedain RK sama RG gmn sih??? aatu yg lainya...

rayhanputra
11-22-2009, 10:54
menurut kabar2...hino mau ngeluarin R 290 untuk ngelawan 1526...bahkan kabarnya mesin prototipe tersebut dah ada di salah satu PO yang mengandalkan hino sebagai armadanya...benarkah itu???

FERDHINO
11-22-2009, 13:28
menurut kabar2...hino mau ngeluarin R 290 untuk ngelawan 1526...bahkan kabarnya mesin prototipe tersebut dah ada di salah satu PO yang mengandalkan hino sebagai armadanya...benarkah itu???

Wow... ganas man...
Dapat info dari mana? PM jg boleh. xixi...

rayhanputra
11-22-2009, 14:37
Wow... ganas man...
Dapat info dari mana? PM jg boleh. xixi...

malahan dari orang2 hino sendiri tuh mas...mereka2 juga kasih info kalo sebtulnya hino juga memiliki mesin2 tengah dengan kode BG, BX, CG, CM

http://en.wikipedia.org/wiki/hino_motors

ck_mon
11-22-2009, 15:41
menurut kabar2...hino mau ngeluarin R 290 untuk ngelawan 1526...bahkan kabarnya mesin prototipe tersebut dah ada di salah satu PO yang mengandalkan hino sebagai armadanya...benarkah itu???

Hino RM kah?? :cool2:

rayhanputra
11-22-2009, 16:52
Hino RM kah?? :cool2:

bisa saja..kan masih ada seri RC ma RU! mari kita tunggu yanggal mainnya....

FERDHINO
11-22-2009, 17:50
malahan dari orang2 hino sendiri tuh mas...mereka2 juga kasih info kalo sebtulnya hino juga memiliki mesin2 tengah dengan kode BG, BX, CG, CM



Iya, tapi 'mereka kan baru jadi nyawanya bus manca', yang masuk ke Indonesia masih terbatas.

ToMs
11-22-2009, 17:50
jadi inget supir bis salah satu PO kudus yg bilang kalo mau adu balap dia megang RG... dan dia pernah bawa RG dari denpasar ke jakarta menciptakan rekor karena untuk ngejar pesawat buat penumpang si bule, hehee

rayhanputra
11-22-2009, 18:42
Iya, tapi 'mereka kan baru jadi nyawanya bus manca', yang masuk ke Indonesia masih terbatas.

moga aja dengan makin banyaknya scania dan volvo beredar, hino pun tentu ga mau kue pasarnya terenggut....dan mereka memasukkan tipe mesin2 tersebut sesuai dengan tuntutan jamannya.....:cool2:

dewara
11-22-2009, 21:06
290ps itu angka yang besar untuk jalanan indonesia mengingat jalanan kita masih semrawut dan gak mulus2 amat, lgan buat apa tenaga besar2 kalo ujung2nya boros solar

rayhanputra
11-22-2009, 22:25
290ps itu angka yang besar untuk jalanan indonesia mengingat jalanan kita masih semrawut dan gak mulus2 amat, lgan buat apa tenaga besar2 kalo ujung2nya boros solar

menurut pengalaman saya sebagai eks bis malam, PO sekarang cenderung cari mesin2 yang powerfull...tenaga besar dan torsi besar, karena torsi dan power besar kalo kita nginjek pedal gas dikit aja atau ga begitu dalam kendaraan dah melaju....tapi kalo udah power minim dan torsi kecil kita nginjek gas makin dalm....nah ujung2nya konsumsi solar lebih hemat power dan torsi besar! tenaga besar menurut saya sih ga boros solar ya karena faktor itu tadi, dan di tambah sistem pasokan BBM yang makin canggih...seperti yang dah pake ECU salh satunya kalo kita deselarasi atau mengurangi kecepatan dengan melepas pedal gas secara otomatis ECU menghentikan pasokan BBM.....maap kalo salah!!:cool2:

jatie
11-23-2009, 00:08
hino RG ciamik lah tanjakan cipularang ga da masalah tetep ngeblooong hehehee.....

adit_indie
11-23-2009, 06:43
maun tanya klo ciri2 buat ngebedain RK sama RG gmn sih??? aatu yg lainya...

Kalo yang Ane perhatiin dari Doa Ibu..
Kalo RKT knalpotnya di kiri n kalo RG knalpotnya di kanan..

adit_indie
11-23-2009, 06:44
Ngomong2soal mesin ak, kok kyaknya gak pake pnunjuk RPM cuman KM/J doang ya...apa gwa yang krang teliti liatnya..:amazed:

Iya Om, AK emang ga ada penunjuk rpm-nya.

kaka
11-23-2009, 13:27
Sekarang kok dah jarang ya yang pake RG, apa RG dah ga keluar barunya, atau masih kalah populer sama RK8?

rayhanputra
11-23-2009, 13:36
Sekarang kok dah jarang ya yang pake RG, apa RG dah ga keluar barunya, atau masih kalah populer sama RK8?

denger2 si RG discontinue karna sesuai peraturan pemerintah...secara keseluruhan masing seri punya kekurangan dan kelebihan

nizar
11-25-2009, 20:37
menurut kabar2...hino mau ngeluarin R 290 untuk ngelawan 1526...bahkan kabarnya mesin prototipe tersebut dah ada di salah satu PO yang mengandalkan hino sebagai armadanya...benarkah itu???

waduw kalo powerny seperti itu pertarungan semakin sengit ney om..
yang ngeblong makin ngeblong ney..

haryo
12-01-2009, 18:07
menurut kabar2...hino mau ngeluarin R 290 untuk ngelawan 1526...bahkan kabarnya mesin prototipe tersebut dah ada di salah satu PO yang mengandalkan hino sebagai armadanya...benarkah itu???

dapat info dari mana mas?

rayhanputra
12-02-2009, 09:01
dapat info dari mana mas?

coba njenengan tanya aja langsung di PT CK mobil surabaya ni dealer resmi hino:shake:

dytom_85
12-04-2009, 01:07
wahhh klo PO yg fanati Hino, Cuma Arimbi Jaya Agung...

tatangdewa
12-11-2009, 22:08
ada lagi, ANEKA JAYA fanatik bgt sm HINO, semua armadanya dari HINO dg bodi Laksana, Kecuali yang bumel, pake bodi Tri Sakti, tp tetep aja enggine HINO.

anggaraminded
12-15-2009, 12:10
menurut pengalaman saya sebagai eks bis malam, PO sekarang cenderung cari mesin2 yang powerfull...tenaga besar dan torsi besar, karena torsi dan power besar kalo kita nginjek pedal gas dikit aja atau ga begitu dalam kendaraan dah melaju....tapi kalo udah power minim dan torsi kecil kita nginjek gas makin dalm....nah ujung2nya konsumsi solar lebih hemat power dan torsi besar! tenaga besar menurut saya sih ga boros solar ya karena faktor itu tadi, dan di tambah sistem pasokan BBM yang makin canggih...seperti yang dah pake ECU salh satunya kalo kita deselarasi atau mengurangi kecepatan dengan melepas pedal gas secara otomatis ECU menghentikan pasokan BBM.....maap kalo salah!!:cool2:

makasih om :shake:
+1 wawasan :smiley_beer:

yusuf indra wijaya
12-23-2009, 16:27
hino evo c punya mayasari spek nya apaan ya?

yusuf indra wijaya
12-23-2009, 16:28
hino punya mayasari itu spek nya apaan ya, yang hino evo c, yang dipake buat armada P 6 rambutan grogol??

dumbex
12-24-2009, 12:11
klo yang di pke buat brt mesin apaan yah...koq drivernya maen rpm tinggi trus....jadi kayak tawon gt.....
klo yang di pke SK tu rata2 pke tipe apa yah...koq kuenceng banget....sory banyak nanya...newbie boz....gegege

Indratno
12-24-2009, 14:07
yang dipake SK kalau ngga salah HINO RG. Dulu SK memang pernah pakai HINO yang buat truck gandeng. Sayang, sekarang mesin itu tidak boleh lagi dipake buat bis karena terlalu cepat dan bukan spec yang pas. Kalau ada yang salah tolong dibenerin ya bro??

Yuli Ariyono
12-24-2009, 15:10
AK8 udah tuh om:
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)

Nah iyaa, Hino CNG belum ada... :D
Hino CNG chassis RK1JSNL mulai diproduksi di Indonesia tahun 2007
260PS 7961cc J08C-VC (Turbo Intercooler)

Hino CNG sdh ada. Dipake ma buswaynya Lorena.
http://theautosmag.blogspot.com/2008/08/hino-serahkan-34-unit-cng-bus-ke-lorena.html

reski
01-06-2010, 03:59
Hino CNG sdh ada. Dipake ma buswaynya Lorena.
http://theautosmag.blogspot.com/2008/08/hino-serahkan-34-unit-cng-bus-ke-lorena.html

Maksud saya, Hino CNG belum dicantumkan di postingan pertama lho om...:D
Terimakasih tambahannya

Arie
01-06-2010, 12:20
yang dipake SK kalau ngga salah HINO RG. Dulu SK memang pernah pakai HINO yang buat truck gandeng. Sayang, sekarang mesin itu tidak boleh lagi dipake buat bis karena terlalu cepat dan bukan spec yang pas. Kalau ada yang salah tolong dibenerin ya bro??

Setau saya SK dr dulu pake HINO AK series,,klo RG kan mesin blkang....kaya nya g ada deh,,wong yang ATB nya dulu aja mlah pake Mitsubishi kok...

dhanank
01-06-2010, 14:06
kalo ada yang bilang RG banci ntu maksudnya gimana yah??

reski
01-15-2010, 00:53
kalo ada yang bilang RG banci ntu maksudnya gimana yah??

RG banci maksudnya mungkin RG keluaran lama:
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)

Chassisnya lebih pendek daripada RG yang lain....CMIW

FERDHINO
01-15-2010, 01:50
hino punya mayasari itu spek nya apaan ya, yang hino evo c, yang dipake buat armada P 6 rambutan grogol??

Sy msh curiga jg kalo itu FG (truk), krn overhang depan kok gak pendek, y gk tau kalo dimodif dl.

ajuy49
01-20-2010, 18:21
waduh, bis Indonesia hanya sebagian yak yang pke mesin hino?

yobood
01-28-2010, 08:08
denger2 si RG discontinue karna sesuai peraturan pemerintah...secara keseluruhan masing seri punya kekurangan dan kelebihan

regulasi pemerintah yang mana Oom?
apa tentang penghematan bahan bakar?

reski
01-28-2010, 09:36
regulasi pemerintah yang mana Oom?
apa tentang penghematan bahan bakar?

Regulasi yang ada mengharuskan sudah EURO2 sekarang.
Mesin RG masih EURO1

yobood
01-28-2010, 09:52
ooo...
tapi rasa2ny untuk performa mesin bagus kan RG??

yogha kencono
02-08-2010, 18:09
ooo...
tapi rasa2ny untuk performa mesin bagus kan RG??

iya tuh om bener banget akselarasinya lebih cepet naiknya jadi buat drag cocok gak ya? hehehe
inget video start your engine yuang dulu hixhix :music:

agung dento laksono
02-08-2010, 21:30
dalam istilah teknik banyak di jumpai kata banci, ada ukuran pipa ...Banci. jadi jangan salah sangka ya. trims

rayhanputra
02-09-2010, 09:55
ooo...
tapi rasa2ny untuk performa mesin bagus kan RG??

kayaknya regulasi pemerintah kita ga nyangkut masalah performa deh...regulasi di titik beratkan pada emisi gas buang...

finandhita
02-09-2010, 16:50
ooo...
tapi rasa2ny untuk performa mesin bagus kan RG??

Memang bagus RG.. tp lebih bagus RK8.. selain dari emisi gas buang Euro 2.. performa juga meningkat..

dirgan
02-09-2010, 16:51
Memang bagus RG.. tp lebih bagus RK8.. selain dari emisi gas buang Euro 2.. performa juga meningkat..
saya setuju,kata salah satu driver yang bawa hino,dia bilang enakan bawa rg lebih enteng,n gampang dongkrak tenaga..

bozhox
02-09-2010, 21:45
katanya sih memang lebih mantaf RG

admapower64
02-10-2010, 08:34
wahhh klo PO yg fanati Hino, Cuma Arimbi Jaya Agung...

Ada lagi gan, yang gak kalah fanatik sama AJA, yaitu Mayasari Bakti sama groupnya - Primajasa, MGI, Maya Raya, dkk.
Lagian, AJA jga pake Hyundai kok..

genz.khareezma@gmail.com
02-27-2010, 20:38
RG 12 gk ada ya?
Kok tadi driver Primajasa bilang kalau yang saya pake nglen ke Garut itu RG 12??
Salah infokah?

bozhox
03-06-2010, 20:22
benarkah yang membedakan RG dengan RK itu pada hand rem?
soalnya yang asaya amati, kalau RK itu pakai hand rem yang ditempatkan di dasboard (kayak punya MB), trus kalau RG itu masih pake hand rem konvensional di samping jog sopir.

CMIIW

KDbob
03-08-2010, 21:01
Sy msh curiga jg kalo itu FG (truk), krn overhang depan kok gak pendek, y gk tau kalo dimodif dl.

setau saya itu hino AK215, larinya kenceng juga.... apalagi kalo supir P.6 lagi kumat gilanya...suaranya juga cukup halus buat bus mesin depan

FERDHINO
03-08-2010, 21:16
Oh ternyata AK 215. emang sih suaranya cukup halus & suspensinya lumayan buat goyang.

dirgan
03-09-2010, 13:09
Oh ternyata AK 215. emang sih suaranya cukup halus & suspensinya lumayan buat goyang.
iya om,kalo aku perhatiin,di belakangnya gak ada rongga udara buat mesin belakang,tapi langsung ketutup ama bodi,kalopun FG,terlalu panjang jarak antara ban depan dan belakang..

bozhox
03-09-2010, 21:50
hino memang dahsyat di tanjakan

kalyca
03-19-2010, 17:15
dari sekian banyak tipe bis hino, yang udah pake air suspension yang mana aja?

HIN
03-23-2010, 20:45
om2 sekalian mau tanya misal tenaga mesin ukuranya sama kencengan mana yg mesin depan ama yg mesin belakang, trus dari sisi harga murah yg mana? mohon pencerahanya>>>>>

adit_indie
03-24-2010, 14:16
dari sekian banyak tipe bis hino, yang udah pake air suspension yang mana aja?

Kalo yang asli bikinan Hino sendiri kayaknya di Indonesia belum ada. Air Suspension yang di Sinar Jaya ato Shantika itu dapet modif dari karoseri.

kalyca
03-25-2010, 12:44
Kalo yang asli bikinan Hino sendiri kayaknya di Indonesia belum ada. Air Suspension yang di Sinar Jaya ato Shantika itu dapet modif dari karoseri.
oo.. begitu ya
tapi ga papa jugalah.. yang penting nyaman dan aman di perjalanan..

rejz
03-27-2010, 15:01
mau nanya gan..
kata pengurus handoyo malang, hino tipe RG rasanya mirip2 ma MB, karena peer-nya lebih panjang (hampir sama dengan tipe MB). cuma blum ngeh-nya peer yang dimaksud tu apa ya?
cz barusan liat handoyo yang euro 2 pake mesin RG.

pencerahannya gan :)

adit_indie
03-27-2010, 18:07
mau nanya gan..
kata pengurus handoyo malang, hino tipe RG rasanya mirip2 ma MB, karena peer-nya lebih panjang (hampir sama dengan tipe MB). cuma blum ngeh-nya peer yang dimaksud tu apa ya?
cz barusan liat handoyo yang euro 2 pake mesin RG.

pencerahannya gan :)

Mungkin per daunnya panjang kali Gan... Kalo Hino RG menurut Ane pribadi merupakan produk Hino dengan suspensi yang bisa dibilang empuk dibandingkan temen2nya produk Hino yang lain (RKT, RK8).

Waktu naik Bela Utama body Adi Putro selempang dari Bogor ke Bandung sempet agak aneh juga soalnya suspensinya empuk, pikirku apakah ini MB Intercooler tapi pas denger suara desing turbo yakinlah itu RG.

Kalo yang ane amatin keempukan bis2 Hino tu tergantung isi bisnya sendiri, kalo bis penuh biasanya lebih empuk suspensinya...

Kalo RG setau Ane blom Euro2 Gan..., RG masih Euro1.

CMIIW....

kang_gimin
03-29-2010, 20:02
sekalian pic nya dunk maklum newbie

adit_indie
03-31-2010, 09:13
sekalian pic nya dunk maklum newbie

SILAHKAN KLIK DISINI (http://bismania.com/home/showthread.php?t=2763&page=2)

fajarfasha
03-31-2010, 10:26
benarkah yang membedakan RG dengan RK itu pada hand rem?
soalnya yang asaya amati, kalau RK itu pakai hand rem yang ditempatkan di dasboard (kayak punya MB), trus kalau RG itu masih pake hand rem konvensional di samping jog sopir.

CMIIW

bisa dari handremnya karena RK8 Sistem remnya sudah mengunakan full air brake system (pneumatis) klo RG belum full masih setengah udara setengah hidrolis seperti AK jadi handbrake nya pake sling itu yang aq tau dulu pas bleeding rem AK, klo salah mohon diralat

dirgan
03-31-2010, 14:17
setelah aku perhatiin antara RG240ps dan RK8 260ps kok sepertinya CC-nya lebih besar RG ya?berarti meskipun PS'a kecil RG tetep bisa lari kenceng dari RK8 260 ya?
mohon pencerahannya

thanks

adit_indie
03-31-2010, 19:11
setelah aku perhatiin antara RG240ps dan RK8 260ps kok sepertinya CC-nya lebih besar RG ya?berarti meskipun PS'a kecil RG tetep bisa lari kenceng dari RK8 260 ya?
mohon pencerahannya

thanks

Mesin Hino RG
Isi Silinder : 7961cc
Tenaga Max : 240 dk @2700rpm
Torsi Max : 72 kgm @1500rpm

Mesin Hino RK8 R260
Isi Silinder : 7684cc
Tenaga Max : 260 dk @2500rpm
Torsi Max : 76 kgm @1500rpm

(RK8 walopun cc-nya lebih kecil tapi bisa ngehasilin tenaga lebih gede dari RG, hal ini karena teknologi mesin RK8 lebih baik dibanding RG)

Kalo menurut ane, jika lihat doank dari mesin tenaga RG ma RK8 R260 beda2 dikit sekitar 20dk.
Torsinya juga beda sekitar 4kgm. Jadi wajar aja kalo RG masih bisa ngimbangin RK8.
Kalo soal akselerasi kayaknya RG juga masih bisa ngimbangin soalnya torsinya cuma beda 4kgm.

Kalo soal RG bisa lari lebih kenceng di jalan itu tergantung dari drivernya sendiri, selain itu bobot kendaraan juga mempengaruhi.

Misalnya ada bis RG dan RK8 sama2 kelas eksekutif dengan seat 32. Tapi penumpang RG cuma keisi setengahnya dan RK8 penuh.
Lalu ternyata rasio antara tenaga terhadap berat rasio RG lebih bagus, karena rasionya lebih bagus pastinya RG lebih ngacir...

Contoh,
Misal RK8 berat baget dah karena penuh beratnya sekitar 15 ton, RG lebih enteng sekitar 12 ton.

Rasio tenaga : berat untuk RK8
260dk : 15000kg = 1dk : 58,3 kg

Rasio tenaga : berat untuk RG
240dk : 12000kg = 1dk : 50 kg

Jadi 1dk di RG dipake ngangkut 50kg sedangkan 1dk di RK8 dipake ngangkut 58,3 kg, jika melihat contoh ini pastinya RG akan lebih ngacir dibanding RK8 walopun tenaganya lebih gede.

CMIIW

reski
03-31-2010, 23:09
Mesin Hino RG
Isi Silinder : 7961cc
Tenaga Max : 240 dk @2700rpm
Torsi Max : 72 kgm @1500rpm

Mesin Hino RK8 R260
Isi Silinder : 7684cc
Tenaga Max : 260 dk @2500rpm
Torsi Max : 76 kgm @1500rpm

(RK8 walopun cc-nya lebih kecil tapi bisa ngehasilin tenaga lebih gede dari RG, hal ini karena teknologi mesin RK8 lebih baik dibanding RG)

Kalo menurut ane, jika lihat doank dari mesin tenaga RG ma RK8 R260 beda2 dikit sekitar 20dk.
Torsinya juga beda sekitar 4kgm. Jadi wajar aja kalo RG masih bisa ngimbangin RK8.
Kalo soal akselerasi kayaknya RG juga masih bisa ngimbangin soalnya torsinya cuma beda 4kgm.

Kalo soal RG bisa lari lebih kenceng di jalan itu tergantung dari drivernya sendiri, selain itu bobot kendaraan juga mempengaruhi.

Misalnya ada bis RG dan RK8 sama2 kelas eksekutif dengan seat 32. Tapi penumpang RG cuma keisi setengahnya dan RK8 penuh.
Lalu ternyata rasio antara tenaga terhadap berat rasio RG lebih bagus, karena rasionya lebih bagus pastinya RG lebih ngacir...

Contoh,
Misal RK8 berat baget dah karena penuh beratnya sekitar 15 ton, RG lebih enteng sekitar 12 ton.

Rasio tenaga : berat untuk RK8
260dk : 15000kg = 1dk : 58,3 kg

Rasio tenaga : berat untuk RG
240dk : 12000kg = 1dk : 50 kg

Jadi 1dk di RG dipake ngangkut 50kg sedangkan 1dk di RK8 dipake ngangkut 58,3 kg, jika melihat contoh ini pastinya RG akan lebih ngacir dibanding RK8 walopun tenaganya lebih gede.

CMIIW

Terjawab kan kenapa RG masih jadi primadona di banyak PO.....ngacir dia!!
Mantep ulasannya kang... :)

Oya ada lagi, di jalanan ada juga RG "jadi-jadian".....mesinnya nyampe 260PS lho!!!

dirgan
04-01-2010, 10:21
Mesin Hino RG
Isi Silinder : 7961cc
Tenaga Max : 240 dk @2700rpm
Torsi Max : 72 kgm @1500rpm

Mesin Hino RK8 R260
Isi Silinder : 7684cc
Tenaga Max : 260 dk @2500rpm
Torsi Max : 76 kgm @1500rpm

(RK8 walopun cc-nya lebih kecil tapi bisa ngehasilin tenaga lebih gede dari RG, hal ini karena teknologi mesin RK8 lebih baik dibanding RG)

Kalo menurut ane, jika lihat doank dari mesin tenaga RG ma RK8 R260 beda2 dikit sekitar 20dk.
Torsinya juga beda sekitar 4kgm. Jadi wajar aja kalo RG masih bisa ngimbangin RK8.
Kalo soal akselerasi kayaknya RG juga masih bisa ngimbangin soalnya torsinya cuma beda 4kgm.

Kalo soal RG bisa lari lebih kenceng di jalan itu tergantung dari drivernya sendiri, selain itu bobot kendaraan juga mempengaruhi.

Misalnya ada bis RG dan RK8 sama2 kelas eksekutif dengan seat 32. Tapi penumpang RG cuma keisi setengahnya dan RK8 penuh.
Lalu ternyata rasio antara tenaga terhadap berat rasio RG lebih bagus, karena rasionya lebih bagus pastinya RG lebih ngacir...

Contoh,
Misal RK8 berat baget dah karena penuh beratnya sekitar 15 ton, RG lebih enteng sekitar 12 ton.

Rasio tenaga : berat untuk RK8
260dk : 15000kg = 1dk : 58,3 kg

Rasio tenaga : berat untuk RG
240dk : 12000kg = 1dk : 50 kg

Jadi 1dk di RG dipake ngangkut 50kg sedangkan 1dk di RK8 dipake ngangkut 58,3 kg, jika melihat contoh ini pastinya RG akan lebih ngacir dibanding RK8 walopun tenaganya lebih gede.

CMIIW

wahhh...
jadi begitu toh...
jadi lebih mengerti...

makasih banyak kang adit...

doha77
04-01-2010, 10:24
weight to power ratio...

mantap halogennya.

TFS.

adit_indie
04-01-2010, 11:23
Terjawab kan kenapa RG masih jadi primadona di banyak PO.....ngacir dia!!
Mantep ulasannya kang... :)

Oya ada lagi, di jalanan ada juga RG "jadi-jadian".....mesinnya nyampe 260PS lho!!!

Hatur Nuhun Kang...
RG "jadi2an" alias RG korekan ya Kang.. mantep tu pe 260ps..!!! Kalo boleh tau PO apa ya Kang yang RGnya bisa pe 260ps?:D

Ngomong2 soal korekan Jadi inget waktu kita pake Nu3 1525 pa Joko lawan 1521nya Muji Jaya penumpang sama2 penuh tapi tu Muji 1521 bisa nyaingin akselerasinya 1525. Mantap dah mekaniknya...

adit_indie
04-01-2010, 11:25
wahhh...
jadi begitu toh...
jadi lebih mengerti...

makasih banyak kang adit...

Sama2 Bro... Ane sama2 belajar koq..:D


weight to power ratio...

mantap halogennya.

TFS.

Nah itu istilah bahasa inggrisnya...
Nuhun Om...
TFS apa ya Om?:D

doha77
04-01-2010, 11:31
TFS apa ya Om?:D

teeth for speed :D

Thanks 4 Sharing.

cah_ndeso
04-01-2010, 11:52
jadi semakin berkembang nih pengetahuan...thx ya om2 smua:smiley_beer::smiley_beer:

adit_indie
04-01-2010, 11:57
teeth for speed :D

Thanks 4 Sharing.

:D
Sama2 Om....

reski
04-01-2010, 13:09
Mesin RG 260PS ini sih "BM"....gelondongan aslinya diimpor dari luar sana....off the record aja yah Dit....gak enak sama yang punya bisnya....:p

adit_indie
04-01-2010, 14:02
Mesin RG 260PS ini sih "BM"....gelondongan aslinya diimpor dari luar sana....off the record aja yah Dit....gak enak sama yang punya bisnya....:p

Oke lah kalo begitu...:D
Kirain mesinnya dapet modif ma mekanik lokal taunya impor ya...:D

kalyca
04-02-2010, 15:21
Mesin RG 260PS ini sih "BM"....gelondongan aslinya diimpor dari luar sana....off the record aja yah Dit....gak enak sama yang punya bisnya....:p
kalo bm gitu, stnk dsb bm juga ya?

btw, kalo off the record-nya disini.. sama aja dunks :D

bis_4ever
04-04-2010, 11:10
numpang nanya..
kira2 dah ada lom mesin HINO yg emisi gas buangnya EURO 3

FERDHINO
04-04-2010, 11:27
@bis_4ever:
RM1 luar negeri.

bis_4ever
04-04-2010, 12:51
@bis_4ever:
RM1 luar negeri.
thanks om.:smiley_beer:

ck_mon
04-04-2010, 13:40
numpang nanya..
kira2 dah ada lom mesin HINO yg emisi gas buangnya EURO 3

detail nya bs liat disini :

http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=2911

bis_4ever
04-05-2010, 14:29
detail nya bs liat disini :

http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=2911
segera ke TKP :ngacir:
thanks om :smiley_beer:

kalyca
04-05-2010, 17:10
detail nya bs liat disini :

http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=2911
contoh yang ada difotonya, terkesan mewah juga.. mantap

bozhox
04-13-2010, 05:48
Mungkin per daunnya panjang kali Gan... Kalo Hino RG menurut Ane pribadi merupakan produk Hino dengan suspensi yang bisa dibilang empuk dibandingkan temen2nya produk Hino yang lain (RKT, RK8).

Waktu naik Bela Utama body Adi Putro selempang dari Bogor ke Bandung sempet agak aneh juga soalnya suspensinya empuk, pikirku apakah ini MB Intercooler tapi pas denger suara desing turbo yakinlah itu RG.

Kalo yang ane amatin keempukan bis2 Hino tu tergantung isi bisnya sendiri, kalo bis penuh biasanya lebih empuk suspensinya...

Kalo RG setau Ane blom Euro2 Gan..., RG masih Euro1.

CMIIW....

seep... saya juga merasakan itu
suspensi hino terutama RG memang lebih empuk (berdasarkan perasaan saya naik beberapa macam bis)

yang udah euro 2 RK8, anda betol RG masih euro 1

abraham
04-18-2010, 18:13
AK tuh yang biasanya dipake di bus2 bumel ya?

ekohadiyuwono
04-21-2010, 14:54
pantes RG lari-nya gila2an.

hercules y oom..

Ryan.Agusta
04-21-2010, 16:06
hercules y oom..

hehehehehe, ada pengalaman tersendiri pas pulang dr Jkt pake PO plat Smg di OT Hercules dr kiri mak wuss abis itu ngilang di keramaian Pantura (padahal sm2 Hino'nya&bis ane pake RK8).

joe cole
04-22-2010, 00:53
Ada lagi gan, yang gak kalah fanatik sama AJA, yaitu Mayasari Bakti sama groupnya - Primajasa, MGI, Maya Raya, dkk.
Lagian, AJA jga pake Hyundai kok..

Yang Pasti sih sampai saat ini Sinar Jaya..Kalo Mayasari Bakti masih punya banyak armada Mercy Lawas


hino punya mayasari itu spek nya apaan ya, yang hino evo c, yang dipake buat armada P 6 rambutan grogol??

Kalo itu Hino A215 Euro 2 seangkatan sama Sumber Kencono dan MIRA ATB

Nugraha Eka
04-23-2010, 10:20
Kalo FG tuh mesin depan (front) seangkan RG mesin belakang (rear) type mesin sama. FG sebenarnya didisain untuk truck. tapi banyak juga bus bumel pake type ini.

mercymawon
06-24-2010, 01:05
Ada lagi gan, yang gak kalah fanatik sama AJA, yaitu Mayasari Bakti sama groupnya - Primajasa, MGI, Maya Raya, dkk.
Lagian, AJA jga pake Hyundai kok..
PO Sinar Jaya tuh.....
27 taon pake Hino.....:biggrin:

kalyca
06-24-2010, 11:41
PO Sinar Jaya tuh.....
27 taon pake Hino.....:biggrin:
termasuk yang udah dipakein air suspension kayaknya mesin Hino juga ya?

fajarjamirobks
06-24-2010, 14:17
termasuk yang udah dipakein air suspension kayaknya mesin Hino juga ya?

Tepat sekali. Yang Sinar Jaya Langgeng Utama tuh mesinnya masih Hino Arsus. Tapi, Arsus sendiri merupakan accesoris dari AP (Adi Putro Karoseri), bukan chasisnya.

bayu gunung harta
09-25-2010, 15:46
Gunung Harta juga punya RG, ngacir abis...DK 7351 GB,hehehe..

BTT aakhh..

fajarjamirobks
09-25-2010, 17:41
Gunung Harta juga punya RG, ngacir abis...DK 7351 GB,hehehe..

BTT aakhh..
Kebanyakan RG baru (2004-2006) kayak gitu. Kenceng abis. Tapi standar emisinya masih EURO-1 (sesuai aturan pemerintah pada 2004-2006). Baru setelah itu mengeluarkan jenis RK dan AK8 yang memiliki varian yang berbeda-beda (mengikuti peraturan pemerintah yang mengharuskan kendaraan berstandar emisi) EURO-2.

dytom_85
09-28-2010, 09:30
Hidup RG aja Ahhh....Fanatik ma RG...apalg dengan armada Pahala Kencana

bozhox
10-13-2010, 17:52
ada yang bisa ngasih tau bedanya R235 dan R260 secara kasat mata atau kasat telinga kalau sudah pake baju?

triplesobries
10-13-2010, 20:05
Kalo FG tuh mesin depan (front) seangkan RG mesin belakang (rear) type mesin sama. FG sebenarnya didisain untuk truck. tapi banyak juga bus bumel pake type ini.
Ow, FG speknya kayaknya suspensi keras kan Om, dibanding AK (sama2 front engine). mohon pencerahan

DiX
10-23-2010, 22:09
kalo hino yang dipake mayasari kode L-XXX itu AK yang mana ya??

doha77
11-22-2010, 23:07
tipe, tahun produksi tenaga cc mesin
AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C
AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C
AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C
RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C
RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C
RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo)
AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700
AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)
RK8JSKA 2007-.. 235PS 7684cc J08E-UG
RK8JSKA 2007-.. 260PS 7684cc Jo8E-UF (Turbo Intercooler)



nah giliran nanya, secara kurang paham, dari hasil ngubek-ubek database deperin (http://e-licensing.kemenperin.go.id/?c=tpt-kbm&m=db&what=607&by=perush&action=Tampilkan), ada tipe RK1JSKA-BAB yang ijin produksinya sampai 170 unit, sementara dari quote di atas tidak tercantum?
kalo di lihat dari mesinnya, sama dengan RG series, yaitu 7961 cc, tapi seri RK1JSKA-BAB ini di produksi mulai tahun 2004 dan menurut sumber dipenda jatim (http://www.dipendajatim.go.id/njkb.php?select=250&merk=14&tipe=64&asal=49) sampai dengan tahun 2007.
Dimanakah populasinya? Soalnya secara sudah terdaftar di dipenda kan berarti ada di jalanan...?

cmiiw.

saisitor
11-23-2010, 15:37
om klo yg dinamain hino rkt itu yg mana?mohon pencerahannya.

Ryan.Agusta
11-23-2010, 16:11
om klo yg dinamain hino rkt itu yg mana?mohon pencerahannya.

RKTurbo, dan dg ciri yg paling gampang mesin belakang dan knalpot ada di sebelah kiri.

aDy CaRzo
11-23-2010, 18:41
bis Hino punyanya MGI yang baut rodanya 10 itu tipe apa?
kayaknya si RK juga (kaliii)

saisitor
11-24-2010, 19:00
RKTurbo, dan dg ciri yg paling gampang mesin belakang dan knalpot ada di sebelah kiri.
berarti rk2hr=rkt ya om,rkt tangki solarnya masih di kanan belum ditengah ya om???????mohon pencerahannya.

Ryan.Agusta
11-24-2010, 19:02
berarti rk2hr=rkt ya om,rkt tangki solarnya masih di kanan belum ditengah ya om???????mohon pencerahannya.

sip, tepat sekali.

ajipranyoto
12-14-2010, 23:01
ada yang bisa ngasih tau bedanya R235 dan R260 secara kasat mata atau kasat telinga kalau sudah pake baju?




kalo r260 knalpotnya lurus,kalo r235 mlengkung ke bawah kayak punya primajasa

saisitor
12-16-2010, 17:39
sip, tepat sekali.
om klo yg sasisnya pendek dan kapasitasnya cuma 55 bumel.....tapi pake' hino mesin belakang....itu jenis rk apa?mohon pencerahannya.

Ryan.Agusta
12-16-2010, 19:22
om klo yg sasisnya pendek dan kapasitasnya cuma 55 bumel.....tapi pake' hino mesin belakang....itu jenis rk apa?mohon pencerahannya.

Susah kalo cuman penjelasan kaya gini atau mungkin suhu2 permesinan ada yg tau. kalo soal chasis pendek dan jumlah seat bisa diatur sedemikian rupa.

Mbexxx a.k.a Tendhong
12-18-2010, 00:34
Nambah lagii...
Klo RKT tu setauku chasis lebih pendek, baik dari RK8 maupun RG...Jadi kliatan mungil plus imut2...
Chasis seolah kaya Mercedes-Benz OH Prima, tapi suaranya mirip banget sama Hino...nah itu dia...
PO Dieng Indah Pariwisata di Jogja kebanyakan pake RKT karoseri Trisakti...Overhang depan pendek...

DiX
12-18-2010, 07:43
om klo yg sasisnya pendek dan kapasitasnya cuma 55 bumel.....tapi pake' hino mesin belakang....itu jenis rk apa?mohon pencerahannya.

mungkin itu RK2HM gan, sasisnya lebih pendek dari RK2HR a.k.a RKT..
itu banyak dipake di mayasari bakti P50...

mercymawon
12-22-2010, 12:57
sekedar unutk menambahi biar artikelnya cepet banyak... hehehe...
kebetulan saya masih punya data artikel tentang tipe2 mesin HINO dari website kita yang terdahulu dengan beberapa editan......
kepada yang pertama kali me-release artikel ini, mohon izin dipublikasi kembali ya...
Dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan sejarah model Hino yang resmi di Indonesia.
List disusun berdasarkan tahun keluarnya.

tipe, tahun produksi tenaga cc mesin
AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C
AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C
AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C
RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C
RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C
RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo)
AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700
AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)
RK8JSKA 2007-.. 235PS 7684cc J08E-UG
RK8JSKA 2007-.. 260PS 7684cc Jo8E-UF (Turbo Intercooler)


Satuan tenaga untuk Hino menggunakan PS (Pferde-Staarke) karena mengacu pada JIS.

Kenapa JIS pake PS??

hal ini dikarenakan masa lalu Jepang yang berhubungan erat dengan Jerman
Makanya Jepang lebih rela ikut satuan Jerman daripada negara lain.

Kenapa AK turbo mesin lama yang ada dilapangan koq nggak ada dilist?

Jawab: karena hampir bisa pastikan kalo itu mesin cangkokan luar, kalo nggak Thailand biasanya ***wan.

sebenernya RG tuh berapa PS sih? 240PS, 250PS, atau 260PS.

jawab: semuanya betul tuh! standar memang 240PS. Tapi ada PO yang ngerasa segitu masih kurang, jadi diambil gelondongan J08C-T yang 250PS dan 260PS.

moga bermanfaat...

Bukannya Jerman itu pake DIN ya om...?? CMIIW

mercymawon
12-22-2010, 13:02
Nambah lagii...
Klo RKT tu setauku chasis lebih pendek, baik dari RK8 maupun RG...Jadi kliatan mungil plus imut2...
Chasis seolah kaya Mercedes-Benz OH Prima, tapi suaranya mirip banget sama Hino...nah itu dia...
PO Dieng Indah Pariwisata di Jogja kebanyakan pake RKT karoseri Trisakti...Overhang depan pendek...


ooo... Punya Sinar Jaya banyak dech kayaknya om....
yg dipake buat kelas ekonomi..

reski
12-22-2010, 14:25
RKT masih banyak dipake di Primajasa. Jurusan Bandung - Bekasi semuanya malahan pake RKT.


Bukannya Jerman itu pake DIN ya om...?? CMIIW

Maksudnya JIS pake satuan PS dari Jerman, tidak ikut-ikutan pake satuan HP, DK, atau KW karena ikutan emosional sesama negara "poros/AXIS".
DIN pake satuan PS juga kan?

mercymawon
12-23-2010, 20:01
RKT masih banyak dipake di Primajasa. Jurusan Bandung - Bekasi semuanya malahan pake RKT.



Maksudnya JIS pake satuan PS dari Jerman, tidak ikut-ikutan pake satuan HP, DK, atau KW karena ikutan emosional sesama negara "poros/AXIS".
DIN pake satuan PS juga kan?

ooh... begitu...
ngerti om... JIS dan DIN kan beda metode pengukuran aja..hehehe...

*mrizqi*(B)us
12-28-2010, 12:46
kalo mau donwload bus mania full version dimana ya gan:eek2::rolleyes:

Ryan.Agusta
12-28-2010, 12:54
kalo mau donwload bus mania full version dimana ya gan:eek2::rolleyes:

Silakan lsg di sini dg Om Bibing Sugana Wasya http://www.bismania.com/images/haulin2.jpg

Back to topic!!!

barok
12-28-2010, 13:29
punten, saya mau tanya kalo tipe bus hino yang paling baru yang ada di indonesia apa ya?
maaf saya newbie

Ryan.Agusta
12-28-2010, 14:28
punten, saya mau tanya kalo tipe bus hino yang paling baru yang ada di indonesia apa ya?
maaf saya newbie

yang saat ini ada di jalanan Indonesia yg masuk secara resmi melalui Hino Indonesia Manufacturing itu ada RK8 260 dan 235 utk mesin belakang dan AK8 215 utk mesin depannya om.

engki wanibaya
01-09-2011, 16:03
wahhh klo PO yg fanati Hino, Cuma Arimbi Jaya Agung...
g cma ARIMBI bro,SINJAY jg....mlah smua armadanya pake HINO

sulton aziz
02-03-2011, 13:25
bingung mbedain jenis mesin hino...banyak bener variannya,hehehehehehe

aji ainul faqih
02-24-2011, 12:43
yang saat ini ada di jalanan Indonesia yg masuk secara resmi melalui Hino Indonesia Manufacturing itu ada RK8 260 dan 235 utk mesin belakang dan AK8 215 utk mesin depannya om.

wah2 ga paham sama sekali ne Om Ryan tentang mesin2, hehe.. harus banyak belajar lagi ne kpd Om-om senior, emang hino tipe RK 260 dan 235 yang mesin belakang udah bnyk yg make tho Om di beberapa Perusahaan Otobus, tambahannya apa dari mesin hino yg sebelumnya? mohon bantuannya, sekalian belajar sediki2 ttg mesin bis..:confused:

Ryan.Agusta
02-24-2011, 12:56
wah2 ga paham sama sekali ne Om Ryan tentang mesin2, hehe.. harus banyak belajar lagi ne kpd Om-om senior, emang hino tipe RK 260 dan 235 yang mesin belakang udah bnyk yg make tho Om di beberapa Perusahaan Otobus, tambahannya apa dari mesin hino yg sebelumnya? mohon bantuannya, sekalian belajar sediki2 ttg mesin bis..:confused:

Generasi terbaru setelah RG sdh banyak wara-wiri dr PO di ujung Jawa (AJP di Merak) hingga Nusa Tenggara (RASA SAYANG dkk).

dr engine HINO yg sebelumnya sepertinya lbh ke power yg agak besar. CMIIW

EvoTech
02-24-2011, 13:44
yang saat ini ada di jalanan Indonesia yg masuk secara resmi melalui Hino Indonesia Manufacturing itu ada RK8 260 dan 235 utk mesin belakang dan AK8 215 utk mesin depannya om.

hino FB130 gak diitung om?

Ryan.Agusta
02-24-2011, 14:02
hino FB130 gak diitung om?

Kelewatan, ini utk yg kelas medium alias 3/4 ya Om??

aji ainul faqih
02-24-2011, 18:24
Generasi terbaru setelah RG sdh banyak wara-wiri dr PO di ujung Jawa (AJP di Merak) hingga Nusa Tenggara (RASA SAYANG dkk).

dr engine HINO yg sebelumnya sepertinya lbh ke power yg agak besar. CMIIW


Okey Om, makasih atas pengetahuannya... :biggrin:

bozhox
04-04-2011, 15:39
Gimana kabar varian baru Hino nih?? katanya mau datang yang 290 PS?? apakah sudah ada hot news.
Hino kutunggu EURO 3 mu :D

Ayudha
04-05-2011, 23:12
wah2 ga paham sama sekali ne Om Ryan tentang mesin2, hehe.. harus banyak belajar lagi ne kpd Om-om senior, emang hino tipe RK 260 dan 235 yang mesin belakang udah bnyk yg make tho Om di beberapa Perusahaan Otobus, tambahannya apa dari mesin hino yg sebelumnya? mohon bantuannya, sekalian belajar sediki2 ttg mesin bis..:confused:
Tambahan diantaranya adalah standart emisi yang sudah lolos euro 2 struktur chasis di generasi rk8 juga udah lebih disempurnakan (mirip2 chasis MB) sehingga lebih nyaman dibanding RG.
Tapi ada yang berkurang lho yaitu CC mesin menjadi lebih kecil akan tetapi power yang dihasilkan lebih besar.
Kira2 itu om..
Tidak lupa CMIIW yah..

Nasrul
04-14-2011, 16:23
sory nie om" asal nimbrung aj, mw nnya dong... :wink:
apa bner ya tarikan hino lbh bgus dr MB.
soalnya dri yg saya rasain kok kyany tarikan prtmanya MB agk ngeden gtu..
wktu itu yg saya rsain MB OH-1526, trus sya bdain sm hino (tpi gk tw RK8 atau RG) sma" pnyanya gunung harta..
di suara juga kayanya msih hlusan hino, apa bner ya?
mhon pnjelasannya..

saisitor
06-02-2011, 14:46
om klo hino ak ranger. Itu klo nama aslinya hino apa?mohon pencerahannya.

reski
06-02-2011, 15:10
Hino Ranger basis untuk truk om, makanya gak dicantumkan.
http://en.wikipedia.org/wiki/Hino_Ranger

afriandi.ramadhan
06-03-2011, 01:37
knp hino sekarang ga ada tanda kyk peringatan kalo rpm mesinnya di atas 2500 atau lebih,,kalo ga salah dulu ada kyk bunyi alarm,,

EvoTech
06-03-2011, 07:53
sekarang juga masih ada kok... tapi banyak yang "buzzer" nya dilepas sama kru... terutama buat bis yang sukanya kenceng...

afriandi.ramadhan
06-03-2011, 09:14
sekarang juga masih ada kok... tapi banyak yang "buzzer" nya dilepas sama kru... terutama buat bis yang sukanya kenceng...

oh gt ya om,,jd asli dari pabriknya ada

afriandi.ramadhan
06-03-2011, 09:15
makasih om infonya

Lusio Erian
06-11-2011, 11:53
sory nie om" asal nimbrung aj, mw nnya dong... :wink:
apa bner ya tarikan hino lbh bgus dr MB.
soalnya dri yg saya rasain kok kyany tarikan prtmanya MB agk ngeden gtu..
wktu itu yg saya rsain MB OH-1526, trus sya bdain sm hino (tpi gk tw RK8 atau RG) sma" pnyanya gunung harta..
di suara juga kayanya msih hlusan hino, apa bner ya?
mhon pnjelasannya..

kalo tarikan memang benar....

kalo suara tergantung perawatannya....

CMIIW :D

shogie08
06-18-2011, 11:50
apakah udah keluar HINO R320???
pernah lihat foto Chassis hino bulit-in airsus batangan di salah satu karoseri di ungaran...
CMIIW

iskandar
06-19-2011, 19:43
Kalau type HINO CNG temasuk produk baru ? RK1JSNL CNG Bus Chasis 7961 cc. apakah n yg suka di sebut driver dengan Hino RKJ

http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=53

CMIIW

kakashi
06-20-2011, 00:37
apakah udah keluar HINO R320???
pernah lihat foto Chassis hino bulit-in airsus batangan di salah satu karoseri di ungaran...
CMIIW

iya om, saya juga liat foto chasis nya, tapi apakah benar itu R320 ya ?

shogie08
06-21-2011, 11:54
iya om, saya juga liat foto chasis nya, tapi apakah benar itu R320 ya ?

mungkin RM1 juga bisa...

Lusio Erian
07-06-2011, 17:13
Kalau type HINO CNG temasuk produk baru ? RK1JSNL CNG Bus Chasis 7961 cc. apakah n yg suka di sebut driver dengan Hino RKJ

http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=53

CMIIW
Yang dimaksud dengan RK-J/RK-Jess/RK-Z itu Hino RK8JSKA-MHJ/R235 dan RK8JSKA-NHJ/R260....

Sopir menyebutnya begitu kan karena rem parkir yang digunakan sudah menganut sistem Full Air, jadi saat tuas ditarik akan terdengar suara Jess...jess....

DiX
07-06-2011, 21:06
Kalau type HINO CNG temasuk produk baru ? RK1JSNL CNG Bus Chasis 7961 cc. apakah n yg suka di sebut driver dengan Hino RKJ

http://www.hino.co.id/product.php?z=2&c=53

CMIIW

kalo Hino CNG udah agak lama om,
dipake TiJe Koridor 8..

TDIE INSIDE
07-17-2011, 15:16
nostalgia yuukszz...

http://i870.photobucket.com/albums/ab266/teddy_aja/a4-4.jpg

sandaljepitokeh
07-18-2011, 22:09
nostalgia yuukszz...

http://i870.photobucket.com/albums/ab266/teddy_aja/a4-4.jpg

basisnya dari truck y mas? ko overhang dpannya pendek bgt,..

EvoTech
07-18-2011, 22:16
sepertinya sih memang truk yang angkat kabin

solata
07-27-2011, 15:29
http://img205.imageshack.us/img205/8576/hino046.jpg
http://img205.imageshack.us/img205/60/hino048.jpg
Hino Selega


http://img205.imageshack.us/img205/6195/hino052.jpg
Hino Blue Ribbon

ducherry
08-02-2012, 13:42
Mo ikutan nimbrung yah..
Lagi studi2 tentang bus komersial nih.
Kalau dari segi populasi (mulai dari jaman jebot sampai sekarang), menurut agan2 yang populasinya paling banyak itu untuk seri yg mana? AK kah? RG kah? RK kah?
makasih masukannya.. :angel:

saisitor
09-15-2012, 16:39
om mau tanya kalau yang dimaksud hino rg banci itu yang type mana sih?

envy
12-07-2012, 09:34
apakah udah keluar HINO R320???
pernah lihat foto Chassis hino bulit-in airsus batangan di salah satu karoseri di ungaran...
CMIIW

sepertinya memang benar mau ada R320, pernah liat GH ada stikernya R320 di kaca samping (dan saya sangat tidak yakin GH tsb make R320,ini mungkin menjadi ajang iklan produk terbaru dari hino)..
sbg gambaran, dulu ada GH stikernya OH1626 padahal mesinnya masih OH1525 dan OH1626 belum diluncurkan..

reski
12-09-2012, 09:07
Mo ikutan nimbrung yah..
Lagi studi2 tentang bus komersial nih.
Kalau dari segi populasi (mulai dari jaman jebot sampai sekarang), menurut agan2 yang populasinya paling banyak itu untuk seri yg mana? AK kah? RG kah? RK kah?
makasih masukannya.. :angel:
Kalau dilihat populasi di DKI dan Jawa Barat sepertinya RK series jauh lebih banyak.


om mau tanya kalau yang dimaksud hino rg banci itu yang type mana sih?
RG Banci = RK1JRKA, mesinnya berbasis RK tapi cc nya sama dengan RG sama-sama 7961cc
PO Sinar Jaya kalau tidak salah punya .


sepertinya memang benar mau ada R320, pernah liat GH ada stikernya R320 di kaca samping (dan saya sangat tidak yakin GH tsb make R320,ini mungkin menjadi ajang iklan produk terbaru dari hino)..
sbg gambaran, dulu ada GH stikernya OH1626 padahal mesinnya masih OH1525 dan OH1626 belum diluncurkan..

R320 chasis bis belum masuk Indonesia om, yang baru ada Jumbo Ranger series 320PS untuk truk

yidiwikfir
12-09-2012, 20:16
RG Banci = RG1JNKA, ada yang bilang RG "bantet". Chasis RG varian pendek.
PO Sinar Jaya kalau tidak salah punya .

nah yg ini ane penasaran om, apa ini varian RG yg tanpa turbo? seperti apa RG banci itu? ada pict nya ngga? thanks

reski
12-10-2012, 08:39
nah yg ini ane penasaran om, apa ini varian RG yg tanpa turbo? seperti apa RG banci itu? ada pict nya ngga? thanks

Sebenernya dinamakan "banci" soalnya mesin cc gede 7961cc tapi tenaganya "hanya" 210PS, dikarenakan tanpa adanya turbo dan intercooler.
Launching tahun 2004 tapi tidak bertahan lama karena kurang laku



AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA
Kalo dari halaman pertama, sepertinya ini yang termasuk "RG banci".
Lihat saja perbandingan cc dan tenaganya.

ares
12-10-2012, 10:05
RG sama RK8 itu bagus mana sih?

Ryan.Agusta
12-10-2012, 14:01
RG sama RK8 itu bagus mana sih?


sama2 bagusnya Om

ares
12-10-2012, 14:19
sama2 bagusnya Om
maksud saya dari segi spek-nya Mod..
lebih tinggi mana?

ardi_ekaputra
12-12-2012, 21:16
Pas tahun kemarin di Tribun jabar ada Iklan Bus Hino Pakai mesin depan sama belakang belakang ? nama jenis Hinonya apasih ? Sekarang udah gak ada lagi iklannya cuman ada truc super ranger wingsbox

envy
12-14-2012, 09:21
R320 chasis bis belum masuk Indonesia om, yang baru ada Jumbo Ranger series 320PS untuk truk

emang belum masuk om, jadi ini semacam promosi gitu..
mungkin tahun depan baru keluar..

ard3e19
12-18-2012, 09:34
emang belum masuk om, jadi ini semacam promosi gitu..
mungkin tahun depan baru keluar..

Kayaknya udah ada si ya, kemaren pas lewat kedung baruk surabaya di OT sama bis parwis Wali songo surabaya, di kaca samping tulisannya Hino R320 Air suspension pake baju morodadi prima, cuma waktu itu pas ga bawa senjata buat take picture.

ck_mon
12-18-2012, 10:42
Kayaknya udah ada si ya, kemaren pas lewat kedung baruk surabaya di OT sama bis parwis Wali songo surabaya, di kaca samping tulisannya Hino R320 Air suspension pake baju morodadi prima, cuma waktu itu pas ga bawa senjata buat take picture.

sticker? LOL

Iipin Dan Kawan Kawan
12-18-2012, 10:54
Kayaknya udah ada si ya, kemaren pas lewat kedung baruk surabaya di OT sama bis parwis Wali songo surabaya, di kaca samping tulisannya Hino R320 Air suspension pake baju morodadi prima, cuma waktu itu pas ga bawa senjata buat take picture.

sependapat sama yg dibawah ini, R320 yg tertempel di bis sekarang ini kebanyakan sticker, rata2 masih R260.
CMIIW


sticker? LOL

ponari_sweat
12-19-2012, 01:05
Pas tahun kemarin di Tribun jabar ada Iklan Bus Hino Pakai mesin depan sama belakang belakang ? nama jenis Hinonya apasih ? Sekarang udah gak ada lagi iklannya cuman ada truc super ranger wingsbox

Hino AK 8 dan RK 8 .... ?

ardi_ekaputra
12-22-2012, 22:30
Hino AK 8 dan RK 8 .... ?

Ini dalam satu chasis om punya 2 mesin . saya gak tau nama typenya apa tapi dulu ada iklannya di koran

willywill
01-01-2013, 18:04
Brarti RK8 R235 itu non turbo ya om? kirain turbo juga kyk R260..

satria_89
01-04-2013, 13:26
om kemaren tgl 2 januari naek gunung harta,trus kata crewnya pakai mesin hino R320 air suspension,
itu masuknya RK atau RG?

dr.asmawan
01-04-2013, 17:32
om kemaren tgl 2 januari naek gunung harta,trus kata crewnya pakai mesin hino R320 air suspension,
itu masuknya RK atau RG?

Armada GH ada yang pakai RG ada yang pakai RK.
Hino R320 belum ada di Indonesia om, airsus mungkin pasang di karoseri. Setahu saya hino belum ada airsus built-in di indonesia...
Biasanya para PO nempel sticker R320 untuk menarik minat penumpang....

satria_89
01-05-2013, 23:34
ooo,berarti crewnya ngaku2 ya om

dr.asmawan
01-07-2013, 08:00
ooo,berarti crewnya ngaku2 ya om

Begitulah om...

Ilham90
01-16-2013, 22:49
g cma ARIMBI bro,SINJAY jg....mlah smua armadanya pake HINOada lgi om yg hampir semua pke hino Aneka Jaya om mlah pctan sumatra pke hino AK8...

Sumber Dana
01-30-2013, 18:26
Mohon pencerahan
# RK-Cess ntu RK brp?????
R235 ato R260????
# RK jess ntu RK brp????
R235 ato R260????
thanks

ariwahyudi
01-30-2013, 18:29
Mohon pencerahan
# RK-Cess ntu RK brp?????
R235 ato R260????
# RK jess ntu RK brp????
R235 ato R260????
thanks

Kalo "RK-Cess" belum pernah dengar, tapi kalo "RK-Jess" itu RK8, baik yang 235 atau 260~

ck_mon
01-31-2013, 15:32
Armada GH ada yang pakai RG ada yang pakai RK.
Hino R320 belum ada di Indonesia om, airsus mungkin pasang di karoseri. Setahu saya hino belum ada airsus built-in di indonesia...
Biasanya para PO nempel sticker R320 untuk menarik minat penumpang....

ada 1biji, dulu dipake shantika, bus nya adiputro warna merah

envy
01-31-2013, 19:51
ada 1biji, dulu dipake shantika, bus nya adiputro warna merah
berbody setra HD, sekarang kepunyaan gunung harta

handika.prasetyo
02-25-2013, 18:17
klo hino ga ad built up airsuspensi ya

ariwahyudi
02-25-2013, 20:21
klo hino ga ad built up airsuspensi ya

sampai saat ini belum ada Hino yang pakai airsus built up~

envy
03-08-2013, 17:38
sampai saat ini belum ada Hino yang pakai airsus built up~

nih om pencerahannya


ada 1biji, dulu dipake shantika, bus nya adiputro warna merah

heru_yk
03-21-2013, 17:50
sampai saat ini belum ada Hino yang pakai airsus built up~

Kalo Agra Mas Cikarang BSD yang ex Bis Jepang Airsus nya built up dari Hino ga?

ardi_ekaputra
04-05-2013, 21:02
Mau nanya , kalau RN-280 udah ada blum sih ? apa sama kayak R260 panjang chasisnya ? trus suara mesin lebih halus atau sama kayak R260?

ck_mon
04-06-2013, 11:09
Mau nanya , kalau RN-280 udah ada blum sih ? apa sama kayak R260 panjang chasisnya ? trus suara mesin lebih halus atau sama kayak R260?

konon belum ada di indonesia

Adi_Pradana
04-07-2013, 00:02
sekedar unutk menambahi biar artikelnya cepet banyak... hehehe...
kebetulan saya masih punya data artikel tentang tipe2 mesin HINO dari website kita yang terdahulu dengan beberapa editan......
kepada yang pertama kali me-release artikel ini, mohon izin dipublikasi kembali ya...
Dari berbagai sumber akhirnya saya menemukan sejarah model Hino yang resmi di Indonesia.
List disusun berdasarkan tahun keluarnya.

tipe, tahun produksi tenaga cc mesin
AK172 1974-1992 172PS 6443cc H06C
AK173 1985-1992 173PS 6443cc H06C
AK174 1986-1995 174PS 6443cc H06C
RK174 1988-1995 174PS 6443cc H06C
RK2HM 1990-1998 - 6728cc H07C
RK2HR 1991-2004 200PS 6728cc H07C-T (Turbo)
AK176 1991-1997 176PS 6443cc EH700
AK3HR 1995-2007 190PS 7412cc H07D
RG1JN 1996-2005 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
RG1JS 1997-2007 240PS 7961cc J08C-TI (Turbo Intercooler)
AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA
AK8JRKA 2007-.. 215PS 7684cc J08E-UH (Turbo Intercooler)
RK8JSKA 2007-.. 235PS 7684cc J08E-UG
RK8JSKA 2007-.. 260PS 7684cc Jo8E-UF (Turbo Intercooler)


Satuan tenaga untuk Hino menggunakan PS (Pferde-Staarke) karena mengacu pada JIS.

Kenapa JIS pake PS??

hal ini dikarenakan masa lalu Jepang yang berhubungan erat dengan Jerman
Makanya Jepang lebih rela ikut satuan Jerman daripada negara lain.

Kenapa AK turbo mesin lama yang ada dilapangan koq nggak ada dilist?

Jawab: karena hampir bisa pastikan kalo itu mesin cangkokan luar, kalo nggak Thailand biasanya ***wan.

sebenernya RG tuh berapa PS sih? 240PS, 250PS, atau 260PS.

jawab: semuanya betul tuh! standar memang 240PS. Tapi ada PO yang ngerasa segitu masih kurang, jadi diambil gelondongan J08C-T yang 250PS dan 260PS.

moga bermanfaat...


RG cc-nya paling besar yaa.. :rolleyes: :rolleyes::rolleyes:

rk05
04-15-2013, 01:01
Yang juga menjadi pertanyaan bagi saya sampai sekarang

nah giliran nanya, secara kurang paham, dari hasil ngubek-ubek database deperin (http://e-licensing.kemenperin.go.id/?c=tpt-kbm&m=db&what=607&by=perush&action=Tampilkan), ada tipe RK1JSKA-BAB yang ijin produksinya sampai 170 unit, sementara dari quote di atas tidak tercantum?
kalo di lihat dari mesinnya, sama dengan RG series, yaitu 7961 cc, tapi seri RK1JSKA-BAB ini di produksi mulai tahun 2004 dan menurut sumber dipenda jatim (http://www.dipendajatim.go.id/njkb.php?select=250&merk=14&tipe=64&asal=49) sampai dengan tahun 2007.
Dimanakah populasinya? Soalnya secara sudah terdaftar di dipenda kan berarti ada di jalanan...?

cmiiw.
Ada yg tau sebenarnya seperti apa penampakan RK1JSKA-BAB ini?


bis Hino punyanya MGI yang baut rodanya 10 itu tipe apa?
kayaknya si RK juga (kaliii)
Hino baut roda 10 milik MGI yang saya tau hanya setir seperti RK8, transmisi matic, dan bahan bakar solar. Entah tipe Hino yg mana

rk05
04-15-2013, 01:27
Sebenernya dinamakan "banci" soalnya mesin cc gede 7961cc tapi tenaganya "hanya" 210PS, dikarenakan tanpa adanya turbo dan intercooler.
Launching tahun 2004 tapi tidak bertahan lama karena kurang laku



AK1JRKA 2004-2007 210PS 7961cc JO8C-NA



Kalo dari halaman pertama, sepertinya ini yang termasuk "RG banci".
Lihat saja perbandingan cc dan tenaganya.

RG banci bukannya RG yg sasisnya pendek ya? Tipe AK1JRKA harusnya mesin depan, nah bagaimana bisa disebut RG? :smile:

reski
05-07-2013, 01:05
nah giliran nanya, secara kurang paham, dari hasil ngubek-ubek database deperin (http://e-licensing.kemenperin.go.id/?c=tpt-kbm&m=db&what=607&by=perush&action=Tampilkan), ada tipe RK1JSKA-BAB yang ijin produksinya sampai 170 unit, sementara dari quote di atas tidak tercantum?
kalo di lihat dari mesinnya, sama dengan RG series, yaitu 7961 cc, tapi seri RK1JSKA-BAB ini di produksi mulai tahun 2004 dan menurut sumber dipenda jatim (http://www.dipendajatim.go.id/njkb.php?select=250&merk=14&tipe=64&asal=49) sampai dengan tahun 2007.
Dimanakah populasinya? Soalnya secara sudah terdaftar di dipenda kan berarti ada di jalanan...?

cmiiw.
Nah, kalo bener ada yang 7961cc juga berarti kemungkinan besar RG series.


Sebenernya dinamakan "banci" soalnya mesin cc gede 7961cc tapi tenaganya "hanya" 210PS, dikarenakan tanpa adanya turbo dan intercooler.
Launching tahun 2004 tapi tidak bertahan lama karena kurang laku


Kalo dari halaman pertama, sepertinya ini yang termasuk "RG banci".
Lihat saja perbandingan cc dan tenaganya.


RG banci bukannya RG yg sasisnya pendek ya? Tipe AK1JRKA harusnya mesin depan, nah bagaimana bisa disebut RG? :smile:
Iyaa, om teliti juga. Kode AK menunjukkan mesin depan.
Tapi coba dilihat lagi kode akhirannya yang JRKA, sama-sama menggunakan engine berbasis yang sama yaitu J08C-NA. Kode NA menunjukan Naturally Aspirated, tanpa turbo.
Betul RG banci memang RG chasis pendek. Kalo tidak salah hanya ada beberapa PO yang menggunakan chasis ini, PO Dedy Jaya salah satunya.
Walau menyandang nama RG, tapi output dayanya gak lebih bagus dari RG beneran, makanya dinamakan RG banci.

Adi_Pradana
05-11-2013, 16:15
Nah, kalo bener ada yang 7961cc juga berarti kemungkinan besar RG series.




Iyaa, om teliti juga. Kode AK menunjukkan mesin depan.
Tapi coba dilihat lagi kode akhirannya yang JRKA, sama-sama menggunakan engine berbasis yang sama yaitu J08C-NA. Kode NA menunjukan Naturally Aspirated, tanpa turbo.
Betul RG banci memang RG chasis pendek. Kalo tidak salah hanya ada beberapa PO yang menggunakan chasis ini, PO Dedy Jaya salah satunya.
Walau menyandang nama RG, tapi output dayanya gak lebih bagus dari RG beneran, makanya dinamakan RG banci.

di PO medali mas Juga ada kok Om .

Adit Jetbusmania
05-12-2013, 17:20
kalo hino kapasitas mesin terbesarnya berapa ya..

athaya
05-15-2013, 11:27
klo hino RKT ada gak ya, seperti punyaknya dali prima yang orange,mesin belakang?

reski
05-15-2013, 21:45
klo hino RKT ada gak ya, seperti punyaknya dali prima yang orange,mesin belakang?

RKT = RK Turbo = RK2HR, dulu saingannya MB1518 King.
Mayasari Group masih banyak yang pake chasis ini.

Adi_Pradana
06-13-2013, 11:58
klo hino RKT ada gak ya, seperti punyaknya dali prima yang orange,mesin belakang?


Masih ada kok milik AKAS Lumayan banyak , apalagi yg di pakek di AKAS IV yg warna biru..

nikicahyo
09-19-2013, 19:17
saya dari dulu suka naik bis dengan mesin Hino,karena rasa mesinya yang empuk dan suara yang merdu . . . :smile:

ardi_ekaputra
09-21-2013, 23:56
Ada yg tau sebenarnya seperti apa penampakan RK1JSKA-BAB ini?


Hino baut roda 10 milik MGI yang saya tau hanya setir seperti RK8, transmisi matic, dan bahan bakar solar. Entah tipe Hino yg mana

perasaan gak ada deh om yang 10 baut, Arimbi aja punya kok tapi 8baut
BOdynya yang Ganesia MU bukan om ?
CMIIW OOT

radi_budimania
09-22-2013, 00:12
kalau yang rn285 spesifikasinya kaya gimana ?