PDA

View Full Version : Persaingan Ketat Mira Vs Sumber Kencono



Indratno
12-23-2009, 17:23
Menurut sumber yang bisa dipercaya, PO Mira segera mengeluarkan 150 bis baru AC Tarip Biasa. Penambahan bis ini sepertinya untuk mengimbangi kekuatan PO Sumber Kencono yang sudah lama menjadi raja jalanan sepanjang Surabaya - Jogja.

Bahkan, jam PO Mira yang sempat "Mati" dihidupkan kembali. Sumber Kencono dengan armadanya yang dulunya tampak gagah mulai kehilangan tajinya dengan hadirnya bis-bis baru milik PO Mira. Sopir-sopir sumber kencono pun banyak yang hengkang ke Mira. Salah satu sopir yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa di P.O. Sumber Kencono terlalu banyak klaim. Klaim yang dimaksud adalah kewajiban membayar sejumlah uang atas pelangggaran terhadap aturan yang berlaku. "Mungkin kalau ketahuan ngentut aja bisa di klaim, " katanya.

Sumber Kencono sepertinya kebakaran jenggot. Tak berapa lama perusahaan tersebut mengeluarkan Sumber Kencono AC Tarip Biasa untuk mengimbangi kekuatan Mira. Sayangnya, desas-desus yang beredar AC nya menggunakan AC bekas dan lantai bisnya tidak menggunakan karpet seperti Mira. Sepertinya Sumber Kencono semakin kejepit. Nah, kita tunggu kelanjutannya....

argha satya
12-23-2009, 18:49
mungkin SK jago di bidang ekonomi'ny . dan MIRA di bidang ATB . yah sesuatu kan ada kelebihan dan kekurangan'ny . hehehe:D:D

Arie
12-24-2009, 00:34
wahh,,,bnyk bgt tuh 150 armada ac,,,emang skrg mira punya berapa ATB???
tp memang 2 operator ini dari segi armada menurut saya pnya plus minusny sndri2,,,,
fakta bbrp pndpat org yang sering sya jumpai di lapangan :
Sumber kencono : dgn karoserie Laksana larinya lbh stabil & anteng,,mesin nya pun jg rata2 enak (dr larinya maupun suara knalpotnya ),,jok yang lbh leluasa yg berbntuk lbh tinggi & nyaman shingga pnmpang lbih "betah" dduk maupun tidur,,kekhasan armada yang sngat trademark,,dan jg tarip murah+keramahan kru nya,,bbrapa keluhan rata2 cm pada bbrapa armada2 lama yg usianya sdh >5th.
Mira :dgn armada ATB nya bnyak pnmpang di siang hari mmlih mnggunakan mira,,interior yg bs dbilang bagus untuk ukuran klas ekonomi,,tetapi dr jok nya bnyk org bilang terasa "ndeglek"...shga jadi cept capek,,,& kdang kondekturnya tdk percaya jika penumpangnya byr pake tarip KL tnpa mnnjukkan kartu nya...

Indratno
12-24-2009, 13:56
Dulu saya sempat merasa enak naik sumber. Memang benar mesinnya stabil dan bodi yang ramping bikin bis leluasa untuk bergerak. Tapi setelah perusahaan membeli Hino Dong Feng- Hino yang dari China, SK menjadi kurang nyaman. Selain karena suspensinya yang kerasnya kayak batu, suaranya juga kayak kaleng krupuk. Tapi apapun yang terjadi antara Mira dan SK, saya melihat adanya sisi positif dari persaingan dua raksasa tersebut: mereka berpacu meningkatkan layanan dan performanya. Bukannya saling menjatuhkan satu sama lain dengan cara yang tidak fair.

kakashi
12-24-2009, 15:42
SK ATB yg baru lagi di karoseri Laksana menggunakan model Nucleus 3 Mesin AK8.

anggaraminded
12-24-2009, 18:17
bener2 hot issues nih :smiley_beer:

nyimak aja dulu :piece:

Mandoran
12-25-2009, 01:46
Menurut sumber yang bisa dipercaya, PO Mira segera mengeluarkan 150 bis baru AC Tarip Biasa. Penambahan bis ini sepertinya untuk mengimbangi kekuatan PO Sumber Kencono yang sudah lama menjadi raja jalanan sepanjang Surabaya - Jogja.


Yang bisa dipercaya ini siapa bro ? Kalo crew termasuk supir, kenek, kondektur, mandor terminal, kontrol tidak bisa dipercaya keakuratan infonya





Sumber Kencono sepertinya kebakaran jenggot. Tak berapa lama perusahaan tersebut mengeluarkan Sumber Kencono AC Tarip Biasa untuk mengimbangi kekuatan Mira. Sayangnya, desas-desus yang beredar AC nya menggunakan AC bekas dan lantai bisnya tidak menggunakan karpet seperti Mira. Sepertinya Sumber Kencono semakin kejepit. Nah, kita tunggu kelanjutannya....

Sekarang khan sudah keluar armadanya, ngapain harus pake desas desus.. Silakan dinilai aja sendiri

heru_yk
12-25-2009, 16:42
Nah gitu dong perebutan penumpangnya dengan persaingan ke arah yang lebih baik. jadi kan konsumen yang diuntungkan. jangan kaya di jakarta maen kuat2an beking. he2 sory OOT

Indratno
12-27-2009, 02:16
he...he...he...maaf kalau saya memang lemah masalah sumber berita. Mgk lebih baik besok lebih akurat sumbernya. Thanks atas kritiknya. Besok Kalau pulang ke sby akan saya review bisnya. Biar semua bisa menilai dengan lebih bijak dan terus memberikan saran agar performa kedua armada ini semakin baik. Tapi saya mengakui kedua perusahaan ini bener-bener gentle. Bis baru dihadapi dengan bis baru, bukan dengan preman atau aparat. hehehe

Indratno
12-28-2009, 17:07
Saya jadi ingat obrolan saya dengan sopir taksi beberapa bulan yang lalu. Sopir itu bertanya, " mas, mau kemana?" Saya jawab," mau pulang ke Jogja". "Naik apa mas?" tanyanya lagi. "Paling MIRA kalau ngga EKA. Kenapa pak?" kata saya. " Yah, jangan naik sumber kencono. Banyak copetnya," kata dia. Saya cuma berpikir, bagaimana berita dari mulut ke mulut begitu efektifnya. Lepas benar atau salahnya, saya memang sudah kecopetan 2x di SK dan 1 kali di EKA. Mungkin dalam persaingan ini para operator tidak hanya memikirkan keandalan mesin dan keindahan bis saja. Tapi juga faktor keamanan terutama yang sifatnya internal. Contoh: setiap bis dikasih satu intel...heheheh...

ariezzz
12-29-2009, 10:26
kemarin saya baru aja naek Eka,, dan menurut keneknya memang saat ini sudah diluncurkan beberapa armada baru, kebanyakan untuk Mira, kalau Eka masih tetap. Karna memang Mira bersaing ketat dengan SK. Kemarin sepanjang perjalanan Kertosono - Jogja saya memang melihat armada Mira AC baru semua. rata2 pake tentrem. ada juga yang pake AP. cuma ga tau cuma ganti baju atau allnew.
Malah dikabarkan Eka sudah menyiapkan 75 armada untuk ngelen ke Purwokerto. Tapi berita ini masih belum bisa dipertanggung jawabkan karna belum ada rilis resmi dari Eka sendiri. Cuma memang berita tentang SK akan merambah ke Pwt sudah santer dari dulu. Apakah mungkin Eka akan mengejar kemanapun SK pergi? :-) kita tunggu aja...

goes eka
12-29-2009, 10:36
numpang nyimak aja dlu ah,,,
mari di lanjut,,

Indratno
12-29-2009, 19:09
sep..sep...EKA, SK bakalan rame-rame mengais rejeki di jalur Surabaya - Purwokerto berebutan dengan Mandala, Rosalia Indah, Dahlia Indah dan bis bumel jurusan Jogja - Purwokerto. Sebenarnya situasi agak mengkawatirkan. Apalagi sopirnya cuma satu. Cuapek...Nguantuk...Esmosi....wadow...syerem...

Mandoran
12-29-2009, 22:15
kemarin saya baru aja naek Eka,, dan menurut keneknya memang saat ini sudah diluncurkan beberapa armada baru, kebanyakan untuk Mira, kalau Eka masih tetap. Karna memang Mira bersaing ketat dengan SK. Kemarin sepanjang perjalanan Kertosono - Jogja saya memang melihat armada Mira AC baru semua. rata2 pake tentrem. ada juga yang pake AP. cuma ga tau cuma ganti baju atau allnew.
Malah dikabarkan Eka sudah menyiapkan 75 armada untuk ngelen ke Purwokerto. Tapi berita ini masih belum bisa dipertanggung jawabkan karna belum ada rilis resmi dari Eka sendiri. Cuma memang berita tentang SK akan merambah ke Pwt sudah santer dari dulu. Apakah mungkin Eka akan mengejar kemanapun SK pergi? :-) kita tunggu aja...

Mira tidak ada yg pake AdiPutro

Mandoran
12-29-2009, 22:17
sep..sep...EKA, SK bakalan rame-rame mengais rejeki di jalur Surabaya - Purwokerto berebutan dengan Mandala, Rosalia Indah, Dahlia Indah dan bis bumel jurusan Jogja - Purwokerto. Sebenarnya situasi agak mengkawatirkan. Apalagi sopirnya cuma satu. Cuapek...Nguantuk...Esmosi....wadow...syerem...

saya pikir ini cuma akan menjadi gosip2 saja... sama seperti SK menembus Cilacap. Kalo logika Saya, Juragan2 EKA/MIRA/SK itu model yg pengen setiap hari bis harus pulang ke garasi utama. Lihat saja gimana mepetnya jam SK sby-Semarang, dengan kondisi seperti itu bis dalam 1 hari wajib 1PP. Purwokerto/Cilacap mustahil bisa 1 hari 1PP

Indratno
12-30-2009, 11:11
Hehehehe... tapi apa ngga mungkin ada usaha ekspansi? Mengingat jalur sby-jogja sangatlah padat.

pendrex
12-30-2009, 11:32
saya pikir ini cuma akan menjadi gosip2 saja... sama seperti SK menembus Cilacap. Kalo logika Saya, Juragan2 EKA/MIRA/SK itu model yg pengen setiap hari bis harus pulang ke garasi utama. Lihat saja gimana mepetnya jam SK sby-Semarang, dengan kondisi seperti itu bis dalam 1 hari wajib 1PP. Purwokerto/Cilacap mustahil bisa 1 hari 1PP
kalo sby-solo-smg keknya masih mungkin ... tapi sby-pwt-cilacap? ngeblonknya kek apa tuh kalo harus PP ...

rumah batik
12-30-2009, 11:55
kalo sby-solo-smg keknya masih mungkin ... tapi sby-pwt-cilacap? ngeblonknya kek apa tuh kalo harus PP ...

betul om mengingat jalan sepanjang sby dan cilacap yg banyak ranjau

Indratno
12-30-2009, 22:11
besok nunggu rilis resminya aja ah..kalau sampai kejadian seru bener bro. Ada orang Eka atau SK ngga disini? Kasih infonya dong! Kasian nih yang laen cuma nebak-nebak doang. hehehe...

heru_yk
12-31-2009, 13:00
menunggu info lebih lanjut aja deh, kalaupun bener gosipnya berarti konsumen juga toh yang diuntungkan...

arale
12-31-2009, 21:55
Di terminal Giwangan, biasanya ada 2 bis jurusan surabaya yang parkir berjajar. Pernah suatu ketika saya jumpai Mira dan SK berjajar di sana. Kemudian ada penumpang yang langsung menuju ke SK. Tetapi karena pada saat itu belum jam nya SK (masih milik Mira yg di sebelahnya), mandor pun melarang penumpang tersebut naik.
Tetapi penumpang tersebut tidak pindah ke Mira, melainkan menunggu beberapa menit hingga ia bisa naik SK nya.

Menurut saya, kedua PO sudah punya fans sendiri-sendiri. Tinggal bagaimana menjaga agar fans tidak pindah ke lain hati saja..
Saya sendiri adalah penggemar Mira bahkan sebelum Mira punya banyak ATB seperti sekarang. Sepertinya saya sulit pindah ke lain hati. Begitupun penggemar SK, bukan.

next_andi
01-01-2010, 00:22
untuk all bus mania, untuk tahun 2010 mira dan sumber kencono apa masih ada kartu langganannya?
and mintanya dimana (biasanya saya naik dari jombang menuju solo)?

Mandoran
01-01-2010, 02:33
untuk all bus mania, untuk tahun 2010 mira dan sumber kencono apa masih ada kartu langganannya?
and mintanya dimana (biasanya saya naik dari jombang menuju solo)?

Kalo hapal harganya, kasih uang pas seharga KL , kondekturnya juga pasti paham... tapi kalo mau untuk koleksi, bisa minta langsung ke petugas di bungur / kadang2 kondektur juga bawa

mira_lover
01-01-2010, 23:11
Kalo hapal harganya, kasih uang pas seharga KL , kondekturnya juga pasti paham... tapi kalo mau untuk koleksi, bisa minta langsung ke petugas di bungur / kadang2 kondektur juga bawa

Klo pengalamanku waktu naik MIRA sih, biasanya kondektur masih mau terima KL lama. Ntr biasanya klo kondektur lagi punya KL baru langsung dikasihkan ke panumpang td buat pengganti KL lama tadi.

Atau sampeyan bisa juga minta KL baru ke mandor2 terminalnya MIRA ato SK, mereka pasti punya kok...

arale
01-02-2010, 03:40
untuk all bus mania, untuk tahun 2010 mira dan sumber kencono apa masih ada kartu langganannya?
and mintanya dimana (biasanya saya naik dari jombang menuju solo)?

Miinta di Tirtonadi saja ke mandor atau kondekturnya sebelum naik bis. Bilang saja minta ganti KL, pasti dikasih.
Tapi kata mira_lover bener juga. Bulan Juni kemarin saya naik Mira ATB, keliru ngeluarin KL yang 2008 (warna hijau), tapi gapapa. Tetep bayar tarif langganan.
Kalau pakai KL, Jombang-Solo 20 ribu.

Indratno
01-02-2010, 19:23
semoga tahun baru ini diskonnya tambah besar! biar persaingan semakin seru penumpang semakin senang...

id0sut
01-04-2010, 23:00
Meski bukan penggemar Mira atau SK, tapi seru juga ni ngikutin persaingan Mira dan SK.

Nambahin saja, betul bahwa sepanjang jalan antara solo-jogja sering ketemu Mira yg masih kinyis2, kebanyakan pake baju Tentrem.
Tapi kok belum ketemu yg SK ATB, apa memang blm di launching?

Indratno
01-05-2010, 17:04
sudah mas. Tapi mereka mengeluarkannya pelan-pelan. Dan mereka tetap setia pake laksana anda. Bodinya sepertinya memang lebih bagus, tapi entah mesinnya. Katanya, per minggu diambil 3 ATB dari laksana.

Mandoran
01-05-2010, 17:29
sudah mas. Tapi mereka mengeluarkannya pelan-pelan. Dan mereka tetap setia pake laksana anda. Bodinya sepertinya memang lebih bagus, tapi entah mesinnya. Katanya, per minggu diambil 3 ATB dari laksana.

kalo mesin ya sama aja Hino AK215

saya menilai bedanya karena di Mira murni flatdeck, tapi SK masih ada tonjolannya itu yg menyebabkan suara mesin masih sedikit terasa di SK ATB. Mira kabarnya akan mengeluarkan juga yg dari laksana

@rya
01-06-2010, 03:46
akhirnya hanya ada 2 bus yang meraja untuk line sby-solo, sby-jogja, jaman dulu masih banyak pesaing seperti; akas, hasti, jawa indah, agung/anugerah, jaya utama, trigaya.... eka/mira/flores dan sumber kencono belum ada apa2nya sekarang tinggal 2 Eka/Mira vs Sumber Kencono.

kalo rumor bis Mira mengeluarkan 150 ATB rasanya ada benarnya, aku cm melihat kenyataan di lapangan aja setiap bis Mira lewat pasti ATB smua (sering nongkrong di angkringan solo hehehe) pernah naik jam 3 pagi dapatnya jg ATB

interior memuaskan untuk kelas ekonomi, kaki bisa selonjor, untuk desain kursi beberapa Mira ATB yang aku naiki ada yang pake sandaran tinggi ada yang jg yg sandaran kepala pendek

sisi desain dek untuk penutup mesin yang rata dengan lantai kabin penumpang merupakan karya inovasi bagus walaupun jarang dilewati orang yang turun naik, begitupula untuk SK ATB sebenarnya juga sudah rata dengan dek kabin penumpang hanya saja pada SK ATB masih menggunakan penutup mesin konvensional

kekurangan Mira ATB ada pada pintu depan (kiri) yang sempit karena ada bagian dari dashboard menghabiskan ruang dekat pintu, sehingga menyulitkan sirkulasi orang keluar masuk (bisa menjadi sasaran empuk copet), apakah tonjolan ini karena konsekuensi memaksakan dek mesin rata? sehingga ada beberapa bagian mesin ditempatkan dekat mulut pintu depan (pintu penumpang) mungkin ada yang tahu??

dari pengalaman naik beberapa kali Mira ATB dan SK ATB ternyata masih ngeblong juga dan kencengnya gak terpengaruh adanya AC, akselerasi juga masih seperti dulu, Mira ATB juga kenceng masih bisa balapan dengan 2 SK nonAC

sekedar berbagi pengalaman aja, saya tunggu pengalaman teman2 lain

Indratno
01-06-2010, 23:37
komentar-komentar yang ada semakin memperkaya pengetahuan para bismania. Ini gunanya forum. Yang hebat dan yang amatiran saling berbagi, saling belajar dan saling mencerdaskan.

roda_perothol
01-07-2010, 11:53
Meski bukan penggemar Mira atau SK, tapi seru juga ni ngikutin persaingan Mira dan SK.

Nambahin saja, betul bahwa sepanjang jalan antara solo-jogja sering ketemu Mira yg masih kinyis2, kebanyakan pake baju Tentrem.
Tapi kok belum ketemu yg SK ATB, apa memang blm di launching?

udah mas.. udah lumayan lama keluarnya

roda_perothol
01-07-2010, 11:55
komentar-komentar yang ada semakin memperkaya pengetahuan para bismania. Ini gunanya forum. Yang hebat dan yang amatiran saling berbagi, saling belajar dan saling mencerdaskan.


betul oom.. perlu lebih diberdayakan :smiley_beer:

heru_yk
01-07-2010, 12:15
wew semakin seru nih obrolan, semoga mira dan EKA dengan persaingan yang ada semakin meningkatkan pelayanannya ke konsumen. toh konsumen juga kan yang diuntungkan??

Indratno
01-07-2010, 12:42
Para pemilik SK dan MIRA tentu senang dengan forum ini. Ada saja orang yang memberi masukan, komentar, dukungan, pujian meskipun tidak dibayar. Saya mengusulkan kepada dephub supaya teman-teman diangkat menjadi Pah Nas...Pahlawan Ban Panas (soale sering dipake ngeblong).

Penumpang Bis
01-08-2010, 16:00
SK udah nge-line SBY-Madiun-Solo-Wonogiri; penumpangnya lumayan lah.....

gimana kalo Mira nembus Wonogiri dari sisi lain.......SBY-Madiun-Ponorogo-Purwantoro-Wonogiri.......kayaknya peluang masih terbuka.....mengingat jalur Wonogiri Timur mempunyai penduduk padat......terus pada setelah jam 19-an bus lokal sudah pulang kandang.....belum lagi jalur Ponorogo-Purwantoro yg nglayani cuma mikrobus yg taripnya selangit.....bayangkan jarak sekitar 30 km mbayarnya 10 rb.......kalo bis Suroboyoan kan biasanya bisa nekan ongkos......hehehe (sekedar usulan ringan)

elang
01-08-2010, 16:40
Om, mau tanya donk ATB itu singkatan dari apa ?

imammy
01-08-2010, 17:30
Om, mau tanya donk ATB itu singkatan dari apa ?

ATB = Ac Tarif Biasa

Ryan.Agusta
01-08-2010, 17:48
ATB = Ac Tarif Biasa

gampangnya, AC Ekonomi

Indratno
01-08-2010, 21:52
SK udah nge-line SBY-Madiun-Solo-Wonogiri; penumpangnya lumayan lah.....

gimana kalo Mira nembus Wonogiri dari sisi lain.......SBY-Madiun-Ponorogo-Purwantoro-Wonogiri.......kayaknya peluang masih terbuka.....mengingat jalur Wonogiri Timur mempunyai penduduk padat......terus pada setelah jam 19-an bus lokal sudah pulang kandang.....belum lagi jalur Ponorogo-Purwantoro yg nglayani cuma mikrobus yg taripnya selangit.....bayangkan jarak sekitar 30 km mbayarnya 10 rb.......kalo bis Suroboyoan kan biasanya bisa nekan ongkos......hehehe (sekedar usulan ringan)

Usulan yang bagus. Ini harus dilihat biaya dan manfaatnya juga. MIRA boleh terus ngejar SK kemanapun juga tapi jangan sampai mati konyol karena nuruti napsu. Semoga pemilik MIRA juga membaca.

Penumpang Bis
01-10-2010, 10:45
Usulan yang bagus. Ini harus dilihat biaya dan manfaatnya juga. MIRA boleh terus ngejar SK kemanapun juga tapi jangan sampai mati konyol karena nuruti napsu. Semoga pemilik MIRA juga membaca.

mungkin pake strateginya Aneka Jaya Surabaya-Pacitan........nembak jam-jam nya pegawai/karyawan/pekerja........berangkat-balik kantor......atau mudik.....banyak juga lho orang Wonogiri perantauan.........apalagi orang Wonogiri pasti ngiler kalo disuguhi AC Ekonomi.....

Indratno
01-10-2010, 16:25
weh...sampai lupa kalau ada pemain lama, namanya Aneka Jaya. Aku rasa lebih baik kalau mau nembak jalur Surabaya-Pacitan, pake strategi baru. Jamnya nembak Aneka Jaya, tp bukan pakai bis, tp pake ELF. Kebayang ngga sih kalo EKA-MIRA punya travel. Ini Mengingat jalurnya yang suempit....

Jambean
01-13-2010, 17:48
xixixi
kata kru mira sendiri bilang 90 % mira udah ATB semua
dan ini OOT
kalo misalkan kota mojokerto dijual dibelilah sam bos eka-mira (busedd klo bener kaya bener dah om bos ini)

Jambean
01-13-2010, 17:55
untuk all bus mania, untuk tahun 2010 mira dan sumber kencono apa masih ada kartu langganannya?
and mintanya dimana (biasanya saya naik dari jombang menuju solo)?

yang lama masih berlaku kk,tapi bisa minta tuker di kernetnya,semalem saya dikasih tau gitu...:thumbsup:

aditya_kurniawan
01-13-2010, 21:08
teman-teman semua ada yang uda pnya fotonya mira atb pke baju nucleus 3 lum?q liat kok pke plat putih L
mintak dunk naikin.
kemaren siang q liat mira keluar dari pabrik laksana,ga sempet foto lha ujan.

Indratno
01-17-2010, 11:25
wah...kemaren aku naik MIRA dari sby. Belum apa-apa sudah nyalip 3 SK. Ketiganya kosong blong. Rasanya aku sudah bisa nebak, siapakah raja jalanan berikutnya. Dari urusan 4 P ( Price, Place, Promotion dan Product), MIRA lebih sistematis. Apalagi masalah promosi, dalam waktu bersamaan MIRA mengganti bisnya dengan yang AC. Ini ibarat promosi tidak langsung, orang lansung melihat kalau MIRA jadi berbeda. Lain dengan SK yang mengeluarkan bis demi bis. Terlalu lamban untuk memposisikan diri di benak bis mania dan para komuter.

Indratno
01-26-2010, 19:30
saya melihat mira semakin jaya dan menguasai jalur gemuk "sby-jogja". Semoga tidak terjadi kanibalisasi antar kru.

Ryan.Agusta
01-26-2010, 20:27
saya melihat mira semakin jaya dan menguasai jalur gemuk "sby-jogja". Semoga tidak terjadi kanibalisasi antar kru.

yang saya bold maksudnya apa ya Om????

paijo_jr
01-27-2010, 00:22
wah...kemaren aku naik MIRA dari sby. Belum apa-apa sudah nyalip 3 SK. Ketiganya kosong blong. Rasanya aku sudah bisa nebak, siapakah raja jalanan berikutnya. Dari urusan 4 P ( Price, Place, Promotion dan Product), MIRA lebih sistematis. Apalagi masalah promosi, dalam waktu bersamaan MIRA mengganti bisnya dengan yang AC. Ini ibarat promosi tidak langsung, orang lansung melihat kalau MIRA jadi berbeda. Lain dengan SK yang mengeluarkan bis demi bis. Terlalu lamban untuk memposisikan diri di benak bis mania dan para komuter.kalo diliat spintas emang gitu sob, kalo ganti AC langsung banyak gitu tetapi permasalahannya bus2 yang bumel milik sk tuh mo di buang kemana??kalo mo diparkir di garasi jelas nggak cukup wong garasinya sk kecil bgts. kalo mira setahu gw seh langsung dilego ke trayek tulungagung-sby (lupa nama po nya) jadi bus2 bumel milik mira tuh udah ada yang nampung. gw jadi salut buat manajemen mira buat strategi kyk gitu.

pas sk gi jaya2nya (taon 2009 kebawah) sebenarnya tuh kelemahan dari sk coz dengan keuntungan yang segitu gede nggak buat manajemen sk mengconvert bus ke ATB dan ni celeh buat mira, restu, aneka jaya yang manfaatin ATB (kualitas diutamkan). ketika sk udah nyadar kalo pendapatan harian mulai berkurang mereka pun mulai melirik ATB tapi itu keknya udah terlambat bagi sk

:thumbsup:buat mira
:thumbsup:buat restu juga:linux:

Mandoran
01-27-2010, 07:46
wah...kemaren aku naik MIRA dari sby. Belum apa-apa sudah nyalip 3 SK. Ketiganya kosong blong. Rasanya aku sudah bisa nebak, siapakah raja jalanan berikutnya. Dari urusan 4 P ( Price, Place, Promotion dan Product), MIRA lebih sistematis. Apalagi masalah promosi, dalam waktu bersamaan MIRA mengganti bisnya dengan yang AC. Ini ibarat promosi tidak langsung, orang lansung melihat kalau MIRA jadi berbeda. Lain dengan SK yang mengeluarkan bis demi bis. Terlalu lamban untuk memposisikan diri di benak bis mania dan para komuter.

Dalam 1 Minggu ada 7 hari, ada 4 waktu yg menurut saya mempunyai kondisi berbeda Pagi-Siang-Sore-Malam. Dari 7hari itu ada waktu2 dimana bis2 jurusan Sby-Jogja punya okupansi penumpang yg cukup tinggi ( tidak peduli SK / MIRA ) contoh Jumat Sore, Sabtu Sore, Minggu Sore, Dan Pagi hari Setiap hari kecuali hari Minggu Pagi ( biasanya para karyawan2 komuter / TNI ) . Sudahkah pernah di Survei waktu2 tersebut kemudian dikomparasi dengan waktu2 dimana MIRA membawa penumpang penuh dan SK dengan penumpang kosong ? Sudahkah mas Indratno mencoba menghitung konsumsi Solar akibat AC, Investasi yg gede2an dengan armada yg Lux dengan pendapatan ? kalo saya memandang... Benar, MIRA adalah jagoan terminal dengan penumpang yg rata2 jarak jauh tapi tidak bisa dikesampingkan juga penumpang2 jarak dekat ya walaupun hanya sby-mojokerto.

Jadi pertanyaan saya mas mengambil kesimpulan di atas "sebagai next raja jalanan" apakah sudah mensurvei utk 7 hari yg berbeda dengan 4 bagian waktu yg berbeda serta dikombinasikan dengan jumlah investasi dan konsumsi solar ?

Mandoran
01-27-2010, 08:08
kalo diliat spintas emang gitu sob, kalo ganti AC langsung banyak gitu tetapi permasalahannya bus2 yang bumel milik sk tuh mo di buang kemana??kalo mo diparkir di garasi jelas nggak cukup wong garasinya sk kecil bgts. kalo mira setahu gw seh langsung dilego ke trayek tulungagung-sby (lupa nama po nya) jadi bus2 bumel milik mira tuh udah ada yang nampung. gw jadi salut buat manajemen mira buat strategi kyk gitu.



Mira2 Tugas Anda/ Trisakti banyak dipake oleh PO Sri Lestari
SK2 yg lama banyak di pake di Surya Indah, Ladju, dan bis2 kota di surabaya

Sudah terbukti khan baik SK/Mira bisa sama2 menjual armada2 lamanya.. masalahnya memang berapa sih jumlah armada Mira yg lama ? berapa sih jumlah armada SK yg lama ? Artinya jumlah armada MIRA yg lama memang jauh lebih sedikit daripada jumlah armada SK yg lama.. jelas aja ngejualnya lebih cepet habis Mira




pas sk gi jaya2nya (taon 2009 kebawah) sebenarnya tuh kelemahan dari sk coz dengan keuntungan yang segitu gede nggak buat manajemen sk mengconvert bus ke ATB dan ni celeh buat mira, restu, aneka jaya yang manfaatin ATB (kualitas diutamkan). ketika sk udah nyadar kalo pendapatan harian mulai berkurang mereka pun mulai melirik ATB tapi itu keknya udah terlambat bagi sk

:thumbsup:buat mira
:thumbsup:buat restu juga:linux:

Kalo melihat dari perubahan armada ke ATB benar SK terlambat, tapi peremajaan justru dimulainya dari SK terlebih dahulu lihat aja sebelum ATB apakah Mira punya AK215 ? Sedang SK sudah mulai meremajakan sejak Nopol 7181-7190, 7281-7290

Itupun saya tidak yakin benar apakah SK terlambat mengeluarkan ATB.... sekali lagi seperti postingan saya di atas jangan cuma dilihat dari suatu periode waktu dimana Mira Full vs SK kosong ( baca aja tanggapan saya terhadap postingan Indratno ). Manajemen SK yg sudah bertahun2 pengalaman yg pernah mengusir Jaya Raya, Maju Mapan bahkan Akas dari trayek Sby-Madiun-Solo-Jogja terus mengeluarkan armada tanpa AC disaat Mira sudah mengeluarkan armada2 ACnya ( SK angkatan 735x, 739x, 743x keluar disaat Mira sudah mengeluarkan armada2 AC nya ). Benarkah itu terlambat ????? atau memang sebuah kesengajaan dari manajemen SK ??? .

Kalo menurut Saya, Terlambat... tidak mungkin alasannya sederhana, Owner SK bukan pebisnis transportasi kemarin Sore yg tidak bisa menghitung Untung Rugi dan tidak bisa membaca bagaimana persaingan ke depannya. Bisa jadi 99% benar pendapatan SK berkurang tapi saya tidak yakin kalo sampe menyentuh "Rugi"

Sebuah Kesengajaan... bisa jadi kondisi seperti ini memang sudah ditunggu oleh owner SK, yaitu baru akan mengeluarkan perlawanan setelah Mira tampil dengan sebagian besar kekuatannya. dengan maksud apa ? Gampang... Semua pengusaha pasti ada hitungan2 kapan BEP dengan jumlah investasi yg sudah dikeluarkan, saat lawan sudah tampil dengan kekuatan penuh tinggal dikasih perlawanan2 tak terduga maka bisa jadi kan hitungan2 BEP lawan itu berubah ? kalo benar seperti ini justru posisi MIRA utk tahun2 ke depan buat saya mengerikan... jangan2 tidak bisa balik modal, jangan2 tidak bisa lagi memperbarui armada2nya

Senja Putra
01-27-2010, 08:44
Benar Mas Mandor....
SK sudah Lama Benar Menjalani Gelut Di Bidang Transportasi..
Tidak Terkecoh Juga Dia untuk Ikut Nimbrung ke ATB..

Di Luar Yang Kita ketahui.. Mungkin Saja SK sudah Mengeluarkan Strategy yang Kita Belum Tahu... Maju Terus SK.

bayu288
01-27-2010, 08:56
sedikit nambahin....

kalo SK banyak armada lamanya di banding MIRA BUMEL karena memang SK armadanya lebih banyak....
kalo saya lihat tiap kali lewat 1 MIRA pasti di blakang ada 2-3 SK.....

bahkan pernah di parkiran bus GIWANGAN di penuhi oleh SK semua...

tapi meski begitu,persaingan mereka begitu sehat...tidak pernah terjadi konflik...para kru dari masing2 po pun juga kompak.... :) :)

ikhsanwibowo
01-27-2010, 10:23
Coba deh dilihat waktu sore hari di terminal Tirtonadi pada hari jumat/sabtu. Rata2 SK maupun MIRA penumpangnya penuh dari arah timur, bahkan kadang kadang penumpang dari solo ke jogja harus menunggu bus berikutnya karena sudah tidak ada lagi tempat duduk. dan biasanya penumpang bukan memilih mana yang AC atau tidak, tapi biasanya penumpang naik ke bus mana yang duluan masuk baik itu SK ataupun MIRA, kecuali kalo memang mau naik EKA patas. Jadi belum tentu juga kalo SK kalah bersaing dengan MIRA. kita juga tidak tahu kan bagaimana ocupasi sehari2 ke dua bus tersebut..

heru_yk
01-27-2010, 11:01
sedikit nambahin....

kalo SK banyak armada lamanya di banding MIRA BUMEL karena memang SK armadanya lebih banyak....
kalo saya lihat tiap kali lewat 1 MIRA pasti di blakang ada 2-3 SK.....

bahkan pernah di parkiran bus GIWANGAN di penuhi oleh SK semua...

tapi meski begitu,persaingan mereka begitu sehat...tidak pernah terjadi konflik...para kru dari masing2 po pun juga kompak.... :) :)


Setuju dengan statement terakhir, siapa pemenangnya tidak lah penting, yang penting konsumen diuntungkan dengan adanya persaingan ini. dan tentunya pengusaha bus pun pasti sudah mempunyai strategi dan rencana jangka panjang yang mungkin belum kita pikirkan. HIdup itu kan bagaikan roda kadang ada diatas kadang ada di bawah, dan konsumen pastinya mau naik yang roda diatas terus toh?? he2 sorry just OOT. SK dan Mira Maju bersama,,, pasti kalian BISA...!!!

hafizpuzz
02-06-2010, 23:06
hu'um... setuju sekali brother...
kan yg penting konsumen untung, PO untung, ngeblong tapi aman, n "akur"...
ya tah,,??
he...
:peace:

GogonExpress
02-07-2010, 12:52
Okelah kalo begitu...

Pokoknya kalo yg akur2 gitu, saya mah setuju aja!
Yg penting semua bertujuan utk meningkatkan pelayanan!
Kan konsumen juga yg diuntungkan tuh!

Coba kalo berdampingan akur gini, kan seneng ngeliatnya...

http://i884.photobucket.com/albums/ac46/teguh_gogon/Bungurasih/DSCN5064.jpg

bramz
02-07-2010, 16:48
pernah ngobrol ama kru mira,katanya mira pesen 150 bis..
tiap bulan disetor 10 bis...
kmren jg sempet liat mira br keluar dr karoseri laksana...
masih kinyis2 bro...

Bouzel
02-07-2010, 16:56
Okelah kalo begitu...

Pokoknya kalo yg akur2 gitu, saya mah setuju aja!
Yg penting semua bertujuan utk meningkatkan pelayanan!
Kan konsumen juga yg diuntungkan tuh!

Coba kalo berdampingan akur gini, kan seneng ngeliatnya...

http://i884.photobucket.com/albums/ac46/teguh_gogon/Bungurasih/DSCN5064.jpg


mantep om pictnya n unik lg..:thumbsup::thumbsup:, dr 6 bus SK n MIRA masing2 grill nya n bodynya beda2.., cakep ini

meskipun perang tp..penumpang diuntungkan.. n dilihat dr pictnya mereka akur banget...

mira_lover
02-07-2010, 23:00
Akur ya memang harus, lha wong tiap hari ketemunya ya itu2 terus. Saingan sih boleh aja, yang penting kan tetep sportif.
Klo soal pendapatan MIRA ATB rata2 /harinya diatas 2,2jt(Info dari temen yang jadi kondektur MIRA). Klo konsumsi solar tiap hari berkisar antara 270-300 liter, tapi bisa juga lebih dari itu(Cak Kamsuri pernah "minum" sampe 310 liter solar).
Klo masalah investasi, Go Fang gak pernah merasa eman untuk itu. Bahkan pada dekade 80'an dulu, dealer se pulau jawa pernah "ditutup" untuk melayani permintaan EKA,MIRA,FLORES,SURYA AGUNG(Info dari bokap yang pernah jadi mekanik MIRA smpe th '94)
Tapi semenjak Po ini dipasrahkan ke Eka(anak dari Go Fang), banyak trayek2 pada jam2 "bagus" yang ditukarkan dengan trayek Patas SK yang udah gak jalan lagi. Akibatnya banyak trayek bumel yang menumpuk di SK dan EKA dibanjiri trayek PATAS sebelum sekarang berubah jadi CEPAT.
Melihat kondisi yang makin lama makin memprihatinkan ini,maka Go Fang akhirnya "Turun Gunung" untuk menjalankan usaha yang sudah lama dirintisnya..

danan cah madura
02-10-2010, 14:12
yaaaa junjung sportifitas dalam perbusan!!:smiley_beer:

Indratno
02-12-2010, 14:39
Boleh saling mendahului asal saling menyayangi :kiss::flower:

Indratno
02-12-2010, 14:41
Mandoran Itupun saya tidak yakin benar apakah SK terlambat mengeluarkan ATB.... sekali lagi seperti postingan saya di atas jangan cuma dilihat dari suatu periode waktu dimana Mira Full vs SK kosong ( baca aja tanggapan saya terhadap postingan Indratno ). Manajemen SK yg sudah bertahun2 pengalaman yg pernah mengusir Jaya Raya, Maju Mapan bahkan Akas dari trayek Sby-Madiun-Solo-Jogja terus mengeluarkan armada tanpa AC disaat Mira sudah mengeluarkan armada2 ACnya ( SK angkatan 735x, 739x, 743x keluar disaat Mira sudah mengeluarkan armada2 AC nya ). Benarkah itu terlambat ????? atau memang sebuah kesengajaan dari manajemen SK ???
Saya suka dengan gaya mas mandoran berpendapat: detail, lugas dan cerdas. Sisi positif dari obrolan ini adalah semua cinta SK dan Mira. Mereka boleh bersaing, yang penting tetap mengutamakan keselamatan penumpang. Dan kita tetap mengawal dengan opini dan kritik sesuai dengan kapasitas masing-masing. Ibarat peta, forum ini berusaha menunjukkan arah yang benar bagi SK dan Mira. Selebihnya terserah mereka....gas pol bro..:serbu:

GogonExpress
02-12-2010, 15:11
Setujuuuu.... Saya sih ngefans dua2nya...
Misal da kesempatan, brk pake SK balik pake Mira, ato sebaliknya :D



http://i682.photobucket.com/albums/vv187/aditya_be_en/Tour%20de%20Jateng/DSC02760.jpg


http://i58.photobucket.com/albums/g259/reski/touring/DSC01741.jpg

Mandoran
02-12-2010, 15:19
Saya suka dengan gaya mas mandoran berpendapat: detail, lugas dan cerdas. Sisi positif dari obrolan ini adalah semua cinta SK dan Mira. Mereka boleh bersaing, yang penting tetap mengutamakan keselamatan penumpang. Dan kita tetap mengawal dengan opini dan kritik sesuai dengan kapasitas masing-masing. Ibarat peta, forum ini berusaha menunjukkan arah yang benar bagi SK dan Mira. Selebihnya terserah mereka....gas pol bro..:serbu:


Hahaha.. Makasih bro... bener bro saya juga suka ke-2 nya. Kalo kelihatannya cenderung ke SK.. karena SK skrg dalam posisi "kalah" . Rasanya gak asik kalo salah satu diantara SK/Mira harus berakhir.

ikhsanwibowo
02-12-2010, 15:47
Hahaha.. Makasih bro... bener bro saya juga suka ke-2 nya. Kalo kelihatannya cenderung ke SK.. karena SK skrg dalam posisi "kalah" . Rasanya gak asik kalo salah satu diantara SK/Mira harus berakhir.

yup. ga seru kalo slh 1 dr mreka harus stop.. pokony mira vs sk = seru

Bouzel
02-12-2010, 16:12
debat dan argumen yg seru dan lugas:smiley_beer:

masing2 operator ini mempunyai strategi pasar yg berbeda untuk mendapatkan point tertentu, walau dilihat secara real seperti perang tp rasanya tidak, seperti apa yg sudah dijabarkan mas Mandoran.. saya rasa itu bisa dijadikan tolak ukur
menurut saya SK tidak terlambat bila mengeluarkan ATB klo pun SK tidak memiliki ATB itupun tidak mempengaruhi nilai ekonomisnya secara jalur jogja-SBY sangat gemuk

sukses terus untuk SK dan MIRA..
Maju terus perBISan Indonesia..,

line wngiri-pnrogo-magetan 30 KM 10rb masih sedikit wajar karena kapasitas seat sedikit dan bus 3/4 belum terlalu banyak bila dibandingkan big bus yg sekali muat banyak.. dan itu pun pengaruh terhadap pendapatan setoran kepada empunya bus..

cmiiw :peace::peace:

mira_lover
02-12-2010, 22:59
Hahaha.. Makasih bro... bener bro saya juga suka ke-2 nya. Kalo kelihatannya cenderung ke SK.. karena SK skrg dalam posisi "kalah" . Rasanya gak asik kalo salah satu diantara SK/Mira harus berakhir.

Tadinya aku sempat gak sehati lagi sama Cak Mandoran, tapi setelah baca postingan sampeyan diatas aku jadi sadar klo keduanya harus tetap eksis di jalur SBY-JOGJA. Klo salah satu harus berakhir mungkin perjalanan SBY-JOGJA jadi gak seseru sekarang...
:D:D
Tapi koyok opo ae aku tetap cinta MIRA, PO yang pernah membesarkanku..

bramz
02-12-2010, 23:07
kata mandor sk,tgl 20 feb akan menambah atb...

arale
02-13-2010, 02:47
Menurut saya, terlepas dari bagaimana fasilitas SK dan Mira sekarang, kedua PO ini akan tetap eksis. Kenapa begitu?
Alasannya, berapa banyak sih penumpang ekonomi yang memilih-milih bis? Bagi bismania mungkin hampir 100% memilih-milih bis apa yang akan dinaiki, tapi apakah kebanyakan penumpang seperti itu. Menurut saya tidak.. Menurut saya, kebanyakan penumpang akan berpikir, naik bis apa sajalah, kalau kebetulan kebagian ATB ya syukur. Kalau kebagian yang biasa ya tidak apa-apa.

Dari pengalaman saya naik bis sepanjang Surabaya-Yogya, sebagian besar penumpang adalah penumpang jarak pendek yang naik di jalan. Misal, naik di Sragen, turun di Ngawi, Naik di Ngawi turun di Madiun, dst. Nah, tidak mungkin penumpang jarak pendek ini memilih-milih bis kecuali ia hafal betul jadwal bisnya. Misalkan ada bis lewat, dan ia melewatkannya. Iya kalau bis berikutnya bis yang lebih bagus, kalau sama saja? Nanti bisa-bisa malah lebih lama nunggu bis daripada lama perjalanannya.
:-D

Kita juga tidak tahu apakah owner SK dan Mira juga benar-benar bersaing sampai berdarah-darah dalam persaingan bumel Surabaya-Jogja? Atau malah kedua pemilik ini bersahabat dan bekerjasama? Bisa jadi..
Indikasinya begini, dari pengalaman saya, Di sepanjang Solo sampai Madiun, kebanyakan Mira & SK seperti sombong terhadap penumpang. (Kalau sepanjang Jogja-Solo memang sudah ada kesepakatan dengan bis-bis lokal). Kalau ada penumpang 1 atau 2 orang nyegat di pinggir jalan, sering diabaikan dan tidak diangkut. Kalau anda ingin melihat kencangnya Mira & SK, saya sarankan di sepanjang jalur ini, karena disini keduanya betul-betul kencang.

Keadaan akan berubah drastis setelah memasuki terminal Madiun. Jarak 2 bis yang dempet sebelumnya akan perlahan melebar. Setelah Madiun, jangankan 2 penumpang, 1 penumpang saja akan diangkut. Saya sempat berpikir, apakah mereka sengaja hanya ingin bersaing dengan bumel Surabaya-Madiun? Mungkin saja, kan. Menurut saya Restu tidak akan mengeluarkan Pandanya kalau persaingan di jalur Surabaya-Madiun tidak seketat ini.

Menurut saya, belum tentu bis yang kalah fasilitas akan ditinggalkan penumpang, mengingat ini kelas ekonomi, bukan kelas eksekutif yang penumpangnya akan langsung kecewa saat mendapat bus yang tidak memuaskan.

najech
02-13-2010, 02:59
Masuk ... Masuk ... Masuk ...........
bung Arale .....Penjelasane dowo tapi masuk akal ......
:thumbsup: :thumbsup: :thumbsup:

arale
02-13-2010, 03:04
Masuk ... Masuk ... Masuk ...........
bung Arale .....Penjelasane dowo tapi masuk akal ......


Hehe thanks, bro..
Ya ini sedikit curahan hati dari saya..
^_^

mira_lover
02-13-2010, 14:29
Masuk ... Masuk ... Masuk ...........
bung Arale .....Penjelasane dowo tapi masuk akal ......
:thumbsup: :thumbsup: :thumbsup:
Masuk akal emang iya, tapi dari hasil statistik(panganan opo iku?) di lapangan, pendapatan per hari bis ATB dengan bis non ATB udah beda jauh. Kondektur MIRA yang tiap hari oper bis akan kehilangan pendapatan secara drastis apabila kebagian tugas di bis non ATB. Penumpang emang gak milih kecuali klo tau jam lewatnya bis yang diinginkan, tapi klo tau banyak bis yang bagusberedar di jalanan, kemungkinan penumpang akan sedikit rela untuk menunggu bis yang diinginkan lewat.

mira_lover
02-13-2010, 14:31
Masuk ... Masuk ... Masuk ...........
bung Arale .....Penjelasane dowo tapi masuk akal ......
:thumbsup: :thumbsup: :thumbsup:
Jumlah MIRA ATB yang udah jalan sekarang sekitar 65 buah, klo dirata2 dalam 24 jam bis ATB ini lewat tiap 22 menit. Jadi bukan hal yang mustahil klo penumpang masih mau menunggu bis. Apalagi bis2 yang ATB bukan hanya MIRA aja, masih ada Restu, Aneka Jaya, Jaya kuning, SK, Akas dll. Jadi penumpang bakal lebih dimanjakan lagi karena semakin besarnya peluang mendapatkan bis2 ATB ataupun mendapatkan bis yang mereka sukai..
:D:D:D

hafizpuzz
02-13-2010, 19:06
Indikasinya begini, dari pengalaman saya, Di sepanjang Solo sampai Madiun, kebanyakan Mira & SK seperti sombong terhadap penumpang. (Kalau sepanjang Jogja-Solo memang sudah ada kesepakatan dengan bis-bis lokal). Kalau ada penumpang 1 atau 2 orang nyegat di pinggir jalan, sering diabaikan dan tidak diangkut. Kalau anda ingin melihat kencangnya Mira & SK, saya sarankan di sepanjang jalur ini, karena disini keduanya betul-betul kencang.

Keadaan akan berubah drastis setelah memasuki terminal Madiun. Jarak 2 bis yang dempet sebelumnya akan perlahan melebar. Setelah Madiun, jangankan 2 penumpang, 1 penumpang saja akan diangkut. Saya sempat berpikir, apakah mereka sengaja hanya ingin bersaing dengan bumel Surabaya-Madiun? Mungkin saja, kan. Menurut saya Restu tidak akan mengeluarkan Pandanya kalau persaingan di jalur Surabaya-Madiun tidak seketat ini.


betul..betul..betul..
klo seinget saya juga begitu..
waktu itu (pertengahan tahun 09) saya naik dari sby ke jogja pake SK kira2 jam 4.30 (waktu itu klo g salah lum ada ATB / "kulkas" :D . dari perjalanan panjang itu, rata2 penumpang penuh2nya dari sby madiun, dan madiun solo. hampir penuh semua bangku na, si kondektur selalu bilang "kanan tiga kiri dua"... berulang terus saat ada penumpang naik. tapi selepas tirtonadi, menuju jogja hanya ada beberapa penumpang, (hingga kenek bisa leyeh2 di belakang, dan kondektur ngobrol ma supir)...

yogha kencono
02-13-2010, 19:08
SK memang Jet darat di susul dari blakang oleh Mira

Indratno
02-14-2010, 05:20
Ah senangnya jadi penumpang Sby-Jogja. Ibarat Dian Sasto, semua juragan bis memuja, mencinta dan memanjakan. Aku padamu SK MiRa...:genit2:

abaaziz
02-14-2010, 10:05
Om, mau tanya donk ATB itu singkatan dari apa ?


SK udah nge-line SBY-Madiun-Solo-Wonogiri; penumpangnya lumayan lah.....

gimana kalo Mira nembus Wonogiri dari sisi lain.......SBY-Madiun-Ponorogo-Purwantoro-Wonogiri.......kayaknya peluang masih terbuka.....mengingat jalur Wonogiri Timur mempunyai penduduk padat......terus pada setelah jam 19-an bus lokal sudah pulang kandang.....belum lagi jalur Ponorogo-Purwantoro yg nglayani cuma mikrobus yg taripnya selangit.....bayangkan jarak sekitar 30 km mbayarnya 10 rb.......kalo bis Suroboyoan kan biasanya bisa nekan ongkos......hehehe (sekedar usulan ringan)

setuju banget nih ama punya usul nya bos.....

Nglaju Naik Bis
02-14-2010, 11:50
persaingan yang sehat..yang diuntungkan juga para konsumen..

mira_lover
02-14-2010, 22:25
Waktu masih punya armada bumel dulu EKA pernah punya trayek jurusan SURABAYA-MADIUN-PONOROGO-PURWANTORO. Tapi gak bertahan lama karena keberadaanya diprotes oleh bis2 3/4 trayek PONOROGO-PURWANTORO. Jadi klo ada usulan untuk membuka trayek tersebut diatas maka hal itu akan sia2 karena hal itu sudah pernah dilakukan. Pun halnya dengan SK yang pernah buka trayek SURABAYA-JOGJA-WONOSARI. Gak bertahan lama karena alasan yang sama dengan EKA tadi.
SK juga pernah melepas trayek SURABAYA-PONOROGO dan SURABAYA-PONOROGO-BADEGAN peninggalan PO Madju Mapan yang sebelumnya telah diakuisisi oleh SK, alasannya mungkin karena persaingan di jalur ini terlalu ketat untuk hasil yang tidak "sebesar" SURABAYA-JOGJA. Begitu juga dengan EKA-MIRA yang menjual armada dan trayek Ponorogoan PO ITA..
Mungkin memang karakter keduanya yang lebih cocok untuk menggarap jalur SURABAYA-JOGJA. Meski sekarang SK juga mulai mengembangkan sayap ke Semarang..

abaaziz
02-15-2010, 19:41
Waktu masih punya armada bumel dulu EKA pernah punya trayek jurusan SURABAYA-MADIUN-PONOROGO-PURWANTORO. Tapi gak bertahan lama karena keberadaanya diprotes oleh bis2 3/4 trayek PONOROGO-PURWANTORO. Jadi klo ada usulan untuk membuka trayek tersebut diatas maka hal itu akan sia2 karena hal itu sudah pernah dilakukan. Pun halnya dengan SK yang pernah buka trayek SURABAYA-JOGJA-WONOSARI. Gak bertahan lama karena alasan yang sama dengan EKA tadi.
SK juga pernah melepas trayek SURABAYA-PONOROGO dan SURABAYA-PONOROGO-BADEGAN peninggalan PO Madju Mapan yang sebelumnya telah diakuisisi oleh SK, alasannya mungkin karena persaingan di jalur ini terlalu ketat untuk hasil yang tidak "sebesar" SURABAYA-JOGJA. Begitu juga dengan EKA-MIRA yang menjual armada dan trayek Ponorogoan PO ITA..
Mungkin memang karakter keduanya yang lebih cocok untuk menggarap jalur SURABAYA-JOGJA. Meski sekarang SK juga mulai mengembangkan sayap ke Semarang..

Makasih infonya gan, he..h.e... padahal pingin banget nih bis 3/4 jurusan PONOROGO-PURWANTORO ini bisa lebih profesional, karna jurur nih, gue pernah kecewa banget ma bis jurusan ini, meskipun banyak temen² gue yang jadi krunya,. selain tarifnya selangit, apalagi kalo menjelang lebaran bisa sampek 15rb lebih, and kalo hari biasa sering berenti di jalan, pernah gue perjalanan dari Ponorogo ke Purwantoro sampek 2 jam lebih, kalo sekarang sih mending gue ngojek aja 25rb bisa cepet.. sorry ya kalo ada yang salah ,.. mungkin ini unek² kekecewaan dari konsumen he..h.e...eh.

mira_lover
02-20-2010, 13:52
Makasih infonya gan, he..h.e... padahal pingin banget nih bis 3/4 jurusan PONOROGO-PURWANTORO ini bisa lebih profesional, karna jurur nih, gue pernah kecewa banget ma bis jurusan ini, meskipun banyak temen² gue yang jadi krunya,. selain tarifnya selangit, apalagi kalo menjelang lebaran bisa sampek 15rb lebih, and kalo hari biasa sering berenti di jalan, pernah gue perjalanan dari Ponorogo ke Purwantoro sampek 2 jam lebih, kalo sekarang sih mending gue ngojek aja 25rb bisa cepet.. sorry ya kalo ada yang salah ,.. mungkin ini unek² kekecewaan dari konsumen he..h.e...eh.

Mereka melakukan itu juga ada sebabnya kan? Mungkin karena kondisi daerah sana yang sepi penumpang, ato mungkin ada sebab2 lain yang jadinya merugikan konsumen.
:kabur:

CIPIO PRADITA
02-21-2010, 17:50
setuju banget nih ama punya usul nya bos.....

batul2.. sebagai penumpang jalur selatan, kyk e emang perlu ada bis ATB.. stelah skian lma g da armada yg bgus..:smiley_beer::smiley_beer::smiley_beer::smil ey_beer::smiley_beer:

CIPIO PRADITA
02-21-2010, 17:58
Mereka melakukan itu juga ada sebabnya kan? Mungkin karena kondisi daerah sana yang sepi penumpang, ato mungkin ada sebab2 lain yang jadinya merugikan konsumen.
:kabur:
y emang spi penumpang om,, mrk pasti jg cri setoran,, kdng ngetem dpasarnya lama bgt..:matabelo::matabelo::matabelo::matabelo::mata belo::matabelo::matabelo:
tp pa g seharusnya PO dcna melakukan peremajaan armada.. cpa tau klu armadanya bagus orng2 dcna jd pd suka naik bus.. :p:p:p:p:p:p:p:p:p:p:p:p

Fatamorgana
02-22-2010, 00:55
aahhhhhhhhhhhh......bis ini hampir nyiumi bokongnya JUPEq sayang terus...!!!!:frown2::frown2::frown2:, jadi trauma kih.....:kabur::kabur:lariiiiiiiiiiiiiiii......... .......

Indratno
02-22-2010, 12:26
batul2.. sebagai penumpang jalur selatan, kyk e emang perlu ada bis ATB.. stelah skian lma g da armada yg bgus..:smiley_beer::smiley_beer::smiley_beer::smil ey_beer::smiley_beer:

Apalagi Armada yang baru..kalau ngga salah jenisnya nucleus 3. Kuereeen....Dan sopir-sopir Mira memang sudah mateng makan asam-garam. Jadi lebih aman. Yang aku takutkan kalau armadanya terlalu banyak, kru di jalanan akan semakin susah dapat uang. Belum lagi ditambah penggunaan kendaraan pribadi yang terus meningkat. Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara yang pas agar masyarakat sadar bahwa menggunakan kendaraan umum sama enaknya dengan kendaraan pribadi? Selain lebih aman, nyaman juga irit bahan bakar. Ingat bozz...sekarang kan gombal warning.....:bolakbalik:

abaaziz
02-22-2010, 17:29
Mereka melakukan itu juga ada sebabnya kan? Mungkin karena kondisi daerah sana yang sepi penumpang, ato mungkin ada sebab2 lain yang jadinya merugikan konsumen.
:kabur:
Yang pasti semua tindakan pasti ada sebab,...
kalo menurut asumsi saya ya bos..
1. Terlalu banyaknya kendaraan yang beroperasi
2. pelayanan yang mengecewakan.
Waktu jaman ane kecil dulu ya bos,.. pelayanan di jalur ini masih normal,. alias nggak ngetem terlalu lama n ongkos masih normal² aja,.

kita sebagai pengguna jasa transportasi yang ini mulai cari alternatif,.. misal dengan kendaraan pribadi[motor] apalagi sekarang beli motor mudah banget he..h.e..
lha sekarang coba kita pikir, dengan jarak 25km ongkos 10rb lebih, dan waktunya bis2 jam,.. ya mending naek motor bensin 10rb udah blak balik, masih sisa n cepet,..
ini belum yang jarak deket²,.. dengan jarak 3km ongkos 3rb, 6 -8 km ongkos bisa 5 rb,.. he..h.e.. kalo gue si gan mending ngojek 25-30 rb 45menit, dari pada 10rb bisa 2 jam lebih he..h.e.. pisss.......:peace: sorry kalo salah ngomong gan .. mungkin temen↓² yang sering daerah sini juga merasakan

CIPIO PRADITA
02-22-2010, 17:45
aahhhhhhhhhhhh......bis ini hampir nyiumi bokongnya JUPEq sayang terus...!!!!:frown2::frown2::frown2:, jadi trauma kih.....:kabur::kabur:lariiiiiiiiiiiiiiii......... .......

wah,, trayekmu kan solo semarang pati om??? kuk bs ktemu mira N SK???

Indratno
03-02-2010, 22:29
hahahahhaha.....mbuh meh piye...bingung

Fatamorgana
03-03-2010, 21:09
wah,, trayekmu kan solo semarang pati om??? kuk bs ktemu mira N SK???
la pas mau ke t****u gitu owg.. mpe gemeter... wkwkwk:confused:

CIPIO PRADITA
03-03-2010, 21:14
la pas mau ke t****u gitu owg.. mpe gemeter... wkwkwk:confused:

jupe mu sing nyosor kali om..:D:D:D:D:D

Fatamorgana
03-03-2010, 21:16
yang nyosor..!!wkwkwkwk twing

sumaryanto
03-03-2010, 21:16
agak takut nee naek SK lha sering bgd kecelakaan... huuu takut...

Mandoran
03-04-2010, 15:56
agak takut nee naek SK lha sering bgd kecelakaan... huuu takut...

mari kita berhitung...
Jumlah armada SK lebih dari 250.. katakan 275. berarti ada 550 perjalanan/hari. 1 hari saja ada SK laka artinya ada 1/550 atau 0.18% ( padahal apa ya tiap hari laka ? katakan saja 1minggu sekali artinya... 0.02% )



Bandingkan dengan, katakan saya punya PO dengan 50 armada dan 1 hari ada 100 keberangkatan, maka untuk mencapai angka 0.02% dalam 1 minggu terjadi laka sebanyak 14X



1 Laka di jalan memang memprihatinkan apalagi sampe ada korban jiwa... tapi apakah angka 0.02% itu dikatakan sering ????

arisetyon93
03-04-2010, 16:31
yang penting rajane jalanan:thumbsup::thumbsup::thumbsup:

@rya
03-08-2010, 02:25
Dulu saya sempat merasa enak naik sumber. Memang benar mesinnya stabil dan bodi yang ramping bikin bis leluasa untuk bergerak. Tapi setelah perusahaan membeli Hino Dong Feng- Hino yang dari China, SK menjadi kurang nyaman. Selain karena suspensinya yang kerasnya kayak batu, suaranya juga kayak kaleng krupuk. Tapi apapun yang terjadi antara Mira dan SK, saya melihat adanya sisi positif dari persaingan dua raksasa tersebut: mereka berpacu meningkatkan layanan dan performanya. Bukannya saling menjatuhkan satu sama lain dengan cara yang tidak fair.

sisi negatifnya keduanya kalah sama operator bis bumel jogja-solo.....wkwkwkwkwkw....

ampunnnn.... kapann bumel2 rongsok itu pensiun

Indratno
03-17-2010, 23:16
mari kita berhitung...
Jumlah armada SK lebih dari 250.. katakan 275. berarti ada 550 perjalanan/hari. 1 hari saja ada SK laka artinya ada 1/550 atau 0.18% ( padahal apa ya tiap hari laka ? katakan saja 1minggu sekali artinya... 0.02% )



Bandingkan dengan, katakan saya punya PO dengan 50 armada dan 1 hari ada 100 keberangkatan, maka untuk mencapai angka 0.02% dalam 1 minggu terjadi laka sebanyak 14X



1 Laka di jalan memang memprihatinkan apalagi sampe ada korban jiwa... tapi apakah angka 0.02% itu dikatakan sering ????
mas mandoran ki detail banget...mbok ndaftar jadi menteri perhubungan mas..ketoke sampeyan lulusan ITS...Institut Teknologi Sumberan...:kabur:

Jagads
03-20-2010, 17:46
mari kita berhitung...
Jumlah armada SK lebih dari 250.. katakan 275. berarti ada 550 perjalanan/hari. 1 hari saja ada SK laka artinya ada 1/550 atau 0.18% ( padahal apa ya tiap hari laka ? katakan saja 1minggu sekali artinya... 0.02% )



Bandingkan dengan, katakan saya punya PO dengan 50 armada dan 1 hari ada 100 keberangkatan, maka untuk mencapai angka 0.02% dalam 1 minggu terjadi laka sebanyak 14X



1 Laka di jalan memang memprihatinkan apalagi sampe ada korban jiwa... tapi apakah angka 0.02% itu dikatakan sering ????


********************

sebagai bismania yang belum merasakan SK & MIRA
Saya sangat senang dengan Ulasan Ulasan Om MAndoran....
walau selalu membela:shutup: ...
tapi aku berfikir beliau memberikan suatu pandangan agar kita sebagai bismania harus berfikir dan jangan cepat2 menJUST suatu PO.

Maju Terus PerBISan INONESIA...
Patuhi Aturan hilangkan arogansi dijalan..
Selamatkan Penumpang Sampai tujuan...

hrespati
03-23-2010, 16:40
tetep pilih yang paling kenceng dan bagus bus nya... wkwkwkw..

Freddy Marley
05-21-2010, 23:04
Untungnya awal Bulan Mei kemarin saya sudah merasakan 2 armada ini dengan rute yang sama.

Menggunakan PO.Mira dngan armada terbaru AC.
Menggunakan PO.Sumber Kencono non-AC.

Saya menilai Lebih nyaman menggunakan armada Mira yg terbaru dibandingkan SK yg non-AC.

Jambean
05-22-2010, 20:19
mari kita berhitung...
Jumlah armada SK lebih dari 250.. katakan 275. berarti ada 550 perjalanan/hari. 1 hari saja ada SK laka artinya ada 1/550 atau 0.18% ( padahal apa ya tiap hari laka ? katakan saja 1minggu sekali artinya... 0.02% )



Bandingkan dengan, katakan saya punya PO dengan 50 armada dan 1 hari ada 100 keberangkatan, maka untuk mencapai angka 0.02% dalam 1 minggu terjadi laka sebanyak 14X



1 Laka di jalan memang memprihatinkan apalagi sampe ada korban jiwa... tapi apakah angka 0.02% itu dikatakan sering ????

hitungan dapat dari mana mas??
mohon pencerahan
dan mungkin nambah ilmu
thanks :smiley_beer::smiley_beer::smiley_beer:


__________________
Sebentar lagi kemarau..
waspadai asap dan debu
yang akan mengganggu perjalanan anda
tetap patuhi peraturan dan safety riding

bonarpar
06-10-2010, 17:27
sayang cuman bisa liat SK dan MIRA lari kenceeng (sedang duduk depan pak supir bumel solo-yogya)

persaingan SK dan MIRA mungkin saja sama dengan persaingan po-po lainnya di trayek jawa-sumatera, sayangnya belum ada research apapun yang membuat "kematian" bis.

om mandoran baru memberikan variabel-variabelnya kan? belum ada hasil research kah?

sebenarnya yang perlu diwaspadai adalah persaingan dengan moda transportasi lainnya seperti: KA, PSWT, TRAVEL dlsbgnya..

terbukti PESAWAT menjatuhkan bis MEDAN BISSER yang TERKENAL dengan setiap 5 menit.. meskipun mungkin saat ini sedang dipilih strategi menghadapinya..
mungkin 5 tahun lagi akan berubah kalu sudah ada TOL, ada KA Super Cepat dlsbnya.. jadi selama masih bisa menikmati MIRA dan SK..silakan dinikmati..

kalu kata orang: hidup itu bener2 cuma sekali saja kok, dan persaingan SK-MIRA pun PASTI hanya SEKALI ini, jgn berpikir too far too speed... a.ka berpikir kejauhan dan kesempitan...

salamkenal

hasamcgrady
06-21-2010, 02:15
nyimak aja udah dapet pengetahuan byk banget nih gan.. gile bener SK vs MIRA emang:cool:
pengen bgt naik SK , selama ini cmn bisa liat doang gan :malu:

AWEN'K
07-08-2010, 23:48
persaingan sesama podusen biasanya mendatangkan keuntungan bagi konsumenn..... wait and see aja....

fajarjamirobks
07-20-2010, 18:45
Di berberapa album Facebook, Udah ada tuh SK yg make Legacy. AK sih mesinnya tapi ATB. Tau kapan ngelennya?

Ryan.Agusta
07-20-2010, 19:00
Di berberapa album Facebook, Udah ada tuh SK yg make Legacy. AK sih mesinnya tapi ATB. Tau kapan ngelennya?

Sdh ngeline kok om di report gath kopdar TTS kan ada tuh

bayu tetap sanjaya
08-05-2010, 22:46
semoga persaingan kalian akan dikenang sepanjang jaman,

hidup SK dan MIRA,:biggrin::biggrin::biggrin:

fattrucker.ryan
08-05-2010, 23:42
seneng baca ulasan dari om om diatas, nambah ilmu juga.


saat ini SK memang mulai melangkah ke ATB dengan mulai berdatanganya SK berbody LAKSANA LEGACY. saya yang berdomisili di salatiga hampir tiap 2 hari sekali melihat sk legacy baru berjalan ke arah solo, apakah ini merupakan jawaban SK dari persaingan yang menarik ini?

menurut saya, jika masing masing PO ini menambah armadanya hingga lebih dari 40% jumlah armadanya. keknya fenomena ini akan terus berlanjut sampe semua armadanya berubah ke ATB semua. dan fenomena ini udah menjadi sepaerti siklus hidup di dunia perbisan, dan setelah era ATB mungkin juga akan hadir era baru. nah inilah fenomena fenomena yang memajukan dunia perbisan di indonesia. kita nantikan aja era baru setelah ATB. hehehehehehe

Wisnu M
09-16-2010, 19:02
sep..sep...EKA, SK bakalan rame-rame mengais rejeki di jalur Surabaya - Purwokerto berebutan dengan Mandala, Rosalia Indah, Dahlia Indah dan bis bumel jurusan Jogja - Purwokerto. Sebenarnya situasi agak mengkawatirkan. Apalagi sopirnya cuma satu. Cuapek...Nguantuk...Esmosi....wadow...syerem...

setuju mas...SBY-PWT terlalu jauh kalo pake 1 driver. Aq pernah naek SA dr jokja k JKT driver nya cuma 1,,pas mo masuk cikampek dah mulai ngantuk,,jaln bus nya dah oleng, ibu2 pada ngomel2 aj tuh!!!kasian driver nya!!

krisna_ndog
09-20-2010, 13:34
Untungnya awal Bulan Mei kemarin saya sudah merasakan 2 armada ini dengan rute yang sama.

Menggunakan PO.Mira dngan armada terbaru AC.
Menggunakan PO.Sumber Kencono non-AC.

Saya menilai Lebih nyaman menggunakan armada Mira yg terbaru dibandingkan SK yg non-AC.

lha, pembandingny g sama, pasti berat sebelah...

rocket2duo
09-21-2010, 11:36
klo ada polling .
gw milih SK daripada Mira :shake:

rocket2duo
09-21-2010, 11:38
Untungnya awal Bulan Mei kemarin saya sudah merasakan 2 armada ini dengan rute yang sama.

Menggunakan PO.Mira dngan armada terbaru AC.
Menggunakan PO.Sumber Kencono non-AC.

Saya menilai Lebih nyaman menggunakan armada Mira yg terbaru dibandingkan SK yg non-AC.


om ini keren lohh .
masa ngebandingin yg 1 armada ATB yg 1 non AC .:nohope:
jelas ATB donk om :wink2:

laen ceritanya klo ATB 22nya :shake:

Ryan.Agusta
09-21-2010, 11:43
thread mulai berujung ke debat merk, jika tidak segera diselesaikan maka nasib thread ini akan di LOCKED!

k3nc0n0
09-23-2010, 16:07
rame juga nieh ... terlambat q ... terlanjur sudah panjang ... yah wes lah gapapa ... q sih masih unggulin sumber kencono ... Mira sih lumayan juga masalahnya kalo q udah sk Penuh semua yah terpaksa ...

fajarjamirobks
09-23-2010, 17:32
thread mulai berujung ke debat merk, jika tidak segera diselesaikan maka nasib thread ini akan di LOCKED!

Ya, mas Ryan. Persaingannya malah pindah jadi persaingan antar kesukaan. Bukan postingan yang terkait dengan isinya.


rame juga nieh ... terlambat q ... terlanjur sudah panjang ... yah wes lah gapapa ... q sih masih unggulin sumber kencono ... Mira sih lumayan juga masalahnya kalo q udah sk Penuh semua yah terpaksa ...

Ane bold di sini. Hati-hati, mas! Jangan gunakan debat merk dalam thread ini. Hormatilah sesama anggota. Masalah kesukaan, pribadi saja. Jangan diubarkan ke thread bermutu.

hafizpuzz
09-23-2010, 21:41
Ayolah kawan2, kita sudah sama2 dewasa, jangan cuma debat merk, yg penting kita saling share info mengenai kedua PO ini.. jangan berat sebelah lah,,

share ni, beberapa hari ini, ane mondar mandir jalan jogja solo (antara janti-kalasan, baik pagi maupun sore), sekarang lebih jarang liat SK, banyakan MIRA ma kakak na (EKA). nah, ada apakah kira2 gerangan, mungkinkah efek dari audit yg sedang dilakukan oleh dishub di manajemen SK??

hasamcgrady
09-23-2010, 22:38
ini dia nih yang ditunggu tunggu.. apa kelanjutan SK setelah adanya pengauditan? akan tetep seperti dulu atau berubah? gimana okupansi penumpangnya berubah atau ngga? lets see:biggrin2:

r303
10-07-2010, 12:31
Dengan adanya bis2 MIRA dan EKA yang baru memang membuat penumpang dimanjakan. tarifnya yang relatif murah dan kadang kalau bepergian agak jauh, berani bilang KL.

Menurut ane sih sama aja ya kalo mau numpang MIRA atau SK.
Naik dari Mantingan ya naik sedapatnya, ngga peduli siapa MIRA siapa SK.

Tapi yang jelas naik MIRA nyaman. naik SK gedebugan. apalagi kalau sudah diselip sama MIRA. Keliatan kebakaran jenggot dan semua kendaraan di depannya di belll kabeh.
Dan MIRA ngga ketinggalan. Kadang mereka sengaja ngerjain sopir SK yang 'cenderung' masih darah muda.

Seperti yang dikatakan diatas2, dinikmati aja. Daripada naik bis-bis sragen-solo, atau solo-jogja, mendingan naik MIRA atau SK. dari Klaten sampai jogja biasanya bisa bobok lonjoran kaki.

Kalau mau ke Krian (dari Jogja) ya mending naik EKA. biar ngga kelamaan di jalur Ngawi-Madiun-Nganjuk.
Kalau mau lebih cepet lagi ya naik SRI TANJUNG... :D

Hehe sori OOT, hbs asik diskusinya gan....

M412CO
10-07-2010, 21:15
Dengan adanya bis2 MIRA dan EKA yang baru memang membuat penumpang dimanjakan. tarifnya yang relatif murah dan kadang kalau bepergian agak jauh, berani bilang KL.

Menurut ane sih sama aja ya kalo mau numpang MIRA atau SK.
Naik dari Mantingan ya naik sedapatnya, ngga peduli siapa MIRA siapa SK.

Tapi yang jelas naik MIRA nyaman. naik SK gedebugan. apalagi kalau sudah diselip sama MIRA. Keliatan kebakaran jenggot dan semua kendaraan di depannya di belll kabeh.
Dan MIRA ngga ketinggalan. Kadang mereka sengaja ngerjain sopir SK yang 'cenderung' masih darah muda.

Seperti yang dikatakan diatas2, dinikmati aja. Daripada naik bis-bis sragen-solo, atau solo-jogja, mendingan naik MIRA atau SK. dari Klaten sampai jogja biasanya bisa bobok lonjoran kaki.

Kalau mau ke Krian (dari Jogja) ya mending naik EKA. biar ngga kelamaan di jalur Ngawi-Madiun-Nganjuk.
Kalau mau lebih cepet lagi ya naik SRI TANJUNG... :D

Hehe sori OOT, hbs asik diskusinya gan....
Saya sering sekali perjalanan dari surabaya - madiun PP dengan jam yang gak tentu, naik MIRA maupun SK menurut saya sama enaknya, berimbang juga dalam hal kecepatan di perjalanan. Naik MIRA ya pernah disalip SK, begitu juga sebaliknya..... Anyway, mereka adalah 2 operator yang terbaik untuk saat ini dan belum ada operator lain yg menyamainya terutama untuk konfigurasi tempat duduk......bisa SELONJOR NYAMAN......

bayu tetap sanjaya
10-07-2010, 22:00
SK dan MIRA sama saja, sama2 hebat dan sama2 berjaya di jalur SBY-JOGJA,

pasingsingan
10-08-2010, 07:15
Saya sih sama2 suka karena udah sering pake EKA (kalo jarak jauh ini yang saya pilih)
Untuk Solo - Jogja, Mira ataupun SK sama saja kog asal ATB. sudah pernah nyoba MIra yang tentrem, Sprinter/proteus (cmiiw), Nucleus dan SK yang legacy.
Menurut saya, sama enaknya kog. sama ademnya, kursi jg nyaman.
kalau gag dapat duduk and sumux itu baru gag nyaman hehehehe

kaka
10-08-2010, 12:26
Persaingan yang sehat, penumpang yang diuntungkan.
Tarif normal (beda dg tarif bumel solo-jogja yg agak mahal).
Berlomba-lomba menyajikan armada yg terbaik, mira ATB, sk ATB.
Di jalanpun sering keduanya ga mau kalah, salip menyalip.
Keduanya punya penggemar sendiri2, jadi nikmati aja

mira_lover
10-08-2010, 18:32
Secara prinsip MIRA dan SK memiliki perbedaan. Setuju dengan om r303, SK dihuni darah2 muda yang gampang sekali naik jika disalip MIRA atau didepannya terlihat MIRA. Sedangkan MIRA lebih cenderung dihuni oleh sopir2 matang yanggak terlalu gegabah dalam meladeni SK, mereka lebih cenderung main aman yaitu yang pendapatan yang memadai. Tapi itu tidak berlaku mutlak untuk keduanya. Banyak juga sopir MIRA yang ugal2an dan sebaliknya banyak juga driver SK yang santun di jalan...

triplesobries
10-08-2010, 23:02
Untuk bandingin Mira dulu saja ya, antara yang pakai baju Nucleus, Legacy sama satu lagi yang dari Tentrem (nggak tahu modelnya), yang paling nyaman tetep yang pake baju Legacy, tempat duduknya lumayan nyaman, beda dengan yang pake baju Nucleus sama tentrem, tempat duduknya susah buat selonjor, dan terkesan keras,,
Selain itu, karena pakai front engine, yang saya rasakan, yang pakai karoseri tentrem kog ada sedikit kelemahan: 1. ac kurang kerasa di deretan bangku depan, (mungkin karena panas dari mesin masuk kali ya), 2. suara mesin terdengar banget dari dalam kabin, beda sama yang pakai legacy,, suara masi bisa ditoleransi, dan ac-nya,, ngga kalah sama panas mesin, euy


nah, kalo yang SK, saya baru sempat pakai yang legacy, jadi maaf, resensinya besok, ya,,

irul_amro
12-31-2010, 08:11
Untuk SK antara yg Nukleus n Legacy sama aja om,

Kalo Mira masih enakan yg tentrem Inspiro Lebih lapang tmpt duduknya

bayu288
12-31-2010, 09:32
untuk armada,kedua PO ini menurut saya pribadi udah sama2 bagus dan nyaman...Tinggal penumpang memilih siapa yg cepat sampai tujuan dan tidak ngetem terlalu lama....CMIIW

mira_lover
01-01-2011, 12:22
Untuk SK antara yg Nukleus n Legacy sama aja om,

Kalo Mira masih enakan yg tentrem Inspiro Lebih lapang tmpt duduknya
armada2 MIRA yang menggunakan 60 seat pada sekarang sudah ada beberapa yang mulai dikurangi menjadi 55 seat. Rencananya semua armada MIRA akan menggunakan 55 seat.

heroex
01-01-2011, 12:35
armada2 MIRA yang menggunakan 60 seat pada sekarang sudah ada beberapa yang mulai dikurangi menjadi 55 seat. Rencananya semua armada MIRA akan menggunakan 55 seat.

Ga rugi kalo Id-a Mira_Lover wkwkwkwk..........

joe cole
01-01-2011, 12:52
Mira-SK sama aja...yang beda yah EKA...
Kalo nek juga gag milih2 mana yang dateng duluan aja entah Mira atau SK, nyegat dari Mbarong ke Ngawi. P.P..last 2 years, sebelum ada Mira/SK ATB..... sampe sekarang belom kesapan naek ATB nya.... belom pulang ke Nganjuk lag sih, yang pasti gw kalo ke pulang ke Nganjuk bakalan naik duo jagoan ini buat nenggok ponakan di Ngawi

scania_benz
01-01-2011, 14:18
Terus terang saja belum pernah naik Mira atau SK, tp kalau melihat postingan kelihatannya walaupun ATB ataupun Ekonomi pelayanan serasa naik Five Star Bus, mudah2an bis di Jateng secara khusus dan di Seluruh Indonesia pada umumnya bisa mencontohnya dari segi pelayanan kepada Penumpang maupun Armada yang dipakai.
Maaf OOT dikit dulu sekitar bulan Maret 2001 pernah Naik Eka dari Yogyakarta turun di Terminal Tirtonadi,kalau skrg masih boleh gak ya?:smile:

digdoyo
01-02-2011, 02:09
Terus terang saja belum pernah naik Mira atau SK, tp kalau melihat postingan kelihatannya walaupun ATB ataupun Ekonomi pelayanan serasa naik Five Star Bus, mudah2an bis di Jateng secara khusus dan di Seluruh Indonesia pada umumnya bisa mencontohnya dari segi pelayanan kepada Penumpang maupun Armada yang dipakai.
Maaf OOT dikit dulu sekitar bulan Maret 2001 pernah Naik Eka dari Yogyakarta turun di Terminal Tirtonadi,kalau skrg masih boleh gak ya?:smile:
masih Kang..

semoga bis2 di Indonesia bisa "copas" Mira ato SK yoh

mira_lover
01-02-2011, 15:42
Terus terang saja belum pernah naik Mira atau SK, tp kalau melihat postingan kelihatannya walaupun ATB ataupun Ekonomi pelayanan serasa naik Five Star Bus, mudah2an bis di Jateng secara khusus dan di Seluruh Indonesia pada umumnya bisa mencontohnya dari segi pelayanan kepada Penumpang maupun Armada yang dipakai.
Maaf OOT dikit dulu sekitar bulan Maret 2001 pernah Naik Eka dari Yogyakarta turun di Terminal Tirtonadi,kalau skrg masih boleh gak ya?:smile:
Kayaknya masih boleh om...Prinsip pelayanan EKA "Penumpang Adalah Raja".

Mbexxx a.k.a Tendhong
01-03-2011, 00:28
Klo boleh bandingin sih...
Buat Mira sopirnya top2...gila abis klo minggirin sepeda motor arah berlawanan...Sayangnya, jok sempit sama terlalu tegak...
Klo Sumber Kencono sih, akhir2 ini keberangkatan siang gak segila dulu...Mesin sih lumayan...tapi enaknya joknya selisih 1 deret plus kemiringannya lebih nyaman...
Klo pengen ngeblong siang sih barengan Mira...klo pengen ngeblong malem sama SK masih tetep jos juga...

mira_lover
01-03-2011, 11:14
Kan MIRA edisi Laksana jumlah bangkunya wes mulai dikurangi jadi 55 seat...coba aja,legacy 7300 salah satunya.

Pangeran Jawa
01-03-2011, 20:44
Kan MIRA edisi Laksana jumlah bangkunya wes mulai dikurangi jadi 55 seat...coba aja,legacy 7300 salah satunya.

mosok sih Om...wah besok sabtu kudu dibuktikan dari terminal Solo...soale kalo lagi di tirtonadi, ane rada alergi kalo naik Mira Nukleus/Legacy....sumpek....jadi mendingan milih Mira Inspiro saja atau ngelirik ke SK ATB Nukleus, syukur2 kalo dapet yang Legacy

buat om Mira_Lover: kira2 pada jam 16-an dari Tirtonadi ke arah timur, ada yg boleh/bisa dinilai perubahan kursinya, ga? (rekomendasinya dong!)

irizarpb
03-13-2011, 08:28
Persaingan antara Mira VS Sumber Kencono. ini membuat 1 insiden. karena saling blong-blongan. jadi Mira menabrak mobil sedan dan Sumber Kencononya itu nabrak pohon (kejadian di Saradan)

rivanDjaya
03-16-2011, 23:05
Persaingan antara Mira VS Sumber Kencono. ini membuat 1 insiden. karena saling blong-blongan. jadi Mira menabrak mobil sedan dan Sumber Kencononya itu nabrak pohon (kejadian di Saradan)

kapan kejadiannya om?, liat nopolnya?

triplesobries
03-17-2011, 06:54
mosok sih Om...wah besok sabtu kudu dibuktikan dari terminal Solo...soale kalo lagi di tirtonadi, ane rada alergi kalo naik Mira Nukleus/Legacy....sumpek....jadi mendingan milih Mira Inspiro saja atau ngelirik ke SK ATB Nukleus, syukur2 kalo dapet yang Legacy

buat om Mira_Lover: kira2 pada jam 16-an dari Tirtonadi ke arah timur, ada yg boleh/bisa dinilai perubahan kursinya, ga? (rekomendasinya dong!)
kalo pake mira malah justru mending pake yang legacy Om, kalo yang inspiro, seatnya terlalu tegak, sempit dan keras,, (maaf lho) dibandingkan sama yang dari legacy

andycharolli
03-21-2011, 14:12
sekedar share dari blog bung awan SK :) semoga menjadikan pencerahan bagi kita semua :)


Menyikapi fenomena PO Sumber Kencono di sekitar lebaran terutama di E100 , kebetulan tanggal 19.09.2010 sehari sebelum audit oleh Polda Jatim , DLLAJ dan Civitas Akademik Universitas, saya sempat berkunjung ke PO Sumber Kencono (karena keprihatinan) dan tanpa sengaja bertemu dengan Top manajement PO yang mempekerjakan 1000 employee lebih ini. Ternyata diluar dugaan saya, PO ini , bukan karena faktor audit, ternyata sudah melakukan tindakan preventif safety yang luar biasa

(1) Garasi PO ini dipenuhi slogan & foto safety (bukan tempelan baru buat audit)

(2) Mengirim sopir ke DLLAJ untuk kursus rutin 2 orang per bulan

(3) Di garasi, saya menemukan Video yang diputar di ruang kru berisi aneka petunjuk pengoperasian armada dan safety

(4) Memberikan Insentif khusus bagi mereka yang tidak laka selama setahun .

(5) Telah meningkatkan kualitas audit opersional ke kru terhitung laka di ngawi

(6) Selalu tegas menindak kru yang ugal-ugalan.

(7) Top Manajemen tak ragu menegur Kru begitu sms pengaduan diterima (kebetulan ditunjukan sms nya)

(8) Dalam sejarah laka Sumber Kencono, TIDAK ADA karena mesin tidak layak sebagaimana laka bus lain. Manajemen care dengan mantainance

(9) Dalam record saya pribadi korban laka dari penumpang sangat minim, sebagian utama korban adalah pengendara sepeda motor.
Saya yang semula ingin memberi banyak masukan, hanya mampu melongo karena semua point yang ingin saya sampaikan sudah dilakukan manajemen. Yang jelas, Manajemen mengakui tidak sepenuhnya benar dan berjanji selalu melakukan perbaikan. Faktor pengawasan kru yang kurang tepat, disinyalir mungkin menjadi salah satu andil, dimana cenderung lebih banyak berbasis pengaduan. dan hal ini telah disadari manajemen dengan mengubah komposisinya menjadi lebih menitikberatkan porsi pengawasan intern,
"Tidak semua sopir saya baik, itu harus saya akui, seperti jemari yang tidak sama panjang, dan seperti juga anak kandung saya, watanya juga mcam-macam, ada yang baik, ada yang jelek. Namun sebagai ayah saya selalu berusaha membimbing mereka." itu adalah kutipan kata bpk Setiyaki Sasangko di saat itu. Saya sudah berusaha dan akan terus berusaha, namun jangan vonis saya, seakan hanya kami yang salah, jangan hanya main tindakan anarkis membakar bus, berteriak menutup SK namun tidak berusaha mencari fakta obyektif penyebab kecelakaan itu. Namun adakah mereka yang berfikir nasib 1.000 lebih karyawan berikut para istri dan karyawan mereka. Sungguh rentetan musibah ini menjadi pelajaran berharga buat perusahaan"
Tidak ada salahnya kita dukung, manajemen SK telah menetapkan slogan AMAN CEPAT NYAMAN . Tidak ada salahnya kita belajar memberikan apresiasi kepada manajeman PO Sumber Kencono yang sudah melakukan tindakan preventif sedemikian bagusnya.
Semoga info ini bisa menjadi penyeimbang fenomena SK, menguak beberapa hal yang orang awam tak tahu tentang bus.Untuk itu juga akan lebih positif jika SS dan E100 juga secara berimbang untuk menyerukan slogan anti anarkisme seperti ayo jangan bakar bus nya dan membantu meredam tuntutan masyarakat dengan penutupan PO Sumber Kencono. Ada 1000 lebih pegawai, ada 800 istri dan lebih dari 2000 anak-anak yang menggantungkan hidup ke Sumber Kencono, belum lagi ribuan penumpang di jalanan yang membutuhkannya.
Semoga berguna bagi semua nya.
Mari bersama kita beri dukungan manajemen dalam melakukan perubahan itu dengan tidak segan untuk mengirim SMS jika kita menemukan sesuatu yang tidak berkenan oleh armada Sumber Kencono

r303
03-21-2011, 15:03
tadi malem abis naik MIRA, dari bypass krian sudah seperti mau balapan sungguhan aja. jejeran kanan kiri SK MIRA di lampu merah. lampu ijo sebagai startnya.

di bypass mojokerto MIRA yang juara.

malangnya, di jalan masih di daerah mojokerto, dari arah berlwanan ada truk gede ngangkut galon nyebrang tanpa babibu.
jarak antara truk nyebrang dengan MIRA dg laju 100 km/jam ngga jauh2 banget.
sopirnya nggenjot rem sekuat2nya. bau rem menyengat. untung MIRA-nya ngga njoget-njoget, kata kernetnya.

dari situ, sopirnya kayaknya shock gitu, lebih hati2 dan smooth, pdhl tadinya speed tinggi terus. walhasil, molor satu setengah jam-an nyampe jogjanya.

Mbexxx a.k.a Tendhong
03-22-2011, 18:24
Sumber Kencono dan Mira sama-sama enaknya...Pernah naik Sumber Kencono yang kenceng banyak, yang lambat juga ada...Begitu juga dengan Mira...Malahan naek Mira dari Jogja ke Surabaya pernah nyelip 3 Mira di depannya, 3 Sumber Kencono, 2 EKA...Naik Sumber Kencono juga pernah Surabaya-Jogja 5,5 jam...Semuanya ada positif dan negatifnya...semoga persaingan tetep fair2 aja...Jadinya, pelanggan juga kan yang diuntungkan?CMIIW

k3nc0n0
03-24-2011, 13:07
wah2 rame banget ketinggalan q ... yah idep2 simak jadinya wes .... akibat kesibukan kantor lama ngg ikut kumpul .. whuighh ... sukses aja untuk kedua-duanya ... teruslah memberikan pelayanan yang terbaiknya ...

paulsinaga
03-29-2011, 14:21
wah ane harus coba ni jalur panasnya..... pastinya mantep...

skti
06-27-2011, 03:23
Setau ane dari bus bus surabaya"an tuu yg paling cepet Eka ,, Dalam keadaan jalan sepi top speednya bisa lebih dari 125 Km/jam, Kalo SK sii sekitar 100 km/jam, Mira hampir sama tapi masi dibawah Sk,

Terus kokk orang orang bilang SK cepet/ngeblong lahh ??
menurut ane sih tuu dari akselerasinya yg super kenceng (mungkin bus dgn akselerasi paling cepet yaa),, Mungkin juga gara gara sering Gas pool,, trus Rem,, Banting setir. sehingga orang yg di dlm merasa bahwa tu bus cepet dan sering juga mabokk "bukannya malah ga nyaman".

Kalo dr pengalaman ku sii,,
kalo siang mending naik SK (bagus di jalan yg ramai), kalo mlm lebih baik naik Eka

***Just share dari Pengalamanku (2007-2010) sering berpergian dini hari pake kendaraan pribadi N cari aman biasa +- 100 an meter di belakang salah satu bus tsb :D :D

irizarpb
07-15-2011, 06:28
Menurut sumber yang bisa dipercaya, PO Mira segera mengeluarkan 150 bis baru AC Tarip Biasa. Penambahan bis ini sepertinya untuk mengimbangi kekuatan PO Sumber Kencono yang sudah lama menjadi raja jalanan sepanjang Surabaya - Jogja.

Bahkan, jam PO Mira yang sempat "Mati" dihidupkan kembali. Sumber Kencono dengan armadanya yang dulunya tampak gagah mulai kehilangan tajinya dengan hadirnya bis-bis baru milik PO Mira. Sopir-sopir sumber kencono pun banyak yang hengkang ke Mira. Salah satu sopir yang tidak ingin disebutkan namanya mengatakan bahwa di P.O. Sumber Kencono terlalu banyak klaim. Klaim yang dimaksud adalah kewajiban membayar sejumlah uang atas pelangggaran terhadap aturan yang berlaku. "Mungkin kalau ketahuan ngentut aja bisa di klaim, " katanya.

Sumber Kencono sepertinya kebakaran jenggot. Tak berapa lama perusahaan tersebut mengeluarkan Sumber Kencono AC Tarip Biasa untuk mengimbangi kekuatan Mira. Sayangnya, desas-desus yang beredar AC nya menggunakan AC bekas dan lantai bisnya tidak menggunakan karpet seperti Mira. Sepertinya Sumber Kencono semakin kejepit. Nah, kita tunggu kelanjutannya....
masih kurang stabil mas. Mira sudah punya ATB 6 bodi (Inspiro Lama+Baru, Nucleus 3, Legacy, Sprinter dan yang baru Scorpion King). dan SK hanya punya Nucleus 3 dan Legacy. ya gpp sih SK pesen ke Karoseri lain. (seperti Tentrem, Trisakti) yang sederhanaan gitu lah. agar mampu menyaingi Mira, bahkan kalo SK punya Patas akan bisa menyaingi Eka Patas.

cc203xx
07-15-2011, 14:31
rupanya seru juga persaingan antar PO.....:)
yang terutama Keselamatan penumpang sangat penting....;-)

digdoyo
07-19-2011, 02:55
rupanya seru juga persaingan antar PO.....:)
yang terutama Keselamatan penumpang sangat penting....;-)
tapi Para Awak bus punya semboyan, "perang dijalan..damai dipangkalan"

cikZ
07-28-2011, 11:55
tapi Para Awak bus punya semboyan, "perang dijalan..damai dipangkalan"

ternyata para awak bus punya semboyan juga ya..sip3...

Mbexxx a.k.a Tendhong
07-30-2011, 12:32
Setau ane dari bus bus surabaya"an tuu yg paling cepet Eka ,, Dalam keadaan jalan sepi top speednya bisa lebih dari 125 Km/jam, Kalo SK sii sekitar 100 km/jam, Mira hampir sama tapi masi dibawah Sk,

Terus kokk orang orang bilang SK cepet/ngeblong lahh ??
menurut ane sih tuu dari akselerasinya yg super kenceng (mungkin bus dgn akselerasi paling cepet yaa),, Mungkin juga gara gara sering Gas pool,, trus Rem,, Banting setir. sehingga orang yg di dlm merasa bahwa tu bus cepet dan sering juga mabokk "bukannya malah ga nyaman".

Kalo dr pengalaman ku sii,,
kalo siang mending naik SK (bagus di jalan yg ramai), kalo mlm lebih baik naik Eka

***Just share dari Pengalamanku (2007-2010) sering berpergian dini hari pake kendaraan pribadi N cari aman biasa +- 100 an meter di belakang salah satu bus tsb :D :D

Dari pengalaman 1 tahun PP ngrasain naik SK, Mira, dan EKA, bisa lumayan mbandingin sih..
Sebenarnya, klo untuk perjalanan malam, 3 bis tersebut memiliki waktu tempuh yang hampir sama..SK sama Mira rata-rata 6-7 jam kalau malam..Demikian juga EKA juga berkisar 6-7 jam..Pernah juga naik EKA dari Jogja-ke Sby, berangkatnya barengan sama SK, dibelakangnya ada Mira..Sampe Surabaya juga bareng2, meskipun si SK dan Mira harus via Madiun, sementara EKA berhenti makan 30 menitan di Ngawi..



masih kurang stabil mas. Mira sudah punya ATB 6 bodi (Inspiro Lama+Baru, Nucleus 3, Legacy, Sprinter dan yang baru Scorpion King). dan SK hanya punya Nucleus 3 dan Legacy. ya gpp sih SK pesen ke Karoseri lain. (seperti Tentrem, Trisakti) yang sederhanaan gitu lah. agar mampu menyaingi Mira, bahkan kalo SK punya Patas akan bisa menyaingi Eka Patas.

Setau saya sih SK kebanyakan pake karoseri dari Laksana..Dan kabar dari beberapa kru sih memang Pak Aki lebih seneng pake Laksana karena relatif lebih ringan dan juga tidak mahal-mahal banget..CMIIW

Dhodi
08-26-2011, 16:53
Sumber Kencono dan Mira sama-sama enaknya...Pernah naik Sumber Kencono yang kenceng banyak, yang lambat juga ada...Begitu juga dengan Mira...Malahan naek Mira dari Jogja ke Surabaya pernah nyelip 3 Mira di depannya, 3 Sumber Kencono, 2 EKA...Naik Sumber Kencono juga pernah Surabaya-Jogja 5,5 jam...Semuanya ada positif dan negatifnya...semoga persaingan tetep fair2 aja...Jadinya, pelanggan juga kan yang diuntungkan?CMIIW

Setuju sama Mas Tendhong...
Sedikit saran untuk Sumber Kencono : Perlunya meningkatkan dan memunculkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Bis Sumber Kencono. Tapi bukan berarti saat ini pelayanan Sumber Kencono buruk, hanya ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Kalo boleh jujur, saat ini Bis Sumber Kencono di mata masyarakat masih dianggap sebagai bis yang ugal-ugalan. Sayang, sudah upgrade armada bis kalo tidak diimbangi dengan pelayanan yang lebih bagus lagi.

indrazeal
09-12-2011, 23:28
masalah SK ma MIRA, menurutku sama-sama "edan" supirnya. pernah dari jogja sampai sby balapan tuh supir dan alhasil sampai sby cuma 5 jam. tapi menurutku sih cara menyalip MIRA sedikit lebih sopan dari SK. jarang nyalip dengan posisi "press" dengan kendaraan lawan arah. jadi kalo Ijin trayek SK dicabut mah g seru lagi, g ada "trek-trekan" bis lagi . . . wkwkwkwkwk

Maaf OOT. . . .
tapi sayang ketika konsen ngurus mira, kondisi EKA terkesan "asal". pernah naik eka g ada TV, interiornya jadul banget pokoknya lebih baik mira. secara garis besar ane lebih milih Mira daripada EKA. . . (bukan karna harga tapi karna ketepatan waktu dan kenyaman)

irwanthecuteone
09-13-2011, 21:55
jan tenan..bis iki lagi diomongin sama banyak orang...all the best aja lah..jangan terlalu ngeblong

gatotimam
07-29-2012, 00:35
ane dulu punya pengalaman naek SK berangkat 11 malem dri Purabaya sampek Giwangan jam 3 pagi.. itu sudah termasuk ma istirahat di ngawi setengah jaman, kebetulan penumpangnye cuman ane ma adek ane + kondektur + supir, nah kami berempat pada duduk di depan semuanya... jadi deh kita terbang.... menuju ngayokjokartoooo.......

itung sendiri dah berapa larinya ntu bis wuedaann....

nyumbang photo juga ah, biar tambah seru

http://a4.sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-ash4/200638_1893426701811_5071472_n.jpg

gilangexpress
08-02-2012, 00:34
ane dulu punya pengalaman naek SK berangkat 11 malem dri Purabaya sampek Giwangan jam 3 pagi.. itu sudah termasuk ma istirahat di ngawi setengah jaman, kebetulan penumpangnye cuman ane ma adek ane + kondektur + supir, nah kami berempat pada duduk di depan semuanya... jadi deh kita terbang.... menuju ngayokjokartoooo.......

itung sendiri dah berapa larinya ntu bis wuedaann....


Persis dg pengalaman ane, tp saya naik mira non ac menuju madiun
Brgkt jam 03.00an dr Bungurasih dg 3 org penumpang ja
Yang bwt saya salut tetap berangkat saja tu bus,malah smpe jombang tinggal saya sndri penumpangnya

Raden
08-03-2012, 13:45
wuiih ini nih yang seru,

Untuk sekarang, kedua PO tersebut berimbang. Sumber Kencono hampir seluruh armadanya ber AC. bumel non AC pun tinggal beberapa, dan ngelen ke Wonogiri. Kalau Mira malah diperkuat oleh armada Scorpion King. Dan yang pasti dua PO ini ngeblong abiss. Tapi menurut info yang saya dapat, sekarang Mira mulai ditinggalkan oleh driver2 handalnya karena ada "sesuatu" ...

akutenan
08-13-2012, 09:00
Kapan ya Sumber Group ganti armada jadi Legacy Sky semua?? pasti persaingan dengan Mira makin rame..

novi76
08-26-2012, 06:43
masalah SK ma MIRA, menurutku sama-sama "edan" supirnya. pernah dari jogja sampai sby balapan tuh supir dan alhasil sampai sby cuma 5 jam. tapi menurutku sih cara menyalip MIRA sedikit lebih sopan dari SK. jarang nyalip dengan posisi "press" dengan kendaraan lawan arah. jadi kalo Ijin trayek SK dicabut mah g seru lagi, g ada "trek-trekan" bis lagi . . . wkwkwkwkwk

Maaf OOT. . . .
tapi sayang ketika konsen ngurus mira, kondisi EKA terkesan "asal". pernah naik eka g ada TV, interiornya jadul banget pokoknya lebih baik mira. secara garis besar ane lebih milih Mira daripada EKA. . . (bukan karna harga tapi karna ketepatan waktu dan kenyaman)

Naek EKA serasa ekonomi (karena pelan n interior kurang sip walaupun seat 2-2 enak buat tidur)

Mending naek MIRA or SR sekalian (karena cepet dan bikin jantung sehat dan sering beribadah/doa wkwkwk)

EKA jogja - crb aja 6 jam padahal lewat ngawi krg jati yg jalurnya lebih pendek dari jalur normal MIRA or SR yang lewat magetan madiun biasanya 5 jam

Dhodi
08-26-2012, 16:10
Naek EKA serasa ekonomi (karena pelan n interior kurang sip walaupun seat 2-2 enak buat tidur)

Mending naek MIRA or SR sekalian (karena cepet dan bikin jantung sehat dan sering beribadah/doa wkwkwk)

EKA jogja - crb aja 6 jam padahal lewat ngawi krg jati yg jalurnya lebih pendek dari jalur normal MIRA or SR yang lewat magetan madiun biasanya 5 jam

Coba naik yang ini.. dijamin ngeblong tapi tetep nyaman :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00122.jpg

Ini sebagian tampilan interiornya :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00124.jpg

donkingkong
08-27-2012, 15:13
Coba naik yang ini.. dijamin ngeblong tapi tetep nyaman :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00122.jpg

Ini sebagian tampilan interiornya :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00124.jpg



Kemaren pulang kamis malem dari jogja ke surabaya naek yang ini :D nyaman abis. cuma bangun waktu makan di DUTA. Selebihnya tiduuurrr

akeela
08-30-2012, 10:38
gak ada habisnya ngomongin 2 po iini.
pengalaman saya yang 6x seminggu pasti naek salah 1 diantara 2 bis ini da plus minusnya keramahan kru SK jagonya kalo MIRA agak sedikit lebih "SOPAN" dijalan.
heee

Kucing
08-30-2012, 12:52
gak ada habisnya ngomongin 2 po iini.
pengalaman saya yang 6x seminggu pasti naek salah 1 diantara 2 bis ini da plus minusnya keramahan kru SK jagonya kalo MIRA agak sedikit lebih "SOPAN" dijalan.
heee

Terakhir naik SK dari Solo ke Jogja waktu masih SD. Kayak naik mobil rally. Kenceng banget. Tinggal tidur, sudah sampai Kartosuro, terus turun di Kerten. Lihat SK yg skrg dah jadi SS dan SR plus saingan sama MIRA, jadi pengen naik lagi...

FajarKlaten
09-06-2012, 19:22
ane pernah liat sumber kencono mau nyalip mira hampir aja mau nyium pembatas jalan...ikutan kaget dech

DanangSevenSeven
09-06-2012, 21:25
Mira memang sedikit lebih sopan dan lebih halus goyangannya daripada rivalnya :biggrin: Tapi kalo ane lebih milih SK, sensasinya luar biasa. taruhan nyawa juga tuh

FajarKlaten
09-08-2012, 16:22
Mira memang sedikit lebih sopan dan lebih halus goyangannya daripada rivalnya :biggrin: Tapi kalo ane lebih milih SK, sensasinya luar biasa. taruhan nyawa juga tuh

uji nyali juga tuch om

krisna
09-08-2012, 18:01
Kalo menurut ane yg udah 4 th bulak balik solo-sby, mau SK (skrg SS n SR) ato Mira n Eka keduanya sama-sama TOP dr segi pelayanan dan armada.
Soal ngeblong itu tergantung kaki kanan sang driver, tidak semua driver SK n Mira itu ngeblong lhoo. Kalo ane sih krn udah sering naik bis ini jd bs hapal sebagian nopol dan driver favorit :D .
Untuk armada overall ane lebih milih SK krn posisi kursi yg lebih rebah dan empuk

Aries_BLC
09-09-2012, 01:27
Murah , Cepat dan memiliki fasilitas KL...
http://i1165.photobucket.com/albums/q600/ArLinda101010/Belajar/BIs017.jpg

Yang saya bingung,,,gimana cara hitung2an mereka yah dalam mencari untung ???
ckckck

Praditya_reogBIS
09-11-2012, 10:00
Klo kernet/crew, sy lbih condong k SK group,krn hmpir semuanya klo lhat grak-grik bismania,krnetnya pasti mnypa..

FajarKlaten
09-17-2012, 16:37
Murah , Cepat dan memiliki fasilitas KL...
http://i1165.photobucket.com/albums/q600/ArLinda101010/Belajar/BIs017.jpg

Yang saya bingung,,,gimana cara hitung2an mereka yah dalam mencari untung ???
ckckck

klo pke bginian dpet diskon ya om...

Aries_BLC
09-18-2012, 00:28
klo pke bginian dpet diskon ya om...

Pastinya...
:D

Aviet_SK
09-23-2012, 09:00
Pastinya...
:Dsampai berapa persen om...!!!

hafizpuzz
09-23-2012, 11:51
Yang saya bingung,,,gimana cara hitung2an mereka yah dalam mencari untung ???
ckckck

hitungnya pake kalkulator ajaib bro, hehehe.. #becanda. pasti kan yo uda dihitung matang2 bro, mpe gosong kali ngitungnya, nyatanya jg masih tetep exsis keduanya..


klo pke bginian dpet diskon ya om...
potongan harga bro.. diskon mah di mall kali .. :P. tapi sama aja ding istililahnya jg itu.. hehe


sampai berapa persen om...!!!
sebgai gambaran, JOGJA - SBY Rp 38.000 non KL. dengan KL Rp 34.000,, SOLO - MADIUN NON KL Rp. 13.000, KL Rp. 11.000. semua sama baik Sumber group maupun MIRA. silakan hitung sendiri berapa persen. oh iya, KL itu klo untuk jarak dekat banget g bisa, minimal klo g salah harus melalui 3 Halte besar.. contohnya jogja - solo.. halte besarnya antara lain prambanan-Klaten-Kartasura-Solo

Aries_BLC
09-23-2012, 17:48
hitungnya pake kalkulator ajaib bro, hehehe.. #becanda. pasti kan yo uda dihitung matang2 bro, mpe gosong kali ngitungnya, nyatanya jg masih tetep exsis keduanya..


Gokil bener deh pokoknya...
SK : Setan Kuda...
:D
:cool:

cmoonth
09-24-2012, 16:12
Coba naik yang ini.. dijamin ngeblong tapi tetep nyaman :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00122.jpg

Ini sebagian tampilan interiornya :

http://s1057.photobucket.com/albums/t387/dhodiarema/Ngawi-20120818-00124.jpg


aku numpak seng iki malh ga iso turu seko sby-sala3 suoro tikuse akeh padahal bis+karoserine anyar.....????

Ryan.Agusta
09-25-2012, 13:16
aku numpak seng iki malh ga iso turu seko sby-sala3 suoro tikuse akeh padahal bis+karoserine anyar.....????

in "Bahasa" please.....

Aviet_SK
09-28-2012, 15:29
aku numpak seng iki malh ga iso turu seko sby-sala3 suoro tikuse akeh padahal bis+karoserine anyar.....????MP yang mirip jetbus ya?

cmoonth
10-02-2012, 22:02
MP yang mirip jetbus ya?

ya mas..... menurutku nyaman yg model dahulu yg karoseri AP ma Tentrem

cmoonth
10-02-2012, 22:03
in "Bahasa" please.....

siap mas.....;-)

JoeTheGreat
10-14-2012, 18:17
Dan yang jelas kedua bis ini suka memadamkan lampu ketika nyalip, kurang paham ane maksud dan tujuannnya, gak enak bertanya ama si pengemudi.

Chrisnahanungkara
10-23-2012, 13:18
Wah sayangnya sy org Sala3 dan bis SBY-SMG yg lwt di Sala3 cma Po SR dan Po Eka....

Pengalamanq ke Surabaya sih cma naik SR W 7640 UY klo tdk salah i2 yg Nucleus.
Mmng larinya kencang pernah aq duduk di depan lihat spedometernya sampai 117 Km/jam. Ini menjadi pengalaman pertama

Tpi sekedar share saja kmrn di Sala3 jam stengah 6 pgi sy lihat Po Eka ke arah Sby aq lihat jendela belakangnya ada tulisan wifinya..
apa betul Po Eka ada fasilitas wifinya. Klo ada ini akan menjdi perjalanan yg menyenangkan krn ini bus eksekutif pasti klo ditambah fasilitas wifi perjalanannya akan lbh menyenangkan.

next_andi
10-26-2012, 00:11
wah sayangnya sy org sala3 dan bis sby-smg yg lwt di sala3 cma po sr dan po eka....

Pengalamanq ke surabaya sih cma naik sr w 7640 uy klo tdk salah i2 yg nucleus.
Mmng larinya kencang pernah aq duduk di depan lihat spedometernya sampai 117 km/jam. Ini menjadi pengalaman pertama

tpi sekedar share saja kmrn di sala3 jam stengah 6 pgi sy lihat po eka ke arah sby aq lihat jendela belakangnya ada tulisan wifinya..
Apa betul po eka ada fasilitas wifinya. Klo ada ini akan menjdi perjalanan yg menyenangkan krn ini bus eksekutif pasti klo ditambah fasilitas wifi perjalanannya akan lbh menyenangkan.


ada om fasilitas wifinya, menyala dari terus on selama perjalanan ...

bangbengbong
11-06-2012, 16:18
ada om fasilitas wifinya, menyala dari terus on selama perjalanan ...
MANTAP..TUH, Wahaha. keren

dr.asmawan
11-06-2012, 19:34
Sepertinya mulai OOT deh ini trit....

Sebaiknya BTT ke :
Persaingan Ketat Mira Vs Sumber Kencono (http://www.bismania.com/home/showthread.php?t=1280&page=19)Sebelum disemprit momod.... :D

weindol
11-07-2012, 14:55
dah lama gak naik kedua bis ini, karena dah pindah domisili sih

persaingan nya terasa banget, dengan peremajaan armada yang luarbiasa

kempong
11-10-2012, 12:20
Pernah nyoba naik mira dari ngawi ke madiun pake hyundai FE body tentrem klo g salah jupiter larinya lumayan kenceng apalagi saat itu malam hari suara mesinnya juga halus walaupun berada didepan

Praditya_reogBIS
11-10-2012, 13:52
Pernah nyoba naik mira dari ngawi ke madiun pake hyundai FE body tentrem klo g salah jupiter larinya lumayan kenceng apalagi saat itu malam hari suara mesinnya juga halus walaupun berada didepan

MIRA ada yg Mesin Hyundai dan body jupiter to om..?

clique_cavalier
11-10-2012, 16:34
wah in pas sya naik Eka ke Sby di di daerah Hutan Ngawi, Widodaren atau dimn ya lupa, jalurnya yg ga ada tikungan tjam tapi juga belak belok, jadi kalo dari barat bisa kenceng krn lurus, Eka ga bisa kenceng krn dpan ada PK Jkt yg ke Sby jg, mau OT si Eka ga bisa karena tenaga ga mencukupi dg kondisi jalan yg di dpan ketemu tikungan ke kanan, pas santai santainya tiba-tiba dari arah kanan sya bunyi klakson pendek2 tapi kontinyu tet tet tet tet, mak wussssss SS nggeblas dua bus Eka dan PK, lalu dari tikungan muncul truk jalan pelan2, (dari Barat SS uda ngumpulin kecepatannya jadi serasa cukup buat OT dua bus skaligus) truk pun melambat, PK juga kasih jalan, SS pun goyang pantat masuk ke kiri, kalo diliat dari blkang bner2 bikin gleng gleng kpala, gas poool, klo naik SS ini ganti gigi sering gasnya disentak apa ga apa apa buat mesin y

Praditya_reogBIS
11-12-2012, 15:23
wah in pas sya naik Eka ke Sby di di daerah Hutan Ngawi, Widodaren atau dimn ya lupa, jalurnya yg ga ada tikungan tjam tapi juga belak belok, jadi kalo dari barat bisa kenceng krn lurus, Eka ga bisa kenceng krn dpan ada PK Jkt yg ke Sby jg, mau OT si Eka ga bisa karena tenaga ga mencukupi dg kondisi jalan yg di dpan ketemu tikungan ke kanan, pas santai santainya tiba-tiba dari arah kanan sya bunyi klakson pendek2 tapi kontinyu tet tet tet tet, mak wussssss SS nggeblas dua bus Eka dan PK, lalu dari tikungan muncul truk jalan pelan2, (dari Barat SS uda ngumpulin kecepatannya jadi serasa cukup buat OT dua bus skaligus) truk pun melambat, PK juga kasih jalan, SS pun goyang pantat masuk ke kiri, kalo diliat dari blkang bner2 bikin gleng gleng kpala, gas poool, klo naik SS ini ganti gigi sering gasnya disentak apa ga apa apa buat mesin y

Wah seru dan menegangkan om,
Pengen kayak gitu..

kempong
11-12-2012, 15:58
MIRA ada yg Mesin Hyundai dan body jupiter to om..?

Kalau bodynya kurang jelas om soalnya malam trus watu naiknya bukan dari terminal jadi kurang merhatiin jenis bodynya tapi jelas buatan tentrem dan pake mesin hyundai karena sempat lihat logonya didepan

dr.asmawan
11-12-2012, 19:20
Pernah nyoba naik mira dari ngawi ke madiun pake hyundai FE body tentrem klo g salah jupiter larinya lumayan kenceng apalagi saat itu malam hari suara mesinnya juga halus walaupun berada didepan

Setahu saya seluruh armada MIRA sekarang pakai Hino AK8 om... dan body ada 3 macam : Tentrem Inspiro, Laksana Nucleus 3, Laksana Legacy, Tentrem Scorpion King.
Yang Hyundai cuman dipakai EKA PATAS & PARWIS, ada yang berbaju AP New Marco dan Tentrem Jupiter Li...

afi aditya
11-13-2012, 16:06
Setahu saya seluruh armada MIRA sekarang pakai Hino AK8 om... dan body ada 3 macam : Tentrem Inspiro, Laksana Nucleus 3, Laksana Legacy.
Yang Hyundai cuman dipakai EKA PATAS & PARWIS, ada yang berbaju AP New Marco dan Tentrem Jupiter Li...

Mira juga pake skorpion king gan

dr.asmawan
11-13-2012, 19:27
Mira juga pake skorpion king gan

Iya om ketinggalan, udah ane edit...

fauzibijak
11-14-2012, 17:43
Kemaren merasakan sendiri sensasi 'balapan' Mira vs Sumber naik SR W 7729 UY. Krunya udah saling kenal ternyata, hehe. Saingan tapi tetep akur :)

FajarKlaten
11-15-2012, 09:18
Kemaren merasakan sendiri sensasi 'balapan' Mira vs Sumber naik SR W 7729 UY. Krunya udah saling kenal ternyata, hehe. Saingan tapi tetep akur :)

kan ada sebuah kata om...
"bersatu di pangkalan (terminal)...bersaing di jalanan

aspalgoreng
11-18-2012, 05:38
kan ada sebuah kata om...
"bersatu di pangkalan (terminal)...bersaing di jalanan

kereeeen....
Mang ga ada matinya ini Sumbar + Mira, dulu ketika masih domisili di Jatim sering naik SK bumel sby-jogja.. kereen

Kucing
11-22-2012, 20:52
Benar - benar persaingan ekstra ketat. Di saat Selamat Group bersiap mengeluarkan armada perang terbarunya, malah banyak sopir2 Selamat Group yang pindah ke MIRA. Tapi mungkin juga ada beberapa sopir MIRA yang pindah ke Selamat Group. Perang makin seru nih...


Mohon koreksi dan penjelasan dari om2 yang lebih paham soal ini ya...

Purwo_putro
12-04-2012, 16:15
Setahu saya seluruh armada MIRA sekarang pakai Hino AK8 om... dan body ada 3 macam : Tentrem Inspiro, Laksana Nucleus 3, Laksana Legacy, Tentrem Scorpion King.
Yang Hyundai cuman dipakai EKA PATAS & PARWIS, ada yang berbaju AP New Marco dan Tentrem Jupiter Li...

Maaf om kalau salah waktu itu naiknya malam hari

maverick24
12-30-2012, 04:26
Setahu saya seluruh armada MIRA sekarang pakai Hino AK8 om... dan body ada 3 macam : Tentrem Inspiro, Laksana Nucleus 3, Laksana Legacy, Tentrem Scorpion King.
Yang Hyundai cuman dipakai EKA PATAS & PARWIS, ada yang berbaju AP New Marco dan Tentrem Jupiter Li...

tambah satu lagi buat EKA Morodadi Prima

maverick24
12-30-2012, 04:28
Benar - benar persaingan ekstra ketat. Di saat Selamat Group bersiap mengeluarkan armada perang terbarunya, malah banyak sopir2 Selamat Group yang pindah ke MIRA. Tapi mungkin juga ada beberapa sopir MIRA yang pindah ke Selamat Group. Perang makin seru nih...


Mohon koreksi dan penjelasan dari om2 yang lebih paham soal ini ya...

bner bang, salah satunya mbah tajuddin yg akhirnya pindah ke Selamat Group setelah pindah dari MIRA dan Mandala

dr.asmawan
12-30-2012, 08:41
tambah satu lagi buat EKA Morodadi Prima

Itu kan yang EKA om, yang dibahas disini kan MIRA-nya.... hohoho

Kucing
01-02-2013, 11:50
bner bang, salah satunya mbah tajuddin yg akhirnya pindah ke Selamat Group setelah pindah dari MIRA dan Mandala

Mbah Tadjuddin bawa Sumber yang nopol berapa om?

Kucing
01-02-2013, 11:52
Kemaren merasakan sendiri sensasi 'balapan' Mira vs Sumber naik SR W 7729 UY. Krunya udah saling kenal ternyata, hehe. Saingan tapi tetep akur :)


Memang balapan antara MIRA dengan Sumber/Selamat Grup kadang terkesan 'main - main' karena kru dari kedua PO sudah saling kenal. Istilah F1 - nya pakai 'Team Order'... :))

clique_cavalier
01-03-2013, 17:55
semalem naik sugeng ga kaya biasanya, bawaannya ga ada sensasi hentakan, slow tapi tetep cepet, mungkin ada sedikit trouble kali ya

imot
01-06-2013, 23:13
semalem naik sugeng ga kaya biasanya, bawaannya ga ada sensasi hentakan, slow tapi tetep cepet, mungkin ada sedikit trouble kali ya

mungkin sopirnya lg gak mood ngeblong om...

mtajulmuluk
03-31-2013, 20:34
Kmrin saya sempet blong, sby - jokja . Jokja - sby.
Hanya untuk ng bis. Tapi pakai Eka.
Nurut saya, mira emang bagus. Tapi atb sk itu bagus2. Yg sugeng rahayu bagus2.
Sk dan mira sama2 enak goyangannya
Bismania top jaya